Jul 312015
 
Presiden Joko Widodo mendampingi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam upacara kehormatan  di Istana Merdeka,  (31/7/2015) (photo: Kompas)

Presiden Joko Widodo mendampingi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam upacara kehormatan di Istana Merdeka, (31/7/2015) (photo: Kompas)

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kerja Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, pembahasan dititikberatkan pada bidang ekonomi.

Usai pertemuan, Jokowi mengatakan, dirinya dan Erdogan sepakat untuk segera menyelesaikan berbagai hambatan, termasuk soal free trade agreement (FTA) Indonesia-Turki yang akan diselesaikan tahun ini.

“Kemudian kerjasama di industri peralatan militer, pembuatan kapal-kapal kecil ini akan segera kita konkretkan, juga pembangkit listrik tenaga gas ini juga segera dikonkretkan,” jelas Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Dalam pertemuan tersebut, juga disetujui dibukanya penerbangan dari Turki-Kuala Lumpur-Jakarta-Denpasar. “Ini untuk meningkatkan turisme dan angkutan penumpang dari Turki ke Indonesia dan sebaliknya,” imbuh Jokowi.

Selain itu, akan ada juga komisi bersama yang tujuannya mengeksplorasi potensi ekonomi yang bisa dikerjasamakan oleh kedua negara.

Hubungan diplomatik antara Turki dan Indonesia telah berjalan selama 65 tahun sejak dibuka pada 1950. Di bidang perdagangan, Turki adalah negara mitra dagang Indonesia ke-7 di kawasan Eropa.

Total perdagangan Indonesia dan Turki pada 2014 tercatat mencapai US$ 2,47 milyar dengan surplus bagi Indonesia senilai US$ 415 juta. Ekspor utama Indonesia ke Turki adalah karet alam, serat sintetis, minyak sawit dan tekstil. Sementara Turki mengekspor tepung terigu dan produk listrik ke Indonesia.

Detik.com

  43 Responses to “Presiden Jokowi dan Erdogan Bahas Ekonomi Hingga Militer”

  1.  

    wew pertamak..

  2.  

    skak

  3.  

    ke dua

    •  

      Incat Australia Minati Investasi Teknologi Perkapalan

      jakarta ( ANTARA News) – Produsen kapal Incat, Australia Pty Ltd berminat investasi bidang teknologi perkapalan yang diklaim sangat cocok dibangun di Indonesia, sesuai dengan dukungan pemerintah yang mendorong kemajuan industri maritim.
      “Kami sangat senang dengan kemajuan (pembicaraan) yang signifikan. Kami serius akan berinvestasi pada bidang ini,” kata Chairman Incat, Australia Pty Ltd Robert Clifford usai menemui Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta, Kamis.
      Presdir PT Indocat Jayamahe Kris Sulisto mengatakan Menperin Saleh Husin meminta perusahaan untuk bekerja sama dengan perusahaan lokal dalam menerapkan teknologi perkapalan, yang nilai investasinya mencapai 10-50 juta dollar AS tersebut.
      “Teknologi katamaran ini sangat cocok di wilayah Indonesia yang berupa kepulauan. Dengan adanya program poros maritim, makan akan dibutuhkan banyak sekali kapal,” kata Kris.
      Menurut dia, teknologi perkapalan milik perusahaan asal Australia tersebut mampu mengangkut banyak sekali barang, termasuk orang maupun kendaraan pengangkut, dengan kecepatan sekitar 50 knot per jam.
      “Basisnya alumunium dan katamaran ini kapal yang di tengah permukaannya ada rongga, sehingga sangat stabil dan ini cepat sekali, sehingga bisa cepat sampai dari pulau satu ke pulau yang lain,” ujar Kris.
      Kris menambahkan, pihaknya akan bertemu dengan Asosiasi Industri Kapal Nasional Indonesia (IPERINDO) untuk mencari perusahaan galangan kapal lokal yang mau bekerja sama dalam menerapkan teknologi katamaran tersebut.
      Saat ini, lanjutnya, perusahaan sedang menjajaki galangan kapal yang ada di Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur dan Makasar.
      (Antara )

  4.  

    keempat

  5.  

    dalam bidang militer apa aja ya….??? tank kah…???

  6.  

    cung klah cpet

  7.  

    Erdogan Mencari dukungan kebijakan yg akan diimplementasikan di dalam negerinya

    •  

      apa dukungan yang dimaksud adalah supply komoditas Indonesia untuk Turki sebagai pintu Eropa yang dibarter Turki dengan kerjasama industri pertahanan dengan Indonesia kah, bung bakul panci?

      saya masih dangkal ilmu geopolitik dan geostrategi, bung….mohon disharing ya bung

      salam NKRI

      •  

        Memerangi isis bung pager wojo..

        •  

          Bukan hanya Isis namun juga kebijakan erdogan diberbagai bidang untuk memperkuat pemerintahannya,, ya saya harap bukan hanta mencari dukungan saja ke Islam di Indonesia namun juga datang ingin memperkuat tali persaudaraan

        •  

          Turki sangat banyak bantuannya untuk Bangsa Indonesia, mengulangi sejarah masa lampau ketika membantu kesultanan Aceh melawan Belanda.

          Kini Turki memberikan bantuan ke Indonesia dn juga seluruh dunia mulai dari beasiswa, kerjasama militer, ekonomi bahkan membantu mengatasi permasalahan pengungsi.

          Turki modern dibawah AKP ingin mengembalikan supremasi global seperti masa kekhalifahan Turki Ustmani

  8.  

    Geng Nato dah mulai merapat dimari…masih jualan produk LCSkah.?? Atawa cuci gudang discount gede”an.?? Blm lama PM inggris, dan Asu yg bawa peralatan lenongnye ke benoa bali…

    ….NKRI HARGA MATI….

  9.  

    Mungkin juga membahas tentang join venture pabrik kebab terbesar di dunia…

  10.  

    Nah Turki bisa jadi alternatif rencana cadangan utk diajak menjadi partner bila ingin membuat pesawat tempur bila kerjasama KFX dengan korsel krn turki juga ingin mengganti armada F-16nya utk berdampingan dengan F-35 tapi kendalanya Turki juga kiblatnya blok barat

  11.  

    Erdogan pening tujuh keliling karena skelilingnya negara konflik
    Indonesia pusing tujuh keliling karena sekelilingnya negara maling

  12.  

    kapal kecil2 apa ya?, setau ane cmn tank medium bareng fnss. mohon pencerahanya..

  13.  

    Jadi kepingin ke Turki. Ketemu Berguzer Kohrel.

  14.  

    Salahudin al ayubi mas. Bukan salahudi al qurds..

  15.  

    Turki melakukan survey kepuasan pelanggan produk militer. Apa perlu dibuat produk tank lebih canggih dari airmata dan abram?

  16.  

    Katanya Turki bagus tuh dalam pembuatan kapal cepat. Ga kalah sama buatan Lundin & Intac.
    Erdogan! Why did you permit the your air bases used by the USA to attack Sunni Muslims in Iraq and Syria?
    Like the hypocrites, ye!

  17.  

    sebentar lagi jadi “barang ghoib”….. wis tuo rek……

  18.  

    Bangsa Kurdi mendapatkan tempat terhormat dan layak setelah Turki dipimpin oleh pemimpin muslim yang taat, yaitu Presiden Erdogan. Entah nasib Suku Kurdi jika Turki masih dipimpin oleh penguasa sekuler yang bengis dan kejam terhadap warga negaranya sendiri.

  19.  

    ada gula ada semut….

  20.  

    Komentar PARA BELAJAR HITUNG/IQ JENGKOK/BLOOOON/IDIOOOT/GUUOOBLOOOKKKK cuma komen PERTAMAX 123456….10

  21.  

    Erdogan, contoh Presiden ideal.

    Entah kapan kita bisa menyamai Turki yang perkembangan ekonominya sangat pesat…
    Asal jangan ada orang asing yang ngobok2 kayak di Tolikara, kita mungkin bisa.

  22.  

    pantes, tipi2 swasta mulai membuka kran drama2 turkey..

  23.  

    CINTA DI MUSIM CERRY