Jun 272014
 
Kapal selam Scorpene buatan Prancis

Kapal selam Scorpene buatan Prancis

Paris. Menteri Muda Pertahanan Prancis Kader Arif menilai Indonesia sebagai mitra penting bagi negaranya. Indonesia diharapkan menjadi pintu masuk bagi Prancis untuk menjalin kerja sama pertahanan dengan negara-negara ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Arif saat menerima kunjungan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin di Paris, Kamis (26/6/2014). Sjafrie didampingi Kepala Badan Sarana Pertahanan Laksamana Muda Rachmat Lubis.

Arif mengapresiasi peran yang dilakukan Indonesia baik dalam menjadi perdamaian di kawasan maupun dalam operasi penjaga perdamaian. Seperti halnya Indonesia, Prancis melakukan hal yang sama dengan penempatan pasukan perdamaian di banyak negara.

Untuk membuat peran itu berjalan lebih baik, Tentara Nasional Indonesia perlu dilengkapi dengan alat utama sistem persenjataan yang memadai. Menurut Arif, Prancis siap untuk memenuhi kebutuhan alutsista maupun pengembangan industri pertahanan Indonesia.

“Saya berterima kasih bahwa TNI AD mempercayai untuk menggunakan meriam Caesar 155 mm buat Prancis. Saya mendukung bukan hanya untuk pembelian alutsista, tetapi juga pengembangan industrinya seperti yang akan dilakukan PT Pindad dengan Nexter untuk pengembangan Caesar maupun dengan Roxel untuk industri propelan,” kata menteri muda berdarah Aljazair itu.

Menurut Arif, Prancis akan memberikan dukungan untuk transfer teknologi. Termasuk juga untuk industri kapal selam apabila dibutuhkan Indonesia.

Kapal selam Scorpene buatan Prancis

Kapal selam Scorpene buatan Prancis

Industri kapal selam Prancis bisa dikatakan cukup maju, bersaing dengan kapal selam Jerman, Rusia dan Amerika Serikat. Baru baru ini Brasil juga menandatangani kontrak kerjasama pembuatan kapal selam bertenaga nuklir untuk Angkatan Laut Brasil.

Salah satu kapal selam produk andalan Prancis adalah Sorpene yang memiliki kemampuan, antara lain:

– anti-surface warfare
– anti-submarine warfare
– special operations
– intelligence gathering
– offensive minelaying
– area surveillance and blockade
– land strikes against land-based objectives

(Metrotvnews.com/ Suryo Pratomo)

  133 Responses to “Prancis Tawarkan ToT Kapal Selam”

  1. pertamax

    • GENE HAREE NAWARIN KAPAL SELEM?.. TERLAMBAT MAS KADIR,
      UDAH KEDULUAN KORSEL, EMANG REJEKINYA HIU DAPET CBG + SUT,BUKANNYA SCORPENE + BLACK SHARK… :mrgreen:

  2. pertamax..

  3. Bensin lagi

  4. Banned ip please

  5. ambillll

  6. Ini baru berita bagus.

  7. mantap

  8. Walah bung papa di prancis toh. Ngga jadi deh A129 nya

  9. Ok borong abis KS & Tot

  10. jatahnya bung ps nch..kira2 tot kapal selam yg dksih ap yaa..yg bisa nyelem lama lbih mntap..

  11. Mulai banyak nih yg mau ngasih tot…!!! Sigadis manis mulai banyak yg mendekati..klo bisa ambil az tawaranya..biar cepet bangsa ini pinternya dlm membuat alutsista canggih.

    …NKRI HARGA MATI…!!

    • ya jelas bung IB, mereka nyoba jualan ke negara jaguh aja malah gak bisa ngoperate. boro-boro tetetowet, mau nyilem aja kagak bisa.

      Mangkenye mereka beralih ke sini yang udah pengalaman make KS. udah pengalaman nyegat KS lain he…he….

      • sudah la mahu meniru, buat tuduhan melulu pulak tu, tak boleh menyelam? kasihan anda, kapal selam Indo ada yg boleh lepaskan missile dari bawah permukaan ke permukaan tak? hehehe

        • Anda mau coba jadi targetnya? 😀

        • ada ks malay yng bisa nyelem?

        • profilenya pake nusantara, nampak kali kau punya kekaguman juga keinginan gabung dengan Indonesia yg punya sejarah menggerunkan…kih kih kih

          • Nusantara itu kan alam kepulauan-kepulauan Melayu, dari Hawaii hingga ke Madagascar . bukan Indonesia sahaja bro. jadi apa masalahnya? hehe.

          • ooh betul sekali bahkan lebih luas hingga australia timur dan solomon. itu semua adalah cakupan gabungan pengaruh kerajaan2 Sriwijaya, Majapahit, Bone dan Ternate. mudah2an pengetahuan sejarah anda ini merata ke seluruh rakyat msia hingga menggabungkan diri ke NKRI secara sukarela 🙂

          • Ia, dulu nenek moyang kita penguasa di wilayah-wilayah ini. tapi sayang atas permainan licik penjajah kita sering dilagakan. bergabung untuk mengembalikan zaman kegemilangan kerajaan-kerajaan terdahulu itu bagus niatnya malah mungkin kita mampu menjadi salah 1 kuasa besar dunia, cuma saya lebih selesa dengan sistem Raja berpelembagaan berbanding sistem Republik. apa Indo mau menerima sistem Kesultanan ini? 🙂

    • Tenang saja.. Sistem Khalifah saja yang dipakai gimana? hehehehe

      • itu paling terbaik bro, sy menunggu kemunculan Khalifah Agung Islam.

        • Dari mana anda mengatakan bahwa, nusantara itu bukan hanya indonesia melainkan terdiri dri kepulauan solomon hingga magadaskar,sejarah mengatakan kata nusantara pertama kali diucapkan dan didengungkan oleh mahapatih Gajah Mada pada masa kerajaan Majapahit..

  12. sepertinya bagus tuh, memang benar, NKRI ibarat gadis. cantik, banyak yg mau mendampingi.

  13. Wajib ditindak lanjuti peluang emasnya krn beserta TOT…. Insya Allah tdk akan seperti kd tunku abdul rahman. he he he

  14. Makin byk tawaran makin bagus … tapi memilih yg terbaik yg sulit … perlu lbh diperdalam teknis, kondisi, hrg, ToT, dll yg sesuai dg kebutuhan TNI

  15. lumayan nih, buat melengkapi CBG buatan PAL kelak. kan lumayan teknologi gado2 jerman korea rusia prancis

  16. Francis emang lg jor2n ngsh tot k indonesia…tnggl tnggu tndak lanjut’a.,,jngn2n ntr TOT pespur jg d ksh…

  17. Mantappp … semoga sang Macan bener dateng nya ke Halim PK (khawatir nyasar ke Ragunan … maaf cuma bcanda)

  18. Wuiihhh mantap..tpi syarat utk dpt TOTnya apa ni? hrus beli brp dlu utk dpt TOTnya scropene..klo emang TNI-AL kemudian benar2 mau mengakuisisi scropene Indonesia speknya hrus lebih bagus dri scropene malisia…maju terus TNI

  19. Menurut saya kok ini tawaran basi ya ..
    karena Dari dulu perancis bersedia dan menawarkan TOT kapal selam ke Indonesia ,,tetapi memang kalah dalam tender dan dimenangkan oleh korea , selain harganya scorpene yang mahal saat itu ada pertimbangan pertimbangan strategis yang menjadi pemikiran Indonesia untuk tidak mengakuisisi scorpene.

    dan satu hal lagi kita sudah terlanjur kelain hati kepada KS pemburu scorpene :mrgreen:
    Kalau pemburunya aja kita punya kenapa harus yang bisa diburu yang kita beli 😀
    Selain itu kita tidak mempunyai pengalaman mengoperasikan KS bikinan perancis

    Selain itu KS teknologi barat sudah cukup dari satu sumber dan dari dua galangan,, berati tinggal mensinergikan dengan KS teknologi Timur untuk mendapatkan KS racikan sendiri KS Nusantara.
    hehehehe

    • Untuk ks nusantara,kira kira kapan udah bisa di uji coba Pak? 😀 ….. Midget hampir rampung ya Pak?

      • Menurut kabar yang beredar Akhir 2015 mulai produksi jadi sekitar 2017 mulai diucjcoba sesuai jadwalnya asal anggarannya lancar dan politik juga lancar, :mrgreen:

        Tetapi sampai sekarang proses penyiapan sarana produksi KS di PT PAL kok progesnya belum terlihat signifikan ya ? gak tau kenapa

        • akhir 2015 sudah mulai produksi,which means udah pernah di uji coba dong Pak?hehehehe (mancing mania Pak 😀 )
          mungkin saja untuk produksi masalnya di tempat lain,kan KS alutsista strategis Pak…masa tempat produksi nya sama kaya untuk Kapur hehehe CMIIW Sir 😀

        • Bung kalo bs sih, ambit teote yang pake bahan bakar tenaga inti aja. kalo bisa pake energi yang pancarannya rendah utk lontong2 kecil dgn kemampuan senyap. hehehe….. ane cuma nglantur nih

        • Masih mau mengajukan import mesin2 pembuatan ks nya bung Satrio

    • Walah begitu ya bung satrio….. boleh tau yg dari timur apa aja yg sudah kita punya? maaf masih perlu di cerahkan

    • sejak PD II … tekno KS Jerman sdh jauh lbh unggul dari Prancis … sy kira U214s jg lbh unggul dari scorpene

    • Untuk sistemnya(manajemen tempur dan teknologi vls+terpedo) memang sudah jadul Komandan. Tp utk mesinnya yg pakai nuklir yg dilirik. Baracuda class. Katanya sistem mesin nuklirnya kecil,senyap dan bertenaga.IMHO

    • Iya bung Sat, mungkin artikel baru tp isinnya lama. Biar warjag gak sepi artikel

    • hanya sekedar opini, mungkin kita perlu tambah ilmu untuk teknologi ks yang senyap di lingkungan shallow water bung. Dimana teknologi andrasta mungkin bisa diadopsi oleh kita, sebagai bahan pembanding amur 950 dari biro desain rubin. atau bisa juga kita mengincar teknologi sm-39 yang diluncurkan dari ks itu.

    • Ilmu apapun boleh diserap untuk TOT KS dari perancis ,
      Tetapi syaratnya yang kagak nahan ,membeli dalam jumlah banyak dan harganya yang selangit, makanya kalah dalam tender oleh korea,

      Kasus serupa sama saat penawaran Rafaele di penawaran pertama, dan akhirnya mereka mundur,setelah tahu kita serius dengan membeli typhon untuk skuadron penguatan dan berlanjut untuk program penggantian ska F 5 mereka buru buru menego ulang dengan perbaikan proposal dan persetujuan berbagai syarat yang diajukan oleh Indonesia yang dulu ditolak mentah mentah,
      Rusia pun sempat terhentak saat ada keputusan kita memutuskan mengambil Typhon yang sukses menyalip ditikungan,, dan Putin sempat gusar dan memecat pejabatntya karena dianggap tidak bisa menarik dan merayu Indonesia,, hehehe hoax.

      Kembali Ke KS ,walau peluang penambahan KS kelas scorpene masih ada tetapi kita sudah berjanji kepada negara lain bahwa akan membeli KS Varian U yang lebih gahar,, bukan U 209 lagi .
      Jadi mungkin peluang itu yang lagi diuber sama perancis, yang sudah merasakan manisnya uang belanja dari Indonesia ,bisa bisa bentar lagi lafayate TOTnya juga diobral habis,,
      tetapi lagi lagi kalau matra laut kita melihat negara tetangga yang sudah banyak memakai arsenal laut dari perancis,, mosok podo podo
      hehehehe hoax maneh

    • Waw terima kasih gan @satrio babaranya maknyus dan renyah dikunyah

    • Mantab bung Satrio…..

    • kalo pemburunya U-214 sih setuju, tapi kalau U209 1400+ ? gak tega deh

  20. TOT scorpene buat apa? Mau dikemanakan TOT CBG korea? TOT kasel dengan kelas yang sama sangat tidak efisien. Kalo kelas midget sudah sepenuhnya dari dalam negeri. Kecuali TNI mau kasel yang lebih gede misalnya kelas triumph SSN baru asyik.

  21. jangan ambl.. tap untuk mengjbur pemertah prancs supya ga terlalu skt hate pesan caesar lebh banyak lg,, untuk 3 batalyon trus ajakn buat pembuatan bersam tanktop

  22. jangan ambl.. tap untuk mengjbur pemertah prancs supya ga terlalu skt hate pesan caesar lebh banyak lg,, untuk 3 batalyon trus ajakn buat pembuatan bersam tanktop hahaha

  23. Makin mesra aja yah ama prancis ,banyak bergoeroe biar banyak ilmoe , asal ga ketipoe ,,, hehehe. NKRI harga mati ,,, salam kenal
    bwat sesepoeh warjag

  24. kenapa nyambungnya langsung kesana…mbok ya udah

  25. dengan segala hormat, komentar @Titiek P sangat bagus dan layak untuk di banned. karena mengganggu lalu lintas saling berbagi ilmu.

  26. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    Jerman dan rusia sudah cukup untuk urusan lontong balap.

  27. lebih baik di kembangkan midget dan di broduksi masal.,.

  28. Hmm.. ambil saja TOT nya, mungkin beberapa fitur dan kemampuan tidak dimiliki CBG. Insya Allah kita segera punya kapal selam super mutant yg sangat setrong. :mrgreen:

  29. lanjutken

  30. wah pak menhan lagi rajin keliling inspeksi alutista pesanan TNI .. setelah dari jerman inspeksi leo sekarang perancis .. mau inspeksi pesenan rafale nya yak pak :mrgreen:

  31. Nyimak dulu.

  32. kayanya lafayete keren tuhhh

  33. bener kan omongan saya giliran orangnya gak ada baru berani nongol.mental pengecut ya gini.

  34. Bole juga neh..kaga diminta nawarin sendiri buat dukung industri lontong..sekalian aja bang klo gitu teknologi scorpene digabung make reaktornya rubis yg kompak bin simple..manteb kaga tuh..palingan dimensi aje nyang digedein dikit kaya cbg ntar yg bakalan lbh bohay dr 209 asli..hehehe..semoga lancar2 aje dah industri lontong kita ya..

  35. Iya sich mosok podo, kalau saya sich senengnya produk rusky terutama yang dipakai nelayan, kalau pespur milih punya prancis. TaPi mahalnya itu lho yAng nggak tahan,..

  36. Iya sich mosok podo, kalau saya sich senengnya produk rusky terutama yang dipakai nelayan, kalau pespur milih punya prancis. TaPi mahalnya itu lho yAng nggak tahan,.. He..he.. Ngomong2 kenapa varian U koq belakanya genap semua ya. Nggak ada yang ganjil.

  37. Ni mah bhasa sales…ada yang beli sabun,tawarin jga tempat sabunya plus peralatan mandinya..ga usah diambil lah..tetep konsentrasi ma target,kebutuhan,dan anggaran semula….(RUSIA STROOONG…) maaf udah hoax dalam kurung

  38. bagaimana dengan kapal selam U-214 exs yunani, ?
    bagaimana dengan kapal selam yg bernomor lambung polos, yg dititipkan di brunai ( kilo & amur ) ?
    3 jenis itu juga sdh lebih dari cukup untuk menemani U-209 dan Cbg, tinggal kwantitasnya perlu ditambah.!

  39. Sudahlah lanjutkan saja ilmu dari korea dan rusia, lb baik duitnya untuk biaya riset ilmuwan kita.jika ilmu dasarnya sdh dapat tinggal dikembangkan saja.saya yakin hasilnya lebih baikdan mempunyai efek detern yg besar.

  40. Kalau setiap tawaran TOT diambil Kapan kita mulai buat kapal selam.

  41. barusan baca di koran JaPos

    Petinggi Angkatan Laut, Pejabat serta Pekerja Rusia me launcing Kapal Selam ROSTOV on DON di pelabuhan Kapal Admiralteiskiye St Petersburg.

    ROSTOV on Don adalah kapal selam torpedo dengan kekuatan diesel listrik yang akan dikirim ke pedalaman Laut Hitam?

    Kapal selam baru dengan teknologi terkini itu memiliki kemampuan untuk Berkamuflase yang canggih dan tak terbaca radar di sekelilingnya.

    Mudah”an salah satu hantu laut dari type ini bisa dimiliki TNI AL.

    apa barangkali malah udah berenang di mari ya..

    mohon pencerahan sesepuh2..

    • maaf. ane koreksi.
      maksudnya menyaksikan launcing, bukan melauncing.

      @ndan PS / ndan Satrio.
      ini dari jenis baru apa dari jenis Kilo ya, soale dgbr cm tmpk dri dpepan aja & sepintas mirip kilo..

  42. Ass.Wr.Wb.

    MAlam Warjagers, maaf baru nongol, soale lagi sibuk banget menjelang pilpres hehehe…

    perancis itu udah menawarkan scorpene ke kita sejak tahun 1996 dulu, tapi memang ndak dipilih kok. (coba cek true story saya yang jilid 4). ini baru sebatas tawaran doang kok, lagi pula Bung Satrio benar, kita belum pernah punya pengalaman mengoperasikan KS buatan Perancis, kita sudah lama familiar dengan KS buatan Jerman dan Rusia. tapi kita lihat aja perkembangan kedepannya hehehe… :mrgreen:

    • Assalamu’alaikum ndan PS..abis nyilem nih..hehehe..emang ks itu beda2 ya sistem operasinya antar negara pembuat..oiya btw ks pemburu scorpene ntu yg mane ye ndan..wiro sableng ye :mrgreen:

    • hehehe…. :mrgreen:

    • maaf bung PS ada info terbaru mengenai 2 KRI calon punggawa Hidros-Oseanografi??saya penasaran dari jenis apa kapal ini…terlebih dilengkapi persenjataan meskipun hanya sekaliber 12,7 dan 20mm…hanya KRI Pulau Rempang yang memiliki persejataan, yang lebih besar tidak 🙂

  43. Waalaikumsalam. Wr..Wb.

    ya beda Bung, antar negera pembuat tidak pernah sama. hehehe… KS pemburunya kan pernah saya kisahkan dulu Bung :mrgreen:

  44. Kalina Class mungkiiin

  45. Maaf OOT. ijin share yaa..

    AGRESIFITAS CHINA JUGA GESER STRATEGI PERTAHANAN INDONESIA

    Agresifitas China di Laut China Selatan memaksa sejumlah negara mengatur ulang strategi pertahanan militernya. Belanja militer negara-negara di wilayah ini juga hampir semuanya meninggat.
    Indonesia, meski belum terlibat secara langsung juga mulai bergerak menuju strategi yang mengacu kondisi terkini kawasan laut yang sangat penting bagi perdagangan dunia itu. Dan apa yang dilakukan militer Indonesia tidak lepas dari pantauan kaca mata internasional. Bagaimana negara lain melihat strategi pertahanan Indonesia?
    Sebuah artikel di Bloomberg pada akhir Mei 2014 membahas masalah tersebut. Sejumlah pakar pertahanan memandang Indonesia secara pasti melakukan sejumlah pergeseran kekuatannya.
    Dalam artikel itu disebutkan setelah bertahun-tahun militer Indonesia lebih berkonsentrasi pada ancaman separatis dari dalam negeri, negara kepulauan yang panjangnya sama dengan bentangan wilayah dari New York ke Alaska ini mulai berencana untuk menyebarkan helikopter serangnya ke pulau-pulau yang berhadapan dengan Laut Cina Selatan. Selain itu TNI juga memperluas kekuatan angkatan laut.
    Menjelang pergantian presiden ini,TNI juga berkali-kali mengatakan harapannya bahwa siapapun yang menjadi presiden tidak akan melakukan pemotongan anggaran. Bahkan dia berharap anggaran dinaikkan.
    Pergeseran strategi harus segera dilakukan mengingat China kian aktif. Berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah wilayah selalu menemui jalan buntu. China makin berhadap-hadapan dengan Filipina dan Vietnam.
    “Sekarang ini Indonesia fokus dalam peningkatan pengeluaran pertahanan untuk menghadapi ancaman eksternal,” kata Tim Huxley, Direktur Eksekutif International Institute for Strategic Studies di Singapura.
    “Ada kekhawatiran dari perspektif Indonesia bahwa Laut China Selatan akan menjadi sebuah danau yang dikuasai China dan akhirnya menganggu perdagangan. Indonesia berprinsip kebebasan pelayaran di daerah itu harus dipertahankan. Itu mempengaruhi belanja pertahanan Indonesia dan pengadaan,” katanya.
    Indonesia juga terus berusaha untukmencapai kekuatan minimum esensial, atau MEF, pada tahun 2029. Caranya dengan menambah tank, kapal selam, helikopter dan jet tempur. Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan dalam sebuah wawancara di Jakarta mengatakan untuk mencapai MEF, pemerintah sedang berusaha untuk mencapai kekuatan dengan 274 kapal Angkatan Laut, 10 skuadron tempur dan 12 kapal selam diesel-listrik baru.
    “Kami menjadi bagian yang harus menjaga stabilitas regional dan perdamaian dan mempertahankan diri sehingga kita harus harus memiliki kekuatan yang mendukung bahwa kekuatan regional,” kata Sjamsoeddin.
    Indonesia dinilai terus berusaha untuk berada di luar konflik dengan China atau negara-negara yang terlibat. Negara ini memang tidak ikut mengklaim wilayah yang disengketakan. Hanya saja dalam beberapa bulan terakhir China memaksa Indonesia untuk masuk dengan membuat garis putus-putus yang menyinggung zona ekonomi eksklusif Indonesia.
    Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan dalam sebuah wawancara pada April bahwa Indonesia akan meminta penjelasn ke China mengenai hal tersebut dan juga meminta PBB untuk membantu pembicaraan tersebut.
    Laksamana Fahru Zaini, Asisten Deputi Menhankam mengatakan pada Maret bahwa peta China adalah bentuk kesewenang-wenangan China karena berpotensi mengklaim perairan di Kepulauan Natuna, Riau”Sengketa ini akan memiliki dampak besar pada keamanan perairan Natuna,” katanya.
    17.000 Pulau
    Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau dan membentang di 5.300 kilometer (3.293 mil) dari timur ke barat. Selat Malaka yang berada antara Indonesia dan Malaysia merupakan jalur pelayaran penting yang menghubungkan perekonomian negara-negara seperti India, China dan Jepang.
    “Ini adalah negara terbesar di Asia Tenggara dan mereka (Indonesia) tentu ingin bisa bermain sesuai peran yang sesuai,” kata Richard Bitzinger, Dosen Senior di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura.”Dan peran itu tidak akan didapatkan kecuali Indonesia mengembangkan militer modern yang cukup besar,” tambahnya.
    Menurut Stockholm International Peace Research Institute pengeluaran militer Indonesia meningkat menjadi Rp81 triliaun pada 2013 dari Rp 72,94 triliun pada tahun 2012 Tetapi semua paham anggaran pertahanan China akan naik 12,2 persen tahun ini menjadi sekitar 129 miliar Dollar Amerika. Presiden Xi Jinping juga telah berhasil membangun kekuatan militer laut mereka untuk mendukung klaim di Laut China Selatan. Dan Indonesia meski sebuah negara martim, pemerintah berusaha membangun kekuatan seimbang antara darat, laut dan udara.
    Safrie Sjamsoeddin mengatakan dalam wawancara Maret, sebagai “Akhirnya semua pertempuran berakhir di darat.” Hal inilah yang kemudian mendorong Indonesia juga harus menambah kekuatan di sektor ini. Termasuk di antaranya tank-tank berat.
    Indonesia memang tidak masuk dalam perlombaan senjata dan hanya menghabiskan kurang dari 1 persen dari produk domestik bruto pada pertahanan. Padahal di negara-negara ASEAN angkanya mencapai 3-4 persen, kata Sjamsoeddin. Jika negara-negara di wilayah ini memiliki tank berat maka Indonesia juga harus memiliki tank berat. Sementara beberapa peralatan militer jenis ini sudah cukup tua.
    Kepulauan Natuna Indonesia akan mengerahkan empat helikopter serang Apache ke Kepulauan Natuna, IHS Jane melaporkan di situsnya pada bulan Maret, mengutip Jenderal Budiman, kepala tentara staf, sebagai tindakan prefentif terhadap ketidakstabilan di Laut Cina Selatan.
    ”Angkatan bersenjata Indonesia juga memperkuat kehadiran militer mereka di Kepulauan Natuna, termasuk mempersiapkan fasilitas di Kepulauan Natuna untuk mengakomodasi jet tempur,” kata Ian Storey, dari Institut Studi Asia Tenggara di Singapura.
    “Selama dekade pertama abad ini mereka fokus pada memerangi ancaman internal, yaitu separatisme dan terorisme,” kata Storey. “Tapi mereka sudah berhasil di sisi itu dan saya pikir sekarang mereka lebih fokus ke arah luar, dengan fokus pada ancaman dari luar.”
    Seberapa jauh Indonesia lebih maju lagi dalam soal militer, khususnya terkait Laut China Selatan, sejumlah pengamat asing akan sangat ditentukan oleh presiden terpilih nanti. Tetapi jika melihat pernyataan kedua calon mereka berkomitmen untuk menaikkan belanja pertahanan. Prabowo Subianto, berjanji untuk meningkatkan belanja pertahanan menjadi 1,5 persen dari PDB dalam lima tahun.
    “Sepertinya ada komitmen untuk meningkatkan anggaran pertahanan, meningkatkan kekuatan militer Indonesia secara keseluruhan,” kata Bitzinger.

    Sumber: bloomberg.com

  46. klu pak beye ikut nimbung dimari lbih seru nch..biar tau kelu sesah rakyat..hehehe

  47. @PS ” kita sudah lama familiar dengan KS buatan Jerman dan Rusia.”

    Mantap banget komandan kalimat diatas..
    Senangnya…
    Bener2 buat makin bangga dengan TNI.
    Terimakasih komandan tuk “kita sudah lama familiar dengan KS buatan Jerman dan Rusia.”.
    ini saya artikan bahwa hampir brsamaan waktu/lamanya awak hiu kencana kita masuk barang itu dengan seri U2.. yg trpublikasi saat ini yg “cuman 2 lontong”

    salam & sukses selalu Bung PS & keluarga dibrkati Tuhan..

    Met nyambut bulan ramadan tuk semuanya..

 Leave a Reply