Piramida 5000 Tahun SM Terkubur di Gunung Padang

87
140
Situs megalitikum Gunung Padang di Cianjur (photo: Antara)
Situs megalitikum Gunung Padang di Cianjur (photo: Antara)

Jakarta – Penelitian sejumlah ahli dari beragam disiplin ilmu di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat sejak 2010 akhirnya membuahkan hasil. Tempat tersebut merupakan bangunan kuno berbentuk seperti piramida berusia di atas 5000 tahun sebelum masehi (SM) yang terkubur.

“Tanpa ragu lagi bahwa memang ada bangunan yang terkubur di situs megalitikum Gunung Padang,” ujar Ketua Bidang Geologi Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang, Dr Danny Hilman saat ditemui di MNC Plaza, Jakarta Pusat, Rabu (26/11/2014).

Penemuan itu terungkap setelah tim melakukan penggalian sedalam 11 meter di lapis ke dua gunung. Lapis kedua tersebut berada di kedalaman sekira 2-3 meter dari puncak. Peneliti menemukan sejumlah bebatuan panjang yang tersusun dan batu alamiah yang terukir dan unik.

“Bersamaan dengan dinding bangunan itu, kami temukan juga banyak sekali artefak, seperti yang kami sebut batu kunjang. Unik sekali geomotrinya. Lebih berat dari batu biasa, ada kandungan logamnya, ada pori-porinya juga,” terangnya.

Batu lain yang ditemukan persis jenis columnar joint, namun bentuknya bengkok. Kondisi tersebut mengindikasi orang yang hidup di masa itu memiliki kemampuan memotong-motong batu, karena bentuk batu columnar joint biasanya lurus memanjang.

“Yang lainnya ada batu lebih besar lagi seperti columnar joint tapi bengkok, sehingga kami yakin betul itu bukan bentukan alamiah tapi sudah dipahat. Artinya pada masa 7000 tahun lalu (5000 tahun SM) itu, orang sudah berkemampuan untuk memotong-motong batu,” jelasnya.

Bebatuan unik lainnya adalah batu di dalam batu. Bentuknya seperti mouse, karena batu yang berada di dalam dapat di putar-putar. Batu unik yang diberi nama rolling stone oleh para peneliti, saat penggalian di kedalaman 11 meter.

“Cangkangnya tebal dan batu di dalamnya bisa diputar-putar, seperti mouse, unik sekali. Kami sedang teliti, apakah itu karena proses pelapukan alamiah atau artefak. Yang uniknya lagi, waktu kita ambil batunya, ternyata itu memperlihatkan ada satu indikasi lorong. Itu yang sangat menarik, kami belum gali lebih jauh,” pungkasnya. (Okezone.com).

87 KOMENTAR

    • Klo indonesia warisan peradapan lemuria om,,,brarti,,keturunan nabi idris donk,,,om ,brerti salahsatu,,tatanan suatu daerah didunia paling indah (taman surga)donk.om..keturunan,,,dari nabi yang terkenal kepintaranya donk,,,om…dan berarti. ,,,adadonk lemari baja peninggalan raja saurid yg berisi disiplin ilmu yg sangat tinggi donk,,,.om…pelan..pelan.,.santai.om,,santai,,

    • Kalo kita orang Bugis Makassar pasti tdk asing dgn La Galigo…bbrp kisah di La Galigo..menceritakan ttg orang pergi ke Bulan…jg kisah To Manurung Ri Matajang…yg mirip dgn kisah Amaterasu Omi Kami di Jepang..hari ini mungkin di anggap dongeng..tapi bisa juga besok2 adalah fakta2…biarlah waktu yg membukanya secara perlahan siapa gerangan penghuni Nusantara ini sebenarnya…Saya masih ingat Alm Bapak saya pernah bilang tdk semua kisah di La Galigo itu mitos……

        • ada sih tapi itu waktu saya masih smp..masih tinggal di Jkt di perpustakaan nasional…he7x…masih bisa dicari2.kalo niat…..biasanya ahli sejarah spt Prof Mattulada(kalo g salah ingat) krn La Galigo sangat panjang dibahas sepotong2…utk bisa ngerti pembahasannya krn merupakan sastra epik spt Ramayana/Mahabarata…kalo di Internet juga ada search aja La Galigo…

      • buku novel arkityremia….meceritakan ttg bangsa lemuria…. leluhur bangsa2 nusantara hidup antara 75.000 SM – 11.000 SM. sebelum kejadian banjir besar nuh. menceritakan ttg bangsa manusia keturunan adam yaitu bangsa trax, mosram, bropa, zneznella….bangsa pra lemurian dan atlantis.
        yang karena selalu berperang dan menimbulkan kerusakan dibumi ke empat bangsa besar tsb diusir dari bumi oleh ADAM bapak manusia yang ternyata masih hidup…karena ijin allah, dg penguasaan teknologi yang sangat maju.

        sekarang bangsa lemuria….pindah ke planet lemuria dipinfggir gugusan bintang bima sakti. setelah perang besar melawan bangsa atlantis. yang mana atlantis sendiri tenggelam kedasar laut karena ledakan nuklir yang sangat dahsyat.

        bangsa2 nusantara adalah keturunan bangsa lemuria…tapi hanya clone dg penguasaan energi 2.5%.

        piramida gunung padang…ada yang klaim di dalamnya ada catatan terperinci ttg bangsa dan peradaban lemuria.

          • hmm….bagus ceritanya, ide2 ttg teknologinya itu lhoh yang buat aku kesengsem.
            habis penulisnya juga orange mantab…si doi penemu puluhan teknologi tepat guna yang cukup bagus.

            tak ada salahnya menyukai orang yang sudah terbukti akan karya2 nya.

            cukup bagus untuk tambahan pengetahauan…terus dibanding2ngkan dg info2 diluar lainnya.

      • He he betuL bung TraveLer kisah – kisah LeLuhur kita saLing berpautan , dan bukan suatu kebetuLan kisah atau cerita rakyat di suatu negara ada yang mirip satu dengan yang Lain apakah mungkin sutu kebetuLan atau memang 1 kejadian adaLah yang tokoh sama begitu puLa dengan tempatnya , insya ALLAH di situs Padang ini akan terkuak kisah LeLuhur kita sebenarnya 🙂

      • he7x sabar bro …ilmu arkeologi ilmu yg butuh kesabaran…apalagi yg namanya forensik arkeologi…sampe thn 1910..kalo g salah Sriwijaya itu hanya disangka mitos…dongeng..ada kerajaan Sumatera yg menandingi Majapahit…skr dgn kesabaran arkeolog kita bisa tahu betapa luasnya apa yg disebut empire Sriwijaya…jangan skeptis..berpikir out of the box..kemaren aku baca artikel..yg membahas lokasi2 di Cerita Panji..dgn menelusuri nama2 tempat yg diceritakan…dan ternyata ditemukan…mau tahu Ironisnya..Sriwijaya dan Pembenaran Cerita Panji itu semua orang bule..yg mau berfikir out of the box..tdk semua dongeng tahayul bro…

  1. Gali dan pelajari, jaga dan lestarikan….jangan sampai jatuh pada pihak tertntu yg hnya mngeruk kuntngan semata…srmoga temuan ini mnjadi kemajuan yg brarti kdepannya dan klo bisa situs ini jgn prnh d jadikan obyek wisata krna pndpat sya masih bnyak kandungan misteri pngthuan yg harus d gali dan dpelajari….Semoga kejayaan msa lalu bisa terulang kembali demi NKRI…..salam pra sepuh dn warjager….ngopi2..

  2. Sebuah test alias uji nyali bagi arkelog asli Indonesia untuk membuka tabirnya..jangan sampai dibuka ke pihak luar ( asing ) gara2 kurang dana, kurang alat, bahkan jadi tujuan wisata…hadeuh..kalau kurang dana, minta aja dana dari pengalihan bbm subsidi..sebelum semua rahasia terkuak jangan dulu dijadikan objek wisata…Daaaannn bila suatu hari nanti terbukti bahwa Indonesia itu keturunan atlantis..pasti ada yang nebeng dari rumpon sebelah ikut nimbrung KITA KAN SERUMPUN…hehehe..

  3. Menakjubkan!
    Sayang baru sebagian saja yg bisa digali. Namun kendati demikian, temuan2 yg tlh didapat menunjukkan bhw nenek moyang bangsa indonesia itu adalah bangsa yg sdh maju pd masanya.
    Mengagumkan!
    Teruslah digali, kami tunggu imformasi selanjutnya!

  4. Memang semua yg ujungnya meruncing bikin penasaran untuk menjamahnya.

    Truss nunggu apa lagi kok lama nyangkulnya.
    Klo kurang tenaga untk ekskavasi, tim ahlinya tinggal email ke bung diego biar di umumkan di jkgr klo tim gunung padang butuh tenaga.
    Pasti banyak warga jkgr yg sukarela ikutan nyumbang tenaga biar cpt terungkap.

    • Kok gunung padang spt top secret., apakah dulu di mesir, bosnia, suku maya jg dirahasiakan penelitiannya??
      Mosok sampai skrg udh 4 thn penelitian yg diberitain cm nemu batu, nemu tembok, nemu (diduga) pintu..???

      Umpama ada teknologi yg ditemukan, knp hrs dirahasiain??
      Nanti umpama ditemuin virus jahat, mahluk halus, kera charles darwin dr jmn batu malah diungkap..

  5. Artikel yg menarik..ane suka banget nih dg berita” peradaban leluhur nusantara..ane yakin paati sangat maju, bulan oktober kemaren ane sempet kegunung padang, ada yg unik ternyata batu yg bisa menghasilkan musik terasa hangat bila dipegang,beda dg batu yg lainye terasa dingin & yganehnye ane sampai malam blm turun karena penasaran yg dibilang kuncen nye digunung padang ga ada nyamuk sama sekali walaupun tidur diatas sampai pagi dah gitu batunye bisa menghangatkan badan walaupun cuaca diatas dingin..dan itu ane coba ternyata benar..sungguh dahsyaat leluhur bangsa ini…

    ….NKRI HARGA MATI….

  6. Hayoo siapakah leluhur bangsa indonesia..peradaban indonesia besar dan tua..peta peradaban dunia segera berubah nih..ilmu astronomi-konstruksi-sosio-budaya-bahasa dan semua disiplin ilmu akan terungkap..seberapa besarkah bangsa ini..jauh sebelum hindu sebegai peletak dasar budaya indonesia..siapakah leleuhur kita?? Hayooo hayooo..

  7. Nah tepat sekali..tapi klo soal atlantis masih bias antara mitologi atau tidak.. Who knows suatu saat bisa berubah..ga kebayang klo indonesia di nobatkan menjadi peradaban tertua di dunia.inventor dari ilmu” yg sudah ada..dan itu yg melekat menjadi IDENTITAS tiap individu bangsa indonesia. Gileee lu ndroooooooo!!

    • setuju om,…
      mengenai bangsa ATLASTIS saya meyakininya terlepas dari teori2.
      karena saya punya kacamata sendiri mengenai hal itu.
      yg jelas INDONESIA punya identitas sendiri yg sudah hilang.
      sebagian masyarakat kita lebih mengagung agungkan peradaban (maaf) import padahal kita punya peradaban sendiri.
      ya INDONESIA sudah hilang IDENTITAS peradabannya sendiri

  8. Keajaiban dunia akan muncul kembali di bumi Indonesia setelah Borobudur, dan bilamana sudah tersingkap tanpa keraguan semua rahasia yg ada di Gunung Padang sebagai salah satu warisan dunia yang luar biasa, maka dg demikian Indonesia akan dikenal dan dikenang sebagai Negara Nusantara yg mempunyai Peradaban Tinggi di masa lalu, bahkan mungkin tertinggi dibandingkan dengan peradaban Mesir, China, India, Yunani, Romawi (Italy), Persia (Iran), dll-nya sehingga Indonesia akan tercatat dalam “Tinta Emas Perjalanan Sejarah Peradaban Manusia” di seluruh dunia!

  9. Untuk membuktikan brapa umurnya mudah mudahan bs ditemukan fosil mahluk hidup yg terkubur di situs tersebut jadi kita bs hitung umurnya dengan menggunakan metode waktu paruh yg memanfaatkan radiasi atom yg terurai…kalau cm menghitung waktu paruh batunya ya gak kena karena umur batuan bs lebih tua dr pembangunnya…

    Manfaatkan lab crime CSI… :mrgreen:

    • Benar bung werh! lbh baik jangan pake carbon dating sprt biasanya, yg biasanya dgn mengukur sampel batuan dan artefak yg kemungkinan bisa salah di sampel bebatuannya. Teknologi carbon dating srg tdk akurat. terkadang umur 1000 dan 2000 tahun saja carbon dating sering salah membedakannya, dan biasanya langsung dipakai pembulatan. pdhl selisih 1000 tahun itu bkn sedikit. Dengan memakai perbandingan dari umur fosil yg didapat lalu diambil struktur DNA nya trs diurai, lalu dijadikan rantai DNA. lalu diambil sampel perbandingan dgn makhluk sejenis yg hidup dijaman sekarang. metodenya sama, DNA makhluk yg sekarang diurai dan dijadikan rantai DNA nya. jika ada rantai DNA nya yg terputus, dari situ bisa diambil, berapa lama makhluk tsb dgn fosil nenek moyangnya berevolusi dari situ bisa ditarik umur fosil itu sdh brp lama. Salam bung..

      • Kalau saya semakin saya mengerti scientis dan teknologi maka semakin memperkuat keimanan saya, bahwa alam semesta beserta isinya itu di ciptakan dan dipelihara secara terperinci yg tdk akan sanggup disingkap oleh akal pikiran manusia yg ilmunya hanya sebesar atom dibandingkan begitu rumit dan terperincinya seolah2 roda gigi di sebuah jam mekanis, sangat rumit, terperinci tp ttp se irama dan sejalan saling terkait dan menyambung. apakah mungkin alam semesta tercipta secara kebetulan tanpa adanya seorang ARSITEK? Hal yg tidak mungkin dapat dibantah oleh mrk2 yg atheis? Tidak ada rumusnya utk mengenal scientis dan teknologi hrs menanggalkan ke imanan kita, kecuali dasar ke imanan dan kepercayaan ente kpd Sang Maha Pencipta mmg tdk ada? trus ngapain ente ngajak2 utk sepaham..!

  10. Bung Joko, kalau kita baca, pernyataan tentang piramida atau apa misalnya datang dari tim yang rasanya sosok yang kompeten. Bisa saja salah. Tapi paling tidak kita punya pegangan pada derajat akademis sosok tersebut.
    Bisa juga pendapat Bung Joko betul. Memang harusnya terus dilakukan penelitian hingga didapatkan bukti yang amat kuat bangunan apa di situ sebenarnya. Selain itu proses penelitian yang dilakukan saya yakin menggunakan pendekatan keilmuan empirik, bukan klenik (maaf kalau itu yang dikatakank oleh Bung Joko sebagai klenik), cmiiw. Tapi kalau ada teman-teman yang memakai sudut pandang klenik atau semacamnya, berarti itu di luar konteks informasi dari portal berita tersebut. Imho.

  11. penghuni bumi:
    1. jin.,
    2. bin.,
    3. jan., (berjenis2 ada yg nahabir, ada yg nahamir=>kayak orang, bisa makan minum, dsb)
    4. manusia (kira2 dari nabi Adam sampai saat ini lbh kurang 7800 thn), masing2 ada 7 (cmiiw) kyk naruto, shadow clone, kita2 jg masing2 7 kyknya dan menempati alamnya masing-masing.

    kira2 begitulah, sumber dari baca2 di google