Jan 252015
 
Presiden Joko Widodo (foto: Tempo.co).

Presiden Joko Widodo (foto: Tempo.co).

Jakarta – Presiden baru saja menyampaikan pidato di Istana Merdeka Jakarta, terkait kisruh antara KPK dan Polri. Pidato ini disampaikan Presiden usai berdialog dengan sejumlah tokoh yang diundang ke Istana Negara: Erry Riyana Hardjapamekas, Tumpak Hatorangan Panggabean, Bambang Widodo Umar, Jimly Asshiddiqie dan Hikmahanto Juwana.

Menurut Presiden Joko Widodo hubungan antara KPK dan Polri harus dijaga dan tidak boleh ada kriminalisasi. Dalam pidatonya yang singkat tersebut (sekitar 5 menit), presiden menyebut “Jangan ada kriminalisasi” sebanyak tiga kali, selama pidato.

Proses hukum yang menyangkut personil KPK dan Polri harus transparan dan tidak boleh ada intervensi dari siapapun. Presiden mengatakan akan memantau proses tersebut.

Presiden meminta KPK dan Polri bahu membahu memberantas korupsi dan memberikan ruang bagi keduanya untuk bekerja. Namun semuanya tak boleh seolah berada di atas hukum. Semua harus bertindak benar sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku dan jangan sampai ada kriminalisasi.

Tadinya keenam orang yang diundang oleh Presiden Jokowi, diduga akan menjadi Tim Independen (Ad Hoc) yang memantau kinerja KPK dan Polri. Namun Tim ini belum dibentuk secara formal, tapi siap bekerja dan dipanggil oleh presiden.

  66 Responses to “Presiden Jokowi: Jangan Sampai Ada Kriminalisasi”

  1.  

    Tambah nggak jelas….tepok jidat

  2.  

    Jadi solusinya apa donk?

    Yg masyarakat butuhkan solusi pak .
    Bukan wacana pidato .

    #SAVE KPK

  3.  

    kasian presiden kita lagi tersandera oleh kepentingan2 kelompoknya..

  4.  

    mosok sama bawahan ja g’ bisa ngatasi.

  5.  

    sebaiknya POLRI dan KPK suruh blusukan aja mas Jokowi, siapa tahu dapat wangsit

  6.  

    semrawot……. sabar sabar sabar

  7.  

    akar permasalahanya adalah pencalonan kapolri BG, jika segera cabut pencalonan BG, dan KPK juga segera membuktikan adanya kasus korupsi dari BG maka kekisruhan ini bisa di minimalisir,,

    •  

      Jangan khawatir…analoginya BW jd tersangka bisa tetep menjabat wakil ketua KPK, jadi bentar lagi pak BG dilantik jd Kapolri jd imbang…ini image yg sdg dibangun, dan salah satu yg ngomong bgt pak AM Hendro priyono….wah.wah…wah

      •  

        Tidak seperti itu bung … Pak BW pasti mngundurkan diri dari jabatan wakil KPK sudah di sebutkan di media .. Dan itu juga duiharapkan dilakukan oleh BW karena sama. Sama mempunyai status tersangka

  8.  

    yg di jadiin tegas tu apa… …! Kalo mr jalo saya akui tegas . TEGAS NANTANGYA.

    ——-
    Jenggot !! jangan ngetrol mulu kalau gak mau dibanned
    *Admin
    ——-

  9.  

    Tambah DADAL DOWAL….

  10.  

    “Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi ,Pergantian malam dan siang,Kapal yg berlayar di laut dengan(muatan) yg bermanfaat bagi manusia,Apa yg diturunkan allah dari langit berupa air lalu dengan air itu dihidupkannya bumi setelah mati( kering) dan dia tebarkan di dalamnya bermacam- macam binatang dan perkisaran angin dan awan yg dikendalikan antara langit dan bumi(semua itu) sungguh TANDA-TANDA(Kebesaran allah) BAGI ORANG-ORANG YG MENGERTI.”(Al baqoroh 164)

    Semoga karunia,hidayah dan rahmat allah selalu menyertai pemimpin dan bangsa indonesia…amin

  11.  

    Baguslah mending panggil para ahlinya JANGAN minta masukan ke ketua partai yang ga jelas, yang menjadikan malah terjebak dalam kepentingan.

  12.  

    di dunia masih pada bisa ngeles, di sono qta tonton rame2, kayak crita2 di medsos, jamnya jadi kipas angin, ha..ha..ha..

  13.  

    Bubarkan KPK lembaga ini nggak murni ngurusin korupsi tapi juga berpolitik, banyak kasus kasus nggak jelas juntrungannya century, hambalang, nazaruddin, dll kembalikan fungsi penegakan hukum ke polri, kejaksaan, dan kehakiman sesuai uud 45 kalo polri masalah itu bukan institusi tapi oknumnya…

  14.  

    tai tai

  15.  

    Kok perasaan ndak ada wantimpres-nya ya, ada yg tau ndak???

    •  

      Biar nggak konfuse…wantimpress banyak org partainya….kan sudah jelas gotot lantik pak BG jadi kapolri, presiden mungkin butuh masukkan lain ….paling tunggu JK pulang melayat Raja Saudi

  16.  

    KPK, Polri, dan kejaksaan nggak beres kemudian mau dibentuk badan baru untuk ngawasin mereka lama lama badan baru inipun masalah juga terus aku mau percaya sama siapa dibumi ini selain sama ALLAH lama lama saya pun mengadu sama ALLAH supaya bangsa ini dibumi hanguskan seperti jaman nabi NUH baru tatanan baru dimulai lihatlah wahai para elit ketika TUHAN sudah murka tidak berguna lagi praperadilan, penangguhan penahanan, PK, pencemaran nama baik yang biasanya kau gunakan untuk meloloskan diri dari hukum, karena hukum TUHAN tidak mengenal itu semua!!!!!

  17.  

    Maaf bung ni sebenarnya forum militer apa politik ? Bukannya saya gak suka politik , tapi saya lebih bersemangat kalo yg ditampilin itu artikel2 militer. Salam NKRI !

  18.  

    sabar sabar sabar

  19.  

    Sudah jelas koq..masih pada blg gak jelas…
    Sudah tegas koq..masih pada blg gak tegas..
    Sudah jelas & tegas diktkan oleh Presiden, apa yang sdh dilakukan oleh KPK & Polri lanjutkan ssi ketentuan UU yang ada..berani tetapkan statius tersangka kpd seseorg ya harus berani meneruskan proses hukumnya..
    Pd saatnya tdk bs dibuktikan kesalahannya, seorg tsk bs mengggugat & meminta ganti rugi..tahapan2 proses hukum sudah jelas di KUHAP yang menjadi dasar semua UU yang mencantumkan penegakan hukum bg yang melanggar..
    Satu hal selanjutnya, tdk ada seorg pun warga negara yang kebal hukum di dlm negara ini..walaupun dia seorg pejabat negara atau seorang tukang sapu..semua sama di muka hukum..
    Soo….lebih baik kita2 semua berdoa, berpikir & berbuat bg sesuatu yang bermanfaat bg sesama manusia & diri pribadi guna kelangsungan hidup berbangsa & bernegara..
    NKRI harga mati…waspada proxy war..GBU All..

  20.  

    setuju dengan pak oegro pecat kombes BG,dan irjen bw masalh selesai.

  21.  

    Maaf maksimal 2 menit…, lebih dari itu bisa pitch control bisa goyang…., soalnya pesenan kanjeng mami hrs dilaksanakan…piye to….bisa kena penyakit DDR lho alias Daya Dong Rendah…just kidding bung prett1

  22.  

    Mudah bukan seperti itu realitasnya memang belum 1 thn presiden menjabat kok gaduh banget ya…., beliau2 ndak hengkang cukup SR mode ON…

  23.  

    Ya begini lah bentuk ketegasan seorang Presiden ke-7 negera ini mo mbela salah satu belum bisa, kondisi saat ini pak Jokowi sudah mempunyai jabatan tapi belum mempunyai kekuasaan, kedua lembaga penegak hukum ini masih dibutuhkan oleh pak Jokowi, masih butuh KPK juga butuh Polri hanya yg perlu skrng pembenahan, semoga permasalahan ini cpat selesai kalo gak capek sendiri dan gak maju2 kapan mo dpet SU-35 ato Gripen ato kilo class klo Fokus nya habis untuk menyelesaikan silang sengkarut antar 2 lembaga superbody ini

  24.  

    Jika jokowi menolak melantik yg ngamuk dari koalisi dan dari dpr krn sudah sah secara konstitusional.. Dan kalau melaksanakan rakyat yg ngamuk dan kmp bahagia serasa masuk surga..agak kecewa sebenarnya dgn politik kpk..belom siap bukti tersangka udan di jadikann tersangka..sekarang di suruh cepat cari bukti buat seret BG ke pengadilan..pelajaran berharga untuk bermain politiknya kpk.. Semoga untuk pemerintah skrg pahit di awal manis di akhir. Damai Indonesiaku!

  25.  

    Ngutip kalimat nggak dilihat konteksnya…maksa banget.com

  26.  

    Pertanyaannya :
    1. Apakah pemerintah konsisten politik yg dibangun bukan berdasarkan transaksional realitasnya wantimpres…
    2. Apakah pemerintah konsisten mendukung mendukung upaya pemberantasan korupsi realitasnya yg katanya distabillo merah maju terus
    3. Apakah benar dlm memenangkan kompetisi siapa yg paling galak menentang utk tdk melibatkan alat negara dlm percaturan politik, faktanya nama BG yg kedapatan wartawan berinteraksi dg pengurus partai….hari ini nama itu jd calon tunggal Kapolri
    4. Apakah benar no 3juga tp justru menyeret ketua KPK dlm permainan politik, dan baru sekarang diungkap….jadinya malah menyandera…..
    Semoga segera kembali ke jalan yg benar …..Slank You are So Nice…….

  27.  

    Kita pernah dikuasai Portugal, Belanda dan Jepang. Kita jugapernah disusupi Inggris, USA, USSR danChina. Tapi hingga kini, dari Sabang sampai Merauke, kita masih bersama-sama dan tetap bangga untuk berkata, Kita adalah Indonesia, Kita bangsa Indonesia..! Meski di luar, kita perlu tahu bahwa libido kekuasaan sang adikuasa tidak pernah surut.

    di negri ini ga boleh ada yg kebal hukum seklipun itu ketua KPK itu amanat konstitusi.
    di negri ini gda satupun manusia yg berhati 100% malaikat sekalipun itu ketua KPK.
    biarlah waqtu yg mnentukan yg pasti barisan sakit hati jangan sok ngerti hukum.

  28.  

    Bicaranya klise,,teoritis, tdk realistis, tdk objektif,,ngambang diatas awaan,,sadar jokowi,,aku & temen2mu maluuu,,maluuu, spt ketua RT sajaa,,,

  29.  

    sinetron episode selanjutnya dengan pemeran utama Jokowi, polri dan mak banteng, untuk mengelabui rakyat dalam menguasai KPK ……….. hadeuuuh !!!

  30.  

    Pembatalan pengangkatan BG justru menurut saya kuncinya di kpk..kpk segera mungkin menyeret BG ke pengadilan..itu yg di berikan kepercayaan oleh jokowi saat ini..jika jokowi yg memutuskan pembatalan tanpa bukti kuat dari kpk ga akan mungkin..karena impeacment thd dpr atau konstitusi.. Saya amat sangat mengharapkan kpk segera mungkin tangkap si BG. Untuk nomor 2 kita semua berharap internal polri khususnya propam bisa menyidik kasus ini secara objektif dan bersih.. Dan untuk nomor 3 itu lah doa kita semua.. Huehehehe

  31.  

    waduh waduh ngomong kok pating pecotot

  32.  

    dan rakyat tedjo alias rakyat ngaa jelas skrng jadi team independen presiden

  33.  

    joko yang mana ? ……….. mas joko tukang bakso ???

  34.  

    rajelas, blusukan gak ngatasi masalah aja dibanggain, lembut tp tegas tai po

  35.  

    Test

  36.  

    SSt..sudah..sudah…jng gaduh. Kita lihat saja episode berikutnya. Apa dan bagaimana tindakan Bapak Presiden PILIHAN SEBAGIAN BESAR RAKYAT itu dlm menyelesaikan kasus ini. (Padahal masih banyak urusan lain yg harus diurus jg). hadeeeeehhhh……..

  37.  

    Sudahlah saudara sekalian!berilah sedikit kesempatan sang roda berputar dalam waktu,,,masalah yg terjadi sekarang berada pada level rumit tertinggi dalam kapasitasnya,,,menguras otak segelintir para pemikir yg benar dan menghabiskan waktu para tokoh ikhlas yg tersisa…kita yg tak pantas angkat wajah hanya bisa tunduk menanti kemerdekaan…

 Leave a Reply