Jul 212016
 

Konflik kepentingan di Laut Cina Selatan antara Cina dan Filipina semakin memanas, terutama setelah Pengadilan Tetap Arbitrase yang berpusat di Den Haag, Belanda, pada 12 Juli 2016. Pengadilan memutuskan bahwa klaim sejarah Beijing atas perairan tersebut tidak memiliki dasar hukum.

Cina langsung menolak keputusan yang diajukan Filipina sejak 2013 dan menegaskan akan menjaga kedaulatannya dengan cara apapun. Beberapa hari berselang, Cina lantas memberikan pernyataan akan segera membangun pertahanan udara di wilayah perairan strategis di mana lebih dari US$ 5 triliun nilai perdagangan bergerak setiap tahunnya.

Selain itu, pada Senin, 18 Juli 2016, pemerintah Cina mengatakan akan menutup Laut Cina Selatan untuk mengadakan latihan militer dan simulasi nyata keadaan perang. Komandan Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLA), Wu Shengli mengatakan bahwa mereka tetap akan melanjutkan pembangunan di Laut Cina Selatan dan mengklaim tindakan itu sah dan legal.

Pergesekan tidak hanya terjadi di kalangan pejabat tinggi kedua negara, namun menjangkit ke kalangan rakyatnya. Warga Cina mengkampanyekan pemboikotan produk Filipina dan Amerika Serikat yang dianggap berada di belakangnya. Begitupun masyarakat Filipina.

Kondisi pun semakin memanas, Menteri Luar Negeri Filipina, Perfecto Yasay, pada Selasa kemarin menolak proposal mitranya dari Cina untuk memulai pembicaraan bilateral tentang sengketa di Laut Cina Selatan. Buntutnya, Menteri Luar Negeri Cina mengatakan bisa terjadi konfrontasi jika tidak ada negosiasi.

Ketegangan antar dua negara tersebut diperparah dengan keterlibatan Amerika Serikat. Amerika dilaporkan telah mengirim dua kapal induknya mendekati area yang disengketakan. AS dan Filipina selama ini sering mengadakan latihan militer bersama. Filipina juga mendapatkan sumbangan beberapa armada militer dari Amerika.

Sementara itu, Indonesia juga kini tengah waspada karena disebut memiliki dampak dari perseteruan tersebut. Beberapa waktu lalu Indonesia sempat bersitegang dengan Cina terkait wilayah Natuna. Cina mengklaim Natuna sebagai bagian dari wilayahnya dengan berdasarkan pada tradisi nelayannya menangkap ikan di wilayah tersebut.

Beberapa kapal nelayan Cina pun telah ditahan yang kemudian mengundang kemarahan pengambil kebijakan Cina. Setelah mendapat protes dari Cina, presiden Joko Widodo menggelar rapat tertutp dengan sejumlah lembaga negara untuk membahas kemanan di Natuna.

Jokowi kemudian meminta agar pengembangan ekonomi di wilayah Kepulauan Natuna dan sekitarnya dipercepat. Langkah itu merupakan salah satu bagian dari penegasan bahwa Indonesia akan menegakkan kedaulatan di Natuna.

Bagikan:

  62 Responses to “Posisi Indonesia ketika Tiongkok dan Filiphina memanas di LCS”

  1.  

    Siap siaga, tempatkan 3 batre S-400 dinatuna….!!!

    •  

      Punya siapa boss kapan belinya

    •  

      “Jadi Banci”??? Justru Indonesia satu-satunya negara di kawasan yang berani menentang cina di kawasan dengan mengerahkan kapal perang!! sampai2 presiden sendiri rapat di dalam kapal perang untuk menunjukan posisi indonesia di dalam LCS, hati-hati kalau menulis commentar, gunakan bahasa yang baik

      •  

        Saya salut sama ketegasan bapak presiden jokowi yg dengan cepat dan tepat menanggapi permasalahan ini , kalau rakyat RI sudah bersatu saya yakin jangankan cina era bung karno pun sempat berkata AMARIKA KITA SETRIKA INGGRIS KITA LINGGIS apalagi cina yg notabene orang serakah , indonesia di caplok kita perang

  2.  

    lah

  3.  

    hmmmm…

  4.  

    Siap siaga, tempatkan 3 batre S-400 di natuna…!!!

  5.  

    HP USA COK…MBAH MARAH LEBIH BAGUS HP CHINA MURAH MERIAH

  6.  

    NENG CARIN SINI SAYANG…MBAH HABIS MINUM JAMU…GALIAN C705 ..HMMMM

  7.  

    Kok sekarang banyak yang kepingin jadi Simbah sih?

  8.  

    klimak.hanya di jaman pak kowi yang berani petenteng ri atas kapal perang sambil menghadap ke daratan china

  9.  

    hanya pak kowi yang berani melawan naga dengan keris

  10.  

    kita liat saja nanti……kelanjutanya gmana….,…

  11.  

    Tidak ada negosiasi bagi China. Tidak gentar sedikitpun Marinir TNI menghadapi PLA. Dahaga Marinir harus dihilangkan dng darah PLA, laparnya Marinir hrs dikenyangkan dng daging2 tubuh PLA. Tangan2 Marinir sudah gatal ingin meremukkan kepala PLA.
    Pantang pulang sebelum mengoyak koyak, merobek robek dan memenggal kepala PLA. Tak akan gentar Marinir Indonesia sebelum surut nyali PLA. Demit moro demit keplayu. PLA moro PLA mati. Mati ora ono kubure, ilang ora keperuh jasad te.
    Prajurit2 TNI terbaik bangsa, bersiaplah kobarkan semangat semangat mu. Tikus2 PLA telah siap jd korbanmu. Habisi, hancurkan, musnahkan semangat mereka. Beri mereka sejarah pahit bangsa mereka kpd anak cucu mereka yg telah rakus dan tamak akan kekuasaan, sombong dan angkuh yg membutakan mata mereka.
    MERDEKA…!!!! 😉

  12.  

    yg masih ngigo ngelindur blon bangun dari tidur pilpres kemarin ,liat noh cuman pak JOKOWI yg berani berhadap hadapan sama cina bawa kaprang ini statment serius dri NKRI
    MERDEKA NKRI HARGA MATI

  13.  

    hiduplah indonesia raya..

  14.  

    Natuna saus texas wueneak…re

  15.  

    Ada indikasi anda tertular virus Anwar…… kalo masih tetep berlanjut, segera hubungi dokter !!.. :mrgreen:

  16.  

    Posisi Kita juga belum jelas, disatu sisi gak mau berurusan soal LCS tapi disisi lain Negeri Koh Xi sengaja cari gara2 di natuna…apalagi ditambah Sentimen publik yg dibuat Oleh Media entah soal Utang Kita ke Tiongkok ato samPai pekerja asing asal Tiongkok kadang membuat Benci benci tapi Rindu gitu

  17.  

    OOT:
    Akibat Tak Amnesti IHSG sentuh 5216 dan masih akan bertambah !!!! ini catatan sejarah buat pertumbuhan index IHSG .. Dulu rasanya jauh banget angka 5 itu sekarang angka 10 juga tidak mustahil!
    YANG MAU BELI REKSADANA BERBASIS SAHAM AYO SEKARANG SAATNYA

  18.  

    indo main cantik sja lah…..
    ayo bngun bangsamu sendiri….
    biarkan mereka…..asaljngn usik indo…krena skli usik kni tdk akan menerima itu…

  19.  

    Semua posisi harus dicoba.. WOT.. 69.. missionaire..

    Cari posisi yg tdk saling mengalahkan tapi mencapai kemenangan bersama..

  20.  

    Nggak takut mbah… cadet china malah saya gampar2in mbah

  21.  

    bangun JSS kita lihat respon panda, itu jg klo kita berani,,,xixixixix

  22.  

    bahaya bisa rusak kawasan asia klo terjadi konfrontasi semoga nasib asia tak seperti timur tengah

  23.  

    Imho…
    Rasanya agak janggal ketika Pemerintah dengan gigihnya membangun pangkalan di Natuna sebagai antisipasi terburuk jika terjadi konfrontasi langsung dengan Negara lain(dalam hal ini China sebagai musuh bersama),namun lalai dalam membendung kedatangan Imigran China yg berkedok investasi…Hal ini sama saja dengan menutup pintu namun membuka jendela lebar2 bagi musuh…Apakah perang itu melulu tentang kontak fisik???Bukankah lebih baik jika kerangka militer berbarengan dengan peningkatan kesejahteraan masyrakat…Satu hal yang pasti adalah semua investasi China di Indonesia mempunyai agenda khusus yang sangat merugikan bagi Indonesia…Apa gunanya Kereta secepat peluru jika tidak dinikmati masyarakat kecil,apa gunanya tol laut jika harga tetap tidak bisa ditekan karna birokrasi yg berbelit2 dan banyaknya kepentingan didalamnya,,,dan masih banyak lagi pertanyaan “apa gunanya” yg pasti rekan2 Warjag sudah paham sepenuhnya…
    Saya ridak anti Pemerintahan yg sekarang loh yah…Namun menutup mata batin untuk menilai dinamika yg sedang terjadi juga bukan menjadi bagian dari prinsip hidup saya…Salam NKRI

  24.  

    Saya memilih netral

  25.  

    bingung mau comment apa

  26.  

    he he he bung @Aceng kok ikutan bingung..bingung saya karena antara pikiran dan hati lagi tidak sinkron…posisi indonesia ya netral karena ini konflik mereka,biarlah china dan filipina menyelesaikannya sendiri..karena dalam hal ini filipina sendiri tidak pernah membawa isu LCS dalam ranah ASEAN..dan ASEAN sendiri terkesan cuek bebek..harusnya kan ada pembahasan bersama untuk mendapatkan solusi,hal yang seperti ini membuat pemerintah kita jadi serba salah dan harus berbuat apa..fokus kita yg terpenting pemnguatan NATUNA secara militer maupun ekonomi karena sebagai gerbang pintu masuk..sebagai antisipasi gejolak LCS yg semakin lama semakin rumit,seperti rencana pembangunan PLTN oleh china di spratly..

  27.  

    dan bisa di bayangkan jika PLTN itu sudah jadi dan beroperasi..apa tidak tambah ruwet urusan di LCS..itulah strategy dengan dalih ini itu,tetap saja bisa di baca arah dan tujuannya…

  28.  

    Memanas teruuuus, kapan gosongnya? Dari awal 2015 memanas teruuusss, apanya yg panasbrooo??.. kagak bakalan ada perang, itu cuman lelucon kecil para petinggi negara se asia pasifik kecuali as, jgn takut, alut sista kita sudah sangat amat kuat, tp kan ga digembar gemborkan disini….sy yakin rudal hanud sekelas s400 dan thaad, patriot sdh dimari ko, su 35 dan kilo class jg udah beroperasi…tenang aja, ga mungkinlah indonesia mau mati konyol tampa persiapan apapu jika perang dgn china..itu sdh diatur…kita menang 100% jika perang itu pecah…..tugas kita adalah mari kita bersatu padu di warjag ini, kita bikin semboyan ato yel2 utk bangkitkan gairah indonesia gmn??. Stuju ga dgn ide ku? Kita bikin lagu yg bisa membangkitkan semangat para pemuda2 bangsa, tunjukkan bahwa kita pasukan bela negara, bukan hanya bisa sekadar komen2 ga jelas..mari kita satukan barisan, satu visi, basmi china, kita di keluarga warjager ini lumayan lho, ada ribuan sptnya..itu cukup utk melawan china dgn proxy war melalui tulisan2 yg bisa menciutkan nyali china…oke bro2 skalian..merdekaaaa!,,!

  29.  

    Harus di posisikan dgn jelas sikap kita thd natuna dan zee nya…tegas! Dan tdk terjebak skenario perang negara nganu…hati hati,siap dan waspada…

  30.  

    Gan mau nanya, kita ngebacot di sini sebenernya pemerintah tau gak ?

  31.  

    mungkin tau…bung…karena di sini bnyak intelegen bung…baik dri luar negri atau pun dalam negri..bung…

    mka jngn jeran klo jaringan sering..lola…

  32.  

    MERDEKA!

  33.  

    Nah sekarang kira-kira berani gak warga Indonesia tidak membeli barang-barang dari Cina walaupun harganya terjun bebas..

  34.  

    T5

  35.  

    Mau aja di adu ayam, eh domba maksudnya. Sesama bangsa asia diaduk aduk sampai jAdi bregedel, ujung ujungnya yang menang dan untung ya bangsa usa dan kroni kroninya. Belajar dong dari pengalaman perang teluk I antara irak dan

  36.  

    Mau aja di adu ayam, eh domba maksudnya. Sesama bangsa asia diaduk aduk sampai jAdi bregedel, ujung ujungnya yang menang dan untung ya bangsa usa dan kroni kroninya. Belajar dong dari pengalaman perang teluk I antara irak dan kuwait, yang untung besar dari perang ya amereka. Indo jadi pendamai aja.
    MERDEKA!!!!

  37.  

    cina cuma cekikikan melihat ulah kita,karena kita udah disusupi proxy war….cina sudah susupkan antek2nya mulai legislatif dan eksekutif…..cina juga lakukan strategy gelontorkan utang agar diplomasi kita macet karena kebanyakan utang

  38.  

    klo gue sih bgs kita bersatu dg as,phil,fiet,brun jpn aust, soalnya sy liat cina gak main2 dan serakah habis mrk gak kenal Tuhan di mt mrk hanya duit, klo sekarang dg phil dan menang bsk psti dgn yg lainnya, stu petsatu di habisin,sebab klo langsung sma mrk th gak mkn menang.mknya menurut sy kt hrs bersatu, supaya cina mikir dua kali.dan untuk pemerintah tahan nafsu dulu utk urusan segala bisnis dg cina agr tak terlalu bergantung dg cina

  39.  

    Gitu aja kq repot,,,hihi yang benci cina aja ngisi koment,,,hp buatan cina,,Piye lee,,,,

  40.  

    Belajar lagi om wijaya u hanya bisa melihat dari sisi dahanya saja,lihat sampai ke akar2ya ok tidak baik memprovokasi

  41.  

    bung,

    mau kritik 24 jam sehari 7 hari seminggu monggo, ini negara demokratis, masalahnya apakah ente tahu beda kritik dan fitnah?

    yang begini fitnah kecuali ente ada buktinya, hati2 aja kena delik pencemaran nama baik / UU ITE

    1/ Kalau yg skg benar2 hukum diintervensi dan dijual belikan dimana para rivalnya dikriminalkan sdgkan orang2 dekatnya diamankan.

    2/ Jaksa agung dan KPK skg hanyalah jabatan politik bagi saya skg bukan sbg penegak keadilan dan pemberantasan korupsi.

    belajar jadi cerdas, tinggalkan cara2 obor rakyat !

 Leave a Reply