Agu 172014
 
Tank Leopard 2A4 TNI AD. (Dok. Penkostrad).

Tank Leopard 2A4 TNI AD. (Dok. Penkostrad).

Jakarta – Pengadaan lebih dari 100 tank tempur utama (main battle tank/MBT) Leopard dari Jerman membawa angin segar bagi industri pertahanan Tanah Air, khususnya PT Pindad. Gara-gara Indonesia memborong tank canggih tersebut, PT Pindad akan menjadi pusat perawatan Leopard untuk kawasan Asia Pasifik.

Kepala Divisi Perencanaan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Said Didu membeberkan, tank tempur utama Leopard yang dibeli Indonesia memiliki spesifikasi khusus yang telah disesuaikan dengan kondisi alam Indonesia. Jumlah yang akan dibeli mencapai lebih dari 100 unit.

Banyaknya jumlah yang akan dibeli ini membuat Indonesia memiliki nilai tawar tinggi terkait dengan upaya kerja sama yang lebih luas dengan Jerman. “Disepakati nanti perbaikan Leopard untuk wilayah Asia Pasifik itu dilakukan di PT Pindad, karena kita membeli besar,” terang, Said di Jakarta, Minggu (17/8/2014).

Keputusan ini membatalkan rencana Jerman yang bakal membuka pusat perbaikan Leopard wilayah Asia Pasifik di Singapura. Seperti diketahui, Negara itu sudah lebih dulu dibandingkan Indonesia dalam mengoperasikan Leopard. “Mereka harus bicara empat jam untuk mengubah keputusan menutup di Singapura,” sebutnya.

Model kerja sama dalam pengadaan Leopard ini dinilai menguntungkan dibandingkan dengan pemerintah membuat sendiri MBT. Sebab, hingga saat ini PT Pindad belum memiliki kemampuan memadai untuk memproduksi tank kelas berat. (sindonews.com).


nb: Bro Warjag, jangan ditarik-tarik ke politis, ini hanya cliping info alutsista saja. Dibuang sayang.

Masak nantinya setiap berita Leopard dan Drone, tidak kita naikkan, takut ada “keributan”.  Kan gak lucu.

Bagikan:

  89 Responses to “Pindad Pusat Perawatan MBT Leopard”

  1.  

    Pindad makin mantab….

    •  

      mantap strateginya,, cuma ada sedikit pertanyaan,, knp yang membuka jalan anoa bukan nya tank dulu trus baru anoa??

      setau saya kemampuan ANOA memiliki tingkat STANAG 3 level 3, yang berarti bisa menahan peluru kinetis hingga 7.62×51 mm Armor Piercing standar NATO dari jarak 30 meter dengan kecepatan 930 m/s serta bisa menahan ledakan ranjau hingga massa 8 kg di bagian roda gardan dan di tengah-tengah badan.

      berarti klo di tembak dgn senapan mesin kaliber 12,7mm bisa tembus,, apa mau personil kita didalam nya kena sasaran?

      untuk membuka jalan baik nya tank didahulukan yang punya kemampuan perlindungan lebih tinggi,

      •  

        anda tidak mikir infantri musuh bergilya juga bawa RPG, ???
        apalagi tim pengintai seperti halnya tontaipur, klo di kostrad,,,

        anda sama kan perang sesungguh nya dgn main PS????
        main PS klo udah tertambak musuh bisa di ulang,, tp klo kenyataan nya,, klo anda tertembak mati lebih dulu, apa bisa diulang??? menyesal di akherat tak berguna..

        klo anoa di perkuat kulitnya dgn di pertebal lagi , akan memberi dampak buruk pada kemampuan mesin nya dan kemampuan lari nya,,
        , karena mesin nya masih impor dari prancis,,

      •  

        10 thn lagi teknologi musuh juga berkembang bung,, bukan hanya indonesia,,

        teknologi drone berkembang, dan penangkal nya pun berkembang pesat,

        altros itu roket multi laras yang tanpa mengendali,, klo perkembangan nya ga jauh,,yaitu rudal SSM seperti (rudal scud , yakhunt versi darat)

        inti dari saya cuma 1,klo tidak mau celaka jangan menganggap remeh musuh, sekalipun musuh itu di atas kretas, jauh di bawah kita,,

      •  

        Bung Joko, ente menyebut Altross. Sebetulnya yg betul Altross atau Astross ya ?

      •  

        setuju bung andri.orang lemah bukanlah orang yang benar lemah dalam arti kata sebenarnya.tapi orang yang lemah (calon pecundang) adalah orang yang selalu menganggap enteng,menganggap lemah lawan tapi ia sendiri tidak tahu dimana kelemahan lawan.

      •  

        gak usah aneh-aneh di nuklir aja selesai perangnya :v
        ngapain repot-repot mikir strategi :v
        tu korut mana berani amerika nyerang korut :v

    •  

      Parah, fanatisme tak berkesudahan yang menciptakan kebutaan permanen, baik buta mata, buta pikiran dan buta hati

      •  

        heran juga dg komentar JOKO PREEK…masa iya drone dan anoa suruh maju duluan….luluh apaan…konyol iya….jangan2…ini nanti MBT nya bukan leopard tapi cap banteng atau cap ESEMKA….fanatik kok kebacut to mas broo….mamihnya apa ikutan perang juga…..aneeh

      •  

        Bung Lasiana (atau mbak?), kalo dari namanya justru anti No. 2. Prettt dalam bahasa jawa berarti Mingsuh atau menyebut kata-kata semacam “Sialan…”

    •  

      hahahahahahhaha biasa main ps2 rental kayak gini nich…naik donk ke ps4 (beli jgn, ngerental melulu)…Infantry lebih aman dan gahar kalau dikawal Leo..

    •  

      kyk nya anda belum mengerti benar tentang drone bung joko,,
      drone itu hanya memiliki kecepatan dibawah 500km/jam. manamungkin bisa menghancurkan pertahanan udara,, klo pertahanan darat bisa jadi, ti itu juga klo musuh tidak punya SAM,,,

      dan lagi ngapain menggunakan altros klo cuma 5km radius tembaknya,, sama tank leopard aja radius tembaknya bisa mencapai 5,5km,,
      altros II itu kemampuan tembaknya sampai 32km bahkan bisa lebih, klo menggunakan amunis tertentu,,

      klo melihat pengetahuan anda , kyk nya anda terlalu fanatik, tanpa belajar lagi nyari pengetahuan lain,, ayo belajar lagi sama2,, biar anda lebih hebat lagi pengetahuan nya,,,begitu juga saya

    •  

      gk ada yg gk mungkin bro andri
      drone dngan sistem motor listrik tidak akan menimbulkan panas yg extra dan di tambah bahan komposit misal dari serat karbon dll tidak akan bisa di tangkap oleh radar
      kalo sistem dronenya kamikaze kita hit kontrol pusatnya itu SAM bisa shut down
      hehe

    •  

      Hadee..w Preet preet…tiap ente komeng jadi ingat Hodijah bintang youtube…Asal eksis…

    •  

      oh yah,, klo gitu kenapa drone RQ-170 Sentinel bisa tertangkap radar iran yah,, padahal dari segi teknologi, drone RQ ini merupakan drone yang paling baru dan paling canggih,, boleh tau sebab nya knp bung L.

      satelit pencitraan berpengaruh juga dalam menyergap drone bung,,
      utk penyergapan nya bisa menggunakan SAM atau pespur..

      drone kamikaze tidak jauh berbeda dengan rudal yang diberi mata (kamera), hanya saja drone kamikaze lebih lambat dan mungkin lebih stealth, dibandingkan rudal,
      tp bukan berarti tidak bisa tertangkap radar pasif atau satelit pencintaan

    •  

      apalgi kalo dronenya kualitasnya spt di film Oblivion….he5x…mantaf…bisa ngawal NKRI…dari benteng spt menara..yg dilengkapi kolam renang…ha7x…cukup 2 awak …sepasang lagi……ide drone itu ide masa depan…saya sih dukung2 aja..tapi pengadaan leo jg penting…btw info di Irak medan tempur ISIS..penetrasi ISIS ke Kurdistan Irak dapat dikurangi oleh serangan pesawat tempur dan drone tempur…jadi ini bukan masalah pro dan kontra…tapi semua perlulah…

    •  

      utk menghancurkan pertahanan udara itu harus menggunakan pesawat siluman / yang lebih cepat/ mampu melakukan manuver hebat sehingga mampu menghindar dari serangan lawan, dan mampu melumpuhkan pesawat tempur lawan,,

      kecuali utk malumpuhkan pertahanan darat ,, mungkin drone bisa digunakan,,

    •  

      wkwkkwkwkwkwkwkk
      dran dron dran dron ket wingi ora rampung rampung sum

    •  

      Jadi inget, Israel membungkam SAM Suriah yang terkenal canggih hanya bermodalkan drone…

      Semua alat, memang memiliki kegunaan masing-masing. Mau canggih, mau kuno, strategilah yang menentukan bagaimana hasil dari penggunaan alat tempur itu.

      Jadi hal yang lucu jika belum-belum misalnya kita sudah berasumsi F-22 Raptor sudah pasti menang lawan Typhoon. Padahal kenyataan dalam latihan malah sebaliknya….

  2.  

    Lumayan….iji

  3.  

    well..good job Pindad..semakin sibuk rupanya..selamat berjuang demi Indonesia Besar..btw mantap juga bisa gantiin jd pusat perawatan leo di asia..keren..!!

  4.  

    Padahal kampaye dah lewat…masih aja ada yg ….

  5.  

    Absen

  6.  

    iMantappp… teruskan leopard smp setingkat divisi

  7.  

    10 besar

  8.  

    lanjutkan

  9.  

    Menaikan nilai tawar Indonesia menjadi pusat perawatan? koq saya yakinnya nilai tawarnya menjadi merakit ya? sepertinya ada nilai tawar yang lebih…. mirip-mirip dengan Lion beli banyak dari airbus dapet nilai tawar yang gahar aka cetar ….

  10.  

    singapura gigit jari

  11.  

    Jiahhaa..singaporno modar..maju trus pindad..smoga jadi industri terkmuka…

  12.  

    Jerman termasuk negara sahabat yg adem …. Ngak pernah macem2 kayak Inggris/Belanda. Kita beli mereka kasih tanpa ribut2…lanjutkan kerja samanya …

  13.  

    Tersurat yang tersiratnya kan seperti itu bung @Arul, judulnya saja “perawatan”.
    Kita jadinya quantum leap dalam RnD MBT….jadi nanti kita bikin medium tank rasa MBT……nah lho mutan semua alutsista kita…..

    •  

      Benar kali Bung Skywalker bahwa arah kemandirian untuk alutsista Tank akan difokuskan ke Medium Tank dgn bobot antara 30-35 ton. Joint Development Medium Tank dilakukan oleh pemerintah Indonesia yg di wakili PT. Pidad dgn pemerintah Turki yg diwakili oleh FSNN. Joint Partnership Agreementnya pun tlh ditandatangani oleh kedua belah pihak. Untuk menjamin terus berjalannya kerjasama pertahanan antara Indonesia-Turki pemerintah telah mengajukan RUU kerjasama pertahanan dmn DPR tlh menyetujui unt disahkan menjadi UU. Polemik terkait keberlangsungan pengadaan Leopard oleh presiden berikutnya tdk seharusnya ditanggapi secara berlebihan, kasar dan penuh pesimisme.

  14.  

    PT.Pindad akan menjadi pusat perawatan Leopard utk kawasan Asia Pasifik.. HEBAT..!! smoga kedepan PT.Pindad semakin maju.

  15.  

    Affirmative 😈

  16.  

    Sokong pindad makin cinta NKRI

  17.  

    Semoga MBT di tambah lagi oke gan 😀

  18.  

    Tadi seharian main kesono, Pindad kedepan punya target yg bagus. Sekarang lagi pembenahan internal dan struktural termasuk pengadaan alat baru. Untuk tank akan bertahap, Pindad juga sudah lama kerjasama dengan Rheinmetall, nanti ada anoa varian baru yg akan segera dilaunching. Kalau soal pengembangan rantis rantai yg dilakukan pertama jenis APC, lalu Kanon kemudian tingkat tersulit yaitu Amphibious.

  19.  

    sebentar lagi pindad akan bisa menguasai teknologi turet hasil joint produk dgn turki, amunisi tank 120mm dgn jerman, dan amunisi 155mm dgn prencis, semoga kedepan nya pindad makin mandiri, membuat pertahanan negri,, sehingga kerahasian kekuatan indonesia bisa tetap tersembunyi,,

  20.  

    sehebat apapun pindad ngoprek tuh MBT, tetep aja Indonesia tidak akan bisa melampaui seni pembuatan tank negeri jerman. Punya desain dan prototype medium tank nusantara aja sudah syukur banget. dan mBT akan tetep punya peluang impor.

  21.  

    Mantap kalee ini bah!! Maju terus Pindad!! ^_^

  22.  

    Jadi jumlah Leopard yang dibeli TNI itu lebih banyak daripada milik Singapur ya?

  23.  

    Lanjutkan Pindad

  24.  

    Kedepannya semoga pt pindad bisa membuat MBT sendiri.tapi yg medium hrs teraksana dulu.pesan mbah bowo: sebaik baik pencuri adalah pencuri ilmu!

  25.  

    belajar belajar trus pindat. kitak sbgaii wni dukung trus kemajuan bangsa

  26.  

    Monggoo bung jalo, dilanjutkan..

  27.  

    He..he.. Salut sama team negosiatornya. Hebat boss…

  28.  

    Bangganya menjadi orang INDONESIA…….Laksana pemuda yg gagah, berbadan besar krn terdiri dari ribuan pulau…Berotot kuat dan padat krn terdiri dari jutaan rakyat pejuang yg saling mengikat…Serta ahli bela diri & tak kenal rasa takut krn mempunyai tentara merakyat dengan senjata hebat. Jayalah NUSANTARA-ku…INDONESIA.

  29.  

    Optimis donk bung @kobu.. . Blum apa2 kq udah pesimis .

  30.  

    Alhamdulillah jd Pindad bs fokus bikin Tank Ringan & Sedang sambil belajar buat MBT dari Jerman jd kedepan semua jenis Tank bisa di buat Pindad..Jaya selalu Pindad..

  31.  

    Jangan cuma perawatan … Kedepannya coba jadi pusat ‘custom’ nya Leo di Asia …
    Ngarep.com

  32.  

    nah muncul juga ni berita,
    tiada gading yg tak retak..maka kita coba buat gading yg sedikit serupa tp lebih kuat(minimal untuk sementara mendekati).ya syarat nya hrs pnya gajahnya
    maaf coment asal jeplak

  33.  

    Ke depan PINDAD perlu perluasan pabrik di luar Jawa…

  34.  

    Semoga pindad semakin maju…..biar dikatain njiplak, kw,copy dll yang penting bisa buat dulu.. dan tidak terjebak dalam bahasa prototype.. pindad is the best.

  35.  

    Ayo laris laris mbt vs drone =bowo vs jokowi dasar jkgr lama lama kampungan dan memuakkan

    •  

      kelihatan sekali anda tidak menghormati admin warjag ini. kan sudah ada pesen kalo gak boleh bawa muatan politis… tetep aja ngributin kampanye.
      kalau tidak suka atau kurang berminat dengan warjag ini ya jangan baca n jangan komentar.

  36.  

    nih si sukro ngejeplak asal kaya kacang atom pecah aja…

  37.  

    awas tanggal 21 gunung slamet njeblug pak dirman ngamuk ,kok bisa pas amat waktunya ya padahal dari dulu tuh gunung ga pernah neko neko tiba tiba kok pake sandal neckermen tuh gunung

 Leave a Reply