Prancis Serahkan 5 Rafale Batch Kedua ke India

Jakartagreater.com – Prancis telah menyerahkan gelombang kedua jet tempur Rafale ke India. Kelima pesawat yang termasuk dalam batch ini masih berada di Prancis.

Rafale kemungkinan akan mencapai ke India pada Oktober. Pesawat tersebut akan ditempatkan di pangkalan Angkatan Udara Kalikunda di Benggala Barat, dekat perbatasan timur dengan China. Lima pesawat Rafale gelombang pertama Rafale sudah dilantik ke Angkatan Udara India pada 10 September lalu, lansir Defenceaviationpost.

Duta Besar Prancis untuk India Emmanuel Lenin mengatakan dalam percakapan dengan Economic Times bahwa batch kedua jet tempur Rafale telah diserahkan ke India. Pesawat saat ini berada di Prancis, dan terserah Angkatan Udara India untuk membawanya ke India. Dia memuji pilot Angkatan Udara India dan menggambarkan mereka sangat baik.

Mengingat suhu ekstrim di perbatasan dengan China, India sebelumnya melakukan beberapa modifikasi pada Rafale sesuai dengan keinginannya sendiri. Karena itu pesawat dapat dengan mudah berhenti bahkan dalam suhu rendah. Lebih dari 250 jam uji terbang dan uji tembak 5 pesawat Rafale yang tiba di India pada gelombang pertama telah dilakukan. Pesawat batch pertama ini tegabung di Skuadron 17 Golden Arrow di Ambala.

India menandatangani kesepakatan dengan Prancis untuk pembelian 36 pesawat Rafale. Dari 36 pesawat Rafale, 30 akan menjadi pesawat tempur dan enam akan menjadi pesawat latih. Pesawat latih akan memiliki dua kursi dan akan memiliki hampir semua karakteristik pesawat tempur. Pesawat Rafale adalah pembelian besar pertama jet tempur India dalam 23 tahun setelah pembelian pesawat tempur Sukhoi dari Rusia.

Sharing

Satu pemikiran pada “Prancis Serahkan 5 Rafale Batch Kedua ke India”

Tinggalkan komentar