Jul 262014
 
Serangan Roket Hamas ke Gaza, sejak Israel membabi buta membom Gaza lewat pesawat udara (grafik: IDF)

Serangan Roket Hamas ke Gaza, sejak Israel membabi buta membom Gaza lewat pesawat udara (grafik: IDF)

Seminggu setelah tahapan serangan darat dari Operasi ‘Protective Edge’ Israel di Jalur Gaza,  militer Israel / Israel Defense Forces (IDF) mulai bisa mngurangi serangan roket.

Menurut IDF, Hamas telah meluncurkan lebih dari 2.300 roket hingga tanggal 24  Juli 2014,  yang merupakan hari ke-17 dari operasi “Protective Edge” Israel.  Hanya sekitar 75% dari roket ini menghantam Israel, sisanya  dicegat oleh sistem pertahanan Iron Dome atau gagal mencapai Israel, menurut statistik yang dirilis IDF setiap hari. Roket yang dicegat, adalah jika hendak menyasar wilayah penting di Israel.

Rata-rata, 140 roket ditembakkan setiap hari selama tahap awal operasi, ketika IDF membombardir Jalur Gaza dengan serangan udara, angkatan laut, dan artileri.

Frekuensi serangan roket turun menjadi rata rata 110 roket sehari, selama delapan hari pertama serangan ofensif darat Israel, yang bertujuan menemukan dan menghancurkan situs peluncuran  roket dan aset Hamas lainnya di Jalur Gaza.

Ada sekitar 100 roket diluncurkan pada 22 dan 23 Juli, dan jumlahnya turun menjadi 63 roket  pada tanggal 24 Juli. Meskipun ini merupakan tren positif bagi Israel, serangan roket masih menyebabkan gangguan yang signifikan.

2.300 roket yang telah ditembakkan merupakan proporsi yang signifikan dari jumlah  roket yang dimiliki Hamas, Jihad Islam Palestina dan kelompok-kelompok kecil lainnya pada awal konflik, yang diperkirakan IDF mereka memiliki sekitar 10.000 roket.

Diperkiraan Hamas dapat mempertahankan serangan roket dengan frekuensi tinggi, untuk beberapa minggu ke depan karena tidak diketahui jumlah roket yang telah dihancurkan Israel di darat. Pasukan darat IDF juga membersihkan situs peluncurkan roket dekat perbatasan, sehingga sulit bagi Hamas untuk menembakkan roket jarak pendek ke Israel.

Sumber-sumber intelijen militer Israel mengatakan kepada wartawan bahwa penurunan peluncuran roket harus dikaitkan dengan strategi Hamas  yang melindungi roket mereka untuk kampanye peperangan yang berlarut, bukan penurunan kemampuan. Pemimpin Hamas tampak yakin bahwa mereka bisa mempertahankan serangannya sampai permintaan utama merka dipenuhi: mengakhiri blokade Jalur Gaza oleh Mesir dan Israel.

Akibat saling serang ini, korban sipil dari Palestina terus meningkat yang menyebabkan tekanan internasional terhadap Israel untuk mengakhiri operasi militernya. Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, lebih dari 500 warga sipil Palestina tewas hingga 23 Juli: lebih dari lima kali jumlah yang tewas dalam operasi IDF sebelumnya melawan pejuang Palestina di Gaza pada bulan November 2012.

IDF mengatakan mereka telah mengambil langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengurangi korban sipil, termasuk peringatan kepada warga untuk mengevakuasi daerah-daerah tertentu, dan  merilis video yang menunjukkan serangan udara dibatalkan ketika warga sipil terlihat. Namun demikian, ada banyak insiden di mana tembakan Israel telah membunuh warga sipil.

IDF mengatakan Hamas menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia: taktik untuk mecegah niat Israel menyerang atau justru meningkatkan jatuhnya korban sipil. (janes.com).

  101 Responses to “Pola Serangan Roket Hamas ke Israel”

  1. awalun..

  2. Mntaaap

  3. 3

  4. Mungkin masih di sembunyikan…..

  5. 5

  6. absen dulu

  7. Semangat kami perjuanganmu “6”

  8. Great ….
    absen dulu dah

  9. Pemimpin Hamas tampak yakin bahwa mereka
    bisa mempertahankan serangannya sampai
    permintaan utama merka dipenuhi: mengakhiri
    blokade Jalur Gaza oleh Mesir dan Israel….bakal panjang nih perang….!!!????

  10. 10 besar! Lumayan hahaha

    Buat mas2 sesepuh sya mau nanya,, banyak disini yg menyinggung soal keterlibatan prabowo di timur tengah. Ada yg bilang prabowo pernah melatih tentara disana, termasuk hamas. Apa benar demikian? Adakah bukti jikalau memang benar prbowo pernah melatih..?
    Mhon pencerahannya.. Maklum newbie..

  11. sepuloh mas bro… ijin nyimak

  12. Masih bisakah kita berharap banyak pada PBB ??? Kasihan rakyat sipil palestina…

  13. dengan darat laut dan udara yang dikontrol israel.ditambah peralatan super canggih.donatur keuangan yang sll mengalir utk israel yg sgt besar demi ambisi israel menguasai ghaza.mitos pasus terbaik n intelejen yg mitosnya terbaik pula..masih blm bs menaklukan pejuang palestina di ghaza , pejuang terbuat dr apa mereka???sampai saat ini israel tdk bs menaklukan.saya berpikir bila solusi 2 negara tcapai,palestin meresmikan angkatan militer nya baik udara darat n laut, apa yg bakal tjadi dgn israel bila perang dgn palestina dlm keadaan negara merdeka sepenuhnya khususnya militernya*?

    maaf cucu lancang

    • Analisa kede kopi anda tampaknya tidak layak dijadikan analisa perang… oprasi militer apa sasarannya..?. ops.pe bukan mau duduki gaza… tapi memusnahkan misile iran di gaza… termasuk terowongan yg disalahgunakan hamas..
      Dalam perang harus objektif pengelihatan… klw subjektif bisa kalah total. Bedakan politik, diplomasi, agama dengan perang…

    • Satu yg tidak di punyai kaum sombong yahudi yaitu kecintakan pejuang muslim akan mati sahit jd sehebat apapun pansus vs sejata zionis gak akan pernah menaklukan gaza

  14. We will not go down. In the night. Without the fight. You can burn up our mosque and our home and our school. But our spirit will never die. We will not go down in Gaza to night.

  15. Yah,semoga setelah ngirim doa,RI bisa ngirim roket. Setelah ngirim beberapa rupiah, NKRI nyusul ngirim tentara…smg

  16. Never give up The Brave Palestinians.

  17. Beberapa hari sebelum Israel memutuskan oprasi militer.. dipergoki Iran menyeludupkan rudalnya ke Hamas yg ditembakkan ke arah fasilitas nuklirnya… jadi sangat logis jika Israel begitu kejam. Siapapun itu akan marah bila diposisi Israel. Iran yg pengecut… dan hamas (hamas bentukan Iran) sedikit banyak berkontribusi atas jatuhnya mamak2, bapak2, anak2 sipil gaza…

    Setelah gaza… Iran akan jatuh dalam kesombongannya…

    • ngomong ooopo bocah 😀
      emang perang isroel sama pejuang hamas baru kali ini aja rek?
      sekolah di tamatin dulu baru ikut komen 😀

    • @bhl lupa ya israel juga pernah ngirim virus yg bisa membahayakan fasilitas nuklir iran?
      dari dulu israel bertindak biadab, bukan karna fasilitas nuklirnya dikirimi roket

    • nah kenapa bani israil justru kaga berani nyerang iran yak…

    • nih orang antek bani israel yang diselundupin keindonesia kayaknya,

    • Nyocot bae nyocot bae, belajar baca sejarah jangan asal nyocot. Klo gw di posisi israel, gw nggak marah. Gw tau diri, Gw angkat kaki dari tanah Palestina. Gw batalkan semua program zionis. Semua karena gw yang salah dan mulai. Memulai program zionist dan menduduki tanah Palestina. Nggak semua yahudi mendukung zionis. Klo dah kalah minta gencatan senjata, klo aliran dana dan senjata dah mengalir gw mulai perang lagi. Itulah gw Israel.

      • Kalau berkaca dari sejarah dari wilayah saja, indonesia itu cuman jawa mas. Baca lagi.

        Apa itu negara?

        • ysng bilang indonesia itu cuman jawa disejarah sapa bung :mrgreen: dulu NICA memang pernah memecah belah nusantara dengan negara bonek nya tapi sebelum dipecah belah seluruh pulau di nusantara itu sudah Negara Republik Indonesia loh bung 😀 coba dech anda belajar sejarah dibangku SD kembali.santai aja bung saya hanya tukang sapu yang hanya belajar 😀

          • BHL…

            Berdasarkan konvensi montevideo syarat berdirinya negara adl.adanya rakyat,wilayah,pemerintah yg berdaulat dan pengakuan negara lain…

            Israel punya rakyat dan pemerintah yg berdaulat tp gak punya wilayah…pengakuan negara lain pun antara ada dan tiada…apakah memenuhi syarat untuk berdirinya suatu negara…coba anda pikirkan…itu negara atau rampok? Yg ngakuinnya berarti juga nganggap rampok itu legal…

            Mengenai indonesia berdasarkan wilayah cm jawa sy pengen tau dasar ente apa?katanya ilmiah ente harus buktikan secara empiris bukan asal nyocot!kalo gak ente gak lebih dr tukang obat di pasar senen!

            Wilayah Indonesia sekarang adalah seluruh wilayah bekas nederlandsch indische dan memenuhi syarat wilayah suatu negara berdasarkan hukum internasional…kalau anda bisa coba bantah itu!

            Saya paling sebal kalo orang sudah salah ngomongnya gede…mulut loe coba cuci pake rinso! Jangan ngehina negara gw! Kayak negara lo udah paling bagus aja!

          • Pengakuan adalah syarat 2nder. Ada 200an negara masih diperdebatkan pengakuannya termasuk inggris.

            2. Dari bahasa anda, anda pasti orang jawa, yg tidak mengalami getirnya disintegritas aceh, papua, dan negara sumatra timur.

            Kami, pasukan sumatra timur, disingkirkan oleh jawanisasi soeharto.

          • BHL…sy orang sumatera bagian selatan asli baik dr ibu maupun bapak…kakek buyut saya adalah orang sarekat islam dimana kalau HOS Cokroaminoto berkunjung ke kampung sy menginap di rumah keluarga kami…

            soal grant karena keluarga sy memiliki tanah ulayat yg diakui oleh pemerintah sejak zaman hindia belanda…memiliki surat yg ditandatangani oleh notarius mester in the rechten wilayah kami…istri sy yg orang jawa…maka sy sangat berkepentingan kalau anda bilang orang jawa itu identik dgn soeharto…

            Anda berkata begitu karena anda tdk punya seperti yg anda katakan sehingga anda tdk punya hak apapun di republik ini sama seperti israel…sy tebak anda mengelandang dari swedia sampai holland mencari suaka karena “negara ” idaman anda tdk memenuhi syarat berdirinya suatu negara apalagi pengakuan internasional…kembalilah ke pangkuan ibu pertiwi BHL…kami akan menerima dgn tangan terbuka…

          • Ya itu bicara sejarah bang! Termasuk sejarah rahasia TNI. Dan tidak signifikan dgn topik.

            Dan padang sedikit berbeda dengan sumut.

            Btw, itu hanya menggambarkan betapa konflik israel-palestina ga layak dibahas setingkat ilmu kede kopi atau pesantren saja. Harus semua gandeng tangan melawan kekerasa kpd sipil. Merdeka!

          • bung BHL dan bung wehrmacht.dari tadi saya cman menyimak,tapi lama”gatal jg ni tangan.saya pribadi berpendapat seandainya israel mau mentaati resolusi 242 PBB mungkin palestina sudah merdeka meskipun hanya dg 1/2 wilayahnya.tak lupa saya ucapkan MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN mohon maaf lahir dan batin!

          • Sy hormati prinsip anda bung BHL…sy tahu anda cinta “negara” anda seperti sy cinta negara sy…mohon maaf kalau kata kata sy agak kasar…

            TNI memiliki sejarah rahasia sejak awal pembentukannya pun sy tahu..sy tahu maksud anda…tak usahlah kita ungkit…biarlah menjadi masa lalu…yg kita pikirkan adl.masa depan kita bersama…itulah kenapa sy cari istri lain suku agar anak sy tdk mewarisi sifat chauvinistis…agar NKRI benar benar terwujud sejak dr keluarga…

            Semoga anda dapat mewujudkan yg anda cari seperti sy yg berkepentingan akan utuhnya NKRI…kalau kata che guevara: Hasta la vista sempre…sampai bertemu di kemenangan akhir…anda pasti mengerti maksud sy 🙂

          • Oh ketinggalan bung. Hasil pilpres Presiden sumatra timur yg menang jokowi koq. Dan kami sejahtra. jadi silahkan berargumen.

    • Senjata nuklir iran akan segera keluar apabila kondisi darurat…….demi membela tanah airnya

    • Jgn emosi bung. Kebenaran itu tetap kebenaran.

    • keminter awakmu BHL

  18. Bung Barisan Harimau Liar> ente kalo komen kaya kentut, enak di ente g enak di orang lain

    SR

    • iya bener, orang lain mati matian demo,susah payah galang dana buat gaza,
      serangan israel di kecam presiden dibanyak negara bahkan dikutuk di perwakilan PBB, nih orang malah nge bela buta israel, dasar……

      • Ikut nyumbang donk mas.. kirim no rekening nya yah..

        Tapi ga bs banyak nih, soalnya sebagian besar sudah disalurkan via charitas dan bencana.

        50ribu deh.. 😛

  19. hidup bangsa palestine.merdeka

  20. @bhl isreal katanya bangsa pilihan Tuhan ko kelakuan seperti itu y? kalau bangsa pilihan Tuhan harusnya lebih banyak menyebar kebaikn bukan kerusakan,coba israel balas roket hamas dgn paket2 berisi uang (barang kebutuhan hidup), jatuhkan paket2 tsb dari pesawat bukan bom yg dijatuhkan,buka blokade,kembalikan tanah palestina sesuai dgn peta yg diakui dunia,jadikan yerusalem sbg ibukota palestin,rangkulah rakyat palestin,coba kalau itu dilakukan apa ga luluh tuh warga gaza?dukung berdirinya negara palestin

  21. Mari diskusi yg sehat untk cari kebenaran… jangan mendebat seolah2 diri yg paling pintar”DIATAS LANGIT ADA LANGIT”
    Dikatakan kepada Abdullah ibn al Hasan ibn al
    Husain rahimahullah,
    “Apa pendapatmu tentang perdebatan
    (mira’)?”
    Dia menjawab:
    “Merusak persahabatan yang lama dan
    mengurai ikatan yang kuat. Minimal ia
    akan menjadi sarana untuk menang-
    menangan itu adalah sebab pemutus tali
    silaturrahim yang paling kuat.”
    [Tarikh Dimasyq: 27-380]“
    “Jika kamu melihat seseorang terus-
    terusan menentang dan mendebat maka
    sempurnalah kerugiannya.”
    [al-Adab al-Syar’iyyah: 1/23]

    • Sepertinya pemikiran anda lebih mulia dari pada nama anda bung, walaupun ada peibahasa apalah arti dari sebuah nama… tetapi nama yg buruk bisa berkonotasi atau mempengaruhi sifat negatif seseorang menurut saya loh..hehe

      Salam hangat bung preman..:-D

  22. @ Ndan Koplak hahahahahah :mrgreen: biasa dan forumer Kemeruh padahal belum pernah ngerasain gimana suasana dilapangan sesungguh nya 😀 dimana pelor suatu saat bisa mampir dijidat 😆

  23. Hahaha…ndan sarkem betul banget, most racist country in the world.

    Met sahur bang Sarkem 😀

  24. Ya benar..akar permasalahannya Pendudukan Israel di tanah Palestina..aslinya kampung halaman nya Israel ga lbh 10% krn keserakahannya justru malah terbalik kondisinya sekarang..dan negara kita jg sdh menyatakan di PBB melalui dutabesarnya bahwa akar permasalahannya Palestina adalan Pendudukan Bangsa Israel di tanah Palestina..

  25. Klo BHL mah tanah dan rumahnya mau direbut orang bakalan dikasihkan dengan ikhlas bung berikut sertifikat tanahnya. Jadi orangnya nggak perlu ngerebut krna dikasih dgn ikhlas berikut isi-isinya hehe

  26. Bhahahaha ndanplak….Ane demen bener sm komen ente soal isep sono isep sini…gmanaaaa gituuu….. :mrgreen:

  27. ke laut aj sana bung. orang kaya gitu dikampanyein mulu.
    pemilu udah kelar woy.
    noh ajarin soal lcs sama alutsista aja tuh orang, biar melek dikit ilmunya.

  28. Jiakakak.. Ndan Sarkeeeemmm…. Lop yu pull daaahhh..
    Komeng ente emang pling ajib.. Bnr apa yg ente blg ntu Ndan..ane vote komeng ente utk “Best Komeng of the week”..

  29. Pejuang Palestina sama seperti para pejuang Indonesia berusaha mengusir penjajahan 350 thn Belanda dan 3.5thn oleh Jepang. berbagai cara dilakukan dari jalur diplomasi maupun militer. sudah jelas ini adalah penjajahan Israel yang berusah di usir dari tanah Palestina

  30. saya dukung palestina merdeka…

  31. MH17 kyknya untuk mengalihkan Israel , amerika mmg cerdik , skrng alasannya pbb ke MH17…

  32. Fran saya tau dan yakin anda adalah orang malaysia

  33. tentara israil itu manusia apa ya…? Ko bisanya ada temenya mampus di tangisin kaya manusia aja…

  34. preet lah bung Joko

  35. Bung Frans kemana ya?? kog gak ada komennya

  36. kebenaran versi siapa bung bhl?

  37. roket yg sudah diproduksi negara kita cmn sekelas roket qassamnya hammas, bahkan jumlah produksi roket hamas jauh lebih besar dengan apa yg negara kita produksi. bahkan alutsista tni kita masih kalah sama pemberontak di ukraina, mereka sdh pake rudal Buk-m kita masih pke rudal tipe short range

 Leave a Reply