Presiden Jokowi Targetkan Pembangunan Tol 1000 km

50
164

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan 1.000 km jalan tol baru yang tersebar di 25 ruas tol di seluruh Indonesia. Pembangunannya diusahakan tidak akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, untuk pembangunan jalan tol akan diserahkan pendanannya ke pihak swasta. Namun, itu berlaku hanya untuk di Pulau Jawa.

“Jalan tol nggak usah lewat APBN, kecuali yang di luar Jawa. Itu pun (tol luar Jawa) kalau bisa dilakukan BUMN,” kata dia usai menghadiri acara Indonesia Economic Forum di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Ia menambahkan, dana APBN terutama setelah ditambah dengan dana hasil realokasi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM), akan dimanfaatkan untuk pendanaan proyek infrastruktur dasar. Artinya, infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat dan tidak menguntungkan dari sisi bisnis akan digarap menggunakan dana APBN.

“Seperti jalan raya, bendungan, irigasi untuk petani, dan sebagainya. Itu yang dasar-dasar pokoknya,” sebutnya.

Setelah melakukan pemangkasan subsidi BBM, diproyeksikan pada 2015 ada dana Rp 100 triliun yang bisa dimanfaatkan pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

Berdasarkan data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Jokowi punya rencana membangun jalan (non tol) baru sepanjang 2.650 km di seluruh Indonesia. Hal ini bagian dari program Jokowi dalam meningkatkan konektivitas di dalam negeri.

Selain itu, ada juga pembangunan 50 bendungan, rehabilitasi irigasi, dan pembangunan 1 juta hektar jaringan irigasi baru hingga akhir periode pemerintahan pada 2019. (finance.detik.com).

50 KOMENTAR

    • bagi pemegang konsesi ruas tol yang tidak segera membangun jalan tol-nya sebaiknya dicabut saja. bisa jadi mereka adalah makelar proyek. sekedar mendapatkan konsesi tetapi tidak memiliki sumberdaya untuk merealisasikan tol tersebut.

      ruas tol pandaan – malang adalah contohnya. kemacetan kendaraan di lawang, singosari dan arjosari sudah teramat sangat parah karena jalan raya tidak mampu menampung jumlah kendaraan bermotor dari arah surabaya

      • betul bung .. ini bener bener kisah nyata karena jalan tol semarang solo lewat sebelah rumah ortu saya ..
        – Jalan tol semarang bawen lewat diatas rumah dan tanah ortu saya di daerah susukan penggaron , sudah di taksasi dan diukur berapa ganti untungnya
        – Kalau lewat rumah dan tanah ortu jalan tol tidak perlu jembatan sepanjang 600m dan langsung lurus ke arah bawen dan tidak melewati banyak rumah penduduk
        – tidak banyak biaya penggusuran tanah dan rumah kalo lewat rumah dan tanah ortu saya karena terbentang hutan wisata penggaron dan hph milik pemerintah hanya diberi lahan pengganti penggantian lahan hijau saja .
        – Dalam beberapa bulan TOL di geser 300meter ke arah sebelah kanan rumah ortu dan tanah nya .. MELEWATI tanah pegawai BPN semarang 8 hektar ganti rugi 8 miliar tanah ga produktif baru aja dibeli , dan beberapa pegawai pemerintah lainnya sampai 16 hektar ..
        – Jembatan terpanjang 600m akhirnya retak dan goyang karena ada saluran air besar dibawahnya .. di bor dan ditanam cakar ayam ratusan meter pun tetep goyang ( dan itu sudah diteliti mahasiswa S2 UNDIP jangan lewat jalur itu tetap saja dipaksakan )
        – hehehe akhirnya masyarakat di daerah ortu saya menikmati air bersih gratis karena pengeboran jembatan TOL tersebut karena muncul mata air besar di sebelahnya . Dan retak itu terus berlangsung yg terus juga diperbaiki sampe skrg ..

  1. Absen dulu ah, 10 besar! semoga rencana tersebut bukan hanya omong belaka dan cepat terlaksana!
    harapan saya semoga proyek tersebut dirancang dan dibangun oleh ahli putra – putri Indonesia dan menyerap tenaga kerja sebanyak – banyaknya dari daerah lokal yang dilalui proyek pembangunan tersebut, sehingga secara tidak langsung kesejahteraan dapat merata. Selamat bekerja!!!

  2. segerakan infrastruktur tol,jembatan,rel ka , jembatan dan pelabuhan

    untuk rel ka dibangun antar pulau dan diisi kereta super cepat tp kereta barang pengangkut logistik untuk mempercepat distribusi logistik.

    kereta super cepat tdk usah fokus dl pada transportasi umum tp fokus buat logistik
    untum menghilangkan ketergantungan sembako dari tetangga.
    dan saya setuju bila distribusi ini di subsidi

    maaf cucu lancang

  3. Saya sering main game strategi, pada dasarnya tentara atau barak dibangun dengan kekuatan ekomomi, baik itu infrastruktur dan nilai ekonomi strategis lainya. saya yakin jika semua ini bisa terlaksana bahwa tidak mungkin Indonesia menjadi Super Power of Asia tenggara, bahkan mungkin bisa lebih dari itu.

    Korupsi benar benar menghancurkan nilai nilai kehidupan di semua aspek, jika pemerintahan Bpk. Joko benar benar bersih dan satu tujuan saya yakin semua akan terwujud.

    • Pada akhirnya itulah yang disebut ketahanan nasional. Ketahanan yang meliputi semua aspek tidak hanya militer semata tapi IPOLEKSOSBUD HANKAM. Jika itu semua bisa dicapai saat itulah kita akan melihat wajah INDONESIA RAYA (atau bahkan NUSANTARA RAYA) yang sesungguhnya.

  4. Setuju nih dgn pembangunan infrastruktur besar”an yg dilakukan menyebar disemua wilayah NKRI yg mengutamakan investor dlm negri melalui Bumn, utk proyek yg masih bisa dikerjakan oleh anak negeri maka serahkan semua pd putra/putri bangsa, sdg kan utk proyek yg blm sanggup dikerjakan sendiri maka bisa melibatkan investor asing yg bekerjasama dgn dlm negri seperti halnya kereta api cepat,dll.
    Mungkin perlu jg dibuat pelabuhan kecil diaerah terpencil utk pendaratan pesawat amphibi, seperti daerah raja ampat, dll.

  5. Setelah puluhan tahun negeri ini “stag” di bawah pemimpin/presiden yg datar2 saja, saatnya negeri ini bangkit di bawah sentuhan sang pemimpin pemilik visi brilian dan menjalankannya dgn tulus demi kesejahteraan rakyat dan kemajuan negeri.

    Saatnya kita sambut kemajuan negeri besar bernama: INDONESIA bersama SANG PRESIDEN VISIONER, Sir. JOKO WIDODO…!!!

  6. Maaf Pak Bambang siapa yg mau bangun tol kalo tidak menguntungkan cek kenapa tol trans jawa belum rampung karna tdk feasible LHA tol transjawa saja tidak semua feasible apalagi yg di tempat lain????? Bapak lho satu-satunya org yg saya harap mengerti realita

  7. Sampeyan boleh berkata itu sekarang… kita lihat 3 tahun lagi. tki akan pulang kembali. banyak pekerjaan di tanah air. Bahkan mereka sudah ga perlu mikir biaya sekolah anak2nya karena sudah gratis. model tirani kayak negara jiran? tinggal kenangan…

  8. pak presiden yg terhormat

    percepat pembangunan jalan di perbatasan kalimantan-malaysia please….

    disini semua mahal.. bensin aja bisa sampai 25rb-30rb perliter -_-

    karena masalah sulitnya transportasi darat sehingga biaya distribusi membengkak

    MAJU TERUS INDONESIA!!!