Dec 072016
 
Dok : Presiden Joko Widodo saat KTT APEC 2014, Beijing - China

Dok : Presiden Joko Widodo saat KTT APEC 2014, Beijing – China

Presiden Joko Widodo mengatakan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat saat ini tidak bisa lagi dijadikan patokan untuk mengukur ekonomi Indonesia. Presiden meminta masyarakat juga mengukur nilai tukar rupiah dengan mata uang negara lain, seperti yuan renminbi (China).

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat menjadi pembicara kunci dalam Sarasehan 100 Ekonom yang digelar Indef, di Jakarta, (6/12/2016). Presiden mengatakan, pasca-terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, mata uang berbagai negara termasuk Indonesia mengalami pelemahan terhadap dollar AS.

Namun, Presiden menilai, melemahnya nilai tukar tersebut harusnya tidak menjadi kekhawatiran besar. “Menurut saya, kurs rupiah dan dollar bukan lagi tolok ukur yang tepat. Sebab ekspor Indonesia ke Amerika Serikat saat ini tidak begitu signifikan, hanya 10 persen”, ujar Presiden Jokowi.

Di sisi lain, Trump dengan kebijakan “America first” akan lebih membuat AS berjalan sendiri. “Artinya, kurs rupiah-dollar semakin tidak mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia, tetapi semakin mencerminkan kebijakan ekonomi AS yang saya sampaikan jalan sendiri tadi,” ucap Presiden Jokowi.

Harusnya, menurut Presiden, masyarakat dan dunia usaha mulai mengukur Indonesia dengan mitra dagang terbesarnya. Saat ini, China adalah mitra dagang terbesar bagi Indonesia, dengan total ekspor mencapai 15 persen. Sementara itu, Eropa 11,4 persen dan Jepang 10,7 persen.

“Kalau Tiongkok (China) terbesar ya harusnya rupiah-renminbi yang relevan,” ucap Presiden

Sumber : Kompas.com

Bagikan Artikel :

  79 Responses to “Presiden Jokowi Minta Nilai Tukar Rupiah Diukur Juga Pakai Yuan”

  1. Yuan mana yg dimaksud .? Don Yuan atau Yuanita.?

  2. tanggung sekalian mata uang Rupiah di ganti Yuan Indonesia, Yen Indonesia, Won Indonesia jd kayak Dolar Amerika Serikat,
    Dolar Australia, Dolar Kanada, Dolar Selandia Baru
    Dolar Singapura, Dolar Hongkong dll entah byk sekali negara lain menggunakan nama dolar dg tujuan ikut ekonomi ASU

  3. Mungkin saja LCS akan memicu perang dunia ke-3, tapi sesungguhnya apa yang dilakukan Rusia dan Amerika di Syria pada saat ini adalah mereka memulai persiapan menunggu Munculnya gunung emas dari dasar sungai EUFRAT yang lagi mengering sekarang. Ternyata sekarang sudah terang benderang ISIS adalah kendaraan Amerika dan Rusia pakai kendaraan penguasa Syi’ah Bashar As’ad dalam rangka persiapan perang memperebutkan Gunung Emas. Mudah2an tidak umat Islam ikut berperang kesana sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW.

  4. ya..supaya ekonomi kita tdk selalu di dikte negara barat sebagai penyeimbang..kita…bolehlah…krn dgn kurs dolar kita selalu maju sedikit d tekan .kaum.kapitalis pemikiran yg cukup ok..lah

  5. Seeteeelaaaah Caangkul dengan Tenaga Kerjaa darii CHINA sekarang ALASAN MATAA Uaang CHINA sebagai PATOKAAAN???…..CHINAiLaaaah PLoduk2 Indonesia

  6. Agar nilai tukar rupiah semakin kuat, perlu adanya penetrasi pasar domestik dan ekspansi keluar, kita kuatkan dulu nilai tukar dollar, bukan meninggalkan masalah lalu berpindah ke Yuan….Jika kita kongsi dgn Yuan, dollar akan semakin kuat dan rupiah akan terpuruk nantinya….China kuat karena mereka menguasai ekonomi dalam negeri dan kuat melakukan peneterasi dari luar….bahkan aksi balik ke pasar saham. Lha kalau kita di gantung sama yuan….wahhhh kita di injak injak China….komunis masuk….ancur

    • anda gagal paham bung ,kita tak juga perlu rupiah yang strooong ,karena jika rupiah terlalu strooong maka export kita melambat dan import akan kuat ,jadinya besar pasak dari tiang . Yang kita perlukan adalah rupaih berada dalam harga ke ekonomiannya ,tidak terlalu tinggi seban akan menyulitkan export apalagi harga komoditi saat ini tertekan jauh .
      Yang kita perlukan adalah kestabilannya ,maka jika Rupiah di peg ke YAUN atau Remimbi china maka rupiah akan ikut stabil karena china ekomominya kuat ,otomatis Rupiah akan terus stabil . Yuan sendiri di peg atau di sangkutkan ke USD ,artinya kita akan aman karena bersandar pada 2 kekuatan besar dunia dalam ekonomi . Agar lebih aman maka cadangan defisa sebagaian juga harus di konfersi ke yuan atau remimbi . Jangan usd semua. Perdagangan dengan Rusia dan negara-negara timur coba di lakukan dengan sistem barter jadi kita tak terlalu tergerus dengan HARUS MEMBELI DOLLAR.

  7. Asiknya tiongkok….sekarang semua laku…..cangkulnya…tenaga kerja nya….hpnya…mainannya….sekarang uangnya…..lha kita terus ngapain ya….semua sudah disuplai tiongkok…..

  8. era sekarang sangat tergantung dan digantung sama negeri cupatkai….huff tolong pak joko jgn gadaikan bangsaku indonesia dg investor dr cupatkai….tau sndri bgmn kelakuan cupatkai gila harta,wanita dan licik…hufff astagfurllah ini mkn hncr sj indonesia naudzubilahimindzalik….

  9. Kemaren bendera Cina berkibar, sekarang mata uang Cina, Tenaga kerja Cina.
    Ada apa yaa? Sudara-sudara?

  10. bakal ada isu lagi ini….si pakar melintir si duo

  11. Betul itu, rupiah-renminbi hrs jd patokan ekonomi indonesia mulai saat ini, kebijakan yg menurut trump lbh baik utk negara mrk sendiri, blm tentu baik utk negara lain, saat ini china adalan tujuan eksport indonesia yg terbesar, tp utk kedepannya jepang, india dan eropa hrs bs lbh besar dr china, krn di masa depan china adalah musuh sejati kita jika mrk jd caplok natuna….

  12. koreksi “bukan cuma jaman Jokowi loo”

  13. presiden jokowi jadi babunya cupatkay,sun gokong,dan muridy wuthong Tomsamchong ,sudah jelas isu ketika pilpress itu ,negara kita dalam zona kuning , waspada,waspada

  14. Nah ada yg bisa menjelaskan secara gamblang yg tidak berat sebelah…kalo masalah ekonomi kayak gini..ane masih oon..intinya keuntungan/kerugian kita 5-20 tahun mendatang APA?…jangan mikir jarak pendeknya saja…trims kasih sebelumnya…kenapa kita tidak memakai patokan yg di eropa??..eropa+Russia+Timur tengah….kan luas juga..pangsa pasar nya..

  15. Sssssstttt…ada antek china tuh diata sono yg produknya disebut….ahh kabur aja deh…xixixi

  16. Sssssstttt..jng keras2, ntar yg dibawah ente lapor junjungannya..ahh kabur aja deh…..attuuuttt…xixixi

  17. Sorry OOT
    Yes. Admiral jd posisi pertama setelag polling saya masuk… Moga pemerintah jadikan ini sbg bahan masukannya utk MEF III dst….

  18. Miris juga bung. Disaat bnyknya pengangguran di dalam negri, eh pak jokowi malah impor pekerja asing dari chino, sekarang malahan ditambah impor cangkul, seandainya bung karno masih hidup, pasti hati beliau sangat sakit saat melihat segala polemik di negri ini, mulai dari masalah pilkada hingga korupsi dan impor pekerja asing.

  19. Menunjukan keberpihakan rejim yang berkuasa ke pd si cinak, ………. tidak bisa disembunyikan lah !!!

  20. Sdh waktu nya cadangan devisa kita diluar matabuang dollar.

    Kita simpan dalam Rubel..Yuan dan Emas aja

  21. Hehehe.paranoid CinA.yaa maksud presiden thu di lihat dari expor ke cina lebih besar 15%dari pada ke amirika.10%maka tukar rupiah .tidak terlalu terpatok di dolar.karna pembayaran memakai Yuan.thu strategi melemahkan dolar as.jd tidak terlalu pengaruh ekonomi Indonesia walaou dolar sampai 15 rb tetep kuat RI. ingaat yaa thu Exporrr.

  22. Kl bica tanpa data ya banyak yg nyinyir, hadehh… Padahal import dr cina berlangsung dr jmannya mbah kakung, jangankan cangkul, obeng tang, ampe cutter aja dr cina dr jaman mbah, ampe yg kita pencet untuk bales komen aja dr cina, trus sekarang ngom9ng kok kl”ter gadaikan ke cina” sadar atau tidak, kemampuan kita hanya sebatas komen aja. Rusia, kolumbia, eropa yg dekt ma us aja make euro.. Ayo, cb kita belajar dr skr bagaimana kita membaca fenomena, redam rasa benci biar ga yerlalu besar, sebab rasa benci berlebih tu bahaya

    • maklum bung pada nyinyir karena dlm otaknya ber isi TA satu dan sumbu pendek

    • Sejak lepas dr penjajahan belanda, memang kita menjadi jajahan cinak, secara ekonomi, lha sekarang mulai dirintis penjajahan cina di negeri ini secara politis, ……… !!!

      • ah koar koar aja loh bukannya kita jg di kekang jepang!!! tuh proyeknya mobil listrik gak berkutik

      • bung CAG bukan hanya indo yg dijajah secara ekonomi tapi US pun juga sama dijajah secara ekonomi sama tiongkok… biasalah orang2 indo cm bisanya demo, tuntut naik
        gaji, minta tunjangan, bonus
        akhir tahun, cuti, dll tapi kerjanya nga beres.. kalo minta tuntutan no.1 kalo kerja no.10.. makanya sampai kapan pun indo bakal jalan ditempat…

  23. Dan kenyataannya banyak rakyat jkgr yg berprofesi sebagai key board warior, jika d koreksi merasa terhina, jika d beritahu merasa d gurui dan jika d tegur merasa terzolimi! Benar kata anda, MEA sudah d buka dan jangan kaget besok banyak dr kita hanya bisa menjadi penonton!

  24. Ya betul MEA sudah berlaku…

    Bagi pekerja yg tidak punya sertifikat kompetensi jangan protes kalo tersingkir.

    Pekerja RI khususnya yg tukang nuntut minta gaji gede bisa tersingkir juga oleh pekerja asing yg kompeten namun bayarannya lebih murah.

  25. Wah ternyata sdh ada 380an voters. Ternyata banyak juga yah Silent reader di jktgr 😀

  26. Nach itu dia,bang.gajiannya sabtu…pegang duit banyak.senin,selasa pada nggak turun kerja.itulah penyakit buruh dimari.

  27. Apakah saya yang gagal paham atau warjagers…. menurut saya karna ekonomi china maju ditambah kerjasama ekonominya tinggi dan selalu meningkat wajar saja rupiah harus di ukur juga dri Mata uang china karna majunya ekonomi mereka. Selama ini kan peningkatan ekonomi indonesia diukur dari mata uang dolar….? apasalahnya diukur juga dri mata uang yuan…? bisa saja ketika rupiah lemah trhadap dollar tpi kuat dri Yuan kan bagus juga karna kerjasama ekonomi dgn china meningkat…. mungkin ini pandangan Pak jo…

  28. Apakah saya yang gagal paham atau warjagers…. menurut saya karna ekonomi china maju ditambah kerjasama ekonominya tinggi dan selalu meningkat wajar saja rupiah harus di ukur juga dri Mata uang china karna majunya ekonomi mereka. Selama ini kan peningkatan ekonomi indonesia diukur dari mata uang dolar….? apasalahnya diukur juga dri mata uang yuan…? bisa saja ketika rupiah lemah trhadap dollar tpi kuat dri Yuan kan bagus juga karna kerjasama ekonomi dgn china meningkat…. mungkin ini pandangan Pak jo…kan cuma mengukur ekonomi indonesia dgn dollar sama yuan mana yang tinggi

  29. Buat bung @ Stepanus, berdagang dengan China sah sah saja, semua negara juga berdagang dengan China, ndak masalah, tetapi jangan sampe Yuan jadi mempermainkan kita. Sekarang orang pada tahu Yuan sudah seperti gurita, dollar AS terpengaruh dan turun nilainya, pasar dunia ancur akibar ulah China yg sangat ektrem ekpasnsinya, terlebih over kapacity produk dalam negeri mereka, sehingga untuk menekan fixed cost, mereka melakukan cara licik. China tidak mampu mengontrol laju pertumbuhan penduduk mereka, polusi dimana-mana, pemerintah mereka menekan penduduk untuk terus menghasilkan uang utk negara, karena sumua sumber milik negara, akhirnya semua produk di copy paste, yang penting negara dpt uang, hidupnya rakyatnya ya spt itu, susah. Memang di China tdk ada korupsi, tapi budaya sogok menyogok, sudah biasa disana, jadi saya kawatir, pemerintah kita kena sogok an dari China….ingat, China tetap negara Komunis, dari jaman Pak Karno, komunis masuk ilmunya dari China, jutaan senjata juga dari China, tujuannya merebut kedaulatan RI menjadi Komunis. Pilih teman jgn teman komunis, nanti bisa ketularan ikut-ikutan komunis.

    • @fajr
      satu pertanyaan mudah saja,

      Apakah pemerintah yang menginginkan banjirnya barang-barang Cina ke indonesia???

      tidak,
      Anda, saya, masyarakat, permintaan pasarlah yang menginginkan itu semua. kita tidak di paksa membeli barang cina kawan. kita yang mau.. sekali lagi, kita yang butuh. barang mereka g akan membanjiri kita jika kita gak minta.

      kebijakan pemerintah sebisa mungkin menahan laju invasi ekonomi asing. pemain dalam negerilah seharusnya ujung tombak yang mengambil peranan. tetapi.. anda bisa lihat sendiri, kita hanya lebih suka bermain di posisi aman. istilahnya mendistribusikan. kita tidak perduli kemandirian.
      pelaku usaha hanya melihat peluang keuntungan.. itu pun tidak bisa di persalahkan. jadi kalau anda balik bertanya, lantas siapa yang pantas di salahkan?? maka jawabannya adalah anda sendiri. anda takut cina menggjrita, tetapi anda tidak berusaha menciptakan suatu model usaha di mana itu nantinya menjadi salah satu keunggulan indonesia dalam menghadapi persaingan ekonomi dengan Cina.

      saya harap anda mengerti kelemahan kita yang tidak sengaja anda ungkapkan sendiri. yaitu, takut di jajah. tetapi tidak punya ide apa-apa untuk menghindari penjajahan ekonomi ini.

      itu saja yang saya tahu,

    • satu lagi keuntungan yg kita dapatkan

      kita bisa memperoleh dan mencoba teknologi secara murah. coba bayangkan jika smartphone hanya di kuasai korea dan amerika apakah yakin kita bisa membeli dan menikmati teknologi yg di suguhkan. adanya serbuan yg membanjiri pasar smartphone dari cina membuat para raksaksa teknologi harus berputar otak “antara menjaga kualitas atau sekedar mencari kuantitas” pilihan pilihan inilah yg akhirnya menciptakan banyak peluang ekonomi.

      pedagang bisa menikmati teknologi online dari smartphonenya memperlancar jualannya. ojek ojek online jg bisa menikmati teknologi dan sangat terbantu jg bukan? dgn adanya smartphone murah.

      dulu harga tablet 7″ dikisaran harga 5jt made in korea dan 10″ di kisaran 10jt. menjamurnya barang cungko mau tak mau para rasaksa teknologi itu tidak semena mena mematok harga.

      hari gini gak usa munafik lah…
      cukup di sayangkan kita memang jalan di tempat. dari kecil kalo saya beli jarum selalu yg ada di pasaran made in china, karena harganya terjangkau itulah sebabnya toko hanya stok barang dari cina aja. kalo mau yg dari barat belinya mahal dan harus di toko khusus peralatan menjahit. mengenai cangkul bisa jadi para pengerajin besi tidak mampu bersaing atau terbatas kemampuannya memasarkan dan memenuhi produksi jmlh besar. mungkin inilah yg menyebabkan gulung tikarnya para pengerajin besi. btw pisau dapur di rumah anda buatan dari mana?oleh sebab itu hendakknya kita sering membeli barang di pasar pasar tradisional supaya roda perekonomian usaha kecil tidak mati tergulung sama pabrik atau importir. 😀

  30. B.stepanus emang mantaaaaabbbb komennya selalu mencerahkan. salam bung

  31. haduuhhh gawat. kenapa kita gak tuker dengan emas. serasa dibohongi negara2 gede dan dibohongi sebuag kertas..

  32. Tes

  33. Disini juga ada yg komen KW..xixixixixixi

  34. Waspada Dengan china

  35. namanya jg negara demokrasi y wajar….kl g demo kekorut aja tong

  36. Jangan2 disuruh ukur rupiah dengan yuan supaya bisa beli siluman j20 neh

  37. numpang senyum bung…memang pembenci akan tetap selalu menjadi pembenci…mikir dikit pun ogah…

  38. Sekalian aja presiden instruksikan ganti mata uang rupiah jadi Yuan..!!!!

  39. Anak babu komen…biasanya ngeringkik kalo lg d kandang kuda

  40. kemarin di bogor ada petani cabe asal cina….buruh pltu asal cina……mudah2an penduduk lokal di ekspor ke etiopia gitu ya???

  41. Mata uang yuan jadi patokan malah sda yg di eksport ke china jadi murah, dan importir yang lebih kegirangan lebih leluasa import barang china(barang kw lebih dominan). Padahal di perusahaan sudah di tekan ada kandungan lokalnya dari barang yg di produksi. dampaknya yg lebih bahaya kalah saing karena harga, dan membuat perusahaan di indonesia bisa jadi bangkrut, phk di mana – mana dh.

  42. Saya setuju dengan ide jokowi ,karena tuan china di peg ke USD ,maka jika rupiah di peg ke remimbi atau yuan ,maka rupiah akan stabil ,karena sejatinya berpegang pada dua kekuatan besar dunia dalam gejolahl mata uang. Kelemahannya nanti adalah rupiah terlalu kuat sehingga export melemah padahal kita perlu terus mendorong export . Tinggal hitung-hitung kita butuh export yang akan menguntungkan untuk jangka panjang atau hanya untuk berfikir untuk saat ini ?

  43. Penilaian kita itu lahir dari sudut mana kita memandangnya, sebuah perspektif yang berimbang akan mampu menghantar kita pada pemahaman yang berimbang pula.
    Imho, itulah yang menghantar kita untuk melihat “apa yang termaktub dibalik yang terlihat” dan sangat mungkin memahami apa dan bagaimana gambaran besar dari apa yang terhidang di depan kita.
    Teman2 dari seorang petani di Timur Indonesia mari kita selalu me”review” perspektif kita tentang apa yang terhidang, sehingga apa yang kita sajikan benar2 baik untuk memupuk KEBERSAMAAN DALAM BINGKAI NKRI.

    Salam Hangat.

  44. Bapak sangat hebat, hebat dalam hal pencitraan, sisa nya NOL besar

 Leave a Reply