Apr 182017
 

Pidato Ketua Umum Partai Gerindra, di depan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI). (photo : Fadli Zon @fadlizon)

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengajak para cendekiawan untuk berani dan jujur melihat persoalan ekonomi yang tengah mendera bangsa Indonesia saat ini.

Hal ini disampailan Prabowo saat menjadi pembicara dalam dialog bertajuk “Kepemimpinan Bangsa Yang Bermartabat dan Berkeadilan” yang diselenggarakan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), di Jakarta, Senin malam, 17/4/2017.

“Saya mohon cendekiawan punya keberanian dan kejujuran hati, katakan yang benar adalah benar, dan yang salah adalah salah. Berani melihat fakta, jangan tunggu pihak asing mengajarkan kita,” ujar Prabowo.

Prabowo menjelaskan dirinya bukanlah ahli ekonomi, namun sebagai mantan prajurit militer dirinya dekat dan sudah lama mempelajari pertahanan negara.

Dalam studi pertahanan yang dilakoninya, dia menemukan dua kesimpulan besar, pertama bahwa faktor utama pertahanan negara terletak pada kekuatan ekonomi. Kedua, setiap peperangan selalu bermuara pada perebutan sumber daya alam.

“Amerika Serikat masuk ke Irak katanya untuk membawa demokrasi tapi kenapa dia tidak mikir masuk ke Zimbabwe yang tidak demokratis, itu karena Zimbabwe tidak ada minyak. Saya pelajari perang, saya dapat pencerahan bahwa pertahanan tidak bisa tanpa ekonomi dan ternyata benar,” ujar Prabowo.

Berbicara tentang perekonomian nasional sebagai landasan pertahanan bangsa, Prabowo menyampaikan bahwa filosofi ekonomi yang dianut bangsa Indonesia selama ini bertentangan dengan Pancasila.

Dia mempertanyakan sekaligus sedih, mengapa ahli ekonomi dan para guru besar tidak mau mengungkap hal tersebut.

“Tapi Alhamdulillah setelah sekian belas tahun akhirnya saya dipanggil tokoh-tokoh FE UI, dan mereka mengakui apa yang saya sampaikan benar. Bahwa ekonomi neoliberal sebuah sistem yang salah,” ujarnya.

Menurut Prabowo, ekonomi neoliberal salah satunya membicarakan indeks saham. Namun jika dilihat pemilik saham di Indonesia hanya lah segelintir orang saja.

Selain itu, kata dia, indeks saham bisa diatur sedemikian rupa.

“Saham bisa digoreng. Menipu orang-orang kecil,” ujar Prabowo.

Prabowo menekankan dirinya telah mengeluarkan sebuah buku berisi hasil rangkuman pidatonya belasan tahun terakhir, dan rangkuman buku-bukunya terdahulu.

Dalam buku baru ini dirinya ingin mencoba mengemukakan fakta tentang persoalan perekonomian nasional.

“Dalam buku ini semua angka-angka dan data saya pakai, ada angka dari Republik Indonesia, PBB, dan Bank Dunia. Waktu saya bicara itu, saya dikucilkan, dibilang orang gila, dibilang tidak ngerti ekonomi,” jelasnya.

Namun intinya, kata dia, ada fenomena kejanggalan di mana Indonesia sebagai negara keenam terkaya di dunia dari segi sumber daya alam, namun masyarakatnya miskin. Dia menemukan fakta bahwa kekayaan Indonesia tidak tinggal di Indonesia sejak ratusan tahun.

Dia mencontohkan Indonesia memiliki bauksit sebagai bahan baku alumina pembuat alumunium untuk keperluan pembuatan kendaraan bermotor hingga pesawat. Namun Indonesia tidak punya kendaraan buatan lokal.

Artinya, Indonesia menjual bahan mentah secara murah ke bangsa lain untuk keperluan pembuatan kendaraan, lalu kendaraan itu dijual ke Indonesia.

“Artinya bangsa Indonesia mensubsidi bangsa-bangsa lain.

Selama 70 tahun merdeka harus diakui kita bangsa yang tidak pandai, atau bisa dibilang kurang pintar, saya takut bicara lebih jujur dari itu,” kata dia.

Lebih jauh Prabowo mengatakan dalam dunia kedokteran, jika ada seseorang menderita sakit maka seorang dokter akan melakukan diagnosa.

Namun dalam konteks negara Indonesia, Prabowo menyesalkan elite politik Tanah Air tidak mengerti bangsanya sedang sakit.

“Saya sudah angkat tangan dengan elite politik kita. Saya selama ini banyak turun ke bawah menemui kepala-kepala desa, petani-petani. Mereka susah,” jelasnya.

Prabowo mengemukakan pada Maret 2016 Bank Dunia mengeluarkan data semakin melebarnya ketimpangan di Indonesia. Dalam kondisi seperti itu, menurutnya, sulit mendapatkan pemimpin bermartabat dan berkeadilan karena semuanya akan diukur dengan uang.

“Makanya saya mohon cendekiawan punya keberanian dan kejujuran hati,” jelasnya.

Antara

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  99 Responses to “Prabowo Ajak Cendikiawan Berani dan Jujur Lihat Persoalan Ekonomi”

  1. Maafkan kali ini aku harus jujur

    • beugh… yang lagi ngeronda…
      pasti minum kopi sambil bersenandung nih
      hehehehe 😛

      • Salut sama pak Prabowo yang memberikan kritik dan masukannya namun tetap dengan bahasa yang santun. Tapi hati-hatilah dengan orang di sekitar yang mungkin saja hanya memanfaatkan anda. Tetaplah seperti biasa Pak, tetap menjadi tokoh yang bisa berteman dengan kubu politik mana pun. Dan tetap memberi masukan kepada penguasa seperti biasanya.
        Kadang ada tokoh yang tak segan-segan mengkritik tapi dengan kalimat yang berlebihan dan ada nuansa ketidaksukaan terhadap pemerintah.
        Wahai para tokoh nasiaonal, siapa pun, berikanlah kritik dan masukan yang konstruktif, proporsional dengan melihat realita yang ada. Janganlah mengkritik tapi tujuannya politis untuk mencela saja.
        Saya katakan begitu karena tak lama lagi 2019, tahun politik. Keadaan di mana seseorang bisa saja terbawa suasana panas politik sehingga pemikiran yang biasanya jernih jadi terkontaminasi.
        Wahai tokoh politik, siapa pun, anda dilihat orang. Komentar anda, bahkan curhatan anda, orang senegara mendengar. Maka jaga kalimat anda. Jangan sampai omongan anda jadi blunder menggelikan yang akan mencoreng kekaguman orang terhadap anda, yang justru bisa menyungsebkan kewibawaan anda.
        Pemerintah sedang berusaha bekerja sebaik mungkin sampai masa bakti selesai. Jika masih ada kekurangan di sana-sini, itulah tempat anda memberi masukan dan saran. Ilmu dan wawasan anda yang dibutuhkan. Bukan keluhan dan celaan yang menjatuhkan.

        • paling dia kalo jd pemimpin gak jauh jauh beraliansi sama mamarika jg..sir yes sir muehehehe jebolan empot bening

          • Empot bening…dekete empot gedubrak yak?

          • fort benning????…pepo jebolan situ juga.11-12 lah.seharusnya dirubah total,mulai dari sekarang semua perwira2 terbaik TNI harus meraih gelar masternya di rusia atau Bundeswehr University Munich.

          • @tempakul
            Bagaimana kalo dipencar saja. Nggak hanya di USA. Tapi ada juga yang belajar di Jerman, Rusia, Prancis, bahkan Korut.

          • ane sich stuju saja dengan saran ente.bung@patih….tapi smuanya berpulang lagi kepada pengambil kebijakan di tubuh institusi TNI.jerman & rusia ane rasa nggak usah lgi diragukan kwalitas para perwira militer mereka.mulai dari skarang sebaiknya para jajaran pimpinan TNI jangan terlalu pro barat.saran rakyat papan bawah.

          • setuju buat tempakul & patih praduga

            tp saya bingung jg kalo jebolan USA psti di kait-kaitkan neoliberal (makanya lucu jg sama beliau yg ada di artikel), lalu kalo di rusia kasihan jg nanti di kait kaitkan komunis(biasa sentimen para pentol korek) kalo jerman nanti di kait kaitkan fasis mueheheh mumet toh

            kalo perancis gimana??

          • Doi lupa tuh… Indonesia jadi cuma jualan bahan2 mentah kan ulahnya mertuanya tuh. Anti-kapitalis? prett… Bokapnya si prabowo (prof. Sumitro) ini kan pengkhianat negara, yang nantinya jadi salah satu penasehat ekonomi era Orde baru. Untung aja kemaren yg menang pemilu pak Jokowi. kalo yg menang Prabowo, udah habis buat arisan ini negara.

        • “Saya sudah angkat tangan dengan elite politik kita. Saya selama ini banyak turun ke bawah menemui kepala-kepala desa, petani-petani. Mereka susah,” jelasnya.

          Setahu saya kepala desa – kepala desa saat ini banyak yang senang karena mendapat banyak gelontoran dana desa dari pemerintah pusat…Kira2 kepala desa mana ya yang sedang susah pak?? Dana desa untuk satu desa rata2 mendapat 800 juta rupiah, itu diluar dana transfer dari daerah berupa ADD dan bantuan provinsi,bansos… Ternyata saat ini justru banyak kepala desa yg dilaporkan ke aparat hukum karena meyelewengkan dana desa. Apakah karena banyak yang dilaporkan ke aparat hukum makanya p prabowo bilang banyak kades yang susah???

        • Betul harus pintar mengkritik,jgn cuma pengkritik pemerintah di bawa ke pos polisi.. itu namanya anti kritik or otoriter… media byk bungkam utang nambah segunung di bilang kemajuan.. takut di bredel ya mas.. xixixi ..

          • thopeng dewa @ lihat di tv demo teriak2 turunkan jokowi dan menghina dinanya, apa itu kritik,jadi orang jgn munafiklah. belajar jujur.

      • Pak Prabowo jujurlah berapa sih nilai saham anda yang ada di dalam dan diluar negeri?? Apakah itu didapat dengan cara yang benar atau seperti yang anda katakan diatas?? P Prabowo jujurla berapa banyak harta milik rakyat indonesia yang dikorupsi oleh keluarga cendana dan sampai detik ini tidak ada yang berani mengusik bahkan KPK…. Pertanyaannya apakah waktu orba berkuasa keluarga cendana tidak pernah melakukan KKN makanya sampai saat ini ga ada hartanya yang dirampas negara, kecuali sebagian kecil harta cendana di dalam negeri yang ada di 4 yayasannya…

    • Jujur ya !

      INTINYA :

      Masih nyinyir BOCOR BOCOR BOCOR !

      Masih nyinyir dgn maksain pendapat kalau negara ini keos ekonominya walau argument2nya hanyalah sebuah pembenaran subjective sepihak belaka .

      Gerakan Terroris dan GPK pun bertujuan sama,
      agar negara ini dianggap keos ekonominya.

      So, apa bedanya ?

      dia pikir dia itu iron man ya, pengen jadi “saviour” gitu?
      hahahaha… Ngaca !

    • Pilihan saya kemaren…cuma kalah untuk saat ini……sabar bos…..

      Besok saya coblos lagi…….

    • apa yg di bicarakan pak prabowo sudah di utarakan terlebih dahulu oleh Jend.Gatot di setiap seminar dll

      • Sejak kapan singapura ketar-ketir ngaca dong tetap bagi mereka kita hanya sampah TIKO ( tikus kotor ) , mana buktinya singapura ketar ketir bagi mereka orang indonesia hanya sebagai tikus got

      • Situ aja ahh yg TIKO.. ??
        kita itu bangsa kuat.. adakah sejarah singapura menjajah asia tenggara?? Kalau kita ada kerajaan majapahit kekuasaannya sepanjang semenanjung malaya

    • lucu jg baca coment coment di artikel detik.crot..

      katanya jangan batasi mahasiswa unttuk berdemo muhehehe lah jelas STAN itu beda ama universitas lainnya

      Univ. Negeri (koe bayar kuli ah pake duit sendiri) sama Univ Negara( koe di bayarin negara) saya setuju dengan kata bu sri dan para alumi stan

  2. Memang ekonomi neo liberal itu tidak dapat diprediksi dan kejam, makanya hal ini sudah terpikirkan oleh Bapak sukarno sang proklamator Indonesia, beliau mengemukakan bahwa Indonesia harus menerapkan ekonomi berbasis budaya sendiri, yaitu ekonomi berbasis tolong menolong, dan saling menghormati , ekonomi berbasis Pancasila tidak seperti ekonomi liberal yang culas dan tidak berkeadilan, sehingga harus ada campur tangan pemerintah mengatur hal pokok dalam kehidupan masyarakat, tidak seperti sekarang ini yang semuanya ditentukan oleh permintaan dan pasar

  3. Pak prawoto

  4. ya ya krna itu su 35 masih Akan.

  5. Betul itu Indonesia harus ada perubahan jangan jadi negara konsumen Mulu..Jadilah negara produsen..Misalnya kendaraan mobil atau sepeda bermotor..Program Esemka harus dihidupkan lagi..HELLOOWW…Biar NKRI mandiri karena NKRI punya segalanya sumber daya alam yg melimpah ..Pejabat jgn mau disogok sama negara produsen seperti Jepun supaya tidak bikin mobil sendiri..Ayolah mumpung masih ada waktu..

  6. “Prabowo mengemukakan pada Maret 2016 Bank Dunia mengeluarkan data semakin melebarnya ketimpangan di Indonesia”.

    Kenapa menggunakan data Maret 2016? Bukankah akan lebih baik bila pakai data terbaru, yaitu data Maret 2017? Hey, ayolah… Katanya harus jujur… Biar kami disini tau, apakah sejak Maret 2016 – Maret 2017 ada perubahan atau tidak.

    Bila ada perubahan positif, berarti nilai plus untuk pemerintah, bila perubahannya ternyata negatif, maka artinya pemerintah lalai.

  7. agoes tanya prabowo siapa yg bertanggung jawab membawa ekonomi kita ke neo liberal secara total ke negara kita, sebenarnya yg jd masalah dgn bangsa kita bukan 100% datang dr luar negara tapi dr kita juga justru yg banyak, kita akui sj itu tdk usah di tutupi, contoh kecil sj kalah pilpres bukan legowo malah membuat kubu dll (tdk akan sy sebutkan di sini) membuat suasana masyarakat menjadi tegang karena ulah2nya.

    • kenapa tidak tanya langsung sama prabowo? klo bung agus yg tanya, sampai kapan pun bung zain tidak akan tahu yang sesungguhnya “jawaban” prabowo seperti apa 😛 hihihihi

      okelah misalnya bung agus memberitahukan jawaban prabowo kepada bung zain, tapi apakah itu 100% sama dengan jawaban prabowo tanpa ada ditambah atau dikurangi oleh bung agus?

  8. Jujurlah juga siapa yg paling lama berkuasa di Indonesia, 30 th, dan saat itu ente ke mana bro?

    • Pada kagak tahu apa?
      Prabowo kan pada masa soeharto sempat di asingkan dan pergi ke daerah asia tengah..
      Alasan yang gua dengar karena pak prabowo ketahuan menginginkan rencana kudeta..
      Pada akhirnya di deportasi dari indonesia setelah era soeharto runtuh baru deh dia kembali lagi ke indonesia

    • hmmm,, lo gk lari munkin dah di bui pda masa itu,, untung daja suasana segera mereda…

  9. “Selama 70 tahun merdeka harus diakui kita bangsa yang tidak pandai, atau bisa dibilang kurang pintar, saya takut bicara lebih jujur dari itu,” kata dia.

    Tepat sekali. Cek aja kapan RI mampu memerdekan diri dari cengkeraman mafia migas, mafia perikanan.

    Bu Susi aja sampai dituduh pki. Yang nuduh? Monggo browsing, saya takut bicara lebih jujur dari itu 🙂

  10. tidak perlu saling menyalahkan siapa yg berkuasa.. karna tidak akan memberi manfaat.. hanya debat kusir yg akhirnya gontok2an

    yg hrs di lakukan perbaiki apa yg kurang dan lanjutkan yg sudah baik.. kedepan nya siapapun yg berkuasa.. lanjutkan yg baik.. perbaiki yg kurang baik..
    jgn cari alasan terus kesalahan masa lalu,, yg ujung2 menyalahkan nenek moyang kita..
    jadikan masalalu pelajaran utk memperbaiki masa depan..

    karena org yg selalu mencari alasan itu kebanyakan org yg tdk mampu…

    atau org yg mencari alasan itu Exis ( grup band malon jaman dlu)

    • top… betul bung

    • ya tp menurut saya lucu kalo ada yg nyanya negara kita masuk kedalam ekonomi neo liberal, lah yg menjerumuskan ini negara dan menikam politik dr belakang sukarno lah piye!!!penak toh jamanku..

    • dulu era pak karno dan sblmnya bagi sy adalah era para pahlawan dan satria sejati tapi sekarang banyak muncul pahlawan2 kesiangan.

  11. Hidup Sukarno, Hidup Soeharto, Hidup Gus Dur, Hidup Megawati, Hidup SBY & Hidup Jokowi

  12. Lebih baik kita lihat ke depan. Arah pemerintahan sekarang sudah mulai bagus kok. Pertumbuhan ekonomi udah mulai ajeg, pembangunan infrastruktur sudah mulai terlihat hasilnya (tanyakan saudara2 kita di luar Jawa), Indeks Pembangunan Manusia Indonesia naik dari kategori sedang ke tinggi (Lihat Tempo.Co kemarin), tertinggi sejak 2015 surplus neraca perdagangan mencapai US$ 3,92 milyar (lihat Tempo.co kemarin), walaupun hutung kita cukup tinggi, tapi tidak tinggi2 amat dibanding dengan negara lain (Sri Mulyani, Tempo.co hari ini). Tapi wajarlah, asalkan tidak dikorup dan dipakai sebesar besarnya untuk kepentingan rakyat. Dan harus diingat bahwa usia pemerintahan ini belum ada 3 tahun

  13. No Comment…

  14. Jokowi tetap butuh asupan gizi yg sehat, yaitu kritik….. kritik yg membangun.

  15. Memang kejujuran pahit…tapi harus dimulai bersikap..akan lebih bagus..lebih baik melakukan kejujuran daripada memalsukan kesempurnaan…yg suatu saat akan jadi bom waktu…jayalah negriku INDONESIA sampai diakhir jaman…..AAMIIN…

  16. udah musim kampanye yah xixixixi

  17. ”Selama 70 tahun merdeka harus diakui kita bangsa yang tidak pandai, atau bisa dibilang kurang pintar”….Astaga ente nyinggung siapa????…nich.

  18. Test

  19. Test

  20. Data pembanding memang benar pada semester 1 dan 2 di tahun 2016, karena pada Q1 (quarter 1) di tahun 2017 belum lengkap, jadi apa yg di katakan pak Prabowo bagian dari motivasi untuk menaikan nilai ekonomi nasional

  21. lebih memprihatinkan mana antara tidak jujur dan membohongi

  22. Indonesia pernah mencatatkan diri sebagai salah 1 dari 3 negara yang mempunyai satelit pada waktu itu 😀

    hidup pak harto

    • iya buat satelit duluan tapi perjalanan kedepan bisnis stelitnya buat apa tdk tahu ,akhirnya ya bisnis satelit kita di salip / di pintas satelitnya negara2 tetangga kita,

  23. Semuanya benar..benar.

  24. Sing komen yo tetep pinter berkomen.

  25. Negara yang menguasai teknologi. Negara yang dapat memperkuat pertahanan, dan ekonomi.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)