Des 172018
 

Jet tempur multiperan F-16 buatan Amerika Serikat © Lockheed Martin via Alert5

JakartaGreater.com – Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borisov mengatakan jet tempur F-16 AS adalah pilihan terbaik untuk menggantikan armada tua MiG-29 yang dirancang Soviet, seperti dilansir dari Radio Liberty.

Borisov berbicara pada 14 Desember, hari kedua sebelum pertemuan puncak Uni Eropa di Sofia. Kementerian Pertahanan Bulgaria telah menganggarkan € 900 juta atau sekitar $ 1 miliar untuk pembelian setidaknya 8 jet tempur F-16 dari AS.

Kementerian Pertahanan sedang meninjau penawaran dari Amerika Serikat untuk Lockheed Martin F-16 Blok 70 dan Boeing F/A-18 Hornet, Gripen NG dari Swedia serta Eurofighters dari Italia.

Borisov mengatakan kepada para wartawan bahwa dia tidak ingin mempengaruhi proses itu, tetapi dia mengatakan bahwa berdasarkan yang saya dengar dari pilot, F-16 Blok 70 adalah pesawat yang secara signifikan lebih baik daripada penawaran lainnya.

Jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Bulgaria membawa rudal R-27R (AA-10 Alamo) © Krasimir Grozev via Wikimedia Commons

Perdana Menteri Borisov dan Menteri Pertahanan Krasimir Karakachanov akan mengadakan pembicaraan terpisah pada tanggal 15 Desember dengan Deputi Menteri Luar Negeri AS John Sullivan, yang tiba di Sofia pada tanggal 14 sebagai bagian dari tur Eropa Tengah dan Balkan Barat untuk menarik dukungan atas “agresi Rusia di wilayah tersebut”.

Sullivan pada 13 Desember menghadiri penandatanganan perjanjian di mana Slovakia akan membeli 14 unit jet tempur F-16 Blok 70 dari Lockheed Martin saat berusaha mengganti jet tempur MiG-29 Soviet-nya.

“Lockheed Martin telah membuat apa yang saya pikir adalah proposal yang sangat menarik pada Bulgaria untuk penjualan pesawat tempur yang telah dibeli sekutu NATO lainnya yang akan membuat pesawat itu, jika dibeli di sini, dapat dioperasikan dengan mitra NATO itu”, kata Sullivan.

Bagikan: