Jan 172017
 

Upaya menjaga keamanan dan kelestarian alam di pulau terluar tidak hanya dilakukan dari pihak TNI, namun juga bisa dikerjakan oleh Kepolisian Sektor Puger Jember, Jawa Timur yang turut berperan dan bekerja dalam mengamankan kawasan cagar alam di Pulau Nusa Barong dan sekitarnya.

Kegiatan ini di implementasikan sebagai bentuk upaya bersama dalam pengelolaan, pengendalian, pengawasan dan pengamanan sumber daya alam bagi terjaminnya kelangsungan hidup tumbuhan, satwa liar serta keanekaragaman hayati yang tersedia di Pulau Nusa Barong.

Guna menjaga dari potensi gangguan keamanan, baik ancaman dari dalam maupun luar negeri, anggota polsek Puger secara rutin melakukan patroli. “Disini Kami bertugas melakukan patroli secara periodik di kawasan cagar alam Nusa Barong yang memiliki luas sekitar 6100 Ha. Pulau ini berada di wilayah Desa Puger Wetan Kecamatan Puger dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia. Ekosistem Pulau Nusa Barong memiliki 3 Formasi yaitu Hutan Manggrove, Hutan Pantai dan Formasi hutan dataran rendah ” Papar AKP. Sudariyanto, Kapolsek Puger, Senin (16/01/2017).

AKP Sudariyanto menambahkan, rutinsetiap pagi dari jam 06.00 Wib Anggota polsek puger bergerak dengan menggunakan Kapal Motor NOVI JAYA, yang disewa dari masyarakat Puger.

”Kegiatan Patroli ke pulau terluar Nusa Barong di tempuh sekitar 10 Jam perjalanan Pulang Pergi tergantung cuaca dan besarnya ombak. Dimana pelaksanaan patroli ini dilakukan berkeliling di kawasan perairan laut puger dan Pulau Nusa barong untuk mengantisipasi aktifitas Illegal fising, tindakan ulah oknum pengebom ikan maupun pencegahan terhadap perburuan satwa liar atau tanaman hutan yang dilindungi ” Imbuhnya.

Kapolsek Puger juga menceritakan, ketika Anggotanya menjalankan tugas ini, disaat  dihadapkan untuk masuk di kawasan tertentu di pulau Nusa Barung, terkadang harus dilalui dengan berenang dahulu agar bisa sampai ke daratan pulau ini. Anggotanya yang bertugas juga dibekali persiapan perbekalan makanan jika  terpaksa harus bertahan di pulau ini untuk sementara waktu, karena mungkin faktor alam yang tidak mendukung untuk kembali pulang ke Dermaga Puger.

Kegitan Patroli Polsek Puger dalam rangka mengamankan Kawasan Cagar Alam Nusa Barong dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1029/XI/2015 tentang Polsek- Polsubsektor pada wilayah pulau – pulau kecil terluar dan atau wilayah perbatasan.

” Dalam Peraturan Presiden No. 78 tahun disebutkan bahwa pelaksanaan Koordinasi Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Tingkat Nasional bertujuan agar pelaksanaan kegiatan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dilaksanakan secara harmoni, sinergi, terpadu, dan berkelanjutan” Pungkasnya.

Sumber : Humas Polsek Puger

Bagikan:

  17 Responses to “Polsek Puger Jember Gelar Patroli Rutin Jaga Keamanan Pulau Nusa Barong”

  1.  

    tos

  2.  

    tis

  3.  

    Salut dan kasihan melihat abdi negara patroli dengan fasilitas yang memperihatinkan seperti ini. Semoga anda selalu dilindungi Tuhan dan dapat promosi.

    Disisi lain Keyboard Warrior merasa Indonesia adalah negara yang milliternya terkuat lahir batin dunia akherat… Noh liaat patroli pulau terluar aje pake motor tempel klotok..

    •  

      @marpuah

      Pulau terluar…?!!!!

      Ahh yang bener lu kalo bikin gosip “mpok marpu…itu patrolinya dijember, ngawasin pemburu2 liar yang suka nyelonong ke kawasan TN/suaka marga satwa

    •  

      ”Kegiatan Patroli ke pulau terluar Nusa Barong..”

      Apa yang dibilang @marpuah tentang pulau terluar emang betul koq @Tante Mirna… tapi pulau terluar Nusa Barong, bukan pulau terluar Indonesia lho 😀

      Namun komentar @marpuah yang berisi sindiran tentang militer terkuat tidak tepat, yang patroli tersebut kan Polri, bukan TNI, mungkin @marpuah belum membaca berita mengenai besar anggaran tahunan untuk TNI dan Polri tahun 2017 ini. klo @marpuah sudah baca bahwa besar anggaran Polri cukup besar dibanding TNI yang harus dibagi dalam 3 matra. Anggaran Polri tersebut lebih dari cukup untuk membeli kapal patroli buat patroli di Nusa Barong koq.

      Jd sekarang jangan ribut lagi ya…

  4.  

    Btw, senapannya itu jenis apa ya ?.
    Ada yang tau ?. kalo polisi hutan atau yg tugas di tempat2 gini sering liat senjatanya nya seadanya. Tapi kadang juga liat SS1-V1

  5.  

    Tes…tis.tos

  6.  

    Waduhh.. senapan SKS masih bertugas tho?? Kirain sdh d gudangin dgn Garand..

  7.  

    SKS senapan josss…..anti macet anti laras penyok….

  8.  

    Perlu di jaga,karna sbelah selatan pulau ini adalah jalur pelayaran internasional tak jarang jg kapal militer australia melewatinya

  9.  

    rupon nelayan lebih jauh dari pada pulau nusa barong… jd menurut saya biasa aja patrali nya.