Platforma-O untuk ICBM “Topol dan Yars” Rusia Masuk Layanan

Rudal balistik antar-benua (ICBM) Yars aka Topol-M Rusia © Alexandr Vilf via Sputnik News

JakartaGreater.com – Platforma-O, keluarga truk traktor berat yang diproduksi di dalam negeri yang sangat mobile untuk menggantikan truk sejenis yang dibuat Belarusia, telah memasuki layanan Angkatan Bersenjata Rusia, menurut sumber industri pertahanan seperti dilansir dari TASS pada hari Kamis.

“Atas rekomendasi komisi negara, berdasarkan keberhasilan penyelesaian uji coba negara, chassis keluarga Platforma-O dan traktor modular yang sangat mobile ini telah memasuki layanan dengan angkatan bersenjata Rusia”, kata sumber itu.

Keluarga traktor roda berat terbaru Platforma-O dirancang oleh JSC Kamaz dan diproduksi oleh JSC Remdizel Plant untuk berbagai persenjataan berat, termasuk untuk rudal balistik antarbenua Topol-M dan Yars.

Sebagai bagian dari angkatan pertama, militer Rusia akan menerima lima versi kendaraan, yaitu pengangkut berat 8×8, 12×12 dan 16×16 dengan kapasitas muatan masing-masing 25 ton, 50 ton dan 85 ton, sebuah semi-trailer 8×8 dengan kapasitas tarik 165 ton dan traktor balas 8×8 dengan kapasitas tarik 400 ton.

Traktor 12×12 dan 16×16 akan digunakan sebagai Transporter Erector Launchers atau TEL, sementara kendaraan lain akan membawa berbagai sistem pendukung. Sumber pertahanan sebelumnya mengatakan kepada TASS bahwa militer Rusia akan sepenuhnya beralih ke sasis baru dalam sepuluh atau lima belas tahun ke depan.

Sebelumnya, militer Rusia sangat bergantung pada traktor beroda yang diproduksi oleh Minsk Wheel Tractors Plant (MZKT Volat). RVSN banyak menggunakan traktor berat MZKT-79221 16×16, sedangkan sistem rudal taktis Iskander-M ( SS-26 Stone) dan Bastion (SSC-5 Stooge) serta sistem rudal pertahanan pantai Bal (SSC-6 Sennight) dipasang pada keluarga transporter 8×8 MZKT-7930.

Tinggalkan komentar