Polandia Bingung, Pilih F-35 Atau F-16V?

Polandia saat ini masih kebingungan dengan pilihan apakah akan membeli pesawat tempur generasi lima F-35, mengupgrade F-16 atau membeli F-16V baru.

“Saya dapat mengatakan, mengenai F-16 dan F-35, ada diskusi yang sedang berlangsung di mana satu yang akan dipilih,” kata Wakil Menteri Pertahanan Bartosz Kownacki kepada Parlemen Polandia baru-baru ini.

Pada bulan Desember, para pejabat Polandia mengumumkan rencana Kementerian Pertahanan untuk menghabiskan anggaran sebesar US$ 14.5 milyar untuk “modernisasi” militernya.

Pada bulan Feburary 2017, pejabat militer mengumumkan Polandia sudah memulai belanja pembelian helikopter Black Hawk. Black Hawk buatan AS dimaksudkan untuk menggantikan selusin helikopter Mi-8 dan Mi-17.

“Kami harus memikirkan langkah-langkah selanjutnya karena selain pesawat F-16, kami memiliki pesawat Su-22 dan MiG-29 yang akan pensiun,” tambah Bartosz Kownacki.

Angkatan bersenjata Polandia masih berdebat apakah perlu untuk mengupgrade F-16 varian lama, namun para pejabat menyatakan keprihatinannya apakah upgrade mampu akan membantu mengisi kesenjangan kemampuan militernya.

“Kami tidak akan mengeluarkan uang dan menggunakan F-16 lama,” kata pejabat Pertahanan. Terutama setelah pihak Departeman Pertahanan menemukan bahwa biaya upgrade pesawat bekas akan mahal dan kemampuannya akan tetap rendah.

“Sebaliknya, Warsawa bisa memilih untuk membeli pesawat tempur F-16V baru, yang pada akhirnya akan disetujui pihak AS,” kata Kownacki.

Polandia saat ini masih memiliki 40 unit pesawat tempur F-16 Block 52+, selain 32 unit MiG-29 dan 18 Su-22.

Sputnik
Editor : Muhidin

Sharing

Tinggalkan Balasan