Nov 132016
 

Latihan bersama Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat, dengan sandi Cope West, di Manado, Sulawesi Utara, ditutup oleh Asisten Operasi Kasau Marsekal Muda TNI Barhim, dalam suatu upacara di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, (12/11/2016).

“Latihan bersama Cope West dinyatakan ditutup,” ujar Marsds Bachim didampingi Mayor Jenderal Michael Compton dari Air National Guard Asistent to Compacaf.

Pada upacara penutupan keduanya melakukan pemeriksaan pasukan serta pelepasan tanda peserta kepada salah seorang anggota dari Indonesia dan Amerika Serikat.

cope-west-manado

Marsekal Muda TNI Bachim mengatakan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para penerbang serta crew pendukung dalam mengembangkan praktik dan teori dalam operasi udara. “Hal terpenting latihan ini merupakan ajang yang baik guna mempererat persahabatan dan memperkuat hubungan kedua angkatan bersenjata,” ujarnya.

Sikap profesionalisme dan komitmen yang tinggi dari seluruh peserta latihan dalam tugas yang diberikan telah menghasilkan dampak yang sangat baik pada keamanan selama latihan tanpa adanya insiden.

Sgt. Matthew Dailey dan Sgt. Zachary Wilde tiba di Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia. (Lance Cpl. Aaron Henson)

Sgt. Matthew Dailey dan Sgt. Zachary Wilde tiba di Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia. (Lance Cpl. Aaron Henson)

Di samping itu suasana yang akrab selama latihan ini, menimbulkan interaksi dan keterlibatan yang baik antar seluruh peserta telah memberikan hasil positif bagi kedua pihak.

Latihan bersama yang berlangsung dari 1-11 November 2016 ini, melibatkan antara lain enam pesawat jet tempur F-18 milik Korps Marinir AS dan enam pesawat jet tempur F-16 TNI AU.

Sumber : Republika.co.id

Bagikan:

  13 Responses to “Pilot TNI AU dan USAF Tuntaskan Cope West 2016”

  1.  

    Hajar bleh..

    •  

      Sebenarnya pihak USA berharap TNI-AU nurunin sukhoi su30/27 biar diintip kemampuan ploduk rusia tapi disodorin f-16 yg notabane barang mrk sendiri yg sudah dihafal luar kepala kelebihan dan kekurangnnya,sakitnya tu disini 😀

    •  

      Sebenarnya pihak USA berharap TNI-AU nurunin sukhoi su30/27 biar diintip kemampuan ploduk rusia tapi disodorin f-16 rongsok yg notabane barang mrk sendiri yg sudah dihafal luar kepala kelebihan dan kekurangnnya,sakitnya tu disini 😀

  2.  

    Persiapan buat nyerang NKRI

  3.  

    Gimana ya hasilnya..apakah f16kita banyak ke lock..atau sebaliknya f18 Australia kalah sama skill pilot NKRi..lanjutkan trus kaitannya taun depan..

    •  

      kalau gak di publish berarti F16 kita banyak ke lock nya sama F18….lagian jelas kalau F18 lebih superior dibanding F16, dan 19 tahun latihan lagi adalah jeda waktu yg sangat lama mungkin sudah beda generasi, USAF butuh meyakinkan seberapa tangguh kemampuan fighter pilot TNI AU untuk dievaluasi dan diantisipasi, ini adalah salah satu negara yang paling tidak pernah jujur di planet ini….kelak mereka tanpa hati kalau kita lengah dan tidak waspada bisa jadi bakal ketemu lagi tu para pilot USAF yang nampaknya bersahabat berubah menjadi fighter killer terhadap kita

    •  

      @Wawan

      Hmmm…memang F-18 aussynya ngapain sampe kesitu bang?

      Lha wong latihannya sama us-marine kok….

  4.  

    komentnya diatas masuk diakal alasannya , kita tidak mengundang …. tapi mereka ingin berlatih ….
    hanya koment ngawur versi dungu dari negeri semenanjung yang mengatakan RI minta latihan

    …..

  5.  

    Resiko negara netral

    latihan dgn blok barat atau blok timur harus diterima dgn baik. klo ga mau jgn pake alutsista mereka.
    simpel kan.

  6.  

    latihan bersama bisa menambah skill pilot TNI jangan takut dibalik itu ada apa yang penting kita siap sedia dan selalu waspada. Hidup TNI

  7.  

    seru eih….tapi percayalah….walaupun pespurnya buatan mereka ….pilot kite lbh jago….

 Leave a Reply