Nov 282018
 

Prancis menyerahkan 10 unit kendaraan anti-tank VAB Mephisto untuk Angkatan Bersenjata Lebanon © Kedubes Prancis untuk Lebanon

JakartaGreater.com – Dalam kerangka kerja lanjutan rencana kerjasama yang diperkuat antara tentara Prancis dan Lebanon, pengiriman peralatan militer baru dilakukan pada hari Selasa, 27 November 2018 di pelabuhan Beirut.

Dilansir dari situs Kedutaan Besar Prancis untuk Lebanon, 10 unit Véhicules de l’Avant Blindé (VAB), 96 unit rudal anti-tank jarak jauh HOT dan dua sistem simulasi tembak dikirim ke Angkatan Bersenjata Lebanon untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan dalam perang melawan terorisme bersenjata.

Prancis serahkan 96 sistem rudal anti-tank HOT untuk Angkatan Darat Lebanon © Kedubes Prancis untuk Lebanon

Dengan pengiriman VAB baru ini, Angkatan Bersenjata Lebanon telah memiliki total 25 unit kendaraan lapis baja anti-tank sejak 2017. VAB yang disertai dengan amunisi dan suku cadang dapat menembakkan rudal anti-tank dari jarak 4.000 meter (4 km), baik siang dan malam hari.

VAB baru akan digunakan terutama ketika dilaksanakannya pemeliharaan kendaraan pertama yang sudah dikirimkan. Lebanon akan segera menerima 10 unit VAB lainnya, menurut Kedubes Prancis untuk Lebanon.

Prancis serahkan 10 unit kendaraan anti-tank VAB Mephisto untuk Angkatan Bersenjata Lebanon © Kedubes Prancis untuk Lebanon

Militer Lebanon sepenuhnya menguasai penggunaan dan pemeliharaan peluncur rudal ini, berkat program pelatihan komprehensif yang dilakukan di Lebanon dan Prancis pada tahun 2017 dan 2018. Mereka juga telah menunjukkan kekuatan dan keandalan selama bertahun-tahun dalam pelaksanaan kontra-terorisme.

Prancis telah memberikan kontribusi sebesar € 45 juta melalui sumbangan di tahun 2017 dan 2018 untuk memperkuat kemampuan tentara Lebanon, termasuk sistem peluncuran rudal, 34 anjing pelacak bahan peledak dan program pelatihan tingkat tinggi.

Total kontribusi Prancis untuk keamanan Lebanon adalah setengah miliar dolar selama lima tahun terakhir. Tingkat kerjasama tersebut menunjukkan komitmen Prancis untuk memperkuat Angkatan Bersenjata Lebanon, pilar Negara, penjamin kemerdekaan dan kedaulatan Lebanon.

Bagikan:

  3 Responses to “Prancis Serahkan 10 VAB Mephisto Untuk Lebanon”

  1.  

    Militer Libanon kalah sangar dgn Hizbullah.

  2.  

    Tidak bisa Beli Alutsista tanpa seijin USA and Israel..

  3.  

    Kalau kita punya Tank Anti pesawat dan peluru anti tank penghancur tank ATGM Next Generation Light Antitank Weapon (NLAW) buatan perusahaan Swedia bekerja sama dengan Inggris, SAAB Bofors Dynamics kalau gak salah…….

    Sedang kendaraan anti-tank VAB Tni belum punya apa gak butuh gitu ya

 Leave a Reply