Okt 112014
 

image

Subang – PT Pindad menggandeng FNSS Turki untuk mengebangkan medium tank sekelas Marder hingga Kobra. Program ini merupakan salah rencana strategis pemerintah di dalam memproduksi alat utama sistem senjata (alutsista) di dalam negeri. Tahap awal, Pindad dan FNSS akan melakukan penandatanganan project agreement.

“Minggu depan ada perjanjian dengan FNSS. Ini project agreement,” kata Direktur Produk Manufaktur Pindad Tri Hardjono di Subang Jawa Barat, Jumat (10/10/2014).

Kerjasama ini nantinya akan melahirkan purwarupa atau prototype medium tank. Nantinya kedua negara akan membuat purwarupa yakni 1 unit di Indonesia dan 1 unit di Turki. Setelah lahir purwarupa, proses selanjutnya adalah melakukan tahap pengujian dan sertifikasi.

Proses untuk menghasilkan purwarupa, pengujian hingga sertifikasi memakan waktu selama 3 tahun. Artinya produksi massal medium tank lokal baru dilakukan pada tahun 2017.

“Uangnya dari Kemenhan RI dan Turki,” jelasnya.

Medium tank sendiri nantinya memiliki bobot antara 25 ton hingga 40 ton. Medium tank ini dilengkapi persenjataan model canon.

“Medium tank tipe canon merupakan varian paling sulit. Secara SDM kaitan dengan ini maka kita kerjasama dengan pihak asing. Kita develop SDM dan kompetensi kita,” sebutnya.

Selain menggandeng Turki, sebetulnya Pindad telah melahirkan prototype medium tank asli karya para insinyur dalam negeri. Ke depan hasil prototype tersebut akan disinergikan dengan program pengembangan medium tank bersama FNSS Turki. “Nanti kita gabungkan,” ujarnya. (detik.com).

Bagikan:

  106 Responses to “Pindad – FNSS, Produksi Tank Sekelas Marder”

  1.  

    Bacaan tengah malam

  2.  

    mantab

  3.  

    Pertamax kahh…?

  4.  

    Walopun medium tapi berharap turetnya yang 120 mm….kayak punya leopard gitu.

  5.  

    semoga pertamax

  6.  

    habis baca berita yg mencengangkan..asda isu papua mau referendum..ada diskusi di sonotan..ada lg wacana gubernur kaltim pisah dari nkri..panas kecewa bacanya..walaupun sekedar isu dan wacana..semua cuma gara politik..yg kalah ga mau mengakui kekalahannya..ga ada legowo..wlpn dulu mendukungnya tp kalo gini caranya..kecewa bingiitt..selamat pagi saja buat warjag semua

  7.  

    Mari berkarya terus untuk NKRI….percayakan keutuhan NKRI pd TNI……

  8.  

    mantappppp… 10 besar..

  9.  

    Blueprin dari pembelian marder yang sudah betleprofen kepakai ga nih?….

    Apa pindad punya disain sendiri untuk di padukan dg disain dari turki, lha trus bonus pembelian tank dari jerman?….

    Semoga pindad tidak salah langkah

    •  

      Bonusnya cuman peluru doang bung, kita gak dapat blue print Marder… Kalau desain, di Pindad banyak desai tank, kalau desain dengan FNSS itu udah ada sekarang tinggal pengerjaannya nah nunggu agreement di atas itu baru mulai pengerjaan. SBS dan retrofit AMX adalah acuannya Pindad, kalau FNSS sudah banyak produknya, 🙂

      •  

        Dan sudah sewajarnya kini mulai dibatasi jualan bahan mentahan,untuk kita olah sendiri menjadi produk milik kita sendiri,sudah saatnya kita menjadi pesaing pencipta teknologi,dalam konteks ini teknologi militer tentunya..semoga,amiin..salam hormat om jalo,dan om-om warga jakartagreater sekalian.

        •  

          Bung jalo sepertinya dulu saya pernah baca berita tentang bonus blueprin marder di ARC tapi itu dah lama banget jadi saya agak ragu-ragu dihalaman apa itu ya saya lupa 😀
          Entah saya mimpi atau pernah baca berita tentang pembelian tank marder dri jerman itu dapat ToT blueprinnya marder, jadi apa sebenernya yg pindad peroleh atas pembelian tank marder dari jerman tersebut?…..

      •  

  10.  

    gubernur koq ga punya rasa nasionalis?apa gunanya di beri baret hitam oleh pak moeldoko?memang sebaiknya gubernur itu dari kalangan militer.aman

    •  

      Kalo ada aksi pasti ada reaksi bung, g mgkin skelas gubernur bikin prnyataan kontroversial klo g ada pemicunya.. Ni semua jg gara2 pernyataan elit politik senayan yg cenderung konfrontatif.. yg dsenayan g bs dewasa, tllu mngedepankan kepentingn partai drpd bangsa, meskipun sllu mngatasnamakn rakyat.. Makanya klo situasinya ky gni terus y bakal nambah yg mnta referandum.. Mg dg adanya permintaan referandum dr daerah, elit politik bs menginstropeksi diri n lebih tulus dlm bkerja untuk bangsa..

    •  

      N g semua dr kalangan militer tu jg punya rasa nasionalisme yg sama.. Wong militer indonesia tu unik, g cm ngurus pertahanan tok, tp jg ngurusn sospol, klo dah masuk ranah sospol y siap2 trkontaminasi dg kpntingan ssaat..
      Just IMHO

  11.  

    Buktikan

  12.  

    bkin modelnya kya bmpt72 terminator rusia…sangar banget..

  13.  

    Bikin yang sekelas Marder dan kanonnya dari Belgia ya ?

  14.  

    mari kita berdoa agar NKRI damai dan merah putih tetap berkibar dari SABANG-MERAUKE..rakyatnya tetap kompak dan berkarya..TNI nya tambah solid dan tambah bertaring alutsistanya..di tunggu su 35 nya pak moel dan pak poer..tumpah darah dan kesetiaan kami cuma buat NKRI…

  15.  

    Jadi PT PINDAD ngambil model TANK KAPLAN atau model AFV- SW nie? Yang bisa dicanteli ATGM

  16.  

    lankah bagus pindad … ranpur bikinan pt sse bisa juga future dilengkapi seperti cobra nya turky

  17.  

    Tank buatan sendiri itu Tank SBS yah….
    Tolong kalau ada yg tau pencerahannya dong? 🙂

  18.  

    hadir,di pagi hari yg penuh dgn asap/kabut…

  19.  

    dilanjut….

  20.  

    Kampanye maneh kampanye maneh, pemilu wis selesai ayo podo di tonton piye asile

    •  

      udah jangan diladenin tuh oranmg emang gk bisa move on, bisanya cuma ngetrol mulu nama nickya ja wajah sampe dengkul, jadi isi otaknya sama dengan isi dengkul, ini trit lagi bahas tank pindad dia malah bahas politik,

      woi bangun woi ini trit tank woi bukan politik woi

  21.  

    Tamiang layang,.BARITO TIMUR,..kalimantan tengah..salam kenal juga bung@PCM…

  22.  

    Terlalu banyak fitnah ke KMP, woles aja kali, beda kalo isu menimpa jokowor, dibilang fitnah…..busway korupsinya nyata, ada yg ditangkap, mengarah ke atasan. Pimpinan kok ngorbanin anak buah?, kelihatan mentalnya

    Demokrasi itu wajar kalo diluar sebagai oposisi siap berbeda, jangan dianggap menjegal, itu berarti anda gak ngerti arti demokrasi

    Jokowor bukan nabi yg gak punya salah, jangan dibela berlebihan, prabowo juga bukan tuhan, kita liat saja apa yg terjadi baru kita bisa menilai

    Yg bikin ribut adalah media, kita dicekokin hal yg luarbiasa padahal biasa saja, pelintiran ini yg bikin fitnah

    Hasim adik prabowo dibilang mau menjegal dengan power….bener…tapi buntutnya kan ada….kalau pemerintahan jokowor bekerja tidak sesuai konstitusi…..

    Media memang perlu berbenah, apalagi dikategorikan mainstream media

    •  

      Makax itu bung. Kirax kita itu yo mrncerna dulu info yg ada dimedia jangan pada asal saling menyalahkan.
      NKRI HARGA MATI

    •  

      wakakaka…. mis-translation atau sengaja “dipelintir” tuh terjemahan wawancara dalam bahasa Inggris.

      demokrasi tanpa oposisi? yang benar saja.

      dulu di jaman Ora banyak yang mencemooh lembaga perwakilan rakyat karena konon katanya hanya jadi “tukang stempel” kebijakan eksekutif. tidak ada fungsi check and balance. lha sekarang ketika akan memperkuat dan menjalankan fungsi tersebut kok malah dituding macam-macam?

      lagipula pemerintahan yang baru belum berjalan dan lembaga eksekutif juga baru dilantik, kok sudah heboh? woles aja, bro. kita nikmati demokrasi ini dengan pikiran yang jernih, cerdas, tanpa prasangka. Kita percaya KIH dan KMP berjuang demi kemajuan bangsa ini. jika benar mari kita dukung, jika salah kita ingatkan dan tolak.

      •  

        Benar bung. Jangan terlalu terburu buru menyudutkan.

        Semua tinggal kembali ke pribadi masing masing, masihkan ada rasa Nasionalisme yg sesungguhnya kepada Indonesia ini? Dari sisi Mega, masihkah berani dia bilang anak Soekarno jika sikapnya berlawanan dengan Bapaknya sendiri? Prabowo masihkah dia berani bilang anak seorang Profesor yg diakui di Indonesia jika sikapnya juga berlawanan dengan bapaknya?

        Semoga tindakan mereka berdua bisa jadi akur tidak seperti jaman orangtua mereka yg berseberangan, satu sisi presiden, satu sisi pelopor pemberontakan.

        Salam NKRI

      •  

        Yuk kita sebagai pemuda Indonesia kembali menghayati Sumpah Pemuda yg sbntr lg kita rayakan. Kita berkarya dlm kesatuan dan kebersamaan walau kita beda sikap politik dan beda pandangan politik. Tidak perlu kita sia siakan energi kita mencari ataupun mengungkit perbedaan, krn takdir negara yg besar memang hrs trdpt banyak perbedaan didlmnya.
        Kita satukan energi agar bs memuncak di satu titik yaitu kebesaran bangsa, kejayaan bangsa, persatuan Indonesia, serta kemakmuran bersama.

        Semua kita awali dari diri kita, keluarga kita, dan lingkungan kita masing2.

        ?berangkatkerjadulusalamhangatbuatsemuarekan?

    •  

      ini juga ikutan bahas politik, kalo ente mau tengkar masalah politik minta sama bung diego agar dibkinin trit politik sendiri, nah disitu ente bisa gelut cakar2an,gigit2an dengan bebas.

      woi bangun woi ini trit tank woi bukan politik woi

  23.  

    NKRI harga mati

  24.  

    Jngn. Nyalahin pak prabowo .dong!

  25.  

    Sesuai dng roadmap yg pernah dibikin Habibie, dimulai dari yg akhir menuju ke yg awal, semoga industri komponen penunjangnya terus didukung dengan diberi pekerjaan, setahap demi setahap hingga akhirnya 100% produksi dalam negeri. Ini juga peluang bagi lulusan2 sarjana teknik, utk mendirikan workshop2 yg bisa memproduksi komponen2 tsb. ( jadi ingat industri logam di ceper klaten yg kembang kempis, padahal mahasiwa kedokteran UGM tahun 90an kalau mau beli alkes, pesennya di sini ). Kemampuan pemuda2 kita/sarjan2 teknik kita itu sebetulnya mumpuni, memproduksi apa saja saya kira mampu, asalkan ada yg membina (diberi kemudahan2 dan difasilitasi) dan menampung produksi mereka. Ini susahnya, terbentur budaya “wani piro” dan “aku oleh opo”. prihatin.com

  26.  

    mau wowo, mau wiwi, bodo amat, kalo ada yg macem2 dgn NKRI , LIBAS!!!, Politikus kampret semua, NKRI harga mati..!!!!!

  27.  

    ane hargain apa yg mo ditelorin pindad..cuman rada galau, tenk pindad ntar kek apa..tenk medium kayak amx ato scorpi ? ato cuman ifv apc yg dikasih kanon ?

  28.  

    Kebanyakan liat metrotv yah..
    Jijik liatnya, isinya mencela melulu…

    •  

      Gk hanya metro tv bung, semuanya tv udah untuk politisasi. Kalo anda bilang metro tv jd kelihatan anda dukung siapa.

      Kalo masalah investor itu ada benarnya, seminggu IHSG jebloknya terparah dalam tahun ini.

      Tp mau disalahkan krn KMP? Tidak juga, semua tergantung nanti Pak Jokowi bisa rangkul bekas lawan atau memang bakal tetap bentrok. Pak Jokowi harus bisa buktiin bahwa dia bukan bonekanya Mega.

      Kalo masalah referendum boleh kita tetap hati hati, tp jgn kepancing dulu. Karena Ausshit sudah dikendalikan sama ASU, mereka lagi lihat lihat celah kondisi di dalam negeri kita.

      Siapkan diri untuk People Power jilid 2 jika memang sudah mengarah ke titik nadir.

      Salam NKRI

      •  

        Karena kalo memang niat dan hati Pak Jokowi ingin memperbaiki, membesarkan nama Indonesia itu tulus, semua orang bisa nilai kok nanti. Yg lawan pasti nanti ada saatnya juga lihat dan mau bantu.

        Niat dan hati tulus bisa disampaikan tanpa ucapan kok.

        Semoga Indonesia bisa lebih baik dari segala sisi. Dan semoga Alutsista Rahasia TNI yg ada saat ini dibeberkan ke publik dengan catatan bahwa dengan dibeberkan alutsista rahasia jaman SBY, berarti ada alutsista yg lebih rahasia lagi yang sudah masuk inventory 😀

      •  

        IHSG melorot bukan krn wowotp spekulan takut ma rencana the fed yg code name nya TAPPERing

      •  

        betul, seluruh bursa saham asia / eropa / amrik anjlok parah al. karena pertumbuhan ekonomi jerman melemah (jerman adalah mesin kembar ekonomi eropa bersama perancis)…

      •  

        @bung waja : sudahlah bung,pemilu sudah selesai saatnya kita kembali berangkulan demi persatuan indonesia mari kita hilangkan perbedaan dan mendukung presiden terpilih. untuk masalah sikap para petinggi parpol ada baiknya kita nda usah terlalu komentari karena info yg qt dapatkan dari media hampir semunya bias dan mendukung salah satu pihak.

  29.  

    Salam kenal,bung…ikut nyemak

  30.  

    Masih kebayang naik si leo semalam di alun2, hari ini mau naik muter2 malioboro gak bs, cuti kerja dah habis.. yo wes lah komplit, mau bengi arep foto2 raketok nganggo hp jadul ditambah saiki raiso cuti.. tp rapopo mau bengi wes puas ngelus-lus tank leopard + TNI seng jaga ramah2.. Jossss..

  31.  

    Semoga tank produksi pindad tdk hanya sebatas prototipe tapi dapat disempurnakan dan digunakan tni.bagi para pendukung kmp maupun jokowi sebaiknya dapat berfikir positif sebab saya rasa jokowi ingin indonesia yg lb baik begitupun kmp ingin berkontribusi melalui parlemen.jika dilihat media metrotv ,terlalu menaruh kecurigaan terhadap kmp sedangkan tv one sdh kembali ke peran media bukan corong politik.

  32.  

    Sabar sabar ndan LS@ Memang sampah isinya,judulnya Tank Medium kok komengnya pada ribut politik.Apa ga ada lapak khusus yg menampungnya kali…!
    Nyruput kopi dulu ndan sambil cuci mata Kowat yg di upload bung ari kemarin…hehehehe.salam

  33.  

    Mantab NDAN LS….xixixixi

  34.  

    jrg2 liat ndan kem marah…biasny klo ngmg byk bcnda ny…klo org yg kek bgni bs nympe mrh…brarti bnr2 krna hal yg udh kterlaluan n bwt dy trsungging berat..
    sbar ndan…liatn foto kowad aje nyok… 😀

  35.  

    Hayuk, daripada ngomongin politik sini saya bantu jawab sebisa saya soal tank Medium ini. Stop ngomongin politik deh, biarkan orang bekerja dulu, ini kan trit soal medium tank, jadi mari bahas soal ini.

  36.  

    Kalau tank medium ini memiliki mobilitas yg lincah berarti bisa di canteli ATGM yh bung jalo?

    •  

      Belum tentu juga bung, kan sesuai desain yg sudah ada. Yg pertama kerjakan dulu sampai dapat sertifikasinya. Nanti mau ATGM itu tergantung kebutuhan user, apakah nantinya pindad buat di versi selanjutnya atau ditambahkan di versi yg sudah ada.

      •  

        Lihat kata2 diatas biar bs sembunyi di medan perang, apa ada kemungkinan menggunakan material anti kamera thermal bung jalo?

        Memang lebih bagus tank nya lebih rendah atau cheper, seperti project rahasia tank armata rusia, yg rencana nya turet nya tanpa awak, kru nya dibuat perlindungan khusus pakai kapsul didalam nya,,
        semakin rendah semakin lincah bermanuver nya, tdk takut terjadi guling

        •  

          Bisa sembunyi maksudnya itu di desain agar Silhouette dengan geografis Indonesia, jadi mudah untuk bersembunyi. Memng 2.5 meter itu termasuk tinggi tapi masih sesui dengan kondisi lungkunga kita termasuk bersembunyi dj semak2, atau yg lainnya.

          Rusia untuk sampi ke Tnk Armata itu juga butun proses panjang bung, sekarng fokusnya barangnya disertifikasi dulu, setelah itu dengan ilmu yg mulai2 bertambah kita bangun tank dengan Silhouette rendah atau dengan material anti maera thermal. Tapi memang kita sudah punya beberapa penelitian soal ini, cuman masih belum terintegrasi antar lembga penilitian akhirnya jadi jalan sendiri2.

        •  

          Betul bung jalo, pengembangan teknologi tinggi harus step by step kita kuasai, sebelum melangkah lebih jauh, klo kata ustad bilang, mau bisa cepat membaca alquran lewat metode iqro, tp ada sebagian lagi kyai bilang, klo langsung metode iqro si anak ga bs mengeja huruf, jd yg instan ga selamanya baik, lebih baik dari dasar dlu,

          Banyak acuan teknologi tinggi, klo kita sdh bisa menguasai dasar nya, selanjutnya tinggal pengembangan nya saja, mau jadi tank drone, atau semi drone, atau tank biasa dgn kemampuan siluman,

  37.  

    Sabar ya, seminggu kemarin kerjaan berat banget, kemarin akhirnya selesai tapi badan remuk, T_T

    Refreshing saya yah baca2 komen2 warjag, kalau bentar moodnya sudah bagus langsung saya garap. 🙂

  38.  

    Proyek yang prestisius ya bung JALO, jika semua bisa berjalan sesuai harapan….mudah mudahan tidak ada kendala berarti dalam pengadaan proyek ini….agar semua mata dunia terbuka INDONESIA memang negara besar yang telah lama hilang…….

    @ bung Ardet Ariii…….tege uluh manyan….

  39.  

    loh bukanya pindad udah deal tot dengan cmi belgia, kok diatas beritanya masih masih ada opsi lainya

    http://jakartagreater.com/pindad-dan-cmi-garap-turet-tank-nasional/

    •  

      Lihat tangglnya bung, berita diatas ini sudah lama. Setelah berita diatas muncul, lalu ada berita yg disebutkan bung bangjo itu, 🙂

      Yup memang jadinya ama CMI belgia, makanya kita dpat barang hibah, hehehehehe…. berita yg saya kasih buat teman2 yg nanya masalah desain dan gak lupa. Klu mesin kemungkinan besar dari perancis, 🙂

  40.  

    Tank medium ini apakah spesifikasinya bisa dijadikan amphibi atau sekurang2nya bisa manuver di rawa2 atau sungai yg dangkal bung jalo?

  41.  

    bung TTTTT,

    link-nya gak kredibel, gak ada King University di melbourne,
    (google aja: list of all university in melbourne)
    gak masuk akal jokowi ngurusin proposal referendum papua, gak ada kerjaan apa, negara udah mau bangkrut, jatah bbm subsidi abis bulan ini, kurs terpuruk 1 $ = rp 12,200…

    fadli zon harap hati2, jangan semua isu sampah diomongkan di DPR…

  42.  

    kalau sama turki saya percaya kerjasama akan lancar,

    ayo pemerintah kejar target 2025 panen masal alutista buatan dalam negeri.

    menurut saya sikap politik negara turki perlu ditiru dlm membela rakyatnya(kasus dgn israel) , ditekan us dkk tetap ja berani.malah israel yg kalah scr diplomatis HI endingnya israel minta maaf.salut

    maaf cucu lancang

  43.  

    Sekarang bikin tank biasa aja dulu bung, kenapa pesawat N-219??? Karena dri sini kita akan belajar lagi hingga pesawat heavy lift. Lebih baik fokus di satu program dulu, kalau kebanyakan nanti tuh barang gak selesai2. 🙂

  44.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    halo bung Jalo, lama tak komen 😆
    bung Jalo kalau fokus ke sertifikasi dulu adakah pertimbangan khusus untuk negara penyuplai.
    ya khususnya mesin :mrgreen:
    karena kita tidak mungkin kan berharap ke satu produsen mesin saja. sementara kita masih belum sampai ke mesin.
    la kalau mesinnya di embargo modar nantinya 😆

    kalau salah ya maaf 😀

    •  

      Masalah Anoa di Malaysia mungkin bisa jadi satu referensi. Seperti yg saya bilang di artikel bung Blaze di sebelah..

      “Sebenarnya gak ada tapi kita punya Litbang yg sudah lama sekali ngurusin masalah ini seperti BPPT-BIDANG TEKNOLOGI INDUSTRI RANCANG BANGUN dan REKAYASA tapi sampai sekarang belum ada hasil. Yg saya tahu sekarang baru sampai di mesin truk transportasi antar desa, itu masih sangat simple banget.”

  45.  

    Sudah lama gak ada kabar tentang rudal Indonesia . Katanya akhir tahun mau uji coba lagi.

  46.  

    Selamat Siang! warjag & Sesepuh warjag..
    mau nanya nih, gmn kbrnya dedek Rafa,Nakula,Sadewa sm mbok Astuti? pada sehat2 kan?? hehehe

  47.  

    Bung @Satrio apa kabar?….mau minta pencerahan neh….apa teknologi meriam kinetic sdh sempurna teknologinya ….trims

  48.  

    Tank nasional basisnya Scorpion dan Marder?
    klo kerja sama dgn FNSS Turki yg biasa bikin ACV-15 dg berbagai variant sampai jumlah produksi 2500 an dan saat ini sedang ngembangin ACV-30 dg bobot 30 an ton ya rasanya klop.
    tapi itu bentuk ACV-30 yg merupakan basis dr ACV-15 yg dimelarkan rasanya kurang sedap dipandang mata…ambil teknologi Hull dan Tracked sistemnya kalee ya?

    http://www.globalsecurity.org/military/world/indonesia/images/acv-s-ags-iimage3.jpg

  49.  

    Bagaimana bung Jalo? Apa desain medium tank ini menarik hati marinir?..

    •  

      bung Blaze…sebagai user apalagi ada TOT pasti sedikit banyaknya TNI turut berperan serta dalam hal design dan rancang bangun TANK ini…karena sudah di sesuaikan dengan spesifikasi dan keinginan TNI serta keadaan geografis negara kita,..sekarang kita berlogika sangat sederhana saja bung….apabila kita sendiri ingin menciptakan sesuatu pasti akan di sesuaikan dengan keinginan kita…mau itu di bikin lebih canggih dikelasnya walaupun secara tampilan sama….atau kata warjag dan sesepuh di bikin mutan….

      Maaf lobung blaze pemikiran dan logika sederhana saya sebagai pemula dan orang awam…lebih jelasnya ya sama bung Jalo sebagai sesepuh…hehehe

      •  

        Mencermati pidato presiden kemarin bung Hawk. Beliau menyatakan dalam 2 tahun AU akan memiliki kekuatan yang memadai dalam memberikan keamanan dirgantara kita. Itu juga didukung dengan kepemilikan rudal pertahanan strategis (!!). Demikian juga marinir akan (?) memperoleh inventaris tank dan kendaraan angkut (baru?).. Sudah jelas doktrin marinir akan berubah, dan leopard tidak masuk dalam rencana inventaris marinir. Bahkan anoa pun belum masuk juga meski versi pengembangan amphibi telah dibuat. Isu mengenai mbt rusia (kalau kelas ringan atau medium sementara bmp3f bisa berperan) mengemuka/kendara angkut hovercraft sebagai operasi perebutan pantai. Maka desain tank medium itu unik bung Hawk. Minimal pengangkutnya mempertimbangkan via udara. Sebagai gambaran ifv beroda tipe stryker USA saja sudah mencapai 18 ton. Sudah terbatas untuk diangkut hercules kita. Jadi untuk insurgency pendadaran per satuan (entah batalyon/brigade) tenggat waktu yang dikejar berada pada parameter bersignifikasi tinggi. Jadi setelah prototipe ini hadir (beserta rencana biaya keekonomian dan serap produknya) patut ditunggu airlifter kita terhadap tank medium ini bung Hawk.

  50.  

    PT. DI lebih baik berkoporasi dgn negara2 yg sudah ahli dlam membangun tank, sperti: USA dan Israel. Dengan Turki….??? Saya khawatir tank yg dibikin malah berubah menjadi “kebab”, Sebab Turki kan negara pembuat kebab paling ahli….

 Leave a Reply