Home » Militer » Prajurit Muda Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir Latihan Operasikan Ranpur

Prajurit Muda Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir Latihan Operasikan Ranpur

JakartaGreater  –  Kemampuan mengendarai dan menguasai manuver alutsista tempur mobile, seperti tank berbagai jenis yang dimiliki Marinir, menjadi sebuah keharusan bagi prajurit Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir.

Kemampuan ini tidak diperoleh dengan begitu saja, melainkan melalui latihan rutin dan disiplin, khususnya terhadap para prajurit yang baru.

Untuk itu, Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir (Yontankfib 1 Mar) melakukan Latihan Perorangan Kesenjataan pada Selasa, 23-2-2021 di  markas Yontankfib 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta, dikutip dari  laman TNI AL .

Latihan Perorangan Kesenjataan ini adalah menaikkan dan menurunkan kendaraan tempur dari Opleger  (Kendaraan untuk mengangkut Tank).

Latihan kali ini dikhususkan bagi prajurit-prajurit muda, agar mengetahui dan lebih profesional serta terampil dalam mengoperasikan kendaraan tempur (Ranpur) yang diawakinya.

blank

Prajurit Muda Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir Latihan Operasikan Ranpur. (@Marinir)

Latihan ini juga untuk memperkuat kerja sama antara pengemudi Ranpur dan Komandan Kendaraan (Danran). Latihan ini dipimpin oleh Kapten Marinir Joko Utomo yang menjabat sebagai Komandan Kompi C dan Pjs.Pasiops Yontankfib 1 Marinir, dengan melibatkan 1 Unit Tank BMP 3F dan 1 Unit Tank PT 76 M.

Instruktur Serda Marinir Agus Suwarno menekankan kepada seluruh prajurit yang terlibat agar kengingat kembali teori dan teknik mengemudi yang telah diajarkan, yang kemudian dipraktekkan dengan fokus dan sungguh-sungguh.

blank

Prajurit Muda Batalyon Tank Amfibi 1 Marinir Latihan Operasikan Ranpur. (@Marinir)

Kapten Marinir Joko Utomo menekankan kepada seluruh prajurit agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan baik personel maupun material, serta mematuhi protokol kesehatan.

Batalyon Tank Amfibi 1/Marinir atau Yontankfib 1/Mar adalah salah satu kekuatan inti di jajaran Resimen Kavaleri 1/Marinir, Pasukan Marinir 1.

Pasukan ini memiliki fungsi dan peran sebagai pasukan pendarat amfibi dalam rangka proyeksi kekuatan pasukan pendarat dari laut ke darat dalam operasi Amfibi.

Yontankfib diperkuat dengan Alutsista: Tank PT-76, PT-76 (M), AMX-10 PAC 90, BRDM-1, Panser BTR-80A, dan BMP-3F.

Tinggalkan Balasan