Mar 292017
 

Kapal PKR-2 ditargetkan selesai pengerjaannya pada bulan Oktober tahun 2017. (Antara Foto/Irfan Anshori)


PT PAL Indonesia tengah menyelesaikan kapal perang kedua jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) pesanan TNI Angkatan Laut. Rencananya, kapal tersebut dikirim pada bulan Oktober 2017.

“Ada dua unit, satu sudah serah terima. Kedua mungkin Oktober-November kita serahkan,” ujar Direktur Utama PT PAL, Firmansyah Arifin, kepada detikFinance, Selasa (28/3).

Kapal perusak ini memiliki kemampuan untuk perang empat matra sekaligus, perang permukaan sesama kapal perang, perang bawah air melawan kapal selam, perang dengan udara pesawat tempur, dan perang elektronika. Kapal ini mampu membajak sistem persenjataan dan kendali dari kapal perang musuh.

“Perang elektronika itu misalnya mengarahkan rudal ke satu titik itu computerized. Kalau di perang elektronik itu di-jammer,” tutur Firmansyah.


Kerja Sama DSNS Belanda dan PT PAL Indonesia

Kapal Perang PKR 105 merupakan hasil kerja sama alih teknologi antara PT PAL Indonesia dengan perusahaan kapal Belanda Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS). Kapal jenis Frigate ini didesain untuk berbagai tipe peperangan serta dilengkapi pengamanan kemaritiman, SAR, dan misi kemanusiaan.

Kapal dengan nama I Gusti Ngurah Rai-332 ini memiliki panjang 105 meter dengan lebar 14 meter. Kapal perang ini mampu membawa 120 kru kapal dan memiliki kecepatan 28 knots.

Sumber: detikcom dan Antara

https://twitter.com/suparjorohman

  32 Responses to “PKR I Gusti Ngurah Rai-332 Akan Dikirim Bulan Oktober”

    • Ini ciri khas media kita bila memberitakan alutsista nasional, tidak dikupas tuntas secara mendetail, terkait hal-hal ghoib yg masuk kategori “secret” 😆 hihihihi…

      Paten kali jang…
      Jaya NKRI

      • Memang….aslinya …
        Senjata nya belum di install semua nya …
        Kosongan…
        Bahkan….Saya Kira anggaran belanja untuk Pasang senjata nya …belum diajukan ..tidak Ada uang..
        Bagaimana mau punya …
        Ya nanti…kalau sudah genap minimal 4 kapal perang..lebih murah…

    • Suka banget bodynya..andai diinstal peralatan tempur mumpuni nih kapal bisa jadi ancaman serius bagi musuhnya.

    • Bodynya ibarat pinggul Kim Kardashan, Isi dalem seperti Mpok Nori.. Oh shit! :v

  1. Mantap

  2. Bikin Trus PKR sampe 30 biji..Sub con kan sama galangan kapal lain biar cepat…

  3. Klewangnya mna kok gak.ada kbr?

  4. Krn produsennya pt pal yg merupakan BUMN indonesia
    Dan konsumen atau pemesannya adalah menhan republik indonesia, jadi bukan DIKIRIM dong, tp lbh tepatnya DISERAHKAN..!!,,krn produsen dan konsumen 1 wilayah negara, sepatutnya ya DISERAHKAN…bukan dikirim…xixixix

  5. Bukanya pt. Pal ngerakit doang ya? Modulnya didatengin dari belanda.

    • modul dari belanda sdh di kirim lama, dan cuma 3-4 modul sisa nya di garap PAL dgn design dari belanda serta pengawasan nya..

  6. tes lagi

  7. Sudah jadi 2 minim 10 unit lagi…

  8. test

  9. @semut merah.
    PT PAL bukan hanya merakit tp juga membuat sendiri 4modul dari 6modul kapal PKR,sdg yg 2 modul didatangkan dari belanda. Mohon dikoreksi kalo saya keliru..

    • seratus bwt bung ivan, untuk yg kedua 1 modul d buat d belanda yg 5 di PT PAL ( seperti yg ditayangkan d Antara tv )
      bwt selanjutnya semua modul d buat d PT PAL

  10. bertambah 2 cakar kekuatan Indonesia….,dan sesuai jari harus ny ini kapal d bikinin 20 unit

  11. Mesinnya apa indonesia juga yg buat?

  12. Alah makjang mantap kali barang tuh! Kedepan semua modul harus dibuat PT.PAL.

  13. mantap… GNR

  14. Kenapa bahagian belakang kapal gak dilengkapi canon ?
    Percuma kalo boat laju dateng dari arah belakang terus nembaki kebadan kapal.
    Paling kurang harus ada kaliber 20mm nonggol di belakang..bukannya ompong aja.

  15. Wow….sexy bray…semoga gendongan pensilnya sakit2 dan sakti2..

  16. Gmna kabarnya PSU Oerlikon mileniumnya, kpn di pasang??

  17. Kebiasaan indo.. Target jd cuma target doang.. Tidak dicapai…

    Paling PKR maksimal dibikin 3 lagi.. Kebanyakan lirik sana sini

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)