Aug 132017
 

Kupang – Kegiatan Iptek Bagi Masyarakat (IBM) kepada sejumlah masyarakat Suku Bajo di Pulau Kera yang terisolir dan merupakan wilayah Kabupaten Kupang digelar Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Tim IBM Pulau Kera Sondang PP Leoanak ditemui pada Sabtu 12-8-2017, mengatakan kegiatan IBM adalah kegiatan lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan anak-anak di pulau Kera yang terisolir.

“Kebetulan kami dari Politeknik negeri Kupang mendapatkan bantuan dari Dikti. Dan bantuannya ada 2 yakni dalam bidang pendidikan dan kesehatan,” ujar¬†Sondang PP Leoanak sewaktu ditemui pada Sabtu 12-8-2017 di pulau Kera, kabupaten Kupang.

Pulau Kera adalah salah satu pulau terisolir yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kupang. Dikatakan terisolir karena di pulau tersebut belum ada bangunan sekolah, tidak ada air bersih, listrik serta jalan tidak ditemukan di daerah itu.

Sondang PP Leoanak menambahkan untuk bantuan dari Pendidikan Tinggi, pihaknya menggelar kegiatan IBM yang berada pada bidang pendidikan sebab memang anak-anak di pulau tersebut tak satupun yang bersekolah.

“Jadi untuk bidang pendidikan kita gelar berbagai lomba membuat perahu yang bertujuan melatih kreativitas anak serta sejumlah lomba lainnya seperti makan kerupuk dan lomba membawa kelereng,” ungkap Sondang PP Leoanak.

Ketua Tim IBM Pulau Kera mengatakan walaupun anak-anak di pulau tersebut tidak bersekolah namun diharapkan dengan kegiatan IBM tersebut anak-anak itu bisa terlatih kreativitasnya.

Sondang juga mengatakan, alasannya mengajarkan anak-anak suku Bajo untuk membuat kapal kecil dari botol bekas karena pihaknya ingin mengajarkan kepada anak-anak soal mencintai laut.

Apalagi anak-anak suku Bajo adalah anak-anak yang hidupnya lebih banyak dihabiskan di laut. Kapal yang terbuat dari kaleng botol salah satu minuman air mineral itu dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat banyak sekali hiasan merah putih.

Pantauan Antara, perahu dari kaleng botol air mineral itu dibawa ke pinggir pantai kemudian dilepas kan ke laut. Kapal-kapal kecil itu berisi harapan-harapan anak-anak pulau Kera soal pendidikan di pulau tersebut.

Ketua Tim IBM Pulau Kera Sondang PP Leoanak juga berharap nantinya Pemerintah bisa turun tangan untuk membangun sekolah di pulau sebab sampai saat iini sekolahnya belum dibangun. Dirilis Antara 12-8-2017.

Bagikan Artikel :

  One Response to “Politeknik Kupang Gelar Iptek di Pulau Terisolir”

  1. Teknologi tepat guna yg murah tp bukan murahan diperlukan disektor pertanian utk meningkatkan panen.

 Leave a Reply