Mar 272018
 

Dubes Perancis untuk Indonesia Yang Mulia Mr. Jean-Charles Berthonnet menyampaikan akan meningkatkan kerjasama dalam bidang pengadaan alat pertahanan dan transfer of technology antara Perancis dengan Indonesia di masa yang akan datang.

Jakarta, Jakartagreater.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Prancis untuk Indonesia Yang Mulia Mr. Jean-Charles Berthonnet didampingi Athan Prancis Commander Gael Lacroix pada Senin 26 Maret 2018 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

Dalam kunjungan ini Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan Keprihatinan terhadap serangan teroris yang terjadi di Prancis minggu lalu dan menyampaikan turut belasungkawa atas meninggalnya salah satu Perwira Angkatan Bersenjata Prancis pada serangan tersebut.

Pada kesempatan ini Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan teroris adalah musuh bersama yang harus ditangani. “Kedua negara harus saling bekerja sama dan bertukar informasi guna menghindari peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan pada masa akan datang”, kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Lebih Lanjut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Indonesia-Prancis khususnya di bidang pendidikan, latihan bersama, peralatan pertahanan dan teknologi.

“Saat ini Perwira TNI lulusan dari pendidikan setingkat Sekolah Komando (Sesko) Angkatan di Prancis banyak yang sudah menempati jabatan Perwira Tinggi di lingkungan TNI”, ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto .

Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi Angkatan Bersenjata Prancis dalam bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada Indonesia pada saat terjadi bencana tsunami beberapa tahun yang lalu di Aceh.

Dalam pertemuan ini Dubes Perancis Yang Mulia Mr. Jean-Charles Berthonnet mengucapkan selamat atas diangkatnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Pada pembicaraan itu Dubes Prancis menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa yang disampaikan oleh Panglima TNI dan menyatakan sependapat bahwa teroris adalah sebuah ancaman bersama.

Selanjutnya dalam tindakan penanggulangan terorisme diperlukan kerjasama dan pertukaran informasi secara berkelanjutan. Yang Mulia Mr. Jean-Charles Berthonnet juga menyampaikan akan meningkatkan kerjasama dalam bidang pengadaan alat pertahanan dan transfer of technology (ToT) antara Perancis dengan Indonesia di masa yang akan datang.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP., Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono,S.I.P., Kapuspen TNI Mayjen TNI M.S. Fadhilah, Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han) dan Wakabais TNI Brigjen TNI Andjar Wiratma. (Puspen TNI).