Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut Tegakkan Kedaulatan NKRI di Pulau Terluar

Komandan Pasukan Marinir-1, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Lukman, melepas 174 prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut ke Ambalat dan Pulau Terluar. Upacara pelepasan ini dilaksanakan di Lapangan Apel Brigade Infantri-1 Marinir Trian R Suhadi, di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Rabu (21/9).

Seluruh personel Korps Marinir TNI Angkatan Laut ini tergabung dalam Satuan Tugas Marinir Ambalat XXI dan Satuan Tugas Pulau Terluar XIX. Mereka terdiri dari 130 personel Satgasmar Ambalat XXI yang dipimpin Kapten Marinir Patrick dan 44 personel Satuan Tugas Pulau Terluar XIX yang dipimpin Kapten Marinir Khairun Andy Sinaga.

“Untuk kesekian kalinya, jajaran Pasukan Marinir-1 memberangkatkan prajurit-prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut pilihan untuk tugas mulia dan tugas Negara yaitu mempertahankan kedaulatan NKRI,” ujar Brigjen (Mar) Lukman, seperti dilansir antaranews.com pada Kamis (22/9).

Satgasmar Ambalat XXI yang berangkat ke Pulau Sebatik di Kalimantan Timur merupakan bagian dari satuan tugas pengamanan perbatasan yang dikendalikan Gugus Pengamanan Armada Indonesia Kawasan Timur TNI Angkatan Laut untuk mengamankan wilayah Ambalat.

Sementara itu, Satgasmar Pulau Terluar XIX yang berangkat ke wilayah timur Indonesia dikendalikan Kodam IX/Udayana dan Kodam XVII/Cendrawasih untuk mengamankan pulau-pulau strategis yang rawan konflik demi menjaga keutuhan NKRI.

Sumber: antaranews.com

Tinggalkan komentar