Nov 062014
 
marder3

IFV Marder Rheinmetall di Indo Defence 2014 (photo: Rafly).

Jakarta – Demi mencapai visinya, yakni menjadi produsen peralatan pertahanan dan keamanan terkemuka di Asia pada 2023, PT Pindad melakukan sejumlah kerjasama dengan produsen alat tempur Internasional.

“Kami melakukan kerjasama dengan sejumlah produsen seperti CMI Defence (Cockerill Maintenance & Ingenierie) Belgia, lalu ada SAAB Swedia dan Rheinmetall Land System dari Jerman,” ucap Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pindad Tri Hardjono dalam media briefing ‘Pindad and Partners’ di The Media Hotel Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (06/11/2014).

FSL_0205

(Jalo)

Untuk CMI Defence, perusahaan BUMN yang bertempat di Kota Bandung Jawa Barat ini bekerjasama dalam pengembangan Turret System kendaraan tempur. Kerjasama PT Pindad dan CMI Defence ini telah disepakati melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerahasiaan pada 15 September 2014.

“Ada beberapa tahap seperti membangun bisnis produk Turret CSE 90LP, serta pengembangan kerjasama selanjutnya yakni Turret CT-CV 105HP. Dalam skema ini, manufacturing know-how akan ditransfer secara bertahap dan proses Transfer of Technology (ToT) akan diberikan technical data package dan manufacturing data package yang relevan,” ujar Tri.

Sementara itu, untuk kendaraan tempur lainnya, PT Pindad menggandeng Rheinmetall Land System untuk kerjasama overhauling, upgrading, servicing, maintanance, dan modifikasi.

(Jalo)

Kerjasama ini akan dilakukan ke beberapa produk kendaraan tempur seperti MBT Leopard 2 RI, Leopard 2 A4, AIFV Marder 1A3 RI, Gunnery/Driving Simulator, dan lain-lain.

“Beberapa upgrading dan modifikasi juga dapat dilakukan kepada beberapa produk kendaraan lainnya seperti IFV Marder Command, ARV Buffalo, ARV 2, AEV Badger, AVLB Beaver, dan lain-lain,” terang pria berkaca mata itu.

Selain kendaraan tempur, sambung Tri, PT Pindad melakukan kerjasama dengan SAAB Dynamics di bidang pengembangan peluru kendali atau rudal.

Kerjasama ini, ujar Tri, meliputi perjanjian dalam pengembangan produk sistem rudal pertahanan udara berbasis darat RBS 70 Mk2 untuk TNI Angkatan Darat.

“Kerjasama ini meliputi proses transfer of technology (ToT) dan pemberian know how kepada Pindad yakni program Life time extension RBS 70 Mk2 missiles, serta integrasi misil dengan sub sistem kendaraan tempur. Dalam kolaborasi ini PT Pindad menjadi kontraktor utama dan SAAB Dinamics menjadi subkontraktor,” tutur Tri. (Liputan6.com).

Bagikan :

  48 Responses to “Pindad Gandeng 3 Perusahaan Internasional”

  1.  

    Selamat malam

    •  

      “untuk kendaraan tempur lainnya, PT Pindad menggandeng Rheinmetall Land System untuk kerjasama overhauling, upgrading, servicing, maintanance, dan modifikasi”

      yess… maju terus Pindad dengan menggandeng empunya pembuat kendaraan tempur

  2.  

    bermutu, majukan inhan nasional

    •  

      “Kerjasama ini meliputi proses transfer of technology (ToT) dan pemberian know how kepada Pindad yakni program Life time extension RBS 70 Mk2 missiles, serta integrasi misil dengan sub sistem kendaraan tempur. Dalam kolaborasi ini PT Pindad menjadi kontraktor utama dan SAAB Dinamics menjadi subkontraktor,”

      Mantaf tu

  3.  

    mantabbbbbbb

  4.  

    Smoga pindad smakin jaya dan menguasai pasar asean bahkan asia

  5.  

    Limo .. H???H? lumayan πŸ˜€

  6.  

    Maksudnya dari RheinmetaL “ARV Buffalo, ARV 2, AEV Badger, AVLB Beaver, dan lain-lain,”. Apakah tipe2 Lapis baja yang Lain yah , ToLong bagi yang tau ToLong Ling nya . Terima kasih sebeLumnya . πŸ™‚

  7.  

  8.  

    MEF Renstra II momentumnya bertepatan dengan penurunan konsumsi alutsista di negara-negara Eropa. Produsen alutsista pun kelimpungan karena konsumen terbesar di Eropa menurunkan belanjanya. Bahkan Yunani, salah satu negara Eopa yang bangkrut membatalkan pembelian kapal selamnya dengan alasan (dicari-cari) spesifikasi tidak sesuai.

    ToT yang dulunya harus diminta dan dinegosiasi dengan alot, sepertinya sekarang bisa diperoleh dengan mudah.

    Pindad, Kemhan dan semua industri pertahanan Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya.

  9.  

    negara eropa barat yang bekerjasama dengan indonesia tampa embel2 kesepakatan yang mendikte RI dan terbukti dalam litasan sejarahnya YAITU jerman, belgia, spanyol dan swedia…. BENARKAH?

  10.  

    Korporasi dengan Belgia melalui CMI dan dengan Swedia melalui SAAB, sangat menguntungkan dan lebih bersifat TOT, mendukung kemandirian NKRI untuk membangun senjata. Dengan NAZI ??? Kek-nya Pindad cm jd tukang ceboknya saja, proyek kecil2lan yang dikasih ke Pindad. NAZI=Komunis. Menorah dr TA dan MSD.

    •  

      anda berbicara tidak dengan fakta bung.

      anda lupa bahwa engineer-engineer indonesia lulusan 80-90an yang kini bertebaran di berbagai industri strategis secara tidak langsung adalah produk Jerman karena Proyek Percepatan Insinyur didukung oleh Jerman. mesin-mesin CNC di lab otomasi dan manufaktur semua PTN bisa dipastikan adalah bantuan dari Jerman

      anda juga melupakan proyek kerja sama satelit dengan Jerman sehingga kini Indonesia mampu membuat satelit surveillance meski dalam skala nano. tahukan anda bahwa satelit tersebut terbukti kehandalan dan ketelitiannya bahkan mengalahkan Razak Sat dari negeri tetangga yang dibuat dengan biaya jauh lebih mahal?

      PT Dirgantara Indonesia siapa penyokong terbesar teknologinya? mesin-mesin CNC-nya buatan mana?
      helikopter NBO-105, torpedo SUT, FPB yang menjadi cikal bakal KCR anda pikir teknologi dari mana?
      pernah dengar BPIS (Badan Pengelola Industri Strategis) yang membuat industri-industri strategis bertahan hingga kini , dulu direkturnya lulusan mana?

      cmiiw

    •  

      Yonhap yonhap,, cocotmu mambu telek,, nek ngomong ora di pikir ora nduwe utek…
      Maaf sesepuh,, saya esmosi sama kacung e londo semplak..

    •  

      kalau punya KTP selain indonesia aq milih jerman. tim kesayangan ku jerman sejak kecil.
      aq mendukung indonesia belajar ke jerman.
      Banyak ahli lahir dari jerman.
      sejarah yang pernah aq baca:
      — senapan otomatis pertama yang buat jerman
      — kapal perang yang ditakuti punya jerman
      — kapal selam jerman banyak menjatuhkan korban sampai berjuang ke indonesia
      — roket yang bisa nyampai daratan inggris py jerman
      — kalau tidak di sabotase jerman punya bom atom dan menguasai dunia
      — 1500 ahli jerman ditangkap AS dan 3000 ditangkap sovyet pada perang dunia.
      — pesawat jerman juga bisa.
      — tank??

      •  

        Yang ngasih nama kepulauan nusantara qt indonesia itu jg sosiolog jerman bung ADOLF BASTIAN klo gk salah itu dl wktu ane masih smp tanya ke guru geographi
        Suwun

    •  

      Ini barang kagak monceeerrrrr @ kampungan loe yonhap

    •  

      Orang aneh….
      Kalau ngomong tidak dipikir Dulu…
      mungkin Sedang stress berat dan frustrasi…..

    •  

      ANAK TURUK GOMBLAH GAMBLEH… KALO NGOMONG MOKIIIRRRR…

  11.  

    mantap

  12.  

    MAKNYUSSSSSSSSSSSSS

  13.  

    Mantaaab. Jayalah NKRI

  14.  

    mantep…saya semakin yakin kedepan kita bkn lg negara konsumen alutsista

  15.  

    Nyimak

  16.  

    Sebenarnya pindad dalam kerjasama pembuatan rudal dengan negara mana saja?? Sekarang swedia, kemarin katanya ukraina, dulu tiongkok,,, tp kayaknya belum satupun rudal buatan pindad yg benar2 sukses kecuali roket, apa ga baiknya konsentrasi dengan satu negara saja sampai benar2 sukses, jangan2 apa yg dimaksud dengan ” ga semua pengadaan alutsista akan dipublish ” adalah hal2 seperti ini dimana anggaran sudah keluar tp wujud barangnya ga ada karena kerjasamanya gagal,,, maaf jika salah,,,,

    •  

      Nah loh, info dari mana Pindad kerjasama dengan Ukraina. πŸ˜€

      •  

        Oke bung jalo,, siap salah,, trus bagaimana dengan tiongkok bung??

      •  

        Apa sama tetangganya Ukraina bung jalo..:)). Klw banyak kerjasama seperti ini bakal tidak mungkin 5 – 10 th kedepan akan semakin lengkap industri alusista kita tiga Matra Darat Laut Udara. Jika para negara2 produsen yg disebutkan menjadikan posisi strategis Indonesia sebagai basis joint production sekaligus pengembangan produk mreka, karena mereka sudah tahu kemampuan dari enginer2 kita yg mumpuni. Mmnnmmm..:D

  17.  

    Anda merasa takut? Trauma? Dendam kesumat karena embargo? Ini solusi nyata untuk masalah anda: ToT. Tanpa ToT, disinyalir ada upaya untuk menimbulkan ketergantungan. You ikut kami atau kena embargo.

  18.  

    mantap biar nkri kuat n macan asia mengaum kembali

  19.  

    bung jalo@ luchuu..agagaga , ati2 ama hantu taman lawangnya bung , penampakan upin upin..ops ! sere ane bercende ..

  20.  

    Realisasi program alutsista primer AU 2014-2017

    1. Pespur: Su-34 (36), Su-35 (72), Rafale (54), EF Typhoon (48), F-16C Block 52 (40)
    2. Pesawat latih tempur: Yak-130 (24)
    3. Pesawat tanker: A330 MRTT (12)
    4. Pesawat AEW&C: C-295 + EMB-145 (8+8)
    5. Pesawat angkut berat: C-17 Globemaster III (5)
    6. Pesawat angkut sedang: A400M + C-130J Super Hercules (16 + 16)
    7. Radar taktis Nebo SVU (provisi 12 situs)
    8. Sistem hanud berbasis darat S-400 (14 baterai)
    9. Sistem hanud berbasis darat HQ-16 (22 baterai)
    10. Dst..dst…

    – Realisasi program alutsista primer AL 2014-2017

    1. Kapal Perusak Kawal Rudal: CGN Petr Veliky (provisi 2017), CG Slava (2), DDG Sovremenny (2), DDG Udaloy (2), DDG De Zeven Provincien (6), FFG Talwar (4), FFG Krivak II (5), FFG Sigma II (4),
    2. Kapal selam: SSGN Akula (2), SSB Typhoon re-powered (1), SSG Amur 950 (3), SSG Kilo 636 (2), SSG Changbogo (2), U214+ (3), U212 (2)
    3. Sistem pertahanan pantai Klub K

    – Realisasi program alutsista primer AD 2014-2017
    1. Tank Tempur Utama: Leopard 2A4 + RI + Pz87 (120+180+64)
    2. Sistem artileri medan gerak sendiri berbasis meriam: Caesar (206)
    3. Sistem artileri medan berbasis roket multilaras: Astross II (110)
    4. Sistem artileri medan berbasis meriam 155 mm: Kh-79 (430)
    5. Sistem artileri pertahanan udara ringan Pantsyr S1 (120)
    6. Helikopter serang: AH-64D/E Apache Longbow/Guardian (14/36)
    7. Helikopter angkut/serbu: UH-60/MH-60 Blackhawk (60)
    8. Helikopter angkut berat: CH-47 Chinook (24)

    •  

      list yang sangat membanggakan kalau memang benar…..hanya kira kapan ya pemerintah melakukan pemesanan?! apakah ini yang tidak dipublikasikan? sedangkan yang dipublikasikan saja hampir-hampir batal karena usulan tambahan anggaran tidak disetujui……selain itu sangat membutuhkan jumlah awak yang sangat banyak pula dimana utk pelatihannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

    •  

      kalo emang benar Indonesia Punya 72 SU-35 dan 34 Su-34 Australia bakalan Benar Benar Berkeringat Dan bakalan ga tenang πŸ˜€

    •  

      List A1 ori, Bung Nara memang mantab..

  21.  

    Sudah kebayang di mata saya 2030 Indonesia Penguasa Asean πŸ˜€

  22.  

    maju trus pindad… klo bsa bikin yg berhulu ledak zat bracun biar pas d tembakin k upil tentara.a langsung ko’it..

 Leave a Reply