Presiden Iran Resmikan Mesin Turbojet Domestik Pertama

Mesin jet tempur buatan dalam negeri Iran yang pertama dan diberi nama Owj (Zenith) yang berarti “puncak”, diresmikan oleh Dr Hassan Rouhani di hadapan Menteri Pertahanan Hossein Dehqan dan sejumlah pejabat, ilmuwan dan para ahli dari kementerian (Minggu, 21/08/2016).

Owj, merupakan salah satu produk penerbangan yang paling rumit, dibangun tanpa partisipasi pihak asing, baik dalam bidang pengetahuan ataupun perangkat lunak dan perangkat keras. Menteri Pertahanan mengatakan bahwa pencapaian ini menempatkan Iran di antara delapan negara yang memiliki pengetahuan dan teknologi dari jenis mesin tersebut.

Kedua gambar diatas adalah mesin turbojet Owj (Zenith), merupakan mesin jet tempur pertama karya dalam negeri Iran.

Mesin turbojet domestik pertama ini mampu beroperasi pada ketinggian 50.000 kaki dan telah memiliki berbagai variasi sistem.

Mengenai mesin tersebut, Menteri Pertahanan Hossein Dehqan mengatakan bahwa mesin turbojet ini menempatkan Iran di peringkat yang lebih tinggi di kawasan dan dunia, beliau juga menambahkan: “Meningkatkan kepercayaan nasional dalam pengetahuan teknis pemuda Iran, mencoba untuk mempercepat proses perkembangan pertahanan untuk melindungi wilayah udara kita dan kepentingan nasional, serta meningkatkan inspirasi dan harapan melalui model Islam, adalah fitur khas dari prestasi utama dari mesin turbojet”.

Sumber: Iran Project

Leave a Reply