Nov 262018
 

Penampakan pesawat pembom siluman H-20 diiringi jet tempur J-20 ยฉ Defense Aerospace

JakartaGreater.com – Selama dua dekade terakhir, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah membuat kemajuan pesat dalam membangun konsep operasional dan juga kemampuan baru, menurut laporan yang diterbitkan oleh Rand Corp.

Kekuatan kedirgantaraan pun telah menjadi fitur inti dari modernisasi cepat PLA. Secara khusus, sejak 2004, Angkatan Udara PLA (PLAAF) telah mengejar strategi layanan yang ditujukan dalam mengembangkan kapasitas untuk “secara bersamaan menuntut operasi udara dan ruang angkasa yang ofensif dan defensif”.

Rand dalam laporannyamengeksplorasi sejauh mana keinginan untuk “bersaing” dengan Angkatan Udara AS (USAF) atau dengan kekuatan udara maju lainnya telah membentuk pemikiran PLA tentang pengembangan kekuatan kedirgantaraan militer.

Jet tempur J-10B China dilengkapi 3D TVC melakukan manuver Super Kobra di Zhuhai Airshow 2018 ยฉ Kemenhan China via Youtube

Laporan ini mengkaji bagaimana China memilih antara opsi “menyalin” kekuatan asing dan “berinovasi” dengan solusi sendiri pada berbagai masalah operasional militer, serta daerah-daerah dimana China memilih untuk tidak bersaing sama sekali.

Tujuan PLA adalah untuk mengalahkan, bukan hanya bersaing

Berikut adalah beberapa temuan oleh Rand Corp., mengenai tujuan utama PLAAF:

  • Pendorong utama pengembangan kekuatan kedirgantaraan militer China adalah pandangan PLAAF yang perlu dipersiapkan untuk mencegah dan, jika diperlukan, mengalahkan USAF dalam bentrokan diudara.
  • PLA tampaknya menyalin postur dari militer asing ketika dalam perangkat keras, organisasi, atau konsep operasional berbiaya rendah yang dapat diadaptasi dari luar negeri untuk menyelesaikan tantangan operasional yang dihadapinya. Sebaliknya, ketika kemampuan asing atau praktik organisasi tidak relevan dengan masalah militer China, maka PLA melakukan inovasi dengan solusi sendiri atau menolak untuk meniru kemampuan asing (meskipun mereka terus melacak dan mempelajari ini).
  • PLA tampaknya tidak bersaing di bidang-bidang tertentu karena tidak memerlukan kemampuan tertentu untuk mencapai misi yang diarahkan, atau memiliki cara lain untuk mengatasi masalah militer yang ada.

Jet tempur siluman Chengdu J-20 Angkatan Udara PLA dalam balutan warna emas ยฉ The Drive

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari Rand Corp., untuk USAF

  • USAF harus memahami kemajuan yang dibuat China dalam domain spesifik yang terkait dengan ISR, peningkatan strategis dan taktis, serta platform dan juga aset serangan serta proyeksi daya di dan melalui ruang angkasa dan terhadap arsitektur satelit berbasis ruang angkasa.
  • Selain itu, USAF harus memantau berbagai investasi dan perubahan lainnya oleh PLA, termasuk dalam bidang doktrin, organisasi, pelatihan, tenaga kerja, logistik, pengadaan dan fasilitas lainnya.
Bagikan:

  43 Responses to “PLAAF Ingin Kalahkan USAF, Bukan Sekedar Bersaing”

  1.  

    Chengdu J-20 China’s Stealth Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=SVWGVTZT4-s

  2.  

    DOTRIN PLAAF menyaingi USAF terwujud karena cita2 dan kemampuan tuh bangsa….nah klo di sebelah gara” 1 MDB sumua DOKTRIN kekuatan jadi sukses…………….sukses hancur Bhahahaaaa……..

    Jangan sampai terjadi di negara elo

  3.  

    Klo masih buat pespus masih hasil clepto.. Rasanya susah utk bisa mengalahkan.. Karena org yg menjiplak tidak akan bisa sehebat dari hasil org yg di jiplak..

    Apa tidak ingin lebih inovatif yah alutsista china..
    Hampir lebih dari setengah nya rekayasa jiplakan..

    •  

      AH MASA GAK KENAL CHINA BRAY…………….
      YANG PATEN MILIK CHINA CUMA ETNIS NYA….
      SOAL PLODUK DARI ZAMAN BATU SAMPAI ZAMAN BAHOLAK COPAS…
      bHAHAHA

    •  

      Ngawur ente padaan….tiga dekade atau tiga puluh tahunan perkembangan cina begitu mengagumkan dan buat decak kagum dunia dan itu disegala bidang….coba cari tau bangsa mana yang mampu melakukan nya…..baik jaman now atau dalam sejarah……mungkin mereka sekarang diangapa menciplak atau mencuri tapi kedepan mereka berdiri dengan rasa hormat dunia….sama hal nya dengan usa rusia karna pada dasarnya mereka juga mencuri atau bahkan merampok tehnologi dari jerman federasi setelah perang dunia kedua….tanya mengapa bisa begitu… ๐Ÿ™„ ๐Ÿ˜• :/

      •  

        noted, China adalah pelopor komunikasi satelit laser

        https://jakartagreater.com/satelit-komunikasi-laser-china-beroperasi/

      •  

        ada yg protes…. yah nama nya usaha……. apa salahnya juga china copas walau jadinya plodak kw 2…. hahahaaa

        •  

          Wahh kagak ngarti ente…ngapain gue protes you punya anu …maksud gue ngejelasin agar pikiran loe pada terbuka…jangan sampe nuler atau menginveksi para pejabat dan pembuat kebijakan…kan repot kalo cuma ngomong sok sokan tapi menutupi ketidak mampuan dan ketidak becusan…!!!
          era 80an kita diprediksi menjadi yang terkuat dibidang ekonomi dan tehnologi…laa buktinya…jangankan sama cina dengan india aja kita tertingal…mungkin loe pada belum lahir waktu era entu…..atau mungkin loe masih nenen…tapi loe coba belajar sejarah lagi deh…dan beli buku shincan dan mama… ๐Ÿ˜†

          •  

            lah era 80an memang para pembuat kebijakan membuat kesalahan fatal seharusnya invest dan fokus di sistem komunikasi informasi dan revolusi agraria secara masif

      •  

        China berkembang karena memanfaatkan loophole atau celah yg ada di negar2 barat bersistem demokrasi terutama dari kaum liberal kiri

        tak ada pengakuan hak kekayaan intelektual atau hak paten dlm negara sosialis,sehingga yg berinvestasi di china harus menyerahkan teknologi mereka utk di kopi dan diproduksi secara masif, lihat brand2 hape mereka yg 10 tahun lalu tidak terdengar

        sama seperti yg ngaku istri suami orang

        •  

          Saya engak mau tau dan engak perduli dengan masalah atau alasan apapun,karna fakta dan kenyataan nya bicara demikian:kita dulu ungul dan bisa dibilang salah satu terdepan hingga muncul julukan macan asia,tapi kini lihat dan bandingkan.
          Lagian mengada ada bila negara lain lebih sukses dan maju dari kita lalu kita mencap bahwa itu salah dan tidak benar…ini negara bung bukan individu,dan semua punya aturan main…yaitu yang kalah adalah pecundang dan yang menang adalah raja…itu tak perduli bagai mana anda mendapatkan dan dengan cara apa kamu jadi pemenang nya.

          •  

            bukan karena slah atau benar karena prporsi slah dan benar adalh proporsi subyektif

            kamu bilang semua punya aturan main bgaimana jika slah satu ada yg pura2 nurut aturan main yg disetujui bersama di tahun 1995 semntara real prakteknyanya melakukan sebaliknya pasti ada kan proporsi benar dan slah
            begitulah yg terjadi ketika negara2 Asean berdiplomasi dgn aturan dn sistem abad 21 semntara mereka msih berpolitik aturan main abad 19.

            jika semua tentang all fair in love and war maka kita sudah masuk perang dunia lagi nak

          •  

            Aduhhh om ini masih lugu benar kata pepatah lama dewasa tidak ditentukan usia.
            Itu semua teoritis dan kebalikan dari fakta sebenarnya,kan dah saya bilang dari jaman batu hingga jaman now pemenang adalah raja nya.tidak peduli politik tahun berapa dan om mengada ada tentang pembagian tahun dan era politik…
            Itu hanya omong kosong dari negara lemah dan selalu jadi pencundang…bukti nya jelas terlihat dalam negara adidaya yang mudah bertindak sewenang wenang tanpa ada aturan.. .bahkan tidak peduli dengan garis pandang dunia tercermin dalam pemegang hak veto yang pada dasarnya adalah pemenang.

        •  

          pemahaman komprehensif juga tidak ditentukan kedewasaan

          dimana ada pernyataan sya gak setuju dgn pendapat ente coba tentng winner always be nyinyired by losers, lagipula yg mencela bukan hanya dari negara 2 kecil karen yg investasi di China adlah negara2 besar.

          klo mau balance of power dan tidak dikatain negar2 kecil penyinyir mka bentuklah sebuah konsorsium dn kesampingkan politik internal, bentuklah Uni Eropanya Asia Pasifik ketika Asean semakin dipotong2 macem tempe

          •  

            Jadi om setuju bahwa dengan teriakan bising adalah sipat pecundang…oh yes…jadi bagai mana orang lain kita juga harus berjuang bukan teriakan sumbang …tapi apa mungkin…kalou cina kita susul dan kita kejar…om…???

          •  

            mengejar dgn meniru taktik mereka tentu sja tidak,
            ada opsi yg lain tentunya diawli dgn internal dulu dgn revolusi pendidikan secara masif, naikkan umur pengguna hak suara dlm pemilu datas 25 utk menghentikan kaderisasi politik siswa dan mahasiswa dan meminimalisisr politik populis.

            klo secra geoplitik kawasn multilateral adlah pilihan terbaik utk mengimbangi sharp powernya china

          •  

            Wah …wah… luar biasa pemikiran besar anda…om…napa engak nyalon jadi RI satu aja…kalo dak jadi RI dua jadi wakil aming sonto loyo.

          •  

            Aming sontoloyo?, aming yg mana ini broo apakh aming amingan, atau aming yg msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaยฒ & tujuan aming, hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
            begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya, kecuali aming ikut keyakinan keluargannya, jk tdk yaa msh dirahasiakn

            Tapi peristiwa kemarin kasus angel lelga digrebek suaminya brsama warga, tapi entah lh mengenai aming lee jk blm trjadi penggrebekn oleh istri sipria, tapi yaa mudhยฒan aming lee tdk adu speed ama istri sipria
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

          •  

            Yg mana itu bising sbgi sifat pecundang?

            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

        •  

          Lah orang itu berdiskusi pakai bawa ngaku istri suami orang ๐Ÿ˜† , ini menyinggung istri sipria yg diakui keluarganya & orang disekitarnya & sipria msh dirahasiakan aming, karna blm diakui keluarganya kallee, kecuali aming lee rela ikut keyakinan keluarganya & mau dipoligami sipria
          ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

      •  

        Itu yg ngepet loe maksud adalah amerika yg prototype armada amerika ada yg mirip dgn jerman, klu sovyet hanya merampas senjata jerman setelah nazi kalah diberbagai lokasi perang mlwn sovyet & senjata itu dikirim ke israel utk menendang inggris dr arab & buktinya inggris pergi dr arab, & mmng tdk ada yg mirip armada sovyet dgn jerman, kalau amerika mmng nyontek armada nazi
        ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    •  

      Semua butuh perjuangan dan perjuangan butuh kerja keras dan cerdas dan semua itu bituh waktu….”banyak jalan menuju roma”…begitu juga cara dan taktik cina…dan itu efectif dan efisien…dalam waktu singkat mereka bisa melaju dan meluncur dengan kecepatan mach machan…sedang negara lain nya hanya pandai mencela dan gigit jari saja…… ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ฎ sama seperti kaum pank yang tidak atau anti mapan….tapi itu bukan karna pilihan tapi lebih keterpaksaan… ๐Ÿ˜† :mrgreen:

      •  

        dgn pengorbanan softpower dan imej bangsa luntur dan dicela oleh negara2 asal hak paten dan hak kekayaan intelektual karena when in Rome do as Roman do adalh suatu nilai sosial budaya universal bukannya When in Rome build more Chinatowns as Forward operating bases.

        •  

          Pemenang adalah segalanya itu aturan politik dunia dari zaman batu hingga jaman now.

          •  

            lah itulah pragmatisme politik

            sma dgn sbuah kemajuan akan selalu membutuhkan pengorbanan, namun bukn berarti utk maju, bisa senaknya mengorbankan orang lain dlm bentuk kerugian.
            klo yg itu itu namanya imperialistis sma dgn politik eropa abad 19 yg berujung 2 perang dunia.

          •  

            Lalu apa mereka semua salah…lantas apa mereka dapat hukuman yang setimpal…???
            Toh mahluk dibumi ini memuja dan mengagung agungkan mereka…!!!

          •  

            hukuman yg setimpal bagaimanaโ€ฆ..Irak 3.0 atau victim complex lagi?

            klau tidak mau dicela mainlah sesuai dgn aturan main fair trade klau tetp tidak mau maka jangan nangis kalau muncul entitas2 yg juga tidak ikut aturan main hanya utk menjegal ketidakikutan mereka yg tidak mau ikut aturan main.

            ambillah profit dgn tidak merugikan oranglain dgn mencari dan memanfaatkan celah2 loophole.

          •  

            Irak…???
            Maksudnya sadam husen kali…???
            Laa dia pencundang nya yang jadi korban too lee lee….piye sampean iki rak mudeng…

          •  

            korban atau tidak nmun kamu tetap tidak bisa mengelak sikap agresifnya terhadap kuwait di tahun 1991

            namun tentu invasi Irak 2003 merubah sebuah institusi politik dlm suatu negeri yg juga berguna menjaga stabilitas di masyarakat majemuk dgn radikalisme neoliberal bukanlah sebuah jawaban

  4.  

    hukuman yg setimpal bagaimana…..Irak 3.0 atau victim complex lagi?

    klau tidak mau dicela mainlah sesuai dgn aturan main fair trade klau tetp tidak mau maka jangan nangis kalau muncul entitas2 yg juga tidak ikut aturan main hanya utk menjegal ketidakikutan mereka yg tidak mau ikut aturan main.

    ambillah profit dgn tidak merugikan oranglain dgn mencari dan memanfaatkan celah2 loophole.

    •  

      Irak…???
      Maksudnya sadam husen kali…???
      Laa dia pencundang nya yang jadi korban too lee lee….piye sampean iki rak mudeng…

      •  

        Wakakakakkk…..
        Awas nanti kualat sama bung meong………

      •  

        korban atau tidak nmun kamu tetap tidak bisa mengelak sikap agresifnya terhadap kuwait di tahun 1991

        namun tentu invasi Irak 2003 merubah sebuah institusi politik dlm suatu negeri yg juga berguna menjaga stabilitas di masyarakat majemuk dgn radikalisme neoliberal bukanlah sebuah jawaban

      •  

        Loe ngomong to lee lee, apakah itu aming lee yg msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaยฒ & tujuan aming, hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
        begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya, kecuali aming ikut keyakinan keluargannya, jk tdk yaa msh dirahasiakn

        Tapi peristiwa kemarin kasus angel lelga digrebek suaminya brsama warga, tapi entah lh mengenai aming lee jk blm trjadi penggrebekn oleh istri sipria, tapi yaa mudhยฒan aming lee tdk adu speed ama istri sipria

  5.  

    Secara kualitas bskah mengalahkan USAF?

 Leave a Reply