Nov 152017
 

ilustrasi : Tembagapura Papua (wikipedia)

Jakarta, Jakartagreater.com – Polri meminta kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua agar memberikan akses terhadap Pemerintah Kabupaten untuk mengirimkan bantuan makanan bagi ribuan warga di Kampung Banti dan Kimbeli, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

“Kami harapkan diberikan akses untuk menyalurkan bahan makanan. Kami harap KKB melihat bahwa di sana ada ibu-ibu, ibu hamil dan anak-anak yang memerlukan makanan tambahan, asupan gizi yang cukup,” kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, pada Selasa 14 November 2017 di Jakarta.

Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua sebelumnya telah memberikan bantuan berupa bahan makanan kepada 1.300 warga yang menjadi korban penyanderaan KKB. Namun KKB tidak memberikan akses kepada warga untuk menerima bantuan makanan tersebut.

“Tidak bisa diakses oleh penduduk setempat, jadi hanya sebagian yang bisa diambil,” ujar Irjen Pol Setyo Wasisto. Polri dan TNI berupaya mengedepankan langkah perundingan dengan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk membebaskan para sandera dari tangan KKB.

Namun hingga sekarang ini pimpinan KKB yang menyandera ribuan warga di 2 kampung tersebut belum memberikan kesempatan untuk melakukan perundingan. Satgas gabungan TNI-Polri sudah berusaha menghubungi pimpinan KKB, kendati demikian belum terjalin komunikasi yang baik diantara kedua pihak.

“Kami sudah berupaya berkomunikasi dengan mereka tetapi tak disambut,” ujar Kadivhumas Polri.

Hingga saat ini polisi telah menetapkan 21 anggota KKB masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua. Mereka diduga terlibat dalam sejumlah aksi teror di Tembagapura, Mimika. (Antara).

 

  15 Responses to “Polri Minta KKB di Mimika Izinkan Warga Terima Bantuan”

  1. Kira2 pake cara apa ausie mau bantu Indonesia kalau ada kasus ginian ya?

    Huehuehue
    😎

  2. SEmoga tidk ada Petugas yag gugur lagi ya bung!!! Xixixihhh….

  3. Kata salahsatu dewan DPRD tembagapura “Tidak ada penyanderaan di dua desa tidak ada namanya pemaksaan semua berjalan normal seperti biasanya disana dan tidak ada namanya KKB” ………… nih orang pastilah Pro OPM alias Pro disitegrasi. atau mungkin dia salahsatu yang mengskenariokan gagasan di dua distrik di tembagapura yang konon dari hasil pelimbangan tailing emas tersebut dapat menampung emas kiloan perbulan.

  4. Sakitnya jadi negara yg blom mandiri secara alutsista. Andaikata ketergantungan alutsista dari luar sdh bisa tergantikan secara mandiri oleh produk dalam negeri, niscaya sdh tuntas ini masalah. Sudah gak ada lg yg namanya OPM maupun KKB yg berani membuat onar di bumi Papua.
    Bayangan pahit embargo spt nya selalu menghantui pemerintah dalam memutuskan langkah pengamanan di bumi Papua. ooohh…naseb…naseb…

    • Itu disana mungkin akibat tidak adanya data data informasi mengenai situasi disana mengenai ormas2 yg trselubung hingga yg trbuka & ini hampir sama diperistiwa timor2, aceh & lainnya.
      jika seandainya mrk menyerang kesitu dgn tim dikit? Bukan tidak mungkin tim dikit itu jadi sasaran empuk, bisa ditunggu kkb ditempat mrk mau menyerang, bisa juga disangka sandera trnyata kkb yg brpura pura minta tolong, yaa tinggal nama doang & bagai mana pula dgn tim serbuu? Mungkin banjir tempahan ituu pembuat peti kayu mati

      hahhaahaaaa

  5. Apa itu KKB? mereka itu OPM pak bosss….duwe senjata, duwe strategi militer, wani nembak aparat negara ….kalau kriminal biasa, ada Polisi bersenjata, passsti mereka takut atau kabur melarikan diri….lahhhh iki ….wani ngajak tembak-tembakan e, nembak i mobil patroli pisan….lah mosok meneng ae… jan kebacut tenan lek meneng wae

  6. Gua si liatnya Intelijen kita kok kcolongan ya, ah apa sibuk ngatur2 politik di Jakarta? entahlah

  7. Akibat dibiarkan berlarut2 tanpa penyelesaian bertahun2 sampe mereka semakin kuat bgt jg dukungan para musang semakin lancar! Sesudah bergejolak baru deh kelimpungan! Strategi HAMburger rasa asing memang mantap efeknya sampe LSM curut dlm negripun ikut mencicipi gurihnya bantuan asing tsb!

  8. Persis dengan teroris marawi di filipina…jadi tunggu apa lagi…serbuuuuuuu

 Leave a Reply