Mar 212015
 
Jet Tempur Dassault Rafale  (foto: Militaryphotos)

Jet Tempur Dassault Rafale (foto: Militaryphotos)

Dassault Aviation Prancis telah menawarkan Malaysia pinjaman bank 10 tahun untuk mendukung pembelian jet tempur Rafale, ujar kantor berita Malaysia Bernama tanggal 18 Maret.

Mengutip CEO Dassault Eric Tappier, Bernama melaporkan bahwa paket tersebut mirip dengan yang ditawarkan ke Mesir, yang bulan Februari memesan 24 jet tempur Rafale dengan dana EUR5 miliar (USD5.7 miliar).

Tappier, yang berbicara di Pameran LIMA 2015 di Langkawi, mengatakan paket pembayaran yang ditawarkan ke Malaysia memiliki pinjaman 10 tahun yang diberikan oleh bank komersial Prancis yang tidak ditentukan dan dijamin oleh pemerintah Prancis.

Dassault Rafale menawarkan untuk memenuhi program Royal Malaysia Air Force (RMAF itu) yang tertunda untuk pengadaan Pesawat Tempur Multirole (MRCu). (IHS Jane).

Bagikan:

  97 Responses to “Prancis Tawarkan Pinjaman Dana ke Malaysia, untuk Rafale”

  1.  

    absen dulu. slamat pagi all.

  2.  

    Mau bayar pakai apa manti ? Proton…

  3.  

    woww..

  4.  

    Semoga terwujud biar Indonsia cepet2 banyakin penyeimbangnya.
    .

  5.  

    Kasihan banget, sampai2 di tawari pinjaman duit………..pingin ngejreng tapi gak punya duit….katanya negaranya dah kaya, jd selama ini cuma sok kaya aja thoooo…..dasar maling sial…

    •  

      ngk harus gitu juga ngomongnya mas,malaysia beli rafale seharusnya itu kita bersyukur,setidaknya jadi cambuk buat pemerintah kita, agar cepat pengganti F-5 Tiger direalisasikan …

    •  

      Indonesia pinjam pasti mampu bayar ,selama ini tak pernah gagal bayar,SU mkm udah lunas bayar apa belum ??

      •  

        gitu gitu malaysia..biar dijelekin terus ama tetangga namun masih ada jg negara yg mo nawarin modal buat beli pesawat.
        orang bilang itu bisnis strategi ada lain yg bilang mbah perancis gak mo gigit jari karna selain rafael masih ada pesaing lain spt fa 18 e/f,su30/su35,yurotipun dan gripen.

        lagian malaysia udah suksek dgn keterlibatan membangun a400m bersama perancis dan lain2 negara eropa.

        siapa yg pinter baca mainan sulap malaysia bakal memenangi tender mrca tersebut….hahaha

        •  

          We also do not know, next 5 ~ 6 year, what are the type and technology of fighter. Indonesia choose SU35, Singapore F35.. so what next XX35..
          ha..ha..

          But I guess, we may not choose from Russia. Not because Indonesia choose SU35, TNI has SU30 and we also has SU30MKM LE, but we has experience about Russia product. Our MIG going to ‘pensiun’, after 15 years in service, but your F16 still skies which same age with our MIG29

        •  

          Pensiun cepet apa ga itu tergantung maintenance nya Bung Joe…..

          Kalau f 16 kami masih mengangkasa meskipun usianya sama dg usia mig 29 negara bung…itu karena kami bisa merawatnya dg baik…..

          Ga masalah, kan?

        •  

          MIG dirawat dengan baik. Kami juga ada F18, juga F5 tapi kedua ini masih mampu terbang

          Russia also has problem about sparepart, thus India and China who operate the Sukhoi and Mikoyan make sparepart for their fighter. Maybe not much country use shukoi and mikoyon, and Russia not able or not much intention to make sparepart.

          Different than your F16, almost ueropean and Asian operate the F-16, and US can spend lot of many to make sparepart. That why your F16 can get good spare part originaly from US and still skies

        •  

          Wah kalo masalah suku cadang pesawat rusia ketersediaannya itu bergantung banyak faktor Bung Joe…….salah satunya kepercayaan pabrik asal kepada negara pengguna………

          India peswatnya ga murni dr rusia semua…bahkan gado2 dari berbagai negara eropa……jadi ktika ada kendala kerusakan , jelas aja rusia ogah2an memperbaikinya….begitupun juga China, mereka juga banyak copy paste Sukhoi dijadiin pesawat lokal mereka…tp untuk China,kayaknya g sesulit India jika ada keluhan tentang suku cadangnya karena China dirasa lebih bisa dipercya drpada India……

          Nah klo tempat sampean, itu pesawat dipamer pamerin bahkan rela dioprek sm USA n sekutunya yg penasaran banget sm teknologi pesawat Rusia….jelas aja pengadaannya dipersulit…..

    •  

      Lo kenapa harus marah. Bukan malaysia minta ko. Itu tawaran. Sama juga seperti mesir. Ini semua business strategi. Mereka perancis harus berusaha jual seberapa bnyk pembeli peswat mereka krna sblm ni mereka kalah telak dlm persaingan di negara lain. nanti 21 mac 2015 rafale akan ke indonesia buat show smbil masuk dlm calon pengganti f5 tni au.

      •  

        Bukan marah Bro!
        cuma ada komen yang ikut akal lutut, bukan akal kepala. he..he…

        But I like this forum, because still has a positive comment (pro and contra) related to my country and your country even it few only

        Salam Damai

        •  

          i think malaysia belajar dari pengalaman, beli f18 & mig 29, diperkirakan bisa dipakai u/k 10 s/d 15 tahun. ternyata tehnologi berkembang cepat, sekarang peralihan tehnologi antara 4.5 ke generasi 5, and 5.5. cepat sekali. salah memutuskan jadi berantakan. jadi sewa mungkin pilihan terbaik dari yang buruk. sambil menunggu pespur generasi ke 5, (pak 50, f.35, or another). saya masih INDONESIA asli. tidak bela malaysia. tapi sekedar pemikiran saja.

        •  

          Maaf Joe ,saya tak suka kamu pakai nick Joe Riau ,jelas kamu warga Malaysia ,apa pasal kamu guna kata Riau ,apa kamu inginkan riau mau jadi wilayah Malaysia ?Riau asal dari kerajaan Lingga ,bukan wilayah semenanjung,sila jawab ?satu hal lagi kamu cuba mempengaruhi Indonesia beli SU 35 kamu kata ,pesawat sulit dirawat karena sulit dapat spare part ,kamu tau TNI mengatakan sebaliknya mudah merawat pesawat Sukhoi..Buktinya bisa terbang dengan baik tidak pernah terhempas,apa kamu iri/takut Indonesia mampu beli ?

        •  

          Sorry

          Why I put my nick name as Joe-Riau
          Yes, I’m Malaysian.

          Riau actually has long history with Malaysia. In 1500 till 1800, we have Kerajaan Melayu Lama Bugis iaitu Johor-Riau, covered from Johor till Riau Island, and Singapore (dikenali sebagai Temasik). Then when colonial British invaded Peninsular, Kerajaan Johor-Riau telah dipisahkan kepada Johor, Singapore and Riau.

          The Sultanate of Johor (or sometimes Johor-Riau or Johor-Riau-Lingga or more correctly Johor Empire) was founded by Malaccan Sultan Mahmud Shah’s son, Sultan Alauddin Riayat Shah II in 1528.[1] Johor was part of the Malaccan Sultanate before the Portuguese conquered Malacca’s capital in 1511. At its height, the sultanate controlled modern-day Johor, Riau, and territories stretching from the river Klang to the Linggi and Tanjung Tuan, Muar, Batu Pahat, Singapore, Pulau Tinggi and other islands off the east coast of the Malay peninsula, the Karimun islands, the islands of Bintan, Bulang, Lingga and Bungaran, and Bengkalis, Kampar and Siak in Sumatra.[2] During the colonial era, the mainland part was administered by the British, and the insular part by the Dutch. In 1946, the British section became part of the Malayan Union. Two years later, it joined the Federation of Malaya and subsequently, the Federation of Malaysia in 1963. In 1949, the Dutch section became part of Indonesia.

          Bahasa Malaysia diasaskan dari Bahasa Melayu-Riau.

          So, I don’t think ada salah untuk saya guna Riau, because I’m Bugis.

          Peace Bro!

        •  

          Kamu sepertinya bangga punya bahasa berinduk melayu riau,tapi kenapa kamu guna bahasa inggris,? tidak kah lebih bagus pakai bahasa melayu ?Mengenai kerajaan kerajaan melayu memang sering raja rajanya saling mengalahkan,seperti Sultan Abdul jalil pernah mengalahkan sultan Johor th 1718.kemudian jadi sultan Johor dengan gelar Yang dipertuan Besar Johor,Kerajaan jambi juga pernah berkuasa di johor.Tapi itu dulu sekarang yang ada propinsi riau,riau kepulauan milik Indonesia, Tidak ada negara bagian riau di Malaysia?Atau kesultanan Riau.

        •  

          Bro Komerat

          Bukan saya tak bangga dengan bahasa Melayu/Malaysia, tetapi ada beberapa perkataan yang maksudnya atau makna berbeza dalam bahasa Indonesia.

          Saya boleh saja menulis dalam bahasa Melayu/Malaysia.

          Mengikut sajarah, Empayer Johor Lama pernah dijajah oleh Kesultanan Melaka, sebelum ditawan oleh Kerajaan Siak (Jambi-Riau-Sumatra). Kerajaan Melayu ini terpisah akibat dari perjanjian Enggeris-Belanda 1924.

        •  

          Yup ,kerajaan kerajaan Melayu saling kalah mengalahkan,kesultanan Siak Sumatra pernah menawan Johor.begitu sebaliknya. Sebelum Indonesia menyatakan merdeka dari penjajahan ,Kesatuan Melayu Muda semenanjung yang di pimpin Ibrahim Yaakub turunan Bugis,minta agar kemerdekaan Indonesia yang akan di umumkan tgl 24 aug 45 termasuk semenanjung dengan dua pilihan nama Melayu Raya atau Indonesia Raya tapi Jepang terlanjur kalah .Soekarno akhirnya mengumumkan Indonesia merdeka dengan wilayah jajahan belanda.Ibrahim yaakub kecewa dengan Soekarno kemudian berangkat ke Indonesia tapi karena Soekarno sibuk dan keadaan semenanjung lagi kacau Soekarno menunda membicarakan kemerdekaan Semenanjung dengan Yaakub, meminta Yaakub tetap di Indonesia kemudian jadi Anggota parlemen indonesia (DPR) kemudian meninggal tahun1978 di makamkan di Taman Pahlawan ,kalibata Indonesia.Ibrahim Yakub berbeda pandangan dengan Tunku Abdul Rahman.Tunku Abdul Rahman keturunan raja raja sehingga tak mau sistem kerajaan hilang di Malaysia ,disana letak perbedaan kemerdekaan Indonesia dan Malaysia.

        •  

          Alhamdulillah……about your name,i think it’s not a big problem….it’s an honour to know you Bung Joe……i like the way you give your opinion n discussing with u without getting tempered…
          Samb belajar bhs inggris…hehehe…klo ada yg g pas mohon dimaklumi…maklum masih pemula

        •  

          Peace
          NKRI Malay adalah saudara mengapa kita msh saling dendam jangan biarkan kita dibadu domba bangsa lain, enak mereka kita brantem jualan mereka laris uang kita abis beli senjata buat merangi saudara kita 🙁

        •  

          Assaalamualaikum bung joe-riau, tetuko, torirare dll…., salam damai utk anda dan suku melayu di Malaysia…., pada dasarnya Melayu Malaysia, Melayu Philipina dan Melayu Brunei adalah bersaudara dengan Melayu Riau, Jambi, Palembang, Medan dll yang tergabung di dalam Bangsa Nusantara. Jadi kita seharusnya menyamakan persepsi agar bersatu padu dalam lingkup bangsa2 Nusantara seperti sebelum terjadinya Penjajahan oleh Negara2 Barat yang mengkotak- kotak kita agar tidak bersatu dan mudah di lemahkan. Semoga di Malaysia lebih banyak orang seperti kamu yang mau duduk sederajat dengan suku2 di Nusantara yang sekarang adalah Indonesia tercinta ini.

        •  

          Thanks to you all

          It does not to pay to build good relationship. Respect each others, among of us as we respect our brother and sister.

          Salam Damai

    •  

      Saya faham

      Pinjaman oleh mana mana Negara itu normal, even US and Japan pun pinjam dari World Bank.

      Bukan Malaysia atau Indonesia tiada duit atau uang, tapi incertain part, keperluan duit/uang perlu diguna untuk lain lain seperti pendidikan, pembangunan untuk rakyat miskin dan lain.

      Of-cause, kami ada hutang dalam USD130bil 54% dari GDP, but 95% adalah internal debt (hutang dalam negeri), dari Kumpulan Wang Simpanan Pekerja, Bank Bank GLC seperti Maybank, CIMB. Only 5% is external debt.

      Our National Bank Reserve has US130bil, even our PETRONAS generate profit US18bil, but we also consider the priority where to allocate the money.

      Salam Damai

    •  

      Kalo minjam duit buat jalan atu infrastruktur yg lain kan ada benefit investasi. Lha beli pesawat tempur tuh barang yg gak ada untungnya lagi selain merosotnya nilai jual, cuma diuntungin karena fungsinya aja.. Lha jelas gak sama tohh… Koplak.. Koplak..

  6.  

    Smngat

  7.  

    Pertamax

  8.  

    Quote

    Dassault Rafale menawarkan untuk memenuhi program Royal Malaysia Air Force (RMAF itu) yang tertunda untuk pengadaan Pesawat Tempur Multirole (MRCu). (IHS Jane).

    Perihnya…tuh kta2…wkwkwkkw.

    Kualat sma indonesia…
    Biarin aja malingsial nerima…biar…dia nnti ujung2nya sibuk ngurusin lunasin utang kya indo dlu…wkwkw

    Saat rafael nya tuntas…teknologinya ketinggalan…wkwkwk..

    Semoga pengalaman indo dlu tdk terulang

    •  

      gebleg.

      la wong sak durunge pun swedia ora isin2 nawari sewa gripen … tapi dipancal.
      saiki ditawari rafael …. ngilamat kepancal jugak kuwi om..

      ben podo mumet kae juragan pespur….podo nawani tapi dipancal kabeh.
      wkwkwkwkwkkwkwk…….nek dudu malasya kulo yakin banget wes diuntal tawarane….hehe…peace.

  9.  

    entar gagal bayar terus ditarik pihak leasing

  10.  

    Sok kaya padahal miskin… Kasihan
    Itu lah Malonsial

    Tidak bisa brkata apa2 lagi buat si Maling ini

  11.  

    Semoga diambl Pemerintah Malaysia…
    Kenapa harus ketawain mereka dipinjamin dana, kita kan sering sekali, State Credit mungkin bisa menjadi salah satu contoh. Jadilah bangsa yg low profile, tidak perlu mencemoh orang lain.

    Mengurus diri sendiri saja susah, apalagi ngurusin orang lain.. Lebih baik urus dulu diri sendiri,setelah oke baru liat urusan org lain.

    •  

      Se 7 bung diego…….

      Kalo hanya kredit dan kredit beli dan beli tanpa tot buat apa toh….

      Lebih baik banyak bekerja dr pd menggembar gemborkan pembelian tanpa tot.

    •  

      emangnya INDONESIA Tidak Hutang

    •  

      Saya pikir itu reaksi wajar dr tmn2 kita bung Joe mengingat Malaysia sendiri sering bertindak arogan pada kita…..

      Ada asap krn ada api…..ktika Malaysia ada kekurangan sedikit saja pasti akan dicemooh….bukan iri atau apa tetapi semua karena “dendam” yg menumpuk…..

      IMHO…..

    •  

      bung @Jolo sabar sabaar. memang iya sih, kadang pemicu masalah itu seperti sepele, sepele karna ga ajirasa-ajidiri. sya gak tau forum tetangga jadi gak tau persis bagaimana yg diargumenkan. disini jelas nyata bahwa saudara2 kitalah yg terbiasa memulainya, jadi wajar jika ada reaksi dari tetangga.
      buli aja terus, sekalinya ada reaksi, eeeh malah besar tanpa dosa.. 🙁 malu

    •  

      Setuju Bung Jalo.
      Cuma di blog2 disono, mereka bilang Indo ini kere & mereka Tajir, lah kalau beginimah sama aja. Sana sini sama ngutang.

    •  

      Heran , Setiap ada komen dari malaysia selalu banyak di tanggapi dengan sinis.
      membanggakan bangsa sendiri itu baik kesannya nasionalis (padahal belum tentu) tapi menjelekkan bangsa lain juga bukan tindakan terpuji, saling membalas komentar dengan data dan fakta itu baik membuat forum lebih hidup , tapi saya melihatnya kebencian kita membuat kita buta .
      menurut saya loh..

      intinya” kau asik aku juga bisa lebih asik”
      cuman pendapat

  12.  

    SU-35S Indonesia VS Rafale malon, ………., biar Indonesia tambah skuadron SU-34 Full back !!!

  13.  

    apasih yang di ributin ??? sudah sudah malaysia kan tetangga serumpun kita, jadi engga baik kalian menjelek2 an seperti ini …

  14.  

    Prancis lagi krisis, wajar mereka getol cari duit.

  15.  

    …ini murni persaingan bisnis bung.jadi wajar saja menurut saya kalau malaysia tertarik dengan klausul kontrak yg di tawarkan oleh dassault rafale.kita ikut mendoakan saja smoga sukses.tapi ingat janganlah angkuh dan sombong wahai negara malaysia sebab pasti hal tersebut akan menjadi pelecut semangat para petinggi militer negara kita ini untuk menyiapkan antidotnya.hidup dan jayalah NKRI selamanya!!!!!!!!!

  16.  

    Malon tipical negara AKAN …Akan Beli….gagal….Akan Sewa….gagal maning…kualat loe lon

  17.  

    Berhutang lg lon?? Kami mendukung anda pak cik.. Hmmm Berhutang bagai menggali kuburan negara kau lebih dalam lg, padahal 5 – 10 thn lg nih pespur sdh obsolete.. Tinggal anak cucu nya malay yg harus bayar hutang nya gara2 bapak2 nya dulu ingin bergaya tampak gagah di kawasan.

  18.  

    Ternyata eh ternyata… lambatnya ketok gada pemerintah membeli sukro jelas sudah karna melihat situasi pesawat apa yg akan di tongkrongin tetangga biar ga salah pilih ekekekkkk…….

  19.  

    Katanya Malaysia Negara Kaya mo bikin Kapal Perang bingung mikirin duitnya, Mo Beli pesawat tempur bingung duitnya makanya klo gak punya duit gak usah sombong lah ternyata sama saja kok sombongnya gak ketulungan contoh kecil aja sejak suplai ikan laut yg dicuri dihentikan oleh menteri susi saja udah bingung ampe ngutus utusan utk bahas supali ikan kesana

  20.  

    Panglima & Menhan Malaysia Bingung Pilot, Teknisi, Operasional Tempur, Kerugian Lain2. Sukhoi 30 MKM + MIG 29 (pdhl msh bagus). Menhan & Panglima Malaysia Trauma Berat tragedi MH 370

  21.  

    SADARLAH….BANGSA INDONESIA bukan RUMPUN MELAYU tetapi BANGSA NUSANTARA (Indonesia Penerus Janji PALAPA Patih Gajah Mada)

  22.  

    indonesia sama malaysia sudah seperti israel sama palestina aja y..?,saat salah satu d atas,menindih yg d bawah,begitu sebaliknya.. sudah waktunya di putus rantainya biar siklus dendam itu hilang..
    maaf keluar topic ..

    •  

      Kita tidak dendam kok tapi, kapan bisa menguasai mereka menjadi bagian NKRI hehehe

    •  

      Ada satu cara biar tidak sering ribut kita dirikan negara baru Indonesia Raya termasuk Semenanjung,sabah serawak. dengan ibukota di pindah dari Jakarta ke Pontianak di kalimantan Barat atau Palangkaraya di kalimantan tengah.Semenanjung jadi daerah Istimewa seperti Papua. Dijamin tidak bakal ribut lagi mengenai klaim wilayah yang susah selesai sampai sekarang.

      •  

        kalau wacana pindah ibukota ke lain propinsi sih kayaknya bagus itu,biar ibukota ngk jadi sorotan termacet,terbanjir,terpadat & banyak TER lainnya lagi,,
        kalau jadi malaysia jd bagian dari indonesia kayaknya malaysia ngk mau itu,.hahhaha
        mana mungkin selimut tetangga hangati tubuhku,,, ihiihhii

        •  

          Sejarah sudah membuktikan bahwa kita pernah disatukan dua kerajaan besar yaitu Sriwijaya dan Majapahit. Ketika dalam penjajahan dulu hubungan itu terus terbina.Pemuda pemuda Semenjung dan pemuda jajahan belanda mimimpikan sebuah negara besar yaitu Indonesia Raya atau The Great Indonesia. Sayang Mimpi pemuda pemuda semenanjung tidak sama dengan Tun Abdul Rahman yang keturunan sultan kedah.Tun lebih memilih negara persekutuan federasi sehingga kedudukan sultan sultan yang ada di Semenanjung tetap punya kerajaan ,tetap jadi bangsawan dengan harta dan hidup enak sebagai keluarga raja.Tun dengan restu sultan sultan di semenanjung datang ke London ,menghaturkan sembah sujud ,menghinakan diri terhadap ratu Inggris minta diberi kemerdekaan tapi tetap dalam kuasa inggris .Itu terjadi tahun 1955.Perjuangan kemerdekaan penuh dari Inggis yang di usahakan pemuda pemuda Semenanjung gagal karena kalah dengan loby loby keturuna sultan.Beda halnya dengan Soekarno yang memimpikan setiap rakyat punya hak dan kewajiban yang sama dalam negara demokrasi .Singapure keluar dari federasi Malaysia karena Lee kuan yeu mengancam partainya mau ikut pilihan raya.Tun Sekali lagi karena takut kalah bersaing meminta parlemen mengeluarkan Singapure dari federasi.Kemudian baru tahu rakyat Malaysia siap sebenarnya Tun Abdul Rahman,yaitu orang yang cuma mementingkan dirinya sendiri ,kemudian kekuasaannya di kurangi sebagai PM .Jadi hanya karena seorang yang memikirkan diri sendiri negara yang seharusnya satu terpecah jadi tiga .Kenapa tidak kita satukan kembali jadi negara besar.Indonesia punya potensi jadi negara besar nomor 4 atau 5 dunia dalam tempo kurang dari 10 tahun lagi.Sementara Malaysia akan semakin meredup,pekerja murah dari Indonesia bakal hilang sebab upah akan semakin naik dengan majunya perekonomian Indonesia,akan memukul ekonomi Malaysia,bisa jadi terbalik malah buruh asal Malaysia akan membanjiri Indonesia.Bukankan lebih baik ikut negara besar dari pada tetap kecil dan tidak di perhitungkan ??

          •  

            Setelah Tun jadi PM tentu saja dia punya kuasa mempengaruhi kumpulan pemuda Malaysia bahwa pilihannya adalah benar apalagi di sokong kuat Inggris.Banyak pejuang lari ke hutan dituduh komunis,yang di kota ditangkap. Kalau sudah berkuasa apapun bisa dilakukan yang benar jadi salah yang salah bisa jadi benar. Menurut anda salahkan pemuda pemuda semenanjung kala itu walau telah merdeka masih ingin merdeka sepenuhnya .Salahkah sebagian dari mereka minta bantuan Indonesia dalam hal ini. Ingat SUARA RAKYAT ADALAH SUARA TUHAN. Di Malaysia suara satu orang keturunan Sultan mengalahkan suara rakyat.

          •  

            Di malay, suara rakyat melalui pilihanraya, siapa menang, dia peroleh mandat rakyat. Di malay, ketaatan rakyat adalah kepada agama, raja, bangsa dan negara.

          •  

            Arti Merdeka itu bebas tanpa syarat/perjanjian. Sepanjang ada perjanjian itu namanya belum merdeka.Bebas sebebas bebasnya ,sebagaimana .Indonesia dari belanda.

          •  

            Cara bagaimana mendapat kemerdekaan itu biarlah menjadi hak masing2. Yang penting hujungnya masing2 sebebasnya membuat keputusan bagaimana mentadbir negara tanpa kekangan dari pihak mana pun. damai ya 🙂

          •  

            tidak diperhitungkan bagaimana om..?,saya rasa malaysia masih jadi perhitungan kok di asia tenggara..
            kembali ke topik indonesia raya,.sepertinya ini tidak akan pernah terjadi,walau sejarah yg anda ceritakan diatas benar,tp skrg itu bukan acuan lagi,malaysia sudah merasa kokoh,sama seperti kita indonesia ,musdalifa sama nasar pun begitu,sudah merasa adem dgn kehidupannya masing2,jd jalan sendiri2 az,,,wkwkw,, alpard ditarik musdalifa,,ihihihi

  23.  

    Bukankankah kita jg pernah beli alutsista pake pinjaman dari rusia? Kenapa harus dibuly klo memang benar malaysia beli rafale pake pinjaman..? Jangan lihat minjamnya (klo jadi ), tp lihat apa yg dibeli (rafale) dr pinjaman itu.. Klo jadi datang tu rafale, bisakah kita mengimbangi kekuatan airforcenya mereka? Mereka punya sukhoi su-30, f-18 hornet, klo ditambah rafale bisakah kita hadapi?

    •  

      Menurut saya BISA SEKALI mengimbanginya.. Indonesia punya : F-16 : 34 unit, Sukhoi SU-27 skm/30 mk2 : lebih dari 16 unit, dan kalo ditambah Sukhoi Su-35s gimana.? mungkin jumlahnya akan lebih dari 16 unit lagi, dan belum lagi ditambah kelas serang ringan Hawk 109/209 sama TA-50 : 16 unit rencana mau nambah lg jd 24 unit ..wani piro..? Salam NKRI…

  24.  

    Forum indonesia santun dan saling berbagi,kalau pun ada perbedaan pendapat tidak saling ejek….itulah forum indonesia.jadi jangan ditiru cara dari forum tetangga.ga guna.ditanggepin aja jangan.menang besar kepala, jelas2 salah n kalah pura2 tak berdosa.capek dehhhhhh.mending baca jakarta greater aja deh…..lebih bermutu.CMIWWWWWW

  25.  

    @tenggi…. y,harus diakui malaysia punya investasi di perkebunan sawit yg ada di indonesia …
    tp apa benar malaysia bayar hutang Rafale (kalau jadi) dari keuntungan investasi tersebut….?
    datanya mana…?
    kalaupun y.. kejam sekali pemikiran pemerintahan malaysia,sma seprti penjajah belanda dulu ke negara kami…
    saya ngk percaya ini pemikiran pemerintahan malaysia, saya rasa ini hasil pemikiran anda sendiri
    :v

  26.  

    Kedepan kekuatan militer di lautan akan meningkat secara signifikan. Tidak ada tetangga yang meragukan kemampuan amfibius kita. Tapi dengan ada ya modernisasi kekuatan kapal permukaan dan kapal selam dalam 5-10 tahun mendatang, jelas akan merubah strategis kekuatan dan ancaman pada negara tetangga. Dan ini yang sedang mereka pikirkan strateginya. Muncullah NSM dan rafale maeitim strike.

  27.  

    Untuk urusan sewa, kemungkinan kerugian nya…1. Cicilan nya lebih mahal ketimbang cicil untuk beli. 2. Tidak bisa di oprek se enak udel e dewek (Bila punya seorang ahli – manyun). Keuntungan ; 1. Teknologi selalu upgrade sesuai perjanjian. Yang lain bisa nambahin….?

  28.  

    Kebangkitan ekonomi China di mulai dengan membuka seluas luasnya pemananan modal asing.Berbondong bondong syarikat,dan pelabur dari Jepang,eropa,amerika syarikat datang menanamkan modal di China daratan ,lihat sekarang hasilnya ekonomi mereka maju .Jadi tidak ada yang salah bilamana,banyak kapital masuk Indonesia.Lapangan kerja terbuka,pemerintah dapat cukai,tax. Saling menguntungkan . Ayo datang ke Indonesia bawa uang yang banyak.Baru baru ini pengusaha Malaysia datang ke mentri perikanan Indonesia mau buka perusahaan pengalengan ikan.Disambut baik sama mentri ,itu tandanya ekonomi Indonesia berkembang. Yang bahaya itu pengusaha kabur dari Indonesia..

  29.  

    Sila

  30.  

    Astaga beli satu ska aja gak bisa. Trus Gowind gimana ?

  31.  

    haaaaaaaa….malonshit juancoookkkk……..

  32.  

    Wah malay baru mo kredit sedangkan rafale tni udah wara-wiri..barusan lewat 2 ekor terbang lumayan rendah melintas di atas kota bekasi lengkap dgn canard dan sayap deltanya 😀

  33.  

    BACOK LON !!….. ENTE UDAH DILEDEK ABIS2-AN….

    KWAAAAKKK….KWAAAAAKK…KWAAAAKK…KWAAAAKK….KWAAAAKK….KWAAAAAKKK….KWAAAAAKK…..KWAAAAKK…..KWAAAAKK….KWAAAAKK….

 Leave a Reply