Jun 062014
 

PT Pindad siap produksi amunisi tank 2A4 Leopard

Tank 2A4 Leopard saat melibat gundukan dalam kecepatan tinggi. Leopard yang bobot maksimalnya mencapai 64 ton sangat efektif digelar dalam ofensif di medan terbuka dengan kontur tanah relatif rata. Tank ini banyak dioperasikan di negara yang memiliki kontur tanah rata dan tanpa rawa-rawa. (img.over-blog-kiwi.com)

… kita bisa memenuhi kebutuhan kesenjataan tank itu… “

Bandung (ANTARA News) – Satu lompatan dilakukan PT Pindad, setelah Direktur Utama PT Pindad, Sudirman Said, menyatakan kesanggupan perusahaan itu membuat dan membangun amunisi tank utama 2A4 Leopard

“Dari hasil Latihan Gabungan TNI 2014, banyak yang harus kami jawab, salah satunya melengkapi amunisi bagi beberapa perenjataan terkini TNI, termasuk peluru meriam 120mm smoothbore untuk tank Leopard,” kata Said, di Bandung, Jumat.Menurut dia, untuk peluru meriam 120mm smoothbore Leopard, ditargetkan pengembanganya sudah bisa dilakukan mulai akhir 2015.”Sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan kesenjataan tank itu,” katanya.

Leopard memakai dua varian meriam utama, yaitu Rheinmetall 120 mm L44 atau L55 smoothbore alias tanpa ulir sepanjang 5,28 meter dan berbobot 3,37 ton.

Laras meriam tanpa ulir merupakan “jawaban” pada dasawarsa ’70-an atas kejayaan seri tank T-72/80 dari Uni Soviet yang bisa membantai secara mudah tank-tank Barat.

Laras meriam tanpa ulir juga memiliki energi kinetik lebih besar ketimbang yang berulir sehingga meninggikan efek mematikan amunisi yang dilontarkan.

Selain amunisi konvensional, meriam ini bisa menerima berbagai tipe amunisi, sebutlah Armour Piercing Discarding Sabot DM23, ataupun Armour Piercing Fin Stabilized Discarding Sabot M829 dengan kepala ledak berisikan uranium.

Masih ada amunisi Multi Purpose Anti Tank Projectile yang berbasis teknologi High Explosive Anti Tank, buatan Jerman, berdesignasi NATO sebagai DM12. (antaranews.com)

  52 Responses to “Amunisi Tank 2A4 Leopard Pindad”

  1. pertamax…

    • Assalamualaikum wr.wb…
      slamt malm warjager semua.,
      Puput ikut bonceng Pertamax ya om…
      saatnya kemandiriaan Alutista dlm negeri lebih di galakan.
      kalo kita bs buat Peluru untk leo ne jd kita
      bs akn menghemat anggaran dan memajukan industri strategis dlm negeri.
      seperti Pindat,Dahana,DI,LEN,PAL dan industri strategis lainnya.harapan
      kedepannya mudh2an semua kebutuhan
      Alutista TNI bs di dominasi oleh Produk
      Domestik.mulai dr senapan besrta
      amunisinya.,kapur,pespur,kasel,tank,pans
      er,roket,rudal,Sam,helpur,dll.
      btw brapa se jumlah semua tank leopard
      kita baik yg 2A4 maupn Leo Revonya?trs Penempatannya se Leo ne di mana?di kota/hutan.ih maksdnya di Ibu Kota /Kalimantan.
      ma’af klo ada salh kata dan banyk tanya?

  2. mantap

  3. mantab pt pindad ….

  4. Ketigax?

  5. ikutan absen ah

    • setau saya kenapa peluru dibuat berputar pada saat melesat di udara untuk kesetabilan peluru supaya bisa tetap lurus menuju sasaran (walaupun sebenarnya lintasan parabola). nah kalo si peluru nggak dibuat berputar apa bisa pelurunya tetap di jalurnya sampai mengenai sasaran? maaf kalo pertanyaannya cetek, maklum pertanyaan operator mesin cetak 😀

  6. hasil TOT kah?

  7. Lanjutkan…

  8. Maju terus Pindad..

  9. absen yuk. salam banjarmasin

  10. ajib…..

  11. Bravo pindad

  12. Mantap! Teruskan!

  13. Mantafff……gak usah import lagi kalo gitu,made in indonesia…..lanjutkan…!!!!

  14. Salam dari Batam

    semoga sukses untuk kafilah MTQ dari masing2 propinsi.

  15. Tanya mode on @bung jalo kalo yang ini produksinya dmna?moga moga aja disini..pastinya ya bung?

    • Kayaknya di Bandung bung ammo, setahu saya seiarang tim BPPT masih mempelajari manufacturnya agar bisa diisi komponen lokal termasuk bahan kimianya. 🙂

    • Baru nanya teman, pelurunya akan diproduksi di Turen, Malang. Sekarang sedang proses lelang pembangunan divisi 20 dan 105 ya?? Termasuk rencana pengadaan alat-alatnya. Makin senang lagi bung ammo. 🙂

      • kok.lelang bung Jalo, gak d tunjuk aja (berkaca pd beberapa lelang negara yg byk penyelewengan)

        • Nah saya jurang tahu karena iru merujuk pada surat keputusan BUMN. Disitus PT Pindad juga menampilkan hasil lelang secara transparan

          • Memang untuk semua pengadaan barang Dan jasa untuk saat ini sesuai dengan perpres 54 tahun 2010 Dan perpres 70 tahun 2012, harus lelang Dan juga lelangnya secara elektronik. Transparan koq. Insya Allah. Salam bung jalo Dan semua rekan2.

      • yg penting transparan dan bisa dipertanggungjawabkan.
        kita beli leo apa ga ama pelurunya?
        kalo tidak ya mesti dipercepat biar ga ompong..

      • Om jalo kenapa Pindad malah produksi amunisi leo yang hanya punya beberapa. Bukannyan lebih baik bersiap produksi amunisi tank yang mau diproduksi dalam negeri.

      • Hehehe..ya senanglah bung ammo…semoga dirut yang baru ini bisa membawa perubahan yang lebih baik,karyawannya lebih sejahtera lagi..

  16. mantaaaapp……………… NKRI HARGA MATI>> !!!

  17. Min…tolong diangkat artikel tentang rudal HQ-16 yg mau dibeli malaysia dari tiongkok…
    Sekalian diungkap clue soal rudal SAM kita…

  18. Harus gitu donk jangan import terus.. majulah indonesiaku…

  19. Maju trus bangsaku

  20. Mulai bocor halus…sepengetahuan saya di media mainstream tidak diberitakan bahwa Leopard tidak diikutkan…ternyata ada…berarti banyak pula yang lainnya tidak diubgkap ke publik. Apa ada yang saya misread atau saya gagal paham 🙂 cmiiw

  21. Yups..walaupun import tapi klo ada TOT nya gpp walaupun mahal juga…soalnya ILMU tuh mahal ga semua negara mau kasih TOT nya klo masalah ALUTSISTA……Semoga kedepannya INDONESIA Jadi bangsa mandiri dlm teknologi,ALUTSISTA khususnya…biar klo latgab mo buang peluru sama rudal yg banyak juga ga masalah…maju trs pt DI,PAL,LEN dll…!!! NKRI HARGA MATI..!!!

  22. Tunggu kedatangan mbt 2A6 oke bung 😀

  23. salam bung Jalo …
    thn lalu ada gosip mo ambil merkava
    apa betul ?
    kalo betul … sy tdk setuju

    • Tlg cek mbt dari jerman, perancis, inggris, israel dan rusia… siapa tahu dah nongkrong pas latgab. Maaf saya tukang cuci gak pernah ada waktu bepergian… tlg infonya ya 😀

  24. 2A4 aja tentengannya kayak begitu… apalagi revo.

  25. Amunisi jenis ap bung yg akan d produksi pindad???apakah HE atau APFSDS???

  26. “Dari hasil Latihan Gabungan TNI 2014, banyak yang harus kami jawab, salah satunya melengkapi amunisi bagi beberapa perenjataan terkini TNI, termasuk peluru meriam 120mm smoothbore untuk tank Leopard,” kata Said, di Bandung, Jumat.Menurut dia, untuk peluru meriam 120mm smoothbore Leopard, ditargetkan pengembanganya sudah bisa dilakukan mulai akhir 2015.”Sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan kesenjataan tank itu,” katanya.

    berati Leopard juga Ikut LAtgab Kemaren yah….

  27. Ha…ha…ha…ha… Senengnya. Jayalah negeriku majulah bangsaku.

  28. gan kalo untuk amunisi yang dibuat oleh pindad apakah hanya untuk angkatan darat saja? kalo untuk angkatan laut dan udara perkembangannya sampai mana? apakah sudah bisa disuplai sendiri atau harus beli dari luar? maaf oot

 Leave a Reply