Apr 222015
 

image

Jakarta – Kritik keras disampaikan Presiden Jokowi ke lembaga-lembaga keuangan dunia. Jokowi bahkan menyebutkan lembaga semacam Bank Dunia, ADB, dan IMF harus dibubarkan.

“Pandangan yang mengatakan bahwa persoalan ekonomi dunia hanya bisa diselesaikan oleh Bank Dunia, IMF (Dana Moneter Internasional), dan ADB (Bank Pembangunan Asia) adalah pandangan usang yang perlu dibuang,” tegas Jokowi dalam sambutannya di acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA), di Jakarta Convention Center, Rabu (22/4/2015).

Jokowi menyampaikan pidato dalam pembukaan di puncak peringatan KAA dengan bahasa Indonesia. Pidato Jokowi sebelumnya juga meminta agar PBB direformasi serta kemerdekaan Palestina didukung.

“Kita mendesak reformasi arsitektur keuangan dunia, menghilangkan dominasi kelompok negara atas negara lain,” katanya.

Jokowi menilai tatanan ekonomi dunia seperti sekarang masih penuh ketidakadilan. Negara-negara kaya seakan punya posisi yang lebih superior dan menentukan perekonomian global.

“Terpampang di hadapan kita, ada 20 negara kaya. Sementara 1,2 miliar jiwa tidak berdaya dalam kemiskinan. Dunia yang kita warisi saat ini sarat dengan ketidakadilan, kesenjangan,” ucap Jokowi.

Dunia tak berdaya melihat Palestina Dijajah

Presiden Jokowi menyinggung Palestina dalam pidatonya di puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA). Jokowi menilai, dunia bahkan PBB tak bisa berbuat apapun saat Palestina mengalami penjajahan hingga kini.

“Dunia tak berdaya melihat Palestina akibat penjajahan. Kita tak boleh berpaling dari penderitaan rakyat Palesina,” jelas Jokowi dengan bahasa Indonesia, Rabu (22/4/2015).

Menurut Jokowi, negara di Asia Afrika harus bersatu berjuang untuk palestina. Jokowi mengajak para pemimpin di Asia dan Afrika untuk bergerak.

“Sebagai negara demokrasi terbesar, Indonesia siap memainkan peran global. Indonesia siap kerja sama dengan semua pihak,” urai Jokowi yang disambut tepuk tangan.

Masa Depan ada di Bangsa Asia – Afrika

Presiden Joko Widodo membangkitkan semangat para negara bahwa saat ini masa depan dunia ada di dua benua tersebut.

“Melalui forum ini, saya ingin sampaikan keyakinan saya bahwa masa depan dunia ada di sekitar ekuator, di tangan kita, bangsa-bangsa yang ada di dua benua, Asia-Afrika,” kata Jokowi yang berpidato dalam Bahasa Indonesia di Plenary Hall, JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Jokowi mengajak bangsa Asia dan Afrika untuk mempertahankan solidaritas untuk maju bersama dan meningkatkan perdagangan serta investasi. Ekonomi Asia-Afrika harus maju dengan pembangunan konektivitas berupa infrastruktur.

“Indonesia akan bekerja menjadi jembatan maritim yang menghubungkan kedua benua,” ujar Jokowi yang mengenakan jas dan dasi merah ini.

Jokowi kemudian membahas tentang stabilitas eksternal dan internal serta masalah HAM di Asia-Afrika. Untuk mengatasi konflik di negara-negara Islam, Jokowi mengajak negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

“Indonesia prakarsai pertemuan informal negara-negara OKI untuk mencari penyelesaian berbagai konflik yang melanda negara Islam,” ucapnya. (Detik.com).

  188 Responses to “Presiden Jokowi di KAA: Bank Dunia, IMF, ADB Harus Dibuang”

  1. salut Pak Joko untuk yang ini

    • tinggal pembenahan yang ada dalam internal RI ,

      missal kebijakan tidak populis, kebijakan menyengsarakan rakyat , proxy war,
      adili koruptor , pengembalian dana pelarian modal di luar negeri , insentif tax heaven untuk PMA , Kebijakan pro-buruh ,
      dan yang terakhir ,

      ganti manajemen menteri anda yang hanya bisa teriak, teriak , teriak dan pers, pers ,pers
      apalagi tidak sanggup untuk kerja,kerja,kerja
      peringatkan juga agar konsen dengan tugasnya tidak selalu undang media

      Rekomended untuk diganti : IGJ / menhub : RR/menhan : Menkopolhutkam
      Alasan : membuat pelemahan -pelemahan sendi pada Diri Warga Indonesia untuk maju dan percaya diri di mata asing

      • OHO itu baru Gregeeeet PAK …..
        Sayang ngak bisa liat live streaming KAA Cuma WEF yg Live

        • saya sangat yakin Jokowi orangnya sangat brilian .. untuk petugas Partai .. saya sangat yakin pak Jokowi akan sangat bijaksana .. kapan harus jadi Petugas Partai .. kapan saatnya jadi Pelayan Masyarakat , kapan jadi Petugas Negara … hidup pak Jokowi semoga bapak selalu di lindungi Allah … amiiiin .. I love you Mr President .. walau saya tidak suka sepak terjang PDI P

      • Tapi pak jangan mau menjadi PEJABAT PARTAI. Kepentingan negara diatas segala2 nya.

    • MANTAPP…JOKOWII

    • hati hati bangsa indonesian terlalu lantang menentang PBB..NATO siap bergeming,,ini sama kasusunya kayak ahok vs DPRD jakarta..

      nyahok jokowie,,serangan balasan..entahlah ini sama menyulut api dalam jerami..

    • Bank Dunia, IMF, ADB Harus Dibuang” ini sumber Rupiah anjlok..
      nanti pasti serangan moneter kenak bangsa indonesia terlalu menentang blok barat..nyahok jokowie..

      MANTAP JOKOWIE..HANCUR BANGSA INI Menantang melawan NATO…
      merambet ke asia tenggara.
      perang perang melawan sekutu nato diasia tenggara..
      blok timur senang ni..indonesia kelabakan hadapi genjetan ekonomi..

    • Angkat topi buat anda Pak Presiden.

      • Ngomong gitu Presiden kita juga harus mikir apa kita sudah kuat ekonominya? Di ganggu barat dikit aja ekonomi kita bisa hancur bung. Ingat setelah Jokowi ngomong masalah Natuna di Jepang, di China kemudian tak terdengar lagi pejabat China mau invest 40 T. Kemaren di sela KAA,Jokowi mau nagih janji ke presiden China. Ngomong juga perlu mikir akibatnya,Itulah kelemahan Jokowi yang mendasar.

        • Contoh lagi masalah hukuman mati ,setelah di protes banyak negara Jokowi jadi repot sendiri.Makanya mikir dulu sebelum mbacot.

          • Bung Komerat, loe cemen banget sich … dikit-dikit takut sana dikit dikit takut sini , …. klo topik udah jelas dan bener, lempeng ke arah situ jangan noleh noleh lagi.
            Sikap tegas di Natuna ga usah takut klo China ga jadi invest, mereka semua hitunganya juga bisnis. Jika China ga masuk invest, negara lain masuk dan China akan mikir sendiri.
            Masalah hukuman mati, emang kamu takutnya APA ? baru saja langkah hukum pidana mati dari Prancis sudah final ditolak hakim.
            Bacotnya kecil banget kayaknya kamu ya Bung?

          • yali ma biji ye komerat kecil bung mkye mental ayam sayur, blm siap dgn kebesaran bangsa sendiri.

        • @Manchunk sama Senopati. INGAT SEJARAH bung,Soekarno lawan barat tapi ekonomi belum kuat ,di obok obok barat dikit langsung jatuh. Sebelum berangkat lawatan ke Jepang dan China ,jokowi bilang mau ada invest dari China 40T ,tapi di jepang bicara lantang tentang Natuna ,Presiden China tidak lagi bicara 40 T,di KAA di beritakan Jokowi ngemis janji presiden China?? Kontradiktif pernyataan Jokowi dan keinginannya.Saya setuju NATUNA kita pertahankan tapi caranya harus Smart ,adalah lucu bila kita serang seseorang trus saat bersamaan kita mau pinjam uang darinya?

          • Lagi apa benefit dari peryataan Jokowi itu ? yang adalah menciptakan musuh?Andai (mudah mudahan tidak terjadi ) ekonomi kita kolaps lagi seperti tahun 98 ,siapa yang bisa bantu kita ?Berani adalah suatu perbuatan yang telah diperhitungkan sebelumnya.Nekad adalah perbuatan tanpa mikir,lu pada milih mana?

          • lihaT aja tu china memainkan indonesia..china kebanyakan boongnya..amerika kebanyakan bertindak menekan,. makanya jangan OMDO dong jokowie..nanti masyarakat nagih janjinya..dan jangan menjelekan koporasi bank nanti IMF akan menjatuhkan PT DI
            sama kasusnya N250.

            kita musti main cantik..jangan terang terangan dihadapan KAA.nanti kenak serangan fajar baru nyesel berakibat fatal

          • Atau jangan” pak Jok tidak sadar apa yg dibacanya ? sama seperti tanda tangan Perpres yg diralatnya setelah ada penolakan dimasyarakat

          • Ok mari kita sama sama lihat sejarah, Sukarno lengser dan ekonomi amburadul bukan krn diobok obok barat, krn hutang kita pembelian alutsista besar besaran dan salah langkah konsep nasakom yg dimanfaatkan komunis. Barat memanfaatkan situasi itu krn membendung faham komunis bukan yg lain.
            Kita lihat 98 , senurut apa pak Harto waktu itu ke barat? Kok masih rusuh juga? Artinya ga ada korelasi langsung dengan asumsi anda “takut nanti diobok obok barat”. krisis moneter yg menerjang saat itu hampir semua negara berkembang degnan fundamental ekonomi yg buruk spt kita yg paling parah, bukan fokus ke kita. Jangan menyalahkan pihak lain/barat jika itu memang kelemahan kita sendiri, parahnya menyebabkan anda trauma”takut” untuk bersikap dan mengambil sikap benar.
            Saya lebih suka kita clear mengambil posisi yg diyakini benar, daripada ambigu , safety player .

          • @ Senopati pamungkas .Jokowi tak suka lembaga moneter dunia,saya setuju,mau bikin Bank Asia Afrika ,bagus .Buktikan dulu bisa bikin dan jalan,baru boleh jelejkan lembaga lain. Karena kita sudah punya alternatif bila krisis menimpa.Sekarang ngomong lantang,siapa tahu kita kena krisis ,apa Jokowi tidak akan menjilat ludah sendiri ,mengemis sama IMF atau Bank Dunia?.Baca sejarah yang benar gimana Sukarno jatuh dan Suharto jatuh . Permainan intelijen tingkat tinggi memanfaatkan kekacauan ekonomi. Menghancurkan sebuah negara tak perlu militer bung ,Tengok Rusia saat ini ,sudah amburadul ,andai terjadi di Indonesia putin saya jamin sudah lengser.Wong minyak naik dikit aja rakyat sudah protes .

          • Itulah sebabnya pak joko bilang,, imf dan tai pedut yg lain harus dihapus atau di reformasi, sebab dunia ini penuh ketidakadilan,, kalo indonesia di obok” lewat ekonomi artinya ketidakadilan kan bagi indonesia,, intinya keadilan..

        • komerat tititnya kecil hatinya kecil , cuma mulutnya doang yg besarrrrr.

      • Hehe… Kita tunggu yaa… Bkn sekarang… Sampe 5 th deh… Ucapan beliau hanya bualan or kenyataan…
        Masalah ketidak adilan itu pernah di suarakan masyarakat amerika selatan,, n mereka berani menasionalisasi perusahaan tambang asing dll….
        Masalah palestina,, dulu pernah di OKI di katakan hal sama spt jokowi bilang… Tp yg terpenting ucapan khadafi : buat apa kita bahas isu palestina jika hanya sebatas kata” tanpa tindakan..??.

        Di tunggu suara lantang jokowi soal palestina…

    • Saya pikir hebat jg berani menyatakan ini …. tapi saya malah kuatir konsekwensinya. Kalau mereka ngamuk itu diem2 kayak krisis 98 akan menyusahkan banyak orang … lebih baik diem2 dulu sambil bekerja keras. Kalau sdh sekuat China sih ngak papa… duit kita masih pas2 an loh

    • salute buat pk presiden…gema indonesia sbg negara pelopor seakan hidup kembali.
      Dan jangan hiraukan cuapan2 pasukan pendendam , terutama di forum ini…mereka sudah jelas hanya mencari kesalahan org lain saja, jadi tidak heran apa yg di ucapkan dan di lakukan jokowi bgi mreks smuanya salah. Seorang petani tdk mngkin menghasilkan ikan di tengah ladangnya” brgitu juga seorang pencari kesalahan tdk mngkin menemukan kebenaran spnjng hdupnya.

    • Makanya namanya fansboy,. Baru pidato aja udah salut ,

  2. Absen dulu

    • se7 mr. jokowi, bank tu calo duit, bank ga punya duit, duit yg dipinjamkan bank duit dari masyarakat juga, mending langsung aja minjem duit ke masyarakat, dah gitu ngenain bunga tinggi lg, riba, dah gitu dipotong administrasi mulu, nabung, duit malah habis, alasannya kebijakan perusahaan, pret..

      riba itu dosanya besar sekali, sekali makan riba dosanya lebih besar daripada ngentiaw dengan ibu kandung sendiri, sekalipun tdk makan riba tetep terkena debu2 riba

      lebih se7 bagi hasil

      • Kalau nga setuju dengan bank jangan pinjam duit bank,.. bukan berarti ngurusin gmana caranya bikin bangkrut bank,. Kaya nga ada kerjaan aja, ingat pak jkw itu presiden. Bukan bankir

      • Hahaha…. Bicara spt itu (protes WB,ADB dll..) karna sdh ada china sbg penggati WB, ADB dll… Masuk perangkap china, hati” natuna…

    • Pemimpin itu Memimpin BUKAN DiPiMPiN , saya sangat MALU dan KASiHAN ke si JKW dikata- katain si MBOKKE , Sudah dibiLangin pengurus PartaiLah , KaLau membeLot siLahkan Angkat kakiLah , kaLau macam2 saya sembeLLih Laah , sampai Kasus BaLi nine JKW biLang saya sudah gak ikut2an , kasus pencurian ikan wakiL bu SUSi sampai tewas mengenaskan , kasus KPK gak beres2 di babat semua Ketuanya di ganti CEM2man megowati, Semua Perampok , BegaL dan GENG MOTOR Dibiarkan MERAJA LELA !!! KaLau sudah tidak mampu Mengundurkan Diri aja JKW atau keLuar dari PDi-P Lebih baik !!!

      • bung PCM , ayo kita kawal beliau ,
        Presiden adalah salah satu alat Negara dan symbol Negara yang patut dihormati ,
        tidak hanya rakyat , akan tetapi kalau bisa dimata international

        prosesi menjadi presiden itu yang membuat kita harus tunduk pada sebuah konstitusi , dan memang terpilih secara aklamasi maupun konstitusi

        apapun presidennya , Mari kita kawal dan kita jaga ,bahkan dulu Pak Gusdur ataupun bu Mega , pak Habibie

        yang membuat tidak nyaman itu kan julukannya dari partai sebelah ,
        dan buat bu Mega,
        Sudahlah… anda juga kan pernah menjadi presiden . pahit getir nya juga anda rasakan sendiri bagaimana memipin sebuah Negara
        cukuplah anda menjadi sesepuh dalam perjalanan sebuah bangsa , seperti pak beye, pak amien dan pak maupun bu yang lain

        Janganlah meng-olok-2 Pak Joko yang nyata nyatanya juga presiden Anda juga ( meski mencoba anda meremehkan )

        Mengejek JKW sama artinya anda mengejek alat Negara dan juga symbol Negara ,

        mari kita dukung kebijakan-kebijakannya , yang salah mari diluruskan , yang benar ayo kita ikuti

        Meski dalam diri Ane sendiri bukan Pejuang pemilih JKW , jujur dalam hati ingin bangsa ini dihormati baik dalam maupun luar negeri saja

        Salam / BFB / Anak bangsa

      • Sebenarnya bung pcm lagi ngluarkan unek2 nya..

        Mbededeg gek-an.. Hehehe

        Ya mungkin ekspektasi beda jauh dengan kenyataan.. Apalagi dengan adanya ketidakamanan tempat tinggal bung pcm tinggal banyak kejahatan tp pemerintah kurang peduli

        Jadi bung pcm komentnya trlalu terbawa suasana..

        Salam NKRI

  3. Semangat soekarno mulai di bangkitkan. . .maju

    • Halah pidato di buatin sama org bukan dari diri sendiri, kalao anda menghukum mati korupsi dan menggantung para pengedar narkoba,
      Itu baru leres pisan wi jokowie,
      Kebijakanmu itu lho seperti kebijakan dlm kebon binatang, 🙂 :-@

  4. mantap

  5. Mantap

  6. Semoga bisa direalisasikan dengan baik

  7. Pak Presiden wow

  8. mantap pak…teruskan

  9. MANTAP pak……!!
    Penjajahan harus dihapus dr dunia

  10. Wow..tindak lanjutnya seperti apa pak..?

  11. itu baru Presiden Indonesia, bukan bertndak sebagai petugas partai, teruslah konsisten !

  12. joss pak,lanjut !!!

  13. Gini dong pak kalu berpidato..sip tenan….tapi kok pas rekernas partai moncong pak jokowi tidak pidato apa hanya diangap petugas partai oleh mak itu….haduh….

  14. Indonesia juga perlu membuat WB, IMF, dan ADB tandingan untuk negara berkembang untuk memastikan hubungan ekokomi dan politik antara Indonesia dan negara yang dipinjami.

    WB, IMF, dan ADB tidak perlu dihapuskan juga tidak apa. Kalau ada orang jual penyakit tentunya salah sang korban yang jadi sakit karena cari penyakit. Lebih baik yang jual penyakit kita gandeng buat orang tertentu sakit buat kepentingan kita.

  15. Kritik keras disampaikan Presiden Jokowi
    ke lembaga-lembaga keuangan dunia. Jokowi
    bahkan menyebutkan lembaga semacam Bank Dunia,ADB, dan IMF harus dibubarkan.????????

    bagaimana dengan CNB(china development bank)pak jokowi…????

  16. “Pandangan yang mengatakan bahwa persoalan ekonomi dunia hanya bisa diselesaikan oleh Bank Dunia, IMF (Dana Moneter Internasional), dan ADB (Bank Pembangunan Asia) adalah pandangan usang yang perlu dibuang,” tegas Jokowi dalam sambutannya di acara peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA), di Jakarta Convention Center, Rabu (22/4/2015)

    Pidato Jokowi sebelumnya juga meminta agar PBB direformasi serta kemerdekaan Palestina didukung
    ======================================
    keberanian seorang JOKOWI patut di acungi jempol….

  17. Betul Pak Jokowi…IMF jatahnya Eropa (sekarang sudah sekarat karena krimon), Bank Dunia jatahnya USA (masih kelihatan kuat tapi gak tau 20 tahun lagi) kalau ADB jatahnya siapa ya ??? sementara yang lainnya ( Asia Afrika ) hanya jadi penonton…..

  18. Menkumham & Menpora jg diganti dong..

  19. Kemerdekaan Palestina, PR utama dlm tujuan agung KAA yg tak berkesudahan..

  20. SETUJU PAK !!! Bangsa penjajah harus dihapuskan dari muka bumi. Saatnya Asia – Afrika memimpin dunia.

  21. wow, pidato yang mengagumkan, berani, sekaligus mengundang bahaya. melawan hegemoni imf, wb dan dollar adalah tidak mudah, mereka akan melakukan 1001 cara untuk membuat sang lawan takluk. tapi saat inilah moment yg tepat untuk melawan, selagi mereka belum pulih benar dari ketrpurukan ekonomi serta perlawana dari rusia.

    • betul juga bung SY, meskipun ada kekhawatiran tindakan balasan dari mereka akibat pidato itu, tapi sekaranglah saatnya menyuarakan secara lantang. Jangan nunggu lagi sampe mereka bangkit ekonominya, atau punya cara baru menjajah asia afrika.

      kalo bukan sekarang, kapan lageeeee

      • Tunggu kita kuat seperti China Bung ,mudah mudahan paling lama 10 tahun lagi. Dimana kita bisa produksi sendiri apa yang kita butuhkan.Tidak lagi impor kedelai,beras,BBM ,sapi dan barang kebutuhan dasar lainnya. Politik kita kuat,saat ini Jokowi masih lemah akibat parlemen tidak di kuasai. Dengan uangnya barat bisa dengan mudah menjatuhkan Jokowi kalau mau,terlebih mental KORUP pejabat kita.Jangan berfikir barat akan menyerang dari luar tapi memakai tangan orang kita sendiri seperti jatuhnya Soekarno dan Soeharto.Amit amit jangan sampai terjadi.

  22. Mantap ….
    world bank n imf memang harus d bubarkan ,LINTAH DARAT NYATAAAA ,.KITA UDAH PERNAH JADI KORBAN
    Lepasnya timor timur dan hancurnya IPTN ( PT DI ) sebagai syarat pinjaman

  23. Pernyataan yang berbeda ketika dihadapkan pada partai pengusung

    • karena saya bukan orang partai, apa yang dia lakukan terhadap atau bersama partainya bukan urusan saya bung…

      sebagai WNI, saya hanya peduli pada apa yang dia lakukan untuk rakyatnya, bukan partainya…(aku rapopo karo partaimu-begitu yang cucok…)

  24. > Bank Dunia, ADB, dan IMF harus dibubarkan …

    WELCOME AIIB !

  25. Apa yang disampaikan Jokowi adalah benar.Tapi tidak perlu juga menyerang lembaga keuangan dunia. Rentenir sekalipun kita perlukan selama tidak ada alternatif lain.Contohnya saat kita kritis keuangan kita terpaksa minta bantuan tahun 98. Yang perlu di rumuskan adalah alternatif lain dari negara negara peserta KAA. Coba inisiasi bikin bank bersama dengan pola seperti bank SYARIAH. Jangan seperti Bank Muamalat Indonesia yang dalam mencari keuntungan sama saja besarnya dengan bank biasa.

    • setuju, begitu perhitungan cicilan lho kok menggunakan irr dan tingkat suku bunga bank konvensional. ilmu tetap menggunakan future value vs present value. yang diperbaiki hanya metode akad kredit biar islami tetapi belanga tetap konvensional. seharusnya konvensional 10% syariah <5%. secara lahir dapat esensi belum dapat.

    • setujum terbukti sistem syariah lebih bagus dari sistem sekarang ini

  26. Yth bpk Jokowi

    Pidato bpk beda dr yg lain, terkesan keras melawan arus dan berani. Usul nya memang menarik karena kita belum merasakan manfaat dari lembaga2 tsb!! Namun solusi nya bagai mana pak Jokowi???
    Sy jd teringatt pidato bpk saat kampanye pilpres, menarik dan memenuhi dahaga masyarakat. Namun banyak ide2 bpk tersebut yg sulit untuk bpk terapkan. Sehingga ekonomi dan politik negara terganggu!!

    Sy terperangah membaca seruan bpk di KAA ini, namun maaf pak Jokowi sy tak percaya ide tersebut dapat terealisasi sama seperti sy tak percaya kepada janji2 kampanye bpk!!
    Mudah kita berucap, berseru, dan berteriak. Namun kenyataan akan jauh dari harapan!!

  27. Pidatoax hsil krya buah fikir sndiri ato dr seskab nih?hehhe..salut

  28. Lanjutkan…

  29. di youtube ada video nya bro….judulnya pidato bahasa inggris jokowi di KAA

  30. Wlopun pidato pak jo krya sebuah naskah.. Tentu itu psti dtang.a dri inisiatip pak jo sndri. Klo bkn mna mungkin pak jo mw brpidato mengglegar sprti itu. Apa mungkin seorang mw mnerima jika berlawanan dengan naluri hatinya sendiri..

  31. Semoga ketegasan pa JKW ini jangan hanya ke dunia luar aja….. jangan terbelenggu dengan embel-embel ‘petugas partai’,,, buktikan p JKW adalah ‘petugas rakyat’ , milik rakyat indonesia

  32. Mantap pak Presiden,,,,, lanjutkan, Indonesia menuju super power dunia yang berguna

  33. Sikaaattt

  34. Luar biasa. Pernyataan yang begitu berani, tegas dan idealis. Sebagai rakyat, saya akan mendukung.

  35. Mungkin ini hanya pacingan buat China dan India utk membentuk aliansi perbankan baru bersama Rusia serta sentilan kepada bankir negara2 timur tengah yg hanya mengambil untung semata dng ada WB,IMF serta Jepang dan Korea lewat ADB
    Entah apa maksd dari kritikan terhadap ketiga lembaga keuangan tsb
    kalo kritikan kepada PBB jelas krn selama ini PBB hanya dikendalikan negara2 NATO walopun sekjennya dri Asia ato Afrika tpi kenyataan nya hanya negara NATO yg dpt membuat suatu keputusan PBB bisa berjalan ato tidak

  36. Sudah dari dulu kok Beliau keren..plus mantap..
    Komen saya aja yg gk keren..plus gk mantap..

  37. mencla mencle, hanya sebuah cerpen untuk penghibur diri

  38. Berani,Bersih,Benar. Pidato yg bagus Pa Presiden
    Ayo Pa Presiden kita bangun bank tandingan untuk merubuhkan bank buatan iblis !
    Coba Pa bikin Bank Asia Afrika ,, ( BAA ) ,, siapa tau gagasan ini di setujui oleh angota Asia Afrika ..
    Mongo di lanjut ,,

  39. Wah tumben pakde Jokn bisa selantang ini suaranya.Utk kali ini saya sangat2 setuju sekali

  40. Bank dunia seperti memihak pada negara yang kaya raya dan selalu memanfaatkan dan menekan negara negara yang miskin.

    Kalau masalah ini gue bravo deh sma pak jokowi dodo…salut, tekan terus pak jokowi… dgn kita menekan kita jg harus mempersiapkan diri dulu pak jokowi… merdeka

    • Memang IMF,Bank Dunia dll. Itu semua sudah dikuasai oleh Zionis, apalgi USA yang memang dibentuk oleh kaum Freemason dan Zionis untuk, bisa terlihat sendiri bagaimana presiden JFK ditembak setelah ingin membuat dollar di luar The Fed.

      Cmiiw

  41. IMF, ADB, Bank Dunia, hanyalah lintah darat kelas dunia, rentenir yang mencekik ……. !!!

  42. Mari kita move on dan on the track, jaga ya janji nya kalo lembaga keuangan dunia itu tidak kita butuhkan!!! JANJI JANGAN NGUTANG LAGI!!!

    • Boleh sih nggak ngutang tapi dengan syarat : subsidi bbm dicabut, listrik naik, pajak naik. Nanti pasti yang teriak mengeluh paling banyak adalah golongan BANGSAWAN (BANGga Sudah jAdi karyaWAN).

    • TuKang ngitung@ memang mau di naikkan gimana lagi BBM nya, listrik, pajak dll? Apa perlu melebihi harga di kutub utara biar Indonesia Hebat?

  43. jiwa soekarno ada pd pak jokowi, pidatonya bikin bulu kuduk merinding

  44. Waduh nih pak joko, kok ngomongnya sombong banget, lha wong dia baru jadi presiden aja ekonomi real indonesia turun drastis hampir 30% nih, kagak usah banyak bicara yang membuat permusuhan, banyak-banyaklah mencari teman, benahi dulu sektor riil masyarakat indonesia nih, rakyat dah bayak yang menjerit. Kagak usah cari musuh lah…..

  45. Udah ada statment balasan dari ibu Sri Mulyani..?? yg notabanenya Petinggi Bank Dunia asal Indonesia..smoga thn depan ga NGUTANG lagi y pak buat isi tambahan KAS MODAL buat APBN..apalagi dari lembaga tersebut, coz UTANG kita sdh 2000 T..

    • Gampang……..
      tinggal blg ke mbok, mau jual apa buat nutup kekurangannyà.

    • bukannya kita malah menanam saham di imf di jamannya pak SBY ?

      • betul bung alugoro…

        pd KTT Los Cabos, beberapa negara menyetujui memberikan “pinjaman” kpd IMF.
        antara lain Singapura ($4 M), Malaysia, Thailand & Filipina, (masing” $1 M).
        Bahkan, Indonesia pun bersedia menyumbang $1 M kpd IMF.
        Namun, laporan lain menyebutkan bahwa ada dana misterius sebesar 25 Trilyun yg diserahkan Indonesia kepada IMF.

        Indonesia adalah salah satu negara yg pernah mengundurkan diri, namun kemudian bergabung kembali. Disamping Indonesia, juga ada Cekoslowakia, Polandia & Kuba. Namun pd akhirn’a,negara” itu memilih bergabung lagi, kecuali Kuba yg tetap pada pendirian’a utk tdk lagi menjadi anggota IMF.

  46. yg ini SAYA SALUTE

  47. PERKENALKAN INI PRESIDEN KAMI JOKOWI…
    Sejak Pilpres saya selalu menebak ke arah mana kecondongan politik luar negeri Jokowi.
    Saya akhirnya memilih Jokowi karena lawannya jelas condong kepada blok barat, melihat kepentingan Hasjim untuk melanggengkan hubungan Indonesia-AS. Apalagi kedekatan mrk dengan Jordania yang kita sdh paham arah politiknya.
    Suka tidak suka, arah politik luar negeri menjadi hal yang menentukan sejak terjadinya perang Suriah, dimana kekuatan terbagi dua. Kita sebut saja blok barat dan blok Timur. Dan Indonesia tidak mungkin lepas dari situasi ini.
    Dukungan kuat Indonesia terhadap Palestina semakin meyakinkan bahwa Indonesia mulai mengarahkan kebijakan politiknya untuk tidak mengikuti angin dari barat. Dukungan ini berpotensi akan merusak hubungan Indonesia-AS, karena AS sdh jelas ada di pihak Israel. Apalagi jika kemudian terlaksana kedubes Indonesia di Ramallah, yang mengokohkan pilihan Indonesia. Menyikapi dukungan Indonesia ini saja, AS sudah terkaget2 dan mulai berwajah tidak suka. Apalagi Indonesia adalah leader dalam menyiapkan deklarasi ini, di forum Internasional lagi.
    Belum selesai, Jokowi mulai membuka kartu-kartunya satu persatu.
    Kritikannya terhadap IMF, World Bank dan ADB adalah bagian dari sikapnya yang ingin melepaskan diri dari cengkeraman barat. Jokowi mengajukan untuk membuat model Bank Asia Afrika sebagai pembanding ketiga bank yang mirip lintah pengisap darah itu. Dan AS adalah pemegang saham terbesar disana.
    Ide pembentukan bank mutilateral ini bisa dibilang terinspirasi oleh gerakan China membentuk AIIB, Asian Infrastructure Investment Bank. Sebagai catatan, AIIB adalah bank investasi yang saham terbesarnya di miliki China dan akan digabungkan dengan India. 21 negara sdh bergabung disana termasuk Indonesia yg akan memulainya tahun depan.
    AIIB ini jelas program untuk mematahkan dominasi dollar dan kendaraan China untuk memperbesar pasar Yuan. Ini bagian dari perang dunia dalam bentuk ekonomi. Jika Bank Asia Afrika jadi terbentuk dan mereka bekerja-sama dgn AIIB, maka dominasi AS di Asia bisa terancam berat.
    Menarik melihat Jokowi mulai memainkan “ruh-ruh” Soekarno disini. Soekarno dulu juga adalah leader yang menyatukan negara2 berkembang untuk melawan hegemoni AS. Di masa Soekarno, Indonesia selalu berperan dalam kegiatan internasional dan dengan cara inilah Indonesia selalu dipandang dengan dua belah mata.
    Cara ini juga yang dillakukan Mahmoud Ahmadinejad, untuk menarik pandangan mata Internasional ke Iran yang sedang tumbuh dari keterpurukannya akibat embargo. Ahmadinejad dengan pernyataan2 kontroversial-nya terhadap AS, sebenarnya melakukan “marketing” supaya negaranya “terlihat” oleh negara lain. Dan berhasil.
    Membaca arah seperti ini, kelihatannya kita akan banyak melihat hal-hal yang menarik selama 5 tahun masa pemerintahan Jokowi. Prediksi saya, Indonesia mulai mengarahkan hubungan ini ke poros Rusia, Iran dan China, seperti yang dilakukan Soekarno meski dulu tidak ada Iran.
    Tentu dengan strategi cantik dan tidak frontal seperti yg dilakukan Soekarno, Putin dan Ahmadinejad, karena Jokowi punya gaya sendiri. Dan khas Jokowi, gayanya selalu memutar sebelum masuk ke titik tujuan.

    • Menarik..bung Sanjiono..

    • Khas Wong solo mas 🙂

    • sayang jokowi melupakan persoalan politik dan hukum dlm negeri.. semua skr serba tertutup gk jelas.. mirip sukarno dlu… outward looking dan abai pd inward looking.. akhirnya mudah terguling

    • Saya setuju analisa anda Bung, tapi harus hati hati Jokowi,saya malah khawatir Jokowi belum punya konsep yang prufen tentang sumber permodalan selain lembaga yang sudah ada. Di bilang condong ke China tapi dia menyerang China tentang dispute laut china. Padahal bisa di bicarakan baik baik pasti hasilnya akan lebih baik dapat capital untuk membangun juga masalah Natuna selesai dengan baik.Yang saya lihat adalah sembrono ,contoh kasus exsekusi hukuman mati ,harusnya sudah di pikirkan dampaknya serta keuntungannya sama Indonesia.Makanya harus ada yang mendampingi JOKOWI dalam merumuskan kebijakan dan mengkaji konsekuansi setiap langkah.Jika mau bentuk Bank Asia Afrika itu bagus ,pakai sistim SYARIAH yang murni . Tak perlu juga mengecam lembaga keuangan lain. Untuk apa cari musuh padahal tidak ada gunanya.,tidak ada benafit yang jelas dari pernyataannya itu.

    • mantap

    • Setuju bung ! Tpi partai pengusungnya itu lho bung bikin gregetan, sukannya ngrencoki pekerjaannya pak presiden, klo ane rasa pak Jokowi ingin keluar dri partai tersebut cuma belum ada partai yang mau menerimannya !

      Imho cmiiw

  48. mantab pidato presiden kita..semoga tidak hanya retorika saja

  49. secara teoritis,,, konsepsi pembangunan nasional dan ekonomi jokowi sgt luarr biasa… tapi ketika pd praktekny konsepsi hanya tertulis dlm kertas aq jd kecewa… kekecewaan berlebih ketika melihat PDIP merasa pling berjasa pd jokowi.. menafikan partai lain… dlu aq yakin kenegarawanan mega spt sonia gandhi ketika iklas mnyerahkn jabatan PM pd manmohan singh.. pi ternyta megawati hanya sesosok oportunis. rakus… dan tdk akan lgi pilih capres PDIP lgi.. aq gk nyesel milih jokowi.. pi aq nyesel sikap megawati

  50. Luar biasa untuk pidato ini, pwerlu diapresiasi meski saya tidak sejalan dengan banyak kebijakannya, tapi yang ini …………luar biasa, berani !!

  51. Bagus Presiden!
    Emangnya dunia ini cm milik mrk, shgg mengotak atiknya dgn seenak wudelnya sj.
    Utk menjadikan dunia ini adil, makmur, aman, dan sejahtera, mk mutlak tatanan dunia yg ada pd saat ini hrs direformasi.
    Dan ane berharap Indonesi menjadi pelopor dr perubahan tersebut.
    Hidup Indonesia!

  52. Saya setuju dengan pidato Presiden. Setiap langkah pasti selalu mengandung resiko. Tapi setidaknya dibutuhkan ketegasan agar negara kita dilirik Dunia.
    Pasti ada yang pro dan kontra dengan isi pidatonya. Ada yang kagum, yang ngeri, yang pesimis dan antipati/menentang.
    Salah satu sisi yang saya bisa beropini. Walaupun terkesan agak gegabah dengan isi pidatonya, tapi ini adalah salah satu sarana dan atau kesempatan beliau untuk meraih simpati rakyat Indonesia. Ditengah tingkat kepercayaan dan popularitas beliau yang tengah merosot saat ini karena kebijakan2 yang belum begitu terasa manfaatnya oleh masyarakat secara umum.
    Beliau tengah berada di “killing ground”. Dan pastinya pihaknya sudah merasakannya, sehingga diperlukan langkah2 untuk bangit dari kondisi tsb.
    Terlepas dari semua itu, saya setuju dan kagum atas ketegasannya dihadapan dunia, walau itu mengandung resiko. Salut untuk Jokowi.
    Tinggal PR yang lainnya yaitu penuntasan Duo bali nine. Jangan sampai kasus eksekusinya masuk lemari es 🙂 .Karena jika begitu, bisa jadi ancaman Australia yang katanya akan membongkar kecurangan Pilpres bisa menjadi pembenaran.

  53. Berani, Nekad, Kurang hati2 beda tipis .. !

  54. Saat ini, Indonesia masih menarik pinjaman luar
    negeri. Per Maret 2015, utang luar negeri pemerintah
    Indonesia (baik bilateral maupun multilateral) tercatat Rp
    693,17 triliun (34,8% dari total utang pemerintah). Jumlah
    ini naik dari bulan sebelumnya Rp 687,45 triliun.
    Secara bilateral, Jepang, Prancis, dan Jerman masih
    menjadi kreditur terbesar Indonesia. Sementara secara
    multilateral, Indonesia masih meminjam kepada Bank
    Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Bank
    Pembangunan Islam (IDB).masih hangat pada saat kunjungan presiden jokowi ke jepang 24 maret lalu mendapat pinjaman utang 140 milyar yen atau setara 15 trilyun . mengkritik membubarkan IMF, WB, ADB, sementara masih mau menerima pinjaman dari mereka ?????

  55. permisi bung reog…

    IMF & Bank Dunia (WB/BD) adalah 2 anak kembar yg dihasilkan melalui kesepakatan Bretton Wood 1944.
    IMF didirikan utk menjamin stabilitas ekonomi global & menyediakan dana pinjaman utk negara” yg mengalami penurunan ekonomi supaya negara” tsb bisa memulihkan kembali perekonomian’a.
    Jika suatu negara ingin menjadi anggota BD, maka negara tsb hrs terlebih dulu bergabung dng IMF.

    BD didirikan utk membantu negara” dlm membangun infrastruktur seperti jalan atau bendungan. Diharapkan, bila berbagai sarana publik telah dibangun, kemiskinan bisa tereliminasi.
    syarat menjadi anggota BD, semua anggota mempunyai kewajiban utk membayar iuran wajib setara dng 88,29% dari jatah suatu negara yg dibayarkan pada organisasi IMF.
    Selain biaya wajib yg dibayarkan anggota pd BD, merekapun wajib utk membeli saham BD, minimal 6 % saham BD.
    Pembelian saham BD ini harus dibayar dlm bentuk $ & mata uang negara pembeli saham BD.
    Hitungannya, 0, 60 % pembelian saham BD dibayar dng menggunakan mata uang $ & 5, 40 % dibayar dng mata uang lokal negara tsb.
    Tujuan resmi BD adalah pengurangan kemiskinan, dng cara memberi bantuan pd negara” yg tergolong negara miskin & sedang dlm keadaan ekonomi yg tdk stabil, dlm hal ini negara” berkembang.
    Fokus’a dlm hal pendidikan,pertanian & industri.
    Pinjaman ini tentu’a diikuti dng syarat” yg berlaku & cenderung merugikan negara peminjam kredit.
    Misalnya, jika suatu negara mendapatkan pinjaman maka mereka harus tunduk & rela kebijakan ekonomi & lainnya dicampuri oleh pihak BD.

    Seperti halnya Lembaga Keuangan Internasional lainnya, Bank Pembangunan Asia (BPA) menerapkan kebijakan persyaratan atas pinjaman.
    Persyaratan tsb biasa’a adalah swastanisasi,deregulasi & dukungan utk investasi asing.
    Kebijakan semacam ini hampir tdk ada peranan’a dlm mengurangi kemiskinan atau melindungi lingkungan hidup.

    Seperti BD, BPA msh memiliki catatan yg jauh lebih baik dibandingkan dng IMF dlm hal konsultasi dng masyarakat. LSM dpt memaksa utk mengadakan pertemuan dng para wakil misi, menyoroti kebijakan atau target yg belum diterapkan & kebijakan yg bermasalah & menyarankan kebijakan yg patut disertakan.
    sayang’a… LSMpun tak luput dari pengawasan lembaga keuangan dunia ini.
    Haeeddduuueeeeehhhh…

  56. yg disayangkan hr gini msh ada yg bekoar2 Barisan Sakit Hati, klo mau BSH yg anda bilang bisa kpn aja jungkir balikin pemerintahan skrg, scara diparlemen mreka kuat, n scara kbijakan pemerintah jg smrawut n bnyak yg ga pro rakyat, keutuhan NKRI lbh utama, hilangkan ego kubu2an,seperti apapun Jokowi dia presiden kita,n apapun dampak yg akan trjadi krna pidatonya di KAA, kita hrs tetep berpegang pada sila ke 3 PANCASILA, PERSATUAN INDONESIA, Bersatu Kita Bisa,,

  57. Para Banci pasti ketakutan sama ASU atau Eropa, sudah saatnya negara dunia ketiga yang berperan. Indonesia harus ada di depan menyelesaikan problem dunia yang penuh ketidak adilan akibat ulah ASU dan Eropa. Indonesia harus jadi pemimpin dunia, yang menyelesaikan problem dunia dengan adil bukan untuk mengekspoitasi SDA negara lain. Hidup Mulia atau Mati dengan Terhormat. NKRI Raya harga mati

  58. ngeri-ngeri sedap pidatonya, tapi memang kita harus berani, walau kita tetap meminjam kepada WB dan ADB tapi kita bisa mencetuskan ide yang lebih baik dari pilihan 2 lembaga bank tersebut, semua pidato jokowi sudah ditakar baik-baik ngga usah takut, emang terjadi ketimpangan ekonomi di dunia ini, sedangkan barat menyedot SDA negara2 dunia ketiga tapi negara ketiga tetap miskin sedangkan Dunia barat malah tambah kaya…pasti ada yang salah kan…keberanian jokowi mungkin ada sinyal dukungan dari TNI dengan mengangkat jokowi sebagai warga kehormatan TNI.

  59. Mantap Pak Presiden……

    Seburuk buruknya beliau,beliau adalah presiden kita…..

    Persatuan n kesatuan bangsa berawal dari hal kecil seperti ini…..

    Korut sangat2 menghargai m mendukung presidennya meskipun bs dikatakan masih anak ingusan……karena itulah,berpuluh puluh tahun lamanya korut tetap kokoh karena kekompakan mereka….

  60. komen2nya ngeri2 sedap…hahaa

  61. saya sebagai warga NKRI sangat kebijakan tersebut
    Kembali ke syariah insyaallah akan selamat

  62. Wuih jd trending topik d sini hehehe.. jgn serius” ah komenny mas nnt struk lg haha..

  63. Trus hubungannya dgn IMF dan ADB apaaa???

  64. Semoga perihal yang diucapkan bisa dilaksanakan Pak Presiden…

    karena pasti akan ada tekanan dari pihak barat pak, apakah kita sudah siap untuk mengantisipasinya apabila ada provokasi apalagi embaro…

    hmm ngeri – ngeri sedap .. tapi mantab Pak Presiden saya bangga mendengarnya bahwa kita berani menentang arogansi barat yang selalu ingin menang sendiri…

    Saya yakin Indonesia sangat diperhitungkan dunia, dan bisa menjadi negara besar. …

  65. Apakah ini sebuah bentuk perlawanan terhadap negara penguasa?
    Lalu dengan dikumpulkannya beberapa negara asia afrika apakah sdh ada perencanaan yg begitu ”sedap” dibalik naskah yg dibacakan presiden.

    Aku yakin setelah ini ,negara penguasa akan terfokus pandangannya kepada KAA.

  66. salut buat pak presiden.. menentang lembaga yang paling powerful di dunia, lembaga keuangan wow sukar dipercaya wow angkat topi sumpah.. berharap yang terbaik merencanakan yang terburuk.. YA ALLAH lindungi indonesiaku AMIN

  67. salut buat pak presiden.. menentang lembaga yang paling powerful di dunia, lembaga keuangan..sukar dipercaya.. angkat topi sumpah.. berharap yang terbaik merencanakan yang terburuk.. YA ALLAH lindungi indonesiaku AMIN

  68. Keasyikan baca komen komen jd lupa bc artikel..xixii..
    Baca dulu ahh..

  69. Pidato bagus pak, jadilah seseorang yang mempunyai sosok negarawan yang baik dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

    Dan jangan lupa juga belajarlah dari pengalaman (sejarah) yang telah lewat.

  70. Hati-hati sama partai nya yang resek pak Presiden… Klo nyalon lagi keluar aja deh jgn sama partai resek kyk kresek lagi, buat saja partai sendiri yang isinya mantan perwira tinggi militer, dari kalangan ulama biar varokah, dari professional sebenarnya, dan guru yang berpikiran luar negeri (lebih baik murid paham dari pada nilai bagus tpi nyontek).

    Imho cmiiw

  71. Prediksi ssya pribadi terhadap pk jokowi dlm kebijakan politik luar negerinya emng gk meleset… seorang nasionalis sejati .. berani bertindak… dan paham betul terhadap nilai harga diri bangsanya ..juga sangat alergi terhadap sikap penindasan terhadap bangsa lain yg di anggap lemah.. Pidatonya kali ini adalah sebuah sikap besar dan berani…percaya terhadap kekuatan dan kebesaran bangsanya serta paham tradisi leluhurnya yg selalu mnjdikan indonesia pelopor dlm perubahan sikap berdunia membuat Jokowi tidk gentar mencabut kumis US dan ngra2 utara.

  72. Kalo Jokowi diem aja, pd ngiritik gak berani, cemen…
    Giliran Jokowi bersuara dan mengkritik Barat, masih aja dituduh Bodoh, Cerobohn dll…

    Trus Aku Kudu Piye…???

  73. Komentatorny hot” ,,, debat ketat namun tanpa SARA,rasis,,, keren lah

    Suka g suka, mw g mw sbg rakyat ttp om jok presiden negara ini yg mewakili NKRI, saya pribadi respect dgn pidato RI 1 ini

  74. yep…tdk ada yg salah dgn pidato tsb, terlepas ngerti-enggaknya apa yg dipidatoin.
    Pidato tsb memiliki nilai luhut eh..luhur, kl menurut saya.

    Yg paling penting adalah : DIKERJAKAN ! tanpa alasan,konsisten dan siap atas segala konsekuensinya,kami mendukung. IMF,ADB,WB bukanlah sejenis daging nyangkut di sela2 gigi..melainkan ibaratkan majelis/perkumpulan vampir. Ada baiknya sebelum nyerang kumpulan itu…latihan dulu nangkep tuyul(eksekusi bali nine), ngusir genderuwo(fripot),dan sejenis…yahh…yg kecil2 dululahh…itung2 pemanasan. Rakyatpun kudu siap hadapi embargo langsung gak langsung.. multisektor.

  75. bener bener hot!

  76. ketika kebencian sudah mendarah daging……sudah tidak ada lg benar dan salah…baik atau buruk….

    DAN ketika kecintaan kita juga sudah mendarah daging……sudah tidak ada lg benar dan salah…baik atau buruk JUGA

    wes balik maning neng leptop……SEMOGA

  77. kayaknya persiden kita ini harus belajar lagi berpolitik, supaya gak nambah musuh. jurus pencitraan diumbar lagi kayaknya.

  78. Pak jokowi yth,

    Anda jgn salah strategi pakk, Negara lain melihat muka kita memelas berarti lemah di mata mereka, Pasang muka lugu berarti bodoh dimata mereka Muka sangar berarti nantang

    Muka pintar. Berarti wibawa

    Naah Kalo rakyat Indonesia senang dgn muka lugu dan memelas pasti banyak pendukung!!

    Jadi di KAA pasanglah muka smart!!! Salam 3 jari!!!

  79. Wah gak salah lgi, prrsiden kita emang prorakyat kalo gini ngomongnya.. mantep pak pres.. hajar kapitalis munafik yg sok suci ..

  80. JANGAN LIAT PIDATONYA, PERLU DILIAT APA YANG DITANDATANGANINYA!!!!!

  81. Keren sih untuk pidato nya pak jokowi..tp apakah sdh d pikirkan masak2 konsekwensi nya??
    Smoga saja efek nya 90% positiv

  82. Judulnya :

    Presiden Jokowi di KAA: Bank Dunia, IMF, ADB Harus Dibuang

    Padahal ucapannya Presiden :

    “Pandangan yang mengatakan bahwa persoalan ekonomi dunia hanya bisa diselesaikan oleh Bank Dunia, IMF (Dana Moneter Internasional), dan ADB (Bank Pembangunan Asia) adalah pandangan usang yang perlu dibuang,” tegas Jokowi

    Bagi yang membacanya skimming alias tergesa-gesa, tidak detil, akan termakan pikirannya sendiri. Dan jika ditambah ada ketidaksukaan pada hatinya sampai level benci, ya pastinya akan keluar kalimat yang negatif bahkan cenderung tidak sopan.

  83. Dari dulu jadi pelangganya…kok dibuang, bosanyaa..??

  84. slma mas joko mmimpin ud brp y utang negara lupa?????

  85. LEBIH KERAS LAGI SAMPAI MALAIKAT DILANGIT SELURUHNYA IKUT MENYAKSIKAN

 Leave a Reply