Des 172018
 

Jet tempur multiperan F-16 buatan Amerika Serikat Β© Lockheed Martin via Alert5

JakartaGreater.com – Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borisov mengatakan jet tempur F-16 AS adalah pilihan terbaik untuk menggantikan armada tua MiG-29 yang dirancang Soviet, seperti dilansir dari Radio Liberty.

Borisov berbicara pada 14 Desember, hari kedua sebelum pertemuan puncak Uni Eropa di Sofia. Kementerian Pertahanan Bulgaria telah menganggarkan € 900 juta atau sekitar $ 1 miliar untuk pembelian setidaknya 8 jet tempur F-16 dari AS.

Kementerian Pertahanan sedang meninjau penawaran dari Amerika Serikat untuk Lockheed Martin F-16 Blok 70 dan Boeing F/A-18 Hornet, Gripen NG dari Swedia serta Eurofighters dari Italia.

Borisov mengatakan kepada para wartawan bahwa dia tidak ingin mempengaruhi proses itu, tetapi dia mengatakan bahwa berdasarkan yang saya dengar dari pilot, F-16 Blok 70 adalah pesawat yang secara signifikan lebih baik daripada penawaran lainnya.

Jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Bulgaria membawa rudal R-27R (AA-10 Alamo) Β© Krasimir Grozev via Wikimedia Commons

Perdana Menteri Borisov dan Menteri Pertahanan Krasimir Karakachanov akan mengadakan pembicaraan terpisah pada tanggal 15 Desember dengan Deputi Menteri Luar Negeri AS John Sullivan, yang tiba di Sofia pada tanggal 14 sebagai bagian dari tur Eropa Tengah dan Balkan Barat untuk menarik dukungan atas “agresi Rusia di wilayah tersebut”.

Sullivan pada 13 Desember menghadiri penandatanganan perjanjian di mana Slovakia akan membeli 14 unit jet tempur F-16 Blok 70 dari Lockheed Martin saat berusaha mengganti jet tempur MiG-29 Soviet-nya.

“Lockheed Martin telah membuat apa yang saya pikir adalah proposal yang sangat menarik pada Bulgaria untuk penjualan pesawat tempur yang telah dibeli sekutu NATO lainnya yang akan membuat pesawat itu, jika dibeli di sini, dapat dioperasikan dengan mitra NATO itu”, kata Sullivan.

  21 Responses to “PM Bulgaria Lebih Suka MiG-29 Diganti F-16”

  1.  

    Pabrikan F16 masih punya haraan hidup setelah slovakia dan bulgaria tertarik untuk membeli pesawat sejenis.

  2.  

    Salesnya disana pasti lebih militan daripada bung @Agato ini… πŸ˜€ ayo bung, mumpung proses Su-35 kajol, mending tawarin lagi Viper ke TNI AU, pake tekan dikitlah… mumpung lagi goyah…

  3.  

    Tuh khan!

  4.  

    Dah,

    F5 ganti Viper 16 biji
    Hawk 2 skuadron ganti Viper 32 biji
    Penambahan 3 skuadron diisi Viper 48 biji.
    Minta bonus upgrade yang di Riau dan Madiun jadi Viper juga.

    16 + 32 + 48 + 23 + 9 + 2 + 4 = 96 + 38 = 134 biji.

    Udah kuat deh.

    Kabuuuuurrr

    •  

      Nah, klo begini pasti indeks kekuatan militer TNI bakal naik nih πŸ˜€ gak turun seperti sekarang

    •  

      semua serba viper. mending dipilih yang dapet tot yang banyak saja kayak gripen
      udah dapet tot 85% termasuk radar, kalau beli satu skuadron 6 unit bisa di rakit di dalam negeri
      kan Indonesia juga di tawarin bikin gripen NG, nanti bisa kayak brazil bikin gripen versi mereka sendiri yang kemampuannya lebih dari gipen E/F
      lumayan kan
      16 unit f 5 diganti gripen NG 16 unit atau lebih
      terus hawk 32 unit diganti f 16 viper plut tot yang banyak dan bisa di rakit di dalam negeri
      terus di upgrade tuh semua f 16 yang sudah di miliki Indonesia jadi setara f 16 viper buat ngehemat anggaran juga
      terus tahun 2026 nanti datang lagi 48 unit ifx bakalan meningkat signifikan tuh indeks kekuatan tni, dan juga nggak bakalan ribet negosiasinya kayak su 35 yang ruwet bin njelimet
      plus juga dapet ilmu dari tot gripen yang buanyak banget plus pengalaman pembuatan bikin gripen NG versi Indonesia sendiri

      •  

        Total cost for the upgrade of the 144 F-16s, known as the Phoenix Rising Project, is estimated at around $5.3 billion. All the aircraft will be upgraded to the latest F-16 configuration, dubbed V for β€œViper.” The F-16s will be retrofitted with advanced avionics including a new flight management system, a new active electronically scanned array fire-control radar, an enhanced electronic warfare system, and helmet-mounted display system, next to others.

        Biaya upgrade F-16V Taiwan per unit antara $ 36 – 37 juta dan itu dikerjakan di dalam negeri. Tentunya harga Taiwan (sekutu) beda dengan harga utk RI πŸ˜€

        Bulgaria beli 8 = $ 1 miliar = $ 125 juta per unit.

        Apakah gak lebih baik beli F-35 aja seperti saran bung @Agato daripada ambil F-16V agar jadi FPDA+ dimana F(our) jadi F(ive) πŸ˜€ hihihihi

        •  

          kalau f 35 malah tambah kemahalan
          belum juga biaya perawatannya
          lagi pula f 35 terlalu lambat dan jangkauannya sangat pendek untuk wilayah indonesia
          belum lagi struktur geografis indonesia
          ya mungkin karena f 16 taiwan itu di upgrade di dalam negeri jadi tambah mahal

        •  

          kalau mau amannya dan tidak membuat anggaran bengkak ya nggak usah beli pesawat baru saja
          upgrade pesawat f 16 saja jadi pesawat baru

          •  

            beli baru utk pengganti armada yg pensiun, trus klo cuma upgrade, berarti TNI AU kekurangan armada semakin banyak, logika anda sangat aneh menurut saya, ditambah lagi bila itu diupgrade, tentu semakin minim pesawat operasional. (yg pensiun + yg menjalani upgrade)

        •  

          ada opsi lain tapi keburu di judge di dalam negeri yaitu si gripen itu
          beli ke negara netral seperti swedia
          beli versi yang baru gripen E/F
          nanti ikut program gripen NG kayak brazil , buat versi indonesia yang di sesuaikan dengan kondisi geografis indonesia. beli satu skuadron buat mengganti f 5 dulu, nanti saja mengganti hawknya
          penawaran si gripen lumayan menguntungkan indonesia
          beli satu skuadron dapet tot 85%, bisa dapet tot radar juga, 6 unit di rakit di dalam negeri, plus kalau mau ikut program gripen NG bisa bikin versi dalam negeri kayak si brazil
          lumayan kan sambil menunggu program ifx yang lama

          •  

            Anda tau gak sih klo Brasil beli Gripen NG seharga $ 120 juta/unit?

            Anda tau gak sih klo Bulgaria beli F-16V seharga $ 125 juta/unit?

            Anda tau berapa selisih harganya?

            Coba anda babar disini dari 85% ToT yg ditawarkan Saab itu apa aja?

  5.  

    Salah pilih banget itu mungkin pm bulgaria
    πŸ˜† πŸ˜†