Posisi Turki tentang Isu Pengadaan Pesawat Su-57

Su-57 Rusia. (@ UAC Russia)

Vladivostok – Jakartagreater.com – Turki belum mengirim permintaan resmi ke Rusia tentang pembelian jet Sukhoi-57, tetapi konsultasi mengenai masalah ini sudah berlangsung, kata kepala dinas federal untuk kerja sama teknis-militer Rusia, Dmitry Shugayev, pada hari Rabu, 04-10-2019, dirilis TASS.

“Belum ada permintaan untuk Sukhoi-57, jadi masih terlalu dini untuk berspekulasi tentang pembicaraan konkret,” katanya kepada media. Pada saat yang sama ia menambahkan bahwa “konsultasi sedang berlangsung pada Sukhoi-35 dan Sukhoi-57.”

Spekulasi mengenai apakah Turki akan mempertimbangkan pembelian Jet tempur Rusia menjadi prioritas utama setelah kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Moskow pada 27 Agustus 2019.

Saat mengunjungi pertunjukan aerospace internasional MAKS-2019 di perusahaan Presiden Rusia Vladimir Putin, Erdogan menunjukkan tertarik pada pesawat tempur Sukhoi. Setelah itu dia berkomentar bahwa dia tidak mengesampingkan kemungkinan membeli Sukhoi-35 dan Sukhoi-57 sebagai ganti F-35 Amerika Serikat. “Kenapa tidak?” katanya.

Pada 17 Juli 2019, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa keputusan Turki untuk membeli sistem pertahanan udara Rusia S-400 membuat partisipasi lebih lanjut dalam menciptakan pesawat pembom tempur generasi kelima AS F-35 tidak mungkin. Ankara memiliki rencana untuk membeli 100 pesawat dan membuat bagian peralatan, Avionik dan komponen pesawat untuk pesawat itu.

Forum Ekonomi Timur ke-5 sedang berlangsung di Vladivostok pada 4-6 September 2019. Yayasan Roscongress adalah organisasinya, dan TASS, mitra informasi umum, pembawa foto resmi dan moderator zona presentasi peluang inovatif di Timur Jauh.

Tinggalkan komentar