Presiden Inspeksi Alutsista Baru di Surabaya

166
95
Helikopter TNI AL
Helikopter Panther TNI AL

Surabaya – Presiden SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur mulai Selasa, 11 Maret 2014, hingga Kamis, 13 Maret 2014.

“Benar, Presiden akan melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Media, dan Dokumentasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur Anom Surahno, Senin, 10 Maret 2014.

Dalam kunjungannya ini, Presiden SBY akan menyaksikan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru. Hal ini sesuai dengan amanat SBY dalam acara Hari Ulang Tahun TNI ke-68 pada 5 Oktober 2013. Saat itu, SBY mengatakan pemerintah pusat akan mengganti dan menambah alutsista di semua matra dan lini. Hal ini untuk mencapai tahapan kekuatan esensial minimum.

SBY dijadwalkan berangkat dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Surabaya, Selasa siang. Tiba di Surabaya, SBY didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan rombongan menuju Markas Komando Armada Kawasan Timur TNI AL. Mereka akan menyaksikan penyerahan secara simbolis miniatur pesawat CN 235-220 N-61 MPA oleh Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso kepada Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda TNI Rachmad Lubis.

panther-2
Korvet Sigma KRI Iskandar Muda Mengusung Helikopter Panther

Penyerahan miniatur diikuti dengan penandatanganan naskah serah-terima pesawat CN 235-220 N-61 MPA. Pesawat terbaru TNI AL ini sanggup melihat sasaran jarak jauh. Kekuatan pandangan jauh tersebut terletak pada forward looking infra red (FLIR) dan search radar yang diletakkan di bawah badan pesawat.

Adanya search radar dan FLIR dengan teknologi maju ini membantu TNI AL mendeteksi kapal nelayan dari ketinggian 13.000 kaki, sehingga dapat menindak aktivitas pencurian ikan oleh kapal asing. Pesawat ini juga dapat melakukan pemantauan terhadap kapal imigran gelap yang banyak memasuki area pantai selatan Pulau Jawa.

Selanjutnya, bersama dengan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, KSAL Laksamana TNI Marsetyo, dan Panglima Komando Armatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, Presiden SBY akan meninjau Dermaga Madura. Di sana akan digelar alutsista TNI AL.

Dalam acara ini akan diadakan demo berupa penyebaran ranjau dari pesawat udara, penembakan RBO dari kapal, demo pembebasan sandera dengan menggunakan sea rider, dan peperangan kapal selam dengan helikopter. Hal ini dilanjutkan dengan aksi sepuluh penerjun yang mendarat di geladak kapal. Rangkaian demo ini akan diakhiri dengan sailing pass kapal TNI AL dan flying pass helikopter Angkatan Laut.

Setelah menyaksikan demo alutsista, SBY selaku Ketua Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) akan membuka rapat KKIP di Gedung Candrasa, Surabaya. Rapat itu akan dihadiri sekitar 80 orang anggota KKIP dan pejabat terkait, termasuk Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

SBY juga diagendakan mengunjungi Wisata Bahari Lamongan, Kabupaten Lamongan, dan Kelola Mina Laut di Kabupaten Gresik. Rangkaian kunjungan kerja akan diakhiri dengan kunjungan ke pelabuhan pendaratan ikan Kecamatan Bulu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Di sini, SBY beserta rombongan akan melakukan peninjauan. Setelah meninjau pelabuhan pendaratan ikan, SBY akan bertolak menuju Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. (tempo.co / AGITA SUKMA LISTYANTI)

166 KOMENTAR

          • Yang dimaksut ABK mungkin begini
            kemampuan membawa personil atau Complement:sampai 100 orang
            termasuk satu sampai dua regu pasukan khusus yang bisa diluncurkan dari kapal selam untuk operasi infiltrasi

            killo Complementnya 52 orang..
            tetapi…masih bisa memuat 1 regu (12-16 orang)

            CBG nantinya berbobot 1600 ton pasti lebih panjang dan besar dari U209, sedangkan U209 setelah diretrofit complementnya menjadi meningkat karena ringkasnya peralatan baru sehingga menambah ruang kosong bisa dimanfaatkan untuk ruang bagi awaknya,
            IMHO

          • tetap tidak mungkin pak.
            kilo 2000-3000 ton..panjang 70-80 m…ABK 50-60
            U 209 cakra/nenggala 1300 ton abk 30-40
            changbogo indonesia 1500 ton abk…30-45
            panjang 54- 60 m..
            up to you deh pak.
            xixixi

          • klo menurut saya, klo itu spek masuk dlm isi kontrak antara pihak korsel dgn indonesia khususna kemhan dan tni al maka klo nantinya kapal selam sudah jadi harus dicheck dan diuji coba semua sistem dari ks tsb sesuai dgn spek tsb apa nggak. Klo tdk sesuai mk pihak indonesia perlu menolaknya.
            Seperti kasus yunani menolak 1 ks u214 german krn spek tdk sesuai atau cacat produksi mk yunani menolak ks tsb seperti artikel bung satrio kmrn.
            Jadi kita tunggu aja apakah ks ini benar benar menjelma mjd improved changbogo seperti promosi yang ditawarkan sm korsel apa nggak, thanks.

          • siap bung @Satrio :mrgreen:

            BTW, Untuk rekan2 warjagers, jika gambar besar dan ingin pas tampilannya harus didownload dulu dan baru diedit (alias kerja tambahan :mrgreen: ). biar langsung pas ukurannya yang sedang atau kecil dan diposting baru (bukan jawaban) agar spacenya luas. Sepertinya yang ideal gambar dengan ukuran 700 x ### ke bawah dan yang lebih kecil dari itu jika diposting sebagai jawaban (karena space mengecil). Bisa gunakan google untuk mencari gambar sama dengan ukuran yang diinginkan

          • Bung Log zebor salam kenal juga
            Kalau Log zelebor asli si promotor musik itu rumahnya di surabaya di jl papandayan belakan blauran

            maaf oot hehehehe

      • Maaf, menurut data yg saya punyai
        “KKIP dipimpin oleh Ketua merangkap anggota Menteri Pertahanan, Wakil Ketua merangkap anggota Meneg BUMN, dan Sekretaris dijabat oleh Wakil Menteri Pertahanan. Sedangkan anggotanya terdiri dari Panglima TNI, Kapolri, Menteri Perindustrian, dan Menristek.”
        Itu sesuai :
        Pemerintah telah membentuk Komite Kebijakan Industri Pertahanan Pemerintah yang ditetapkan denganΒ Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2010Β tentang Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP)

  1. sby : pur mn lontong yg ga pake bbm pertamina!???
    pur : sabar bray, tak kasih lewat depan situ yo..tapi ujungnya aja..
    sby : sadap !!!!!…ini toh hasil kowe jalan2 wara wiri …bukan maenn..inget cerita (jend.nas) borong maenan..
    pur : (mangguk2 ..pakkk ..pray)

      • acara pamitan dari sisi spiritual..?

        belok dikit,
        ada satu kebiasaan dlm suksesi presiden As, setiap terpilih presiden baru, selalu diadakan pertemuan tertutup dgn para mantan presiden sebelumnya, selain silaturahim sebagai umat beragama, juga mencerminkan persatuan yg solid.
        tentu ada diskusi2 yg selalu bertujuan untuk kepentingan Rakyat dan Negara.
        Hal2 apa yg menjadi subtant grand design diluar yg tersurat, bisa disampaikan turun temurun dari presiden sebelumnya.

        seharusnya bisa diadaptasi.

          • semoga suksesi 2014 ini lancar dan tetap dalam naungan kekeluargaan,
            melihat mantan presiden dan presiden terpilih bersahabat, akur dan kompak, tidak ada istilah senioritas untuk panggilan negara, itu jelas akan membuat rakyat bangga dan tenang.tongkat amanah pun diteruskan,
            Kita harap pak sby memulai dan mencontohkan sikap negarawan ini kedepannya, sekalipun sudah purna bhakti nanti, jika diperlukan dlm menjembatani Perjanjian Bilateral strategis yg notabene adalah counterpartnya skrg misalnya, kita harap beliau berkenan.

            kita belum mengalami BEST MOMENT ini. kita tunggu.

      • silakan melipir ke soto pak denuh bung. soto kudus dengan daging kerbaunya sebagai bentuk toleransi kepada umat hindu di jamannya sunan kudus. jika ke pati silakan mencicipi sego gandul, soto ayam dan ayam goreng kembang joyo. dijamin maknyus pokoke. dan tak lupa bandeng presto juwana.

          • walah kok dunia paranormal segala disebut dengan detil oleh bung yayan….jan wawasane panjenengan top markotop.

          • Bung Aluguro dari Pati ya? Wah seneng banget bisa ketemu orang Pati. Kapan2 kita ketemuan ya. Ada sebuah perusahaan di Ungaran mengajukan proposal penjualan assetnya pada perusahaan kami di Tokyo. Saya sedang mempelajarinya. Mungkin dalam beberapa bulan lagi saya akan memimpin delegasi ke sana. Saya sedang coba PDKT dengan pak Gubernur dulu. Tapi detail proposalnya sudah di tangan saya, sekarang sudah menjadi agenda meeting di kantor kami di KL. Salam kenal dan penuh hangat bung Aluguro..!

        • laporan pandangan mata, pengamanan tingakat 1 para buto ijo sudah disebar di berbagai tempat, ada yang berbaju hijau doreng, hijau polos ada juga yang tidak berbaju eh maksudnya tdak berseragam. lokasi penyebaran meliputi pos2 pengaman, pinggir2 jalan raya dan ada juga yang dikolong jembatan yang tempatnya jauh dari ring 1 laporan selesai.

          • Yup bener, den karung berbaju safari akeh tenan.
            Tapi saya apresiasi dengan penjagaan mereka, biar rahasia TNI kita makin aman. 70% alutsista kita dibuka dipublik, nah 30% ini yg harus dirahasiakan. Sperti kata Sun Tzu: “Keterampilan terhebat dalam perang adalah menaklukkan musuh tanpa harus bertempur,”-IMHO

          • Disemua matra ada bung, dan saya pernah membacanya di warjag ini. yang paling populer ada kapal selam, rahasia mesin sukhoi, dan lain-lain.. hehehhehehe, -IMHO (takut dikarungin, kalau dibuka nanti gak rahasia lagi.)

          • hari gini ….??masa sih masih pakai sistim karungin..??
            yang suka bilang KARUNGIN” itu pasti ..! adalah orang yang tak ingin melihat indonesia khususnya militer untuk maju dan profesional.
            ngak usah takut mas jalo…,xixixi

          • Apa hubungannya tkng karung dgn militer maju
            Kalau lu bocorin rahasia psti ada konsekwensinya.
            Kalau membahayakan keamanan negara ya wajib dikarungi ngel.

            Mas jalo jgn terprovokasi sm kompor angel

          • Bung Angle : Tukang karung perlu kalau ada barang bagus langsung masukin karung. Jadi pembeli yg mau beli penasaran, akhirnya si penjual bisa menaikin harga jual. hehehehehehe, maap bahasane ngaco

            Bung Joe : Gak apa2 bung, yang rahasia itu suka bikin penasaran,, hehehhehe

          • @ JOE

            wajib di karungi…? maksudnya apa..? tolong jelaskan..!.
            dan anda bukan nya kompor lagi, tetapi…TUNGKU API YANG BAU
            dasar nyamuk sawah..

          • @mas jalo

            pemulung juga bawa karung mas,…:)).
            tetapi pemulung ada juga yang tak boleh melihat ada barang yang bisa di sikat….xixixi,

          • Bung Angel
            Lu ngapain juga nyuruh orang buka buka rahasia disini.
            Klau lu punya rahasia buka aja disini jgn nyuruh orang,,Coba lu tahan karung apa kagak.

            Tinggal lu aja tukang kompor yg belum dibaned
            Mbah bowo udah tinggal lu aja yg bikin neg postingan kgk ada yg enak tuk dibaca.
            Nyebut warjager dan admin nama doang kagak pnya aturan

          • ooppps…..preman pasar….
            jawab dong pertanyaan sy tadi mas..?
            dan tambahan..siapa yang nyuruh buka rahasia disini..?? fitnah…!
            @ momod tlg di baned dong nick joe….thx

    • sabar bung πŸ˜€ dengan Aus dan Sg yang gencar modernisasi dan penguatan militer, Indonesia pasti menyesuaikan. Target pemerintah kan minimal tidak kalah kuat dengan negara2 tetangga. ‘Minimum force’ itu tidak ada batasannya dan flexible terhadap sikon kawasan. Yang muncul dalam arsenal tetangga, kita akan melakukan counternya walau bentuknya tidak selalu sejenis.

          • klo saya mau ketemu klo sudah lengkap apa yg sering dibahas di warjag, yaitu changbogo, su-35, s-300 series, improved kilo, u214, real fregat, destroyer.
            Target 2015 udah ada. Anggota warjag yg dulu yg skrg jarang nogol mohon diundang juga bung nowy lewat email kayak dexter, parnas dll.
            Bung diego pasti punya datanya semua.
            Boleh ngajak anak2 apa nggak ya he he he sorry anakku juga funboys he he he cuma sy nggak tau nick namenya he he he he

          • Iya pada kemana ya? bung Dexter juga jika ga salah nicknya muncul sekitar sebulan atau beberapa minggu yang lalu. Mungkin warjagers lama masuk dengan nick dan email yang beda buat penyegaran

          • bung now itu juga yg prnh kepikiran sm sy,kira” tmn” yg sering nongkrong di JKGR bs kopi darat g.?tp kykx mngkn sulit krna sbagian sepuh dsnikan petinggi militer jd mngkn agak sbuk.

          • Kalo menurut ane gan Aircraft Carrier ga perlu deh gan…
            Pulau” indonesia yg banyak Bandar Udara bisa di jadikan base masing” skuadron kok gan,kecuali TNI AL sudah jadi Blue Water Navy…

            Mohon di koreksi jika salah..Hidup NKRI

          • IMO, tergantung level politik luar negeri suatu negara. bagi negara yang masih mengejar kemampuan pertahanan dan memikirkan bagaimana agar wilayahnya ga dicaplok kekuatan asing jelas ga perlu, karena kapal induk adalah untuk memaksakan kepentingan lewat tekanan militer jauh keluar wilayah pertahanan alias menyerang, gunboat diplomacy

          • ya tergantung….

            ini sih lagi do’a yg baik2 z.. jika terwujud ya siapa yg mau nolak juga, seneng juga kan kalo TNI AL punya Aircraft carrier ? πŸ˜€

            kalo kata bung nowyou..iya pulau kecil bisa dijadikan Aircraft carrier, cuma ga bisa berenang jika dibawa ke samudra luas, susah mindahin nya, siapa tau kita pengen klaim benua antartika diselatan nanti.

  2. Sekalian menjawab bung borneo dan bung cakrawala

    Siluet heli dalam foto yang diambil pada hari juang kartika itu bukan apache
    di siluet itu heli serang terlalu gendut untuk ukuran apache sedangkan saat hari juang kartika yang dipamerin dan terbang diudara adalah heli serbu MI 35

    Jadi kesimpulannya wartawannya ngaco atau tidak mengeti jenis heli tempur
    IMHO

  3. Wooii,,AKS kan belom lama diputuskan (secara resmi) pilih Panter , tahu2 kok dah nongol yaa..kalu gini mah putusan AKS Panther dah min 1,5 thn lalu..paling pinter niih TNI ma bung Purnomo simpan2 rahasia alustsista..tentu gak lepas dari sang Jendral kalem yg lihai strategi,,ikut bangga deeh,,kalu bener Kilo made in German nya nongol..welehh,,ramai dah,,jangan2 KS nii melebihi si Panther,,baru diomongin kemarin ,,selama ini dah mondar mandir berenang di nusantara..(spt yg sdh jadi santapan bro2 warJaG)..paling pinter bikin penasaran niih bang Beye, bang Poer, Bang Kasal

      • loh kok statment berubah lagi to bang, tadi diatas katanya milik AL udah digarap PT.DI. lah kok sekarang jadi “minta pak menhan langsung beli” yang bener yang mana ni bang kalo sudah digarap bukanya sudah dibeli, kalo masih minta berarti belum dibeli.

      • Sorry setau saya punya Basarnas itu Heli AS 365N3 Dauphin. sedang yang untuk AKS TNI AL itu AS565 MB Panther. kedua-duanya dibuat oleh PT. Dirgantara Indonesia sesuai lisensi.
        nah pengadaan 11 unit Heli AKS AS565 MB Panther itu, sesuai kontrak yang udah ditandantangani dijadwalkan diserahkan bertahap sampai paling lambat tahun 2014 ini. itu menurut info yang saya punya lho… πŸ˜€

  4. Sudah jelas dan bener : Presiden SBY TIDAK PERNAH TAKUT menghadapi Ausii, Singapork, Malingsia..rakyat & prajurutnya yang militan sll dibelakangnya..eh eh didepannya..belanja Alutsista, peningkatan kemampuan pertahahnan dst..Lanjutkan..!!!

  5. Klo melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang, bisa dijamin untuk pembelian Alutsista pastinya bukan barang yg ecek-ecek. Seandainya yg dibeli barang ecek-ecek pastinya sekedar kamuflase. Dan pastinya sebagai masayarakat awam tidak akan mengetahui secara pasti canggihnya dan jumlah Alutsista TNI. Masih banyak Alutsista TNI yg disembunyikan.

        • Panther sudah pernah dicoba landing dan take off di geladak sigma saat latihan bersama dengan navy negara lain (pemiilik panther) di lebanon dan geladak sigma sanggup menampung panther

          Kalau sekarang yang punya panther base dolphin adalah basarnas dan Polairud maka mungkin mau DIYAKINKAN sekali lagi dihadapan pak SBY bahwa Panther PANTAS nangkring di kelas corvette sigma diponegor class,,Usman Harun class,AMY class..dan ……………………Bremen class :mrgreen:

          • kalo aye berharap ditaroh di AMY bang biar partneran ama yakhont, kan selama ini uji coba yakhont, datanya dipasok dari ks. tapi ditaroh di usman-harun juga ok biar tambah gahar kapal

          • 4 amy class + 4 sigma class + 3 Usman harun class = 11 unit Panther pas kan ?

            4 Bremen 4 + 2 Destro menyusul di pengadaan batch ke 2

            NBO 105 Bolcow bisa ditaruh KRI Nala,KRI Kihajar dewantoro,KRI Arun,KRI Multatuli dan LPD banjarmasin class

  6. Tp apachex itu emg bner ada kok bung. .selain mi-35. N sya trmasuk yg mnyaksikan dlm acra parade tsb.
    maaf kalo mgkin ane salah liat, ato mgkin ane yg kurang paham.

    salam kenal bung satrio.. N jga rekan2 warjag yg laen.
    salam merdeka.!

  7. Bung nowy itu daftar alutsista yg sudah, yg sedang dan yg akan dibeli sudah diupload oleh om iwan di fb arc, termasuk 6 kilo (diluar 2 kilo), su35, destroyer dst. Dan banyak lagi yg lain
    Coba bung nowy minta ijin ke arc daftarnya diupload di sini buat diskusi di warjag.