Pindad Targetkan Produksi 100 Tank Medium di 2018

23
Indonesia lewat PT Pindad dan Turki lewat FNSS, kerjasama pembuatan tank medium (FNSS)

Jakarta – Pindad mengatakan telah merampungkan pembuatan satu unit prototype medium tank yang dikerjakan bersama FNSS Turki pada pertengahan tahun dan siap memamerkan produknya pada acara HUT TNI pada 5 Oktober 2017.

Ditemui di IBDExpo 2017 di Jakarta, Kamis, 21/9/2017, Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengatakan hampir seluruh komponen tank medium itu dibuat oleh Pindad, kecuali bagian permesinan.

“Dari desain, spare part (suku cadang), hingga turret, Pindad yang bangun,” kata Abraham.

Inisiatif pengembangan medium tank ini, menurut Abraham, tercetus karena berdasarkan riset, untuk memperkuat sistem pertahanan nasional, TNI akan membutuhkan 300 unit. Dari jumlah tersebut, Pindad memproyeksikan akan merampungkan 100 unit pada 2018.

Dalam penjelasan lainnya, Abraham Mose sempat membahas wacana ekspansi pabrik ke Provinsi Lampung sebagai upaya Pindad mengakomodir perkembangan bisnisnya baik dalam segi kapabilitas maupun lini produk.

“Wacananya, pabrik di Lampung dikhususnya untuk persenjataan, sedangkan pabrik Bandung dan Malang untuk produk-produk lain seperti kendaraan militer, bahan peledak, dan alsintan,” ujar Direktur Utama Pindad Abraham Mose. (Antara).

14 KOMENTAR