Prancis Sukses Luncurkan Rudal Nuklir SLBM M51

m51

m51-slbm

Militer Prancis sukses melakukan uji penembakan rudal M51 submarine-launched ballistic missile (SLBM) tanggal 30 September 2015 di tempat uji Biscarrosse, Prancis.

Rudal M51 adalah generasi baru rudal balistik strategis berbasis kapal selam Perancis, yang dirancang untuk mengikuti perubahan ancaman dan pertahanan. Rudal ini memasuki layanan pada akhir 2010. Dari segi bentuk, ukuran dan berat dan bahkan penampakannya, rudal ini berbeda dengan rudal M45 generasi sebelumnya. Rudal ini memiliki hulu ledak banyak dengan massa muatan dan volume yang jauh lebih besar (termasuk hulu ledak dan penetrasi pembantu). Rudal ini juga memiliki jangkauan yang lebih jauh dari M4, yang memungkinkan kapal selam untuk memperluas zona patroli mereka.

Berat total rudal 50 ton (dibandingkan dengan 35 ton untuk rudal M4), masing-masing motor di tiga tahap didukung oleh roket padat dilengkapi dengan flex-bearing nozzle. Struktur tahap pertama dan kedua terbuat dari serat karbon (wound carbon-epoxy fibre). Dan test ini merupakan tes keenam, setelah tes terdahulu tahun 2010.

Kapal selam nuklir Le Terrible Prancis telah dilengkapi dengan rudal M51 sejak akhir 2010. Rudal tersebut juga dipasang di kapal selam generasi baru dari French Strategic Oceanic Force, pada kapal: Vigilant, Triomphant dan Téméraire, setelah di-retrofit. Versi hulu ledak nuklir dari rudal ini telah diinstal ke kapal pada tahun 2015 ini.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar