Jun 092018
 

Ilustrasi: Griffon VBMR. (photo: Alexandre ZEIGER via commons.wikipedia.org)

Versailles – Jakartagreater.com – Prancis menggandakan pesanannya untuk kendaraan pengintai Light VBMR, yang merupakan elemen kunci dalam program modernisasi Scorpion Angkatan Darat Prancis dengan nilai 10 miliar Euro (US $ 12 miliar), dirilis situs Defensenews.com, 9-6-2018.

Tambahan 420 unit Light VBMR akan dipesan, sehingga total menjadi 978, menurut Erwan, direktur program modernisasi Scorpion di kantor pengadaan Direction Générale de l’Armement. Erwan, yang nama belakangnya tidak digunakan untuk alasan keamanan, berbicara kepada pers 16 Mei 2018.

Pengiriman pertama Light VBMR akan dirilis pada tahun 2022, dengan 489 dikirimkan pada 2025. Selain 489 yang diperlengkapi secara lengkap, akan ada lebih dari 200 unit yang dipesan, dengan unit-unit tambahan yang lebih ringan, sesuai dengan annex rancangan undang-undang anggaran militer multiyear untuk tahun 2019-2025.

Itu meningkatkan jumlah Light VBMR menjadi 689 yang dikirimkan pada tahun 2025. Setelah tahun 2025 dan keluar ke 2032, akan ada 978 lebih lanjut yang dipesan untuk Scorpion, dan 1.060 dipesan di luar program, dengan total 2.038 untuk periode itu.

Pengiriman pertama dari versi lapis baja pembawa personel ringan VBMR akan dirilis pada tahun 2021, model pengintaian pada 2022 dan varian komunikasi pada tahun 2023. Berbagai macam misi akan dibahas, karena akan ada 16 versi kendaraan, dengan 10 APC, dua untuk pengintaian dan 4 untuk komunikasi.

Nexter akan mendesain, membangun dan melayani kendaraan, sementara Texelis akan memasok sasis dan driveline. Pabrik Nexter di Roanne, Prancis Tengah, akan membangun Light VBMR, menambah beban kerja yang dihasilkan oleh pesanan untuk operator pasukan Griffon dan kendaraan tempur dan pengintai Jaguar.

The Light VBMR berat 15-17 ton, dapat mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dan memiliki jangkauan 600 kilometer. Bobot itu sebanding dengan persyaratan awal Angkatan Darat Prancis untuk kendaraan seberat 10 ton, sebelum industri menyebutnya tidak realistis.

Salah satu kendaraan dapat diterbangkan dengan C-130, sementara 2 bisa dimuat ke pesawat angkut A400M. Mengenai yang terakhir, kendaraan dapat sepenuhnya diperlengkapi untuk pertempuran dan masih bisa diangkut.

Kendaraan ini dipersenjatai dengan senapan mesin 7.62 mm yang dikontrol jarak jauh, Minigun di belakang dan perlindungan diri dengan dispenser asap Galix. Kendaraan itu dapat membawa 10 orang – 8 pasukan, seorang pengemudi dan seorang penembak. Perancis juga akan memesan upgrade untuk 200 Tank Tempur utama Leclerc, dengan pengiriman pertama dari tank modern pada tahun 2021, kata Erwan.

Sensor dan sistem manajemen pertempuran SICS Bull, atau Sistem Komunikasi Informasi Scorpion, akan membawa tank ke dalam konsep pertempuran kolaboratif yang disebut Scorpion, yang berusaha untuk meningkatkan kerja tim di lapangan dan dengan komandan di tingkat Resimen.

Pesanan untuk pembawa pasukan multiguna Griffon akan ditingkatkan menjadi “target” dari 1.872, naik 150 unit dari total sebelumnya, kata Erwan. Pengiriman pertama dilakukan pada akhir tahun, dengan sertifikasi pada kuartal kedua tahun 2019. Sekitar 936 unit jatuh tempo pada tahun 2025.

Kontrak untuk peningkatan pesanan diharapkan akan ditandatangani akhir tahun ini setelah Parlemen Perancis secara resmi mengadopsi rancangan undang-undang anggaran militer, yang diharapkan pada bulan Juli 2018.

Dorongan dalam pesanan mengikuti seruan Angkatan Darat untuk pengenalan cepat dari kendaraan lapis baja baru, untuk menggantikan armada pembawa VAB yang semakin tua. Ada 2,700-kuat armada VAB, yang berusia sekitar 40 tahun.

Bagikan:

  40 Responses to “Prancis Berencana Gandakan Pesanan Kendaraan Militer”

  1.  

    kesan pertama melihat nya sangat futuristik…

  2.  

    Hanya Bisa diam lihat rencana tersebut.

  3.  

    Layak jd acuan untuk PT.PINDAD, cuma kapan bs membuat BUMN khusus permesinan? Negara2 mapan jg memulai dr nol sampe menjadi jaya sekarang, klu alasannya gak ekonomis kapan bs dimulai dan apa hrs segalanya bergantung import?

  4.  

    prancis klu buat alutsista mesti gagah.

  5.  

    Opini – Ada dua berita
    kontradiktif dalam sepekan
    terakhir ini. Pertama, Kepolisian
    Republik Indonesia (Polri)
    meminta tambahan anggaran
    dengan jumlah fantastis, 44
    Triliun Rupiah yang utamanya
    untuk menangani kasus
    terorisme.
    Yang kedua, pembelian 11
    pesawat Sukhoi Su-35 senilai 15
    Triliun Rupiah terancam
    dibatalkan oleh pihak Rusia.
    Karena uang muka yang belum
    disetor dan komoditas barter
    yang masih juga belum
    diajukan oleh pihak Indonesia.
    Saat ini terorisme memang
    ancaman bagi negara kita.
    Namun dengan sinergitas
    antara TNI-Polri untuk
    memberantasnya, harusnya
    anggaranya bisa dihemat.
    Polri tidak perlu memperbanyak
    sel satgas densus 88 ke daerah-
    daerah, seperti itu alasan yang
    dikemukan saat mengajukan
    penambahan dana.
    Namun melakukan sinergitas
    dengan TNI di daerah yang
    belum memiliki satgas densus
    88. Wilayah kerja anti terorisme
    yang digawangi pasukan TNI,
    maka anggaranya diambilkan
    dari TNI juga.
    Dengan demikian, anggaran 44
    Triliun Rupiah atau
    separuhnya, bisa untuk
    membeli pesawat Sukhoi Su-35.

    •  

      hadeh Batal deh SU-35 bgmana perasaan jamaah rusiyah yg kemarin selametan SU-35

      •  

        Jk batal? Apa mungkin f16 v bantar gebang bisa mengimbangi f15 singapura & f35 australia? Mungkin tidak, krna teknologi milik singapura & australia msh lbh canggih ketimbang f16 indonesia yg mau diupgrade ke f16 v.

        jk pun itu f16 diupgrade ke f16 v & ditambahi lg? Ini mungkin hanya mnjaga tetangga & supaya expor indonesia tetap laku, klu lah hanya itu alasannya? bagusnya dibaiki saja itu tetangga, ngapain mmbeli pesawat atau diupgrade

        Hahhaahaaaa

      •  

        Dengan demikian ariev w, baiknya loe baiki loe punya tetangga, supaya loe punya wilayah tdk diklaim lg oleh beruk kampret atau kutu kupret

        Hahhaahaaaa

    •  

      Ha ha ha parah bget dompet indo..

      Batal bagus tu su35..
      Kl menurut saya indo beli viper aja dech. Ha hu ha

      Negri kocak dilawan

      Ha ha ha

    •  

      Dulu siapa pejabat kalian yg bilang
      Karena alutsista lemah akhirnya spadanligitan lepas

      Ha ha ha

      Gak ada hubunganya beli alutsista dg pencaplokan wil oleh tetangga tp kl oleh negara power ya beda lg..
      Indo mo py 500 su35 kl usa dan china ingin caplok yg tetap aja di caplok..
      Lalu kl indo beli su35 negara tetangga keder gtu ya.. Kagak jg..
      Ya nyenengin fanboys aja tu..

      Ha ha ha

      •  

        Yg jelas chipeng sipit pasti keder donk. Nyalinya cuma sebatas bakpao basi yg lembek…..wekwekweekkk

        •  

          Saya bisa rasakan anda memiliki kapasitas utk mendebat saya..

          Tp anda tidak melakukannya..
          Knp..
          Saya rasa anda keder berdebat saya..

          Saya tau anda akan menjawabnya dg bakpao tiaw dll..

          Gak pa pa saya suka itu smua
          Itu…

          Ip lu dah masuk dr krmrin2

          Ha ha ha

          •  

            Keder.? Ape loe kate…wekwekweekk

            Ora mutu komen mu peng…cipheng. jd nda perlu didebat, langsung di skak mat aja…wekwekweekk

            Masukin aja IP gue klo emang ente ngefans sama ane….wekwekweekkk

        •  

          Jika keder ga mungkin lawan 40 negara dibeh usa di perang Korea mereka berani,perang India,Vietnam,dengan perbatasan Rusia,Paracel

          •  

            Tp semua berakhir dng kekalahan chipeng kan.?…hehe
            Perang korea, mereka cuma berani support itupun korut diambang kekalahan, dng vietnam tentara chipeng mundur kocar kacir.Dng mongol apalagi….wekwekweekk

        •  

          Dgn Korea draw di pnumjom perjanjian gencatan senjata gimana ga ikut campur 500 RB tentaranya mampus kok ga ikut,Vietnam ? Di Paracel di pukul mundur tentara Vietnam sampai sekrg dikuasai China Paracel,kocar kacir? Tinggal 60 km lagi Hanoi tong,dgn Rusia diperbatasan ga kalah,dgn India menang besar 1 divisi tentara India nyerah, divietnam ditarik mundur mang tujuannya kasih pelajaran doang kok kocar kacir,hihi ente aneh mas

          •  

            Dah dket di sungai Yalu jika China ga turun tangan Kim il sung berakhir rezimnya,sampai anak Mao ikut terjun dan meninggal kok disebut keder,itu fakta sejarah bukan membela membabi buta aku yg kebenaran ga sama sekali fanatik

          •  

            Dah dket di sungai Yalu jika China ga turun tangan Kim il sung berakhir rezimnya,sampai anak Mao ikut terjun dan meninggal kok disebut keder,itu fakta sejarah bukan membela membabi buta aku yg kebenaran ga sama sekali fanatik

          •  

            bagai mana dgn manchuria, kok bisa diserahkan rusia kechina sbgi pengurusnya?

            hahhaahaaaa

          •  

            hermanto tiba² absen, mungkin lg mmberikan pertanyaan ke aming lee, mengapa masih dirahasiakan nya pria trsebut

            hahhaahaaaa

          •  

            Ente yg aneh, yg ente baca versi chipeng kan.?….wekwekweeekk

          •  

            kok aneh dek, yg abang bilang betul loe, klu tdk percaya tanya saja pd aming lee, mengapa pria trsebut masih dirahasiakan aming lee

            hahhaahaaaa

          •  

            Ruskie ini mengidap sindrome gak mau maju akut..

            Kl di china korea jepang org spti ruskie di akan di buatkan patungnya sbg pengingat warga yg lain tdk spti si ruskie ini…

            Ha ha ha

          •  

            Aneh mas ruskie yg gue omongin berdasar fakta jika kalah ga mungkin rezim Korut msh bercokol dan buat zone perbatasan pnomjom ckckck

          •  

            jadi mengapa manchuria diserahkan russia ke tiongkok sebagai pengurusnya

            hahhaahaaaa

      •  

        kalau indonesia punya 500 su 35? mungkin tetangga brsama kutu kupretnya mikir utk brbuat macam2 ke indonesia atau mereka bernasib sama sperti perang vienam & perang korea.

        karna indonesia mmbeli dr amerika yg tdk mungkin bisa macam2 dgn kutu kupret amerika di asean, itulah geo politik yg tdk disadari indonesia, karna indonesia merasa amerika & kutu kupretnya mendukung indonesia dgn kekayaan mineral bumi yg melimpah dr negara asia lainnya, faktanya tdk demikian, karna indonesia hanya dimamfaatin saja

        hahhahaaaa

  6.  

    Kalo cmn f 16 ya cmn bs utk intercept pesawat angkut sama doraemon yg lagi wara wiri pake baling2 bambu.

  7.  

    Lah elu ngapa malah ngajak silaturahmi ke tetangga sebelum lebaran, nanti kalo bini tetangga kecantol gmn?, trus selingkuh sm pria rahasia yg msh elu rahasiakan.

    ngoahahahah ngoahahahah… uhhukkkh…

  8.  

    Chauvinisme itu harusnya thdp bangsa atau negara sendiri, lah ini depazito chauvinisme nya ke negara orang, bisa2 semua penghuni taman makam pahlawan ente bangkit dr kubur gara2 ente, itu sih kalo negara ente pny taman makam pahlawan. Krn biasanya Taman Makam Pahlawan itu adanya cmn di Negara yg sdh Merdeka. ngoahahahah ngoahahahah haaatchiieeww….

    •  

      Saya ada darah indo saya pernh sekolah di indo usaha saya ada di indo saya tertarik kekocakan indo..

      Yg buat saya sedih saya kasihan dg rakyat indo
      Karena dg potensi yg luar biasa harusnya indo plg tidak makmur lah andai di militer tdk bisa sukses spti india dan cina…

      Liat ekonomi kalian siapa kuasai pdhl mereka tggl dg lingkungan yg pnh tekanan dan ketidakpastian tp bisa berjaya..

      Kocak bukan..

      Ha ha ha

  9.  

    Ya memang itulah dilema negara Non Blok krn msh menganut politik bebas aktif yg menjadikan kurang produktif.

  10.  

    Tp jgn disamakan jg dgn negara2 tetangga yg sdh mebentuka aliansi sejak lama
    krn Sejumlah Negara tetangga Indonesia yg memiliki potensi mjd rival (krn fakltor kedekatan geografis) telah secara nyata membangun aliansi. Adalah Malaysia, singapura, Australia, inggris, dan selandia baru bergabung dlm Five Powers Defense Arrangement (FPDA) sejak thn 1971.

    pada mulanya FPDA hanya bersifat forum komunikasi pertahanan yg tdk menantang (non threatening). Namun saat ini FPDA telah berevolusi mjd aliansi tdk kentara (obstrusive alliance) yg sangat mapan, yg memiliki struktur organisasi yg jelas, berkemampuan operasi gabungan yg trs dilatih dan bahkan bermarkas tetap di Butterworth, Penang, Malaysia yg selalu dipimpin perwira tinggi Australia berpangkat dua.

 Leave a Reply