Nov 132016
 

Latihan bersama Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat, dengan sandi Cope West, di Manado, Sulawesi Utara, ditutup oleh Asisten Operasi Kasau Marsekal Muda TNI Barhim, dalam suatu upacara di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, (12/11/2016).

“Latihan bersama Cope West dinyatakan ditutup,” ujar Marsds Bachim didampingi Mayor Jenderal Michael Compton dari Air National Guard Asistent to Compacaf.

Pada upacara penutupan keduanya melakukan pemeriksaan pasukan serta pelepasan tanda peserta kepada salah seorang anggota dari Indonesia dan Amerika Serikat.

cope-west-manado

Marsekal Muda TNI Bachim mengatakan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para penerbang serta crew pendukung dalam mengembangkan praktik dan teori dalam operasi udara. “Hal terpenting latihan ini merupakan ajang yang baik guna mempererat persahabatan dan memperkuat hubungan kedua angkatan bersenjata,” ujarnya.

Sikap profesionalisme dan komitmen yang tinggi dari seluruh peserta latihan dalam tugas yang diberikan telah menghasilkan dampak yang sangat baik pada keamanan selama latihan tanpa adanya insiden.

Sgt. Matthew Dailey dan Sgt. Zachary Wilde tiba di Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia. (Lance Cpl. Aaron Henson)

Sgt. Matthew Dailey dan Sgt. Zachary Wilde tiba di Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia. (Lance Cpl. Aaron Henson)

Di samping itu suasana yang akrab selama latihan ini, menimbulkan interaksi dan keterlibatan yang baik antar seluruh peserta telah memberikan hasil positif bagi kedua pihak.

Latihan bersama yang berlangsung dari 1-11 November 2016 ini, melibatkan antara lain enam pesawat jet tempur F-18 milik Korps Marinir AS dan enam pesawat jet tempur F-16 TNI AU.

Sumber : Republika.co.id

 Posted by on November 13, 2016