Aug 172014
 

PT Pindad optimistis kerjasama peralatan militer akan berkembang pesat usai kunjungan putra mahkota Brunei Darussalam Jenderal Pangeran Muda Haji Al Muhtadee. Perusahaan senjata yang berada di bawah BUMN ini pun menyiapkan sejumlah alutsista untuk dipamerkan kepada Brunei.

Sejumlah alutsista yang akan dipamerkan antara lain kendaraan taktis, Panser Anoa 6X6 ini kembali diminati oleh militer Brunei Darussalam. Menurut Direktur Operasi Produk Pertahanan Keamanan (Hankam) PT Pindad, Tri Hardjono, kedatangan Putra Mahkota Brunei kemarin menjadikan alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan Pindad semakin dipercaya.

“Kerjasama antara kami dengan Brunei sudah lama. Kedatangan Putra Mahkota ke pabrik  membuat hubungan semakin dekat. Kami juga menawarkan dan menyampaikan informasi bahwa Anoa kami sudah dilengkapi dengan remote system. Mereka juga minta kemarin untuk anoa recovery,” ucap Tri di area PT Pindad, Minggu (17/08/2014).

Selama ini produk Pindad sudah menoreh prestasi salah satunya kejuaraan menembak tingkat Internasional seperti Autralian Skill at Arms Meeting (AASAM) dan ASEAN Armies Rifle Meet. Melalu prajurit TNI, Indonesia berhasil menang secara berturut-turut.

Pemerintah Brunei pun tertarik melakukan kerjasama dengan TNI dan dikirim sejumlah prajurit membantu militer negara tetangga tersebut. Keberhasilan ini juga berdampak baik kepada Pindad, karena senjata yang digunakan TNI dalam kompetisi merupakan asli karya anak bangsa.

“Untuk senjata ringan mereka minta yang bisa untuk lomba tembak. Ini yang untuk lomba seperti SS-2 V4 dan lain-lain. Mortir juga mereka butuhkan, seperti kaliber 80 mm,” tutur Tri.

Tri berharap, kerjasama dengan negara Brunei ini bisa menjadikan jalan sesuai visi Pindad yaitu menjadi produsen peralatan pertahanan dan keamanan terkemuka di Asia pada 2023. “Ekspansi” ke Brunei akan dimulai usai hari Kemerdekaan .

“Kami berharap ini jalan, tentunya di komoditi asean ini  saling melengkapi-lah untuk peralatan-peralatan militer di seluruh militer di Asia. Kemarin kami sudah bicara dengan bidang pertahanan Brunei yang berkompeten di sana dan rencana setelah hari kemerdekaan dan mudah-mudahan awal tahun depan sudah ada jawabannya,” harapnya.

(Agustina Melani)

Sumber : Liputan6.com

 Posted by on August 17, 2014

  44 Responses to “Pindad akan Ekspansi ke Brunei Darussalam”

  1. siji..

  2. Pindad makin mantep

  3. Mantab!

  4. pindad strong

  5. Lanjutkan….!!!!

  6. teruz kpakan sayap pindad

  7. industri dlm negri yg patut di banggakan

  8. Lanjutkan ekspansinya….btw gmna berita anoa yg diminati malaysia tetep lanjut ato batal diekspor ke sana?

  9. Brunei benar2 sahabat sejati…lanjutkan persahabatan ini!

  10. Antara habibie, poros JAB dan Brunei….401,402,polos,polos…clue clue akan semakin tersingkap nyata…

  11. 10

  12. semoga 10 besar….

  13. berjuang dan raih prestasi,, sukses buat pindad…

  14. Brunei bayarnya pasti cash donk..lumayan buat nambah modal PINDAD

  15. absen dulu.
    mudah2 produk-produk hasil karya anak bangsa bisa di sejajarkan dengan produk luar.
    kemadirian Alutsista akan terwujud.

    MERDEKA

    salam hangat buat bung jalo

  16. Anoa versi sipil ada ga ya..colek sspuh dah..

  17. siplah yg lokal

  18. LanjutKan……salam nkri

  19. bagus..lanjutkan terus Pindad

  20. JAKARTA – Pengadaan lebih dari 100 tank tempur utama (main battle tank/MBT) Leopard dari Jerman membawa angin segar bagi industri pertahanan Tanah Air, khususnya PT Pindad. Gara-gara Indonesia memborong tank canggih tersebut, PT Pindad akan menjadi pusat perawatan Leopard untuk kawasan Asia Pasifik.

    Kepala Divisi Perencanaan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Said Didu membeberkan, tank tempur utama Leopard yang dibeli Indonesia memiliki spesifikasi khusus yang telah disesuaikan dengan kondisi alam Indonesia. Jumlah yang akan dibeli mencapai lebih dari 100 unit.

    Banyaknya jumlah yang akan dibeli ini membuat Indonesia memiliki nilai tawar tinggi terkait dengan upaya kerja sama yang lebih luas dengan Jerman. “Disepakati nanti perbaikan Leopard untuk wilayah Asia Pasifik itu dilakukan di PT Pindad, karena kita membeli besar,” terang, Said di Jakarta, Minggu (17/8/2014).

    Keputusan ini membatalkan rencana Jerman yang bakal membuka pusat perbaikan Leopard wilayah Asia Pasifik di Singapura. Seperti diketahui, Negara itu sudah lebih dulu dibandingkan Indonesia dalam mengoperasikan Leopard. “Mereka harus bicara empat jam untuk mengubah keputusan menutup di Singapura,” sebutnya.

    Model kerja sama dalam pengadaan Leopard ini dinilai menguntungkan dibandingkan dengan pemerintah membuat sendiri MBT. Sebab, hingga saat ini PT Pindad belum memiliki kemampuan memadai untuk memproduksi tank kelas berat.(Sindonews)

    Mudah2an bisa jd pertimbangan buat tim transisi pak jokowi kalo resmi jd presiden RI. Bukan hanya bobotnya aja si leo dipermasalahkan, tp manfaat untuk industri pertahanan yg akan dtng yg didapat kalo memang niatnya memajukan industri pertahan dlm negeri..
    Mudahan2 presiden terpilih bisa menghargai kerja keras bapak2 dari tni & kemenhan yg sudah berusaha mndapatkan TOT untuk PT PINDAD..

    Monggo dipikir2 lagi pak si Leo yg Gahar ini..

  21. Affirmative 😈

  22. Brunei minta dibuatkan 3 unit tank Recovery kayaknya Brunei bener2 dukung nih program yg dilakukan Pindad. Setelah berhasil mendapat ranking saat lomba nembak di Australia kemarin, militer Brunei tertarik membeli senjata ringan yg sama digunakan TNI. Dan seperti kita ketahui, Insyallah produk pindad akan laris manis.

  23. wahhh..anoaaaku…
    bangggaaa….mantaff pak jk ,,mantafff pindad,,mantaff org2 yg terlibat didalam ide,perancanan,pembuatan,dana caps cups mantaff

    terima kasih untuk semua pihakk..besar jasamu dalam mengharumkan nama indonesia di versi anoa

    salamm…merdeka

    lanjutkan bung jalo@…besok mau buat apa lagi ya..kasih cluenya bung jalo@

  24. bung jalo@
    bisa ngak bikin drone yg bisa bajak sawahh..yg gak pake remote,,tapi yg udah diprogram dikomputer,,
    maklum petani ,anak kampung capek bajak sawah pake mesin itu terus ,,

  25. nunggu anoa amphibi yang bisa nyebrang sungau musi, batanghari, serayu, brantas dab selat-selat kecil. kapan release beritanya?

  26. @bung jalo coba di babar SPR3 Pindad punya..
    Salam dari teman2 yg sering kesepian krn LRPP. Satu letusan SPR3 pindad sanggup bungkam sibmas alay.. hehehe

  27. Jika para Warjager & komentator kontra kemajuan TNI tahu siapa sebenarnya para sesepuh dsni,mungkin mereka akan menahan nafas & menaruh hormat pd mrk.

    Salam hormat komandan utk @bung Satrio,PS,ndan sarkem,dll. Tlg tetap beri pencerahan pd mrk syukur2 di ksh Clue sedikit seperti apa para Makara,Cakra, yudha bertugas. Sehingga mrk bsa aktifitas,tidur,jln ke mall dg tenang & nyaman setiap hari

  28. selamat buat Pindad.
    Jayalah Negeriku

  29. Bangga dengan anoa,,,apalagi saya orang sulawesi selatan yg identik dengan habitat anoa,,,pindad mantap!!

    • apa kareba daeng??? 😀
      sya org sumatera ikut bngga… maju trus PINDAD… truslah berinovasi dgn alutsista cnggih…dgn nama & rasa asli nusantara

  30. Saya suka dengan komentar bung Wachied , salam kenal dari saya !

 Leave a Reply