Sep 272018
 

dok. Tank Challenger 2 Inggris berlatih di Polandia untuk Exercise Black Eagle. (MoD UK via commons.wikimedia.org)

Warsawa, Jakartagreater.com – Polandia memiliki cukup uang untuk membiayai keberadaan militer AS permanen di wilayahnya, ujar Perdana Menteri Mateusz Morawiecki menegaskan pada Selasa 24-9-2018, setelah Presiden Polandia menawarkan untuk membayar miliaran untuk sebuah pangkalan, dirilis pada Rabu 25-9-2018, oleh Sputniknews.com.

“Mengenai uang, jawabannya sederhana: ya. Kami punya uang untuk pembayaran yang mungkin tahun ini dan di tahun-tahun mendatang jika ada peningkatan dalam kehadiran militer AS,” kata Morawiecki kepada wartawan.

Presiden AS Donald Trump, dalam pertemuan dengan rekannya dari Polandia, Andrzej Duda pekan lalu, mengatakan Amerika Serikat sedang mempertimbangkan permintaan Warsawa untuk mendirikan pangkalan AS di Polandia.

Trump mengatakan Andrzej Duda telah menawarkan untuk membayar lebih dari $ 2 miliar untuk biaya fasilitas. Presiden Polandia juga menyarankan untuk menamakannya “Fort Trump.” Pangkalan itu akan menjadi tambahan bagi pasukan AS yang ditempatkan di negara Eropa Timur sebagai bagian dari NATO.

Pada pertengahan Juni 2018, Perwakilan Tetap Rusia untuk Uni Eropa Vladimir Chizhov mengatakan bahwa kemungkinan penempatan divisi lapis baja AS ke Polandia akan melanggar Undang-Undang Pendirian Rusia-NATO tahun 1997.

Pada bulan Mei 2018, Kementerian Pertahanan Polandia menerbitkan sebuah dokumen yang menyatakan bahwa Polandia siap untuk membayar $ 1,5 – $ 2 miliar untuk pembentukan pangkalan militer AS yang akan menjadi tuan rumah divisi lapis baja permanen di negara itu.

  31 Responses to “Polandia Miliki Uang untuk Biayai Militer AS Permanen di Wilayahnya”

  1.  

    senengnya kok bikin rame dipekarangan orang..emang masih kurang pohon buahnya ya..

  2.  

    kalau punya uang kenapa gak beli alutsista dan melatih tentaranya sendiri ?
    memang butuh waktu untuk mencapainya, gak bisa instan

  3.  

    wajar lha polandia membayar sejumlah uang untuk membeli alat2 dan juga meminjam (lease) alat2 dr amrik.
    negara yg ga pernah tenang.
    dulu dicaplok sama rusky.
    setelah merdeka di usir sama nazi jerman.
    setelah nazi pergi, mereka merdeka tpi yg ngatur bukan ras dan suku polandia, melainkan org yg dipilih kremlin.
    pengalaman pahit memang sudah pernah dirasakan. jadi wajar jika mereka ngebut utk membentuk pertahanan yg tidak permanen.

    kata org polan ayo sini mana lu petantang petenteng 40:1 lawan gw….
    https://youtu.be/XnFSb8xcmN4

    •  

      Sama kok dengan yang terjadi di Ukraina… ini masalah keinginan berkuasa, jika mereka yang berkuasa ingin tetap memiliki dominasi ya mereka harus mencari dukungan kepada negara yang mau mendukung mereka, terutama menghadapi pengaruh kuat seperti Russia yang berbatasan dengan mereka… kalau tidak mereka akan dengan mudah nantinya di lengserkan oleh dominasi kekuatan politik yang didukung oleh Russia…
      Karena sekali mereka tergeser, maka dominasi kekuatan politik dukungan atau yang condong dekat dengan Russia akan sulit diganti…

  4.  

    Kremlin n federasi ruskies sama2 org yg haus kekuasaan dn nama baik… pastinya polandia, georgia , alaska, krimea n ukraina adlh t4 invasi militer ruskies… dulu clinton sdh pernah mengajak putin utk gabung nato.. ternyata putin n kroni2 komunisnya justru mempermainkan lini publik dgn propaganda dissinformasi

    •  

      Wakakakaka…
      Pernyataan yang dibolak balik… kacau nih orang, nih saya copas artikel yang bersangkutan biar anda lebih berhati-hati dalam berkomentar… sepertinya bung Agato jauh lebih cerdas dan berhati2 daripada anda…

      https://international.sindonews.com/read/1210523/41/terungkap-putin-pernah-inginkan-rusia-gabung-nato-1496513495

      MOSKOW – Presiden Vladimir Putin mengungkap rahasia masa lalu di mana dia pernah mengusulkan Rusia untuk bergabung dengan NATO. Keinginan Putin kala itu disampaikan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton.

      Rahasia tersebut diungkap Putin dalam sebuah wawancara dengan sutradara film AS, Oliver Stone.

      ”Saya ingat salah satu pertemuan terakhir kami dengan Presiden Clinton, saat Clinton masih menjabat,” katanya.

      β€œDia mengunjungi Moskow dan dalam sebuah diskusi saya berkata, ‘Jadi, bagaimana jika (kami) mempertimbangkan pilihan Rusia untuk bergabung dengan NATO’,” lanjut Presiden Putin dalam salah satu percakapannya dengan Stone, yang dilansir Russia Today.

      •  

        Berarti clinton yg mengajak russia gabung ke nato broo, kemudian putin mengatakn akan mmpertimbangkan pilihan itu, jk pun russia gabung nato? Mungkin propaganda doang sprti diera leonid breznev, punya hubungan diplomatik dengan arab dibidang militer tapi mendukung israel mmpertahankn posisinya & memerintahkn israel menembak keparang uss liberty karna mendukung arab & menghambat jalannya perdamaian
        πŸ˜€ πŸ˜†

        •  

          Tapi israel sudah mmbangkang, layaknya dulu sperti RRC yg sudah mmbangkang kpd sovyet, pdhl sudah dibantu perang dimancuria, perang dikorea, tapi rrc diperangi sovyet diera leonid breznev yg mmng gila perang,

          mungkin juga israel akan diperangi russia sampai musnah & diganti yg lebih baik
          πŸ˜€ πŸ˜†

  5.  

    Ah gak mungkin ada itu duit polandia
    πŸ˜€ πŸ˜†

  6.  

    Tapi israel sudah mmbangkang broo, setelah banyak ditolong, sperti RRC yg banyak ditolong diperang mancuria, perang korea tapi setelah itu mmbangkang, kemudian diperangi sovyet diera leonid breznev & mungkin israel akan diperangi russia sampai punah & diganti dgn yg lbh baik
    πŸ˜€ πŸ˜†

    •  

      Menurut prediksi memang begitu. Insyaallah tidak lama lagi negara israel akan dihapus. Yang ada negara syam berbentuk kekhalifan dengan penerapan syariat islam murni 100%. Posisi tertinggi prosentase penerapan syariat islam diperingkat kedua adalah yaman. Bagaimana dengan kerajaan saudi? Waallaahu a’lam!!

  7.  

    xixixi….rupanya nggak th juga bagus2….

 Leave a Reply