Negara Baltik dan Polandia Minta NATO Tempatkan Jet Tempur dan Rudal untuk Pertahanan Udara

Negara-negara Baltik dan Polandia meminta NATO agar mengerahkan jet-jet tempur dan rudal untuk melindungi negara mereka dari potensi agresi Rusia. Mereka menilai, rencana penyebaran 4.000 lebih tentara NATO tidaklah cukup. Mereka juga mengatakan bahwa Moskow dapat melancarkan invasi skala penuh dalam waktu setiap saat.

”Kita perlu menghentikan kemungkinan agresi udara,” kata Menteri Pertahanan Lithuania, Juozas Olekas.

Olekas mengatakan bahwa pihaknya sedang mendiskusikan tentang penciptaan sistem pertahanan udara jarak menengah di wilayah secara bersama-sama dengan Latvia, Estonia dan Polandia.

Dalam wawancara terpisah dengan Financial Times, Olekas menjelaskan bahwa sistem perisai anti-pesawat akan beroperasi di empat negara dalam dua atau tiga tahun mendatang.

Masalah pengadaan berbagai jet tempur dan rudal tersebut akan dibahas dalam pertemuan para Menteri Pertahanan negara-negara NATO di Brussels, Selasa (14/06). Pertemuan itu juga membahas kelanjutan rencana penyebaran 4.000 pasukan tambahan di Eropa Timur.

Amerika Serikat, Kanada, Jerman dan Inggris masing-masing diharapkan dapat mengerahkan 1.000 tentara untuk misi NATO tersebut. Rusia menganggap rencana itu sebagai langkah NATO yang sudah kelewat batas.

Sumber: Sindo News

Tinggalkan komentar