Jan 242015
 

Perseteruan NATO (AS) dan Rusia soal Ukraina telah melebar ke persoalan ekonomi. AS mencoba menekan Rusia dengan menjatuhkan harga minyak dunia ke titik paling dalam. Rusaknya ekonomi Rusia karena biaya produksi minyak mereka lebih mahal dari harga minyak saat ini yang di bawah USD 50/barrel.

Muatan politis terlihat dalam jatuhya harga minyak dunia, karena OPEC tidak juga memangkas produksi minyak mereka, untuk menaikkan harga. Dari kasus ini menunjukkan tidak ada negara di dunia yang senang jika negara saingannya maju dan berkembang.


Venezuelan President Chavez takes a sample of crude during weekly broadcast at nationalized oil field at Orinoco's belt

Jakarta -Anjloknya harga minyak dunia sepanjang tahun ini membuat Rusia rugi US$ 100 miliar, atau sekitar Rp 1.200 triliun. Kerugian ini ditambah dengan sanksi ekonomi dari negara Barat yang membuat negara ini rugi US$ 40 miliar, atau sekitar Rp 480 triliun.

Menteri Keuangan Rusia, Anton Siluanov mengatakan, total kerugian Rusia karena anjloknya harga minyak ditambah sanksi Barat adalah US$ 140 miliar, atau sekitar Rp 1.680 triliun.

Laporan-laporan ekonomi hari ini menyarankan Rusia memangkas produksi minyaknya sekitar 300 ribu barel per hari, untuk bisa mengangkat harga.

Harga minyak dunia telah turun sejak pertengahan tahun ini, karena tingginya suplai. Sementara permintaan minyak di Eropa dan Asia turun. Minyak jenis Brent harganya turun lebih dari 30% dari menyentuh level terendah dalam 4 tahun menjadi US$ 76,76 per barel pada 14 November 2014.

Kalangan analis memprediksi anggota OPEC bakal memangkas produksi minyak untuk mengangkat harga. Harga minyak jenis Brent ditutup di atas US$ 80 per barel pada Jumat akhir pekan lalu, sementara minyak AS mencapai US$ 76,51 per barel.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak menyatakan, Rusia mempertimbangkan untuk memangkas produksi minyaknya.

Sementara Menteri Pengembangan Ekonomi Rusia, Alexei Ulykayev mengatakan, turunnya harga minyak akan berdampak signifikan kepada perusahaan di Rusia.

Rusia saat ini juga tengah dilanda oleh pelemahan nilai tukar ruble yang jatuh hampir 30% terhadap dolar tahun ini.

Vladimir Putin mengatakan Rusia akan sangat menderita karena sanksi, turunnya harga minyak dan nilai mata uang rubel.

Dia juga mengatakan hal ini akan mempengaruhi negara-negara lain.

“Negara modern saling tergantung. Tidak ada jaminan bahwa sanksi, jatuhnya harga minyak dan turunnya nilai mata uang nasional akan menyebabkan pengaruh negatif atau kehancuran hanya bagi kami saja,” kata presiden Rusia kepada kantor berita pemerintah TASS.

Harga Minyak Anjlok, Tiongkok Hemat Rp 1.200 Triliun

Harga minyak dunia sampai saat ini masih bertahan di level rendah. Dalam beberapa waktu terakhir, harga si emas hitam ‘betah’ berada di bawah level US$ 50/barel.

Mengutip data perdagangan Reuters, harga minyak jenis Light Crude untuk pengiriman Februari 2015 ada di posisi US$ 45,29/barel. Sementara harga minyak Brent adalah US$ 48,55/barel.

Bagi negara-negara importir minyak, penurunan harga minyak menjadi berkah tersendiri. Salah satunya dialami Tiongkok, importir minyak terbesar di dunia.

“Akibat harga minyak yang rendah, Tiongkok bisa menghemat US$ 100 miliar (Rp 1.200 triliun) hanya dalam 6 bulan terakhir. Dan kami tidak melakukan apa-apa,” kata Boqiang Lin, analis energi dari China Institute for Energy Policy Studies seperti dilansir CNN, Sabtu (24/1/2015).

Tiongkok, lanjut Lin, tentu berharap harga minyak bisa terus rendah. “Harga minyak rendah menjadi momentum bagi kami untuk tumbuh dan menciptakan lapangan kerja,” tuturnya.

Dalam 6 bulan terakhir, harga minyak turun dari US$ 116 barel menjadi di bawah US$ 50/barel. Meski menjadi berkah bagi Tiongkok, tetapi penurunan harga minyak membuat susah negara seperti Rusia. Pasalnya, separuh ekonomi Rusia tergantung dari penjualan minyak.

“Tidak ada kabar baik buat kami saat ini, 2015 akan menjadi tahun yang berat,” kata Igor Shuvalov, Deputi Perdana Menteri Rusia.

Menteri Keuangan: Harga Minyak Dunia Melorot Ancam Penerimaan Negara

Melorotnya harga minyak dunia menjadi ancaman penerimaan negara tahun fiskal 2015. Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro bahkan mengaku, perlu upaya lebih untuk membiayai seluruh program, di tengah melorotnya harga minyak dunia. Salah satunya, dari optimasi perpajakan.

“Asumsi minyak mentah sudah turun dari 105 dollar AS per barel menjadi kita usulkan 70 dollar AS per barel. Tapi nanti kalau nanti lebih rendah dari itu (70 dollar AS), penerimaan 2015 beresiko lebih rendah,” kata dia dalam rapat bersama Badan Anggaran DPR-RI, Jakarta, Senin (19/1/2015).

Artinya, lanjut dia, pemerintah perlu extra effort untuk mengejar penerimaan perpajakan. Dalam APBN Perubahan 2015, pemerintah telah mengusulkan ada kenaikan target perpajakan sebesar Rp 104,6 triliun dibanding yang dipagukan dalam APBN 2015. Sementara itu, jika dibandingkan dengan realisasi APBN Perubahan 2014, maka usulan pemerintah sudah lebih tinggi Rp 151,6 triliun.

“Karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan penuh. Karena penerimaan perpajakan inilah yang bisa menjamin penerimaan negara 2015 lebih baik. Karena belanja itu sudah mengikat, atau sudah menjadi komitmen, maka pajak ini yang harus dikejar,” lanjut Bambang.

Adapun sejumlah upaya yang akan dilakukan adalah memperbaiki birokrasi dan struktur Direktorak Jenderal Pajak, Kemenkeu. Selain itu, pemerintah akan meningkatkan penerapan e-tax invoice untuk mencegah terjadinya kebocoran dan klaim restitusi palsu.

Bambang menambahkan, pemerintah juga akan meminimalisasi terjadinya transfer pricing, serta mengintensifkan PPh, PPN, serta PPnBM.

Ditemui usai rapat, Bambang mengatakan, pemerintah belum berencana melakukan penghematan anggaran atau merevisi belanja. “Ya enggak (berencana menghemat), kita fokus dulu untuk extra effort pada penerimaan,” kata Bambang.

Bambang juga bilang, belum ada rencana pemerintah untuk mengurangi Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diusulkan Kementerian BUMN sebesar Rp 48,01 triliun. Pemerintah justru akan menambah pembiayaan dari penerbitan Surat Utang Negara (SUN) sebesar Rp 30 triliun.

(Sumber: Finance.Detik.com dan Kompas.com).

Bagikan :

  49 Responses to “Politik Harga Minyak dan Perang Ukraina”

  1.  

    bbm turun

  2.  

    kok mengancam penerimaan negara, seharusnya malah mengurangi subsidi bbm

    •  

      Kan kita jg priduksi minyak, dibilang mengancam kalo harga jualnya lebih rendah dibanding biaya priduksi, hafi mengancam keuangan negara terlebih perusahaan. Beda kondisi bila importir minyak, mereka merasa diuntungkan. Saat ini Indonesia masih priduksi minyak jg.

    •  

      Pemerintah hanya mementingkan pejabat2nya saja, rakyat dicuekin…

  3.  

    Bbm turun ancam penerimaan ?? Aneh

    •  

      russia pengekspor energi spt gas dan minyak

    •  

      maksudnya turun penerimaan itu … buat pengusaha minyak, kalo rakyat mah kagak di ikut sertakan bisnisnya, paling jg cuma rasakan turunnya hrg premium solar & elpiji … kalo naek lg kita jg musti yg beli

    •  

      Itulah bung bobroknya mental penguasa kita rakyat hanya sbg perahan, ajang permainan liciknya saja. Sedang dibelahan negara lain rakyat di anggap setengah dewa, di makmurkan, dicukupi semua kebutuhaan. Hanya mimpi negara bisa maju kalau rakyat di buat spt ini. Slm knl bung

  4.  

    ekomi russia tampaknya akan semakin memburuk tahun 2015 ini
    MOSKOW – Kementerian Ekonomi (Kemenko) Rusia memangkas proyeksi ekonomi untuk 2015 dengan mengumumkan penyusutan 0,8% akibat berbagai sanksi Barat dan penurunan harga minyak.

    Kemenko memangkas outlook sebelumnya pertumbuhan 1,2%, sebesar 2% poin, merujuk pada memburuknya berbagai indikator ekonomi dan asumsi lebih konservatif bahwa sanksi Barat akan tetap berlaku pada 2015. “Penurunan harga minyak juga memicu revisi tersebut, dengan melemahnya mata uang rubel dan naiknya inflasi mengurangi belanja konsumen,” papar pernyataan Kementerian Ekonomi Australia, dikutip kantor berita AFP.

    Dalam outlook untuk resesi, Deputi Menteri Ekonomi Rusia Alexei Vedev menjelaskan, “Ekonomi mungkin datar atau sedikit melemah pada kuartal IV/2014, yang dapat mendorong Rusia mengalami resesi hingga akhir kuartal I/2015.” Definisi teknis resesi ialah penyusutan ekonomi selama dua kuartal berturut-turut.

    Kemenko sebelumnya mengasumsikan sanksi Barat akan dicabut pada 2015, dengan Rusia mengakhiri embargo pangan sebagai tindakan balasan. “Proyeksi saat ini untuk 2015 ialah, berkebalikan, berdasarkan berlanjutnya berbagai risiko geopolitik,” ungkap pernyataan Kemenko Rusia.

    “Ketidakpastian dan kurangnya kepercayaan ekonomi menyebabkan kondisi geopolitik yang berat memicu lemahnya investasi dan perginya modal,” papar pernyataan Kemenko dalam laporan yang diunggah di website. Modal yang keluar dari Rusia diperkirakan mencapai USD125 miliar pada 2014, naik dari proyeksi sebelumnya USD100 miliar.

    Ekonomi Rusia tertekan akibat turunnya harga minyak yang mencapai level terendah dalam lima tahun pada awal pekan ini. Harga minyak mentah acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate, pada Selasa (2/12) untuk pengiriman Januari sebesar USD67,91 per barel, adapun minyak mentah Brent untuk Januari sebesar USD71,71 per barel. Harga minyak yang terus turun sangat memengaruhi perekonomian Rusia yang sangat tergantung pada ekspor energi.

  5.  

    nyimak dulu…..

  6.  

    MANUSIA2..
    COBA KAMBING..PADA RUKUN MAKAN RUMPUT BARENG

  7.  

    Lho waktu bbm harga mahal bilangnya kita rugi karna negara kita pengimpor minyak..
    nah kalau harga minyak dunia turun untung dong kta dpt murah beli yg banyak.
    kok sekarang bilang rugi lg…
    Ngelesnya pd ngampangin..

  8.  

    Harga minyak dunia naik ngeluh rugi
    Harga minyak dunia turun ngeluh rugi….ANEH INI PEMERINTAH

    •  

      biaya produksi minyak mahal (termasuk kenaikan UMR), sedangkan harga jual murah… jd, keuntungan’a tipis (klo ga mo d sebut rugi).
      bloom lg “konsumsi” dlm negeri yg melebihi hasil produksi sehingga harus d subsidi.
      tapi masalah ini bs jg d jadikan peluang… produksi jln trus, lalu hasil’a d “timbun” sampai beberapa bulan kedepan (tergantung keuangan pemerintah) sampai harga bbm kembali normal, barulah keluarkan/jual stock yg ada.
      untuk konsumsi sementara dlm negeri (mumpung murah) gunakan saja dana keuntungan hasil kenaikan bbm beberapa bulan yg lalu meskipun hanya sampai 3 bulan kedepan ( lg” tergantung keuangan negara).
      tapi… apa iya…??

    •  

      bedanya yg 1 rugi beneran…. yg 1 lagi rugi pembohongan publik…. jd jawaban mrk selalu rugi…

  9.  

    Kayak nya sanksi barat masih lama untuk dicabut.kita berasumsi dari perang ukraina,kecuali rusia punya bahan tawaran yg lebih jos

  10.  

    Menteri Keuangan Rusia, Anton
    Siluanov mengatakan, total kerugian
    Rusia karena anjloknya harga minyak
    ditambah sanksi Barat adalah US$
    140 miliar, atau sekitar Rp 1.680
    triliun.
    ——–
    Busyet… itu duit semua? seribu kok trilyun

  11.  

    Makenye die jual senjata byk2 utk menutupi anggaran pemasukan.

  12.  

    berapa lama amrik mampu mengendalikan harga minyak ini? secara logika dia juga butuh dana yg besar untu di salurkan ke OPEC.

  13.  

    Nice question.
    Sama Ane juga penasaraan banget tuh.

  14.  

    harga BBM turun mengancam penerimaan negara, BBM naik memberatkan anggaran negara….mboh bingung aku…

  15.  

    Harga minyak itl $115 harga bensin eceran 6500, skg harga itl $50 harga bensin 6600. Kita akan disegani di kawasan karena ini, bukan karena kita akan jadi poros maritim dunia, hebat..hebat

  16.  

    Strategi ini sama halnya dengan kebijakan pemerintahan saat ini waktu menaikan harga BBM disaat nilai tukar rupiah anjlok diatas 12rb dan harga minyak dunia drastis turun. It was a very bad and dirty policy. Rakyat menjerit disaat semua aspek kebutuhan untuk hidup meningkat drastis. Dimana fakta lain peningkatan pendapatan, gaji para pekerja tidak seimbang naik dibanding meningkatnya harga kebutuhan hidup. Sangat memalukan jika rakyat dijadikan sebuah negara sebagai experimen ekonomi dengan dalih kesejahteraan. Lebih memalukan jika ternyata kebijakan dipengaruhi oleh suara2 dan tangan2 asing sebagaimana bos yg memerintahkan pelayannya. Sayang sekali pemerintah dapat terbaca dengan jelas mengambil suatu kebijakan yg dapat memicu gejolak dan rapuhnya stabilitas keamanan nasional untuk mematikan rakyat Miskinnya. Bagi saya ini tidak lebih dari sebuah genosida. Mematikan yg lemah kemudian timbulah manusia2 dengan kekuasaan besar dengan uang sebagai kekuatannya Untuk dapat menguasai semua jengkal tanah dan segala aspek kehidupan dengan semua SDA dan SDM didalamnya. Mereka mereka inilah manusia yg tidak bertuhan sesungguhnya. Naudzubillah min dzalik. Allah.. Tuhan Yang Maha Kuasa pun melihat dan mendengar derita kesengsaraan Hamba hambanya. dan Experimen tersebut ternyata tidak dapat dipertahankan lama dengan kritikan yg datang bertubi2 kepada pemerintah, dengan rakyat yg menyerukan amarahnya, pemerintah seakan tidak punya kekuatan lg untuk mempertahankan kebijakan kotornya. Ya..kekuatan terbesar adalah kekuatan rakyat dengan seizin TuhanNYA. Pemerintah tidak berani ambil resiko lebih jauh jika rakyat bertindak lebih jauh sebagai bentuk reaksi protes dan kemarahan kepada pemerintahannya. Dengan kata lain menghindari suatu kudeta oleh rakyatnya sendiri. Jika ditahun 65, 97-98 strategi ini dipakai untuk menjatuhkan sebuah pemerintahan namun kali ini dipakai untuk mematikan rakyatnya. Ironis memang tapi inilah yg dikatakan politik yang tidak bertuhan. sebagai seorang dokter saya cukup kuat untuk mendengar keluhan dan jeritan para pasien dengan penyakit yg dideritanya. Namun saya tidak akan pernah cukup kuat untuk mendengar jeritan dari semua rakyat yg menderita karena Pemerintahannya. Saya masih sangat percaya bahwa masih banyak manusia yg baik dan berhati mulia di negara ini. Semoga suatu saat mereka akan muncul sebagai penyelamat bangsa ini dari kehancuran dan mengangkat bangsa ini ke dalam sendi-sendi mulia dari setiap sila-sila Pancasila. Wassalamualaikum dan salam sejahtera untuk semuanya.

    Dr. S

    •  

      Saya adalah seorang ibu dan juga seorang istri yg berprofesi sebagai dokter yg mengabdi bagi rakyat dan negara di suatu desa kecil yg berpenduduk sekitar 500 jiwa dan tidak lebih dari 120 kepala keluarga. Terletak di provinsi banten yg hanya berjarak 2 jam dari ibukota. tingkat golongan miskin di desa ini adalah 76%, 18% golongan cukup, dan hanya 6% yg tergolong mampu. lalu apakah saya menyesal berada dalam kondisi seperti ini..? Tidak. Bagi saya ini adalah kemuliaan yg saya dapatkan untuk dapat membantu dan berada disekitar mereka. Inilah kebahagian saya disatu tempat yg sama dengan kesedihan saya. Lalu apa maksud sebenarnya saya menulis semua ini..? Tidak ada. Anggap saja ini adalah sebuah diary dari seorang dokter yg mengabdi di suatu desa terpencil dengan segala keterbatasannya.

      Dr. S

    •  

      sabar bu, pemerintah akan segera memberikan Kartu Indonesia Pintar, Indonesia Sehat dan Keluarga Sejahtera.
      Kan sekarang APBN makin besar dengan subsidi BBM nol. Silahkan dilaporkan ke pemerintah pusat. Kalau bisa seluruh masyarakat datang ke kementrian Sosial. Pasti prosesnya akan sangat cepat dan tidak pakai lama.

  17.  

    Minyak minyak….

  18.  

    Gpp Mudah 2 an bisa bbm turun lg…

  19.  

    Ha ha ha………
    Makin ajib aja ilmunya……

  20.  

    Stock yg banyak.biar kalau dalam keadaan perang bisa beratahan lebih lama. Dan mudah2an munisinya juga cukup. Simple-nya begitu mungkin ya bung.

  21.  

    ‘Setiap ada kesulitan terdapat dua kemudahan’ …
    Coba Indonesia punya tempat penyimpanan cadangan minyak yang besar dan banyak !
    Kita timbun minyak buat kepentingan negara seperti cadangan kalo mo perang, patroli kapal perang, dll …
    Kalo harganya mahal lagi baru kita ekspor … Lumayan nambah devisa …. IMHO
    he he he …
    Bersatulah Bangsaku …
    Bersatulah Negeriku …

  22.  

    siap2 nyetok bbm yg banyak, besi/logam yg banyak, propelan/mesiu yg banyak, harga sengaja dimurahin, bbm kira2 utk 10 tahunan, abis itu perang..perang..perang yg sangat panjang, sampai2 org kira2 tinggal 500jt sahaja, apa deh yg kmren? yg tinggal sejodo, java tinggal sparo, imo he.. jgn seriusi tp waspada wajibun

  23.  

    Strategi Usa dan sekutunya akhirny Berhasil pelan” melumpuhkan Ekonomi Rusia Tanpa Harus Perang..bgamna dngn Indonesia

    •  

      Itu karena USA cerdas, jika sudah menyangkut kepentingan nasional mereka bisa bersatu walaupun pilihan partAinya beda saat pemilu, beda dg org indonesia yg suka ribut sesama ank bangsa meskipun pemilunya udah berlalu. Itulah hebatnya kalau negara di isi org2 yg cerdas, semoga indonesia segera meniru USA dlm hal ilmu dan tecnologi tp nilai sepiritualnya tetap indonesia raya amin…….

  24.  

    Mari kita bertanya kepada Mr. Perfect Danu mengenai kebijakan pemerintah terhadap penurunan harga minyak dunia dan dampaknya terhadap harga bbm di indonesia serta kompensasinya.
    danu.. .where r u.? Tell us with ur perfect reason.

  25.  

    Tajam skl penurunan bbm dunia, dari us $117 menjadi us $47 per barrel.
    Klu menurut logika sederhana, mestinya hrg bbm dlm negeri bisa turun hgg dibawah Rp 5000.
    Btw, kasihan jg ya nasib rusia.

  26.  

    Maaf oot, sy ingin mengajak kpd semua tmn2 warjager agar sebagai anak bangsa kita jangan malu untuk mencontoh kebaikan yg dari USA untuk urusan persatuan bangsa, lihat! Betapa hebatnya USA ketika ada sesuatu yg menyangkut kepentingan nasional mereka bs bersatu menghadapinya dan mampu mengesampingkan perbedaan pilihan politik sehingga dg mudahnya mereka mampu menghancurkan rusia tanpa hrs berperang dg rusia secara langsung, penurunan harga minyak dunia jelas rekayasa USA untuk melemahkan rusia dg menghancurkan ekonomi rusia, mari kita belajar dr kejadian ini agar tidak mudah di hancurkan oleh lawan. Ingat perang tdk hrs berhadapan antar negara dan negara yg cerdas pasti akn melemahkan lawanya dg menyerang lebih dulu terhadap ekonomi lawan, merusak sdm lawan dg berbagai cara termasuk dg narkoba dan kebudayaan yg merusak moral bangsa, dg begitu lawan akn mudah untuk di kontrol. Teruslah belajar wahai bangsaku, dan jangan pernah merasa cukup dg ilmu yg engkau miliki, karena kata imam syafi’i rodliallohuanhu: semakin engkau menguasai satu ilmu sesungguhnya ada seribu lg ilmu yg engkau belum tau. Salam.

 Leave a Reply