Agu 042017
 

Presiden Filipina Roddrigo Duterte bersama Divisi Infanteri ke-8 (Philippine Information Agency)

Manila – Presiden Filipina Roddrigo Duterte pada Rabu, 2/8/2017 menyebut pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebagai orang “bodoh”, hanya beberapa hari sebelum Manila menjadi tuan rumah pertemuan internasional untuk membahas uji coba peluru kendali jarak jauh Pyongyang.

Duterte tidak berusaha berkata-kata sopan saat mengatakan bahwa Kim “tengah bermain-main dengan mainan berbahaya,” sebagai awal dari pertemuan pekan depan antara para menteri luar negeri dari negara-negara yang terlibat dalam krisis semenanjung Korea.

Korea Utara kini tengah berupaya mengembangkan rudal berhulu ledak nuklir berdaya jelajah antar benua yang mampu menyasar Amerika Serikat. Sementara itu sejumlah pejabat di Washington pada Sabtu mengaku bahwa uji coba terbaru Pyongyang pada Sabtu berpotensi mampu mencapai Amerika Serikat.

“Kim Jong Un ini adalah orang bodoh. Dia bermain-main dengan mainan yang berbahaya,” kata Duterte dalam pidato di depan para petugas pajak.

“Dia punya wajah yang terlihat baik, namun menipu. Jika dia melakukan kesalahan, maka kawasan Timur Jauh akan menjadi pulau gersang. Perang nuklir ini harus segera dihentikan,” kata dia.

“Hanya dengan konfrontasi ringan, maka bom akan meledak di sini. Konflik akan menghancurkan tanah dan semua kekayaan yang terkandung di dalamnya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita semua,” kata Duterte.

Pada tahun ini, Duterte adalah ketua Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Pada Senin, menteri luar negeri Filipina akan menjadi tuan rumah Forum Regional ASEAN, yang akan dihadiri oleh 27 negara termasuk Australia, China, India, Jepang, Rusia, Korea Utara, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Ini bukan pertama kalinya Duterte mengkritik Kim atas ambisi nuklir tokoh tersebut. Pada April lalu, dia mempertanyakan kesehatan mental Kim dan meminta Amerika Serikat untuk menahan diri dan tidak terpancing pada pria yang “ingin melihat akhir dunia.” Sementara itu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson, yang dijadwalkan hadir dalam pertemuan di Manila, pada Selasa mengatakan, dirinya ingin menggelar dialog dengan Korea Utara dalam beberapa waktu mendatang, sambil menekankan bahwa negara Korea Utara bukanlah musuh dan Amerika Serikat tidak ingin menggulingkan rezimnya. Dirilis Reuters/Antara, 3/8/2017.

  28 Responses to “Presiden Filipina Umpat Kim Jong Un”

  1.  

    Sebaiknya Duterte ini dibungkam saja,
    Beliau ini gak sadar jabatannya seperti apa di ASEAN.
    Jd apapun ucapan dr mulut beliau ini sm seperti anggapan masyarakat diluar ASEAN soal anggapan ASEAN tentang Korut, karna jabatan ketua ASEAN.

    Sedangkan Korut sampai sekarang punya Hubungan baik dgn Indonesia.
    Yg diujicoba kan hanya Rudal, Rudal ICMB tp bkn dgn hulu ledak nuklir.
    Jd gk ada alasan bagi ASEAN ikut campur, ambil sikap see and wait saja.
    Jgn termakan umpan USA, Malaysia kemarin dan sekarang Filipina. Besok yg diancam Korut bisa2 ASEAN karna yg bicara dr congor si duterte, padahal itu anggapan pribadi beliau.

    Imho

    •  

      Memang Pak Dut terlalu mengumbar koar, kurang mempertimbangkan posisi Pilipina di ASEAN.
      Namun saya yakin Korut punya penilaian bahwa apa yang dikatakan Pak Dut bukanlah mewakili ASEAN. Korut tahu sikap Indonesia berbeda dengan sikap Pilipina dan Malaysia terhadap Korut.

      IMO

  2.  

    Minta di nuklir tuh Duterte… wkwkwk. tank saja gak punya mau mengejek Korut…

  3.  

    Duterte termasuk pemimpin yang berani itu baru seorang pemimpin harus berani memberi gertak pada negara lain,,

  4.  

    hahaaa..
    pagi tempe sore delai ni duterte

  5.  

    bkn berani cuma belagu..
    gx liat kemampuan.

  6.  

    North Korea hanya menguji rudal ICBM tanpa berhulu ledak nuklir… Selama ini NORTH KOREA mempunyai hubungan kerjasama yang baik dengan Indonesia…

  7.  

    pemikiran darah mudanya jadi semua serba berani, hanay Korut yang berani dengan terang terangan menantang Amerika walau kekuatan militernya atau alutsistanya sudh berumur,

  8.  

    dari dulu sensasi trs.. baru ratusan teroris aja belum kelar2 -_-

  9.  

    Emang si Duterte bisa apa sih.. masalah teroris di pinoy sudah kelar belom??

  10.  

    duterte sombong bgt, sok ngatain org bodoh, dia sendirinya yg bodoh, lawan isis yg cuma 2000org aja udah keblinger, malah mau tambah prajurit 20rb lagi. pak dut pak dut, omongan ente tok yg gede,,tp kelakuan msh spt bocah…

  11.  

    Menjilat sama donal tuh haaa

  12.  

    Duarte emang bocor….bocor aluss…yg penting Indonesia ndak perlu ikut-ikutan kepancing mulut kayak duarte. Selama north Korea ndak ikut campur dgn urusan politik dgn Indonesia…tenang2 saja pokoknya….

  13.  

    Cuma gertak sambal. Kenak nuklir nangis jgn .engganggu klo gak mao di hancurin sama korut

  14.  

    Duterte tegas dan brni di mulut doang.lu tanyang korut ya hancur

  15.  

    belum tau kalau roket nya di luncurkan ke dia…
    musuh isis di marawi aja ngk selesai2…
    mau ngurusin korup…
    korup vs as baru oc.

  16.  

    tapi soal pemberantasan narkoba presiden pinoy gw acungi jempol,

  17.  

    Mengumpat mulu

    Ya sih,kamu terlihat tegas tapi yang diumpat itu korut

    Udah gak usah nyari musuh,mending akrab ke blok timur agr mdh dpet alutsista canggihnya

    Negaramu kan msih kekurangan alutsista

  18.  

    wkwkwk.isis aja blum kelar, malah menghina korut… Jadi apa yak negaranya kalau di luncurin nuklir?

  19.  

    Kasihan lihat rakyat Filipina krna pemimpinnya kurang pintar bersikap,berpikir,membaca situasi dan bertindak

  20.  

    Kalo manila gak pengen jadi sasaran roket TAEPODONG 1, mending pak duterteh lebih berhati hati cakap nyee!! Heheemmmmmm

  21.  

    berani nih pak erte,.. kagak takut di getok pake rodong sama uun kali yah….