Oct 262018
 

Prancis luncurkan desan jet tempur generasi ke-6 © F. Dosreis via Defence Blog

JakartaGreater.com – Perusahaan dirgantara asal Prancis, Dassault Aviation ternyata memanfaatkan pameran “Euronaval 2018” tahun ini untuk menampilkan rancangan Jet Tempur Generasi Baru (NGF) yang akan menggantikan armada jet tempur Rafale dan Typhoon sekitar tahun 2035 – 2040, seperti dilansir dari Defence Blog.

Pesawat generasi mendatang dari Dassault tidak memiliki sirip ekor dan desain sayap berbentuk W yang menyapu dan ini menggabungkan teknologi siluman yang sangat canggih dan integrasi dengan sistem informasi.

Pesawat tempur baru akan memiliki landing gear tipe tricycle untuk landas pacu dan pendaratan. Pesawat udara itu diharapkan akan beradaptasi dengan ancaman udara kontemporer dan mengeksploitasi potensi kecerdasan buatan atau AI.

Sangat mungkin bahwa proyek jet tempur generasi baru berkembang sebagai bagian dari Sistem Pertempuran Udara Masa Depan Eropa (FCAS) dan pada akhirnya akan menggantikan generasi pesawat tempur Eurofighter dan Rafale saat ini.

Menurut rilis berita yang dikeluarkan pada bulan April 2018, Jerman serta Perancis telah menyetujui persyaratan utama untuk jet tempur baru yang akan menggantikan Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale yang dimulai pada tahun 2040.

CEO Dassault Aviation, Eric Trappier mengatakan, Airbus dan Dassault memutuskan untuk bekerjasama demi memastikan bahwa Eropa mempertahankan kendalinya atas sistem persenjataan masa depannya.

Airbus dan Dassault juga mengatakan pentingnya bagi Prancis maupun Jerman untuk meluncurkan studi bersama awal tahun ini sehingga mereka bisa segera mendapatkan demonstran dari teknologi tersebut pada tahun 2025.

Trappier mengatakan jet tempur generasi baru ini tidak akan menjadi salinan pesawat tempur F-35 AS, tetapi akan lebih ambisius dari itu.

Bagikan:

  10 Responses to “Prancis Ungkap Desain Jet Tempur Generasi Ke-6”

  1.  

    efek Brexit… Prancis dan Jerman kolaborasi dan meninggalkan UK… UK tetap menggandeng Italia untuk project Tempest… bakalan seru di eropa…

  2.  

    Industri dirgantara Eropa masih tertinggal dr AS, akankah teknologinya melebihi pespur2 buatan AS?

  3.  

    Dengan pernyataan perancis trsebut berarti francis msh meragukan kualitas f35 trmasuk jerman
    😆 😆

  4.  

    Ayo indonesia..ajukan diri utk ikut kerja sama mumpung selagi ada kesempatan jgn mau tertinggal..tinggali aja proyek kfx/ifx sama korsel itu soalny lbh canggih yg ini..segera sends team negosiator kesana utk dpt restu dan kirim insinyur kt byk” biar sampe sini kt bs ciptakan pesawat siluman buat ngusir ilegal fishing,cegah kebakaran hutan,buru penyebar hoax,halau demonstran dsb

  5.  

    Kalau pesawat tempur perancis ini …berpotensi lebih Baik daripada F35/22 …bisa jadi …mungkin .. USA akan mencuri Atau men sabotase project fighter jet ini…
    Seperti yang Pernah dialami …Canada dengan pesawat tempur Arrow nya ..1957.

  6.  

    wah, ternyata tanpa awak 😀

  7.  

    Njirrr itu mirip B-2spiritt versi mini

 Leave a Reply