Prajurit TNI Ditembak Gerombolan Bersenjata di Papua

Papua – Seorang Prajurit TNI yang diperbantukan di Kodim Persiapan Intan Jaya, Praka Hendra Sipayung, ditembak gerombolan Bersenjata, pada Jumat, 12-2-2021, pukul 15.15 WIT di Kampung Mampa, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua.

Kejadian bermula saat prajurit berkunjung ke sebuah kios milik dan berbincang-bincang dengan seorang warga sipil dan Prada Irjen sesama prajurit TNI.

Tak lama kemudian, datang 4 orang tak dikenal menggunakan 2 motor dan pura-pura belanja di warung.

Salah seorang dari 4 orang itu mengeluarkan senjata dan langsung menembak kearah Praka Hendra Sipayung.

Setelah kejadian, pelaku langsung melarikan diri dengan arah berpencar.

Prada Irjen yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian langsung meminta pertolongan dan menghubungi tim medis dari Yonif 400/BR.

Mereka kemudian mengevakuasi korban ke Puskesmas terdekat dengan menggunakan kendaraan dinas Wakil Bupati Intan Jaya.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono saat dihubungi melalui telepon membenarkan terkait kejadian penembakan terhadap prajurit TNI tersebut.

“Memang benar korban ditembak di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat sekitar pukul 15.15 WIT,” ungkapnya, dikutip Puspen TNI.

Sementara itu, Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa melalui sambungan telepon juga membenarkan kejadian itu.

Dia menduga pelaku adalah KKSB dari kelompok Undius Kogoya yang akhir-akhir ini aktif melakukan aksi teror di Intan Jaya.

“Atas koordinasi dengan pihak Polri, kita lakukan pendalaman motifnya dan sedang dilakukan pengejaran terhadap pelaku,” ujarnya.

Saat ini prajurit yang menjadi korban masih dalam keadaan sadar.

Korban segera dievakuasi ke Timika menunggu kondisi cuaca yang kondusif untuk penerbangan.