Prajurit Mendarat dari Tank Amfibi Menuju Daerah Sasaran di Situbondo

3
47

Surabaya, Jakartagreater.com   –   Puluhan tank Amfibi dari beragam jenis berhasil mendaratkan 1.200 prajurit menuju daerah sasaran musuh di Situbondo jelang matahari terbit.

Selain itu pasukan khusus dari Satuan Komando Pasukan Katak juga telah siap menghadapi musuh, sebagaimana yang diperintahkan oleh Pangkogasgabfib dalam taklimat yang dibacakan dari anjungan KRI Makassar-590. Kegiatan tersebut diatas merupakan skenario dari salah satu sesi Latihan Operasi Amfibi Koarmada II, pada hari Sabtu 18-5-2019 di Banongan, Situbondo.

Tercatat dalam latihan yang dikomando langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S. Sos, M. Si selaku Direktur Latihan ini sekitar 1.200 prajurit Koarmada II dari bermacam unsur terlibat sebagai pelaku.

Sementara itu lima KRI di jajaran Koarmada II, yakni KRI Makassar, KRI Sultan Iskandar Muda, KRI Abdul Halim Perdanakusuma, KRI Teluk Bintuni, dan KRI Teluk Cendrawasih, serta 2 Helikopter jenis Panther dan Bell menjadi Alutsista yang ikut mendukung Latopsfib 2019, yang dihelat dari tanggal 16 hingga 20 Mei 2019 di Banongan, Situbondo Jawa Timur.

Sementara itu Pangkoarmada II selaku Dirlat Latopsfib Koarmada II mengungkapkan, bahwa Latopsfib ini digelar sebagai upaya meningkatkan kemampuan profesionalisme personel, organisasi, dan alutsista dalam operasi Amfibi agar siap menghadapi dan melaksanakan tugas pokok.

Disamping juga untuk menguji profesionalisme prajurit TNI AL khususnya Koarmada II dalam melaksanakan Operasi Amfibi. (Dinas Penerangan Koarmada II)

3 KOMENTAR

    • Bukan tankboat bang itu 2 unit BVP2 (sarana pendarat amfibi) sedang seberangkan 2 unit meriam howitzer 105 mm ke daratan, kalau meriamnya nekat ditembakkan saat masih berenang bisa tenggelam perahu pendaratnya karena hentakan howitzer.