Pisau Andalan Pasukan Khusus Dunia

27
787

Pisau merupakan salah satu senjata penting bagi tentara. Meskipun kecil bentuknya, pisau adalah satu di antara senjata penting bagi para pasukan khusus. Pisau dijadikan senjata akhir saat senjata laras panjang atau pistol sudah tidak berfungsi, rusak ataupun hilang.

Dengan kemungkinan tersebut, maka setiap prajurit dibekali dengan teknik pertempuran menggunakan senjata pisau. Menariknya, seluruh pasukan khusus di dunia menggunakan senjata pisau berbeda-beda sesuai kebutuhan dan karakteristik pisau masing-masing.

Bahkan beberapa satuan khusus seperti Navy SEALS, SAS, GRU Spetsnaz dan unit anti teror Yamam menciptakan sendiri pisau berdasarkan kebutuhannya. Beberapa pisau bahkan mendapatkan nama dan menjadi legenda berkat keandalannya di medan tempur karena mampu mematikan lawan dengan cepat.

Berikut daftar sejumlah senjata pisau mematikan yang digunakan oleh pasukan khusus, dan sudah sangat teruji di medan tempur :

1. KABAR

index

Pisau legendaris ini digunakan oleh pasukan Marinir Amerika dan sudah digunakan oleh personel Marinir sejak perang dunia ke II. Kemampuan daya tahan dan mudah digunakanmenjadi keunggulan pisau ini. Kabar didapat dari hasil rancangan pisau yang sangat sempurna. Kabar diciptakan pada tahun 1800 yang kemudian pada tahun 1940 resmi digunakan oleh US Marines sebagai salah satu pisau standart mereka hingga detik ini.

2. Fairbain

fairbaind-1

Pisau andalan pasukan komando Inggris ini begitu dekat dengan Indonesia. Hal tersebut terjadi lantaran Kopassus juga menggunakan pisau yang sama. Fairbain digunakan oleh Inggris sejak perang dunia ke II, dan didesain khusus untuk menusuk jantung lawan.

3. Aitor Commando

0147b

Pisau ini menjadi pisau andalan pasukan Raider TNI AD. Pisau ini dirancang oleh Aitor Pielcu Sociedad Limitada asal Spanyol.
Raider memilih pisau ini karena desain konstruksi pisau ini begitu unik. Pada bagian sisi kanan dan kiri pisau ini memiliki bentuk yang berbeda. Hal ini begitu penting dalam pertarungan pisau, jika pisau ditusuk pada bagian tubuh akan menghasilkan daya rusak yang luar biasa pada daging tubuh lawan.

4. Ontario MK3 Navy

author

Tahan karat dan tahan banting, adalah faktor andalan dari pisau Ontario MK3. Pisau ini dirancang oleh Ontario Knife Company sejak tahun 1889. Navy SEALS memesan khusus pisau ini agar dapat bertahan di lingkungan yang penuh dengan garam, sesuai habitat asli dari pasukan Navy SEALS.

5. Ari B Lilah

arie

Lion of God atau singa tuhan, adalah julukan dari pisau asal Israel ini. Pisau ini didesain khusus bagi unit anti teror Yamam.
Pisau ini memiliki bentuk futuristik dan berukuran sangat kecil. Pasukan khusus Yamam memesan pisau ini untuk kebutuhan pertempuran jarak dekat, karena flexibilitas dalam penggunaan pisau ini sangat tinggi.

6. Khukri

kukri

Khukri adalah sejenis pisau yang berbentuk unik sedikit melengkung mengarah ke depan. Didisain khusus sedemikian rupa, sehingga dapat menebas leher dengan sekali babatan bersih. Khukri sering dipergunakan pasukan khusus Ghurka, yang ditakuti gemar bertarung dalam jarak dekat.

7. Pisau Laga

laga

Pisau laga adalah suatu pisau dengan mata yang dirancang untuk mengakibatkan luka fisik dalam konfrontasi antara dua individu atau lebih dalam jarak pendek (jarak pergulatan).Pisau tempur, yang dulu dikenal sebagai pisau parit, adalah jenis pisau laga militer yang dulu sering digunakan pada perang dunia II.

(marksman/ sumber : tribunnews.com dan wikipedia.org)

27 KOMENTAR

  1. Indonesia saya kira bisa buat sendiri pake baja impor dari ‘cold steel’ itu senjatanya tajam2 bgt…
    Metalurginya kita perlu mengembangkan buat bikin metal yg liat dan ketajamannya tahan lama.
    jadi nanti muncul tradisional weapon, semacam keris, kujang dari Cold Steel…

  2. Senjata tajam yg bikin merinding biar cm skdr ngeliat saja adlh celurit. Apalagi yg ukuran jumbo.. leher kerbau aja bisa masuk apalagi leher mbah bowo.. ehh leher manusia maksudnya..ngerii..

    Selamat berpuasa bg yg menjlnkn..