Dec 092014
 

Yogyakarta — Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan juga Panglima TNI dan KSAL untuk kembali menenggelamkan kapal asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Langkah tegas tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kewibawaan dan kedaulatan negara serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Ada 5.400 kapal di seluruh perairan kita, hampir semuanya tidak legal, yang artinya ilegal. Rp 300 triliun hilang tiap tahun karena praktik illegal fishing. Subsidi perikanan kita mencapai Rp 11 triliun, pendapatannya hanya Rp 300 miliar. Ini Sudah tidak masuk akal,” kata Jokowi dalam kuliah umum di UGM, Selasa (9/12/2014).

Menurut Jokowi, tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menghentikan praktik illegal fishing tersebut selain dengan penenggelaman kapal.

“Tentu saja setelah nelayannya diambil terlebih dulu. Jika ikut ditenggelamkan, nanti jadi ramai,” lanjut Jokowi.

Terhadap penenggelaman tiga kapal yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, Jokowi mengatakan sebenarnya dirinya telah memerintahkan sejak tiga minggu yang lalu.

“Dua minggu, kok tidak ada tindakan. Saya perintahkan lagi, baru kemudian ada penenggelaman. Namun, kok juga baru tiga? Kita harapkan akan segera bertambah lagi,” lanjut Jokowi.

Sebagai bangsa yang berdaulat, menurut Jokowi, Indonesia tidak perlu takut karena ada UU yang mengatur. Negara lain pun melakukan hal yang sama.

“Kita diperbolehkan oleh undang-undang, tapi ada prosedurnya. Menlu juga harus segera memberi penjelasan kepada negara-negara tersebut,” kata Jokowi. (Kompas.com).

Bagikan :

  57 Responses to “Presiden Jokowi : “Tenggelamkan Lagi Kapal Illegal !””

  1.  

    Beres Paak

  2.  

    BAGUS MBAH PUJI KEBIJAKAN PEMERINTAH

    TAPI MBAH NGAK MAU INI ITU, DAMAI, KEKELUARGAAN DAN DARI HATI KE HATI
    SEGERALAH TENGGELAMKAN KAPAL CHINA YANG BARUSAN TERTANGKAP DI ARAFURU.

    •  

      mancing aja yuk mbah,,, lg mumpung banyak ikan monster d halaman kita….

      •  

        Mbah sangat Prihatin,

        Mudah Mudahan kali ini Pak Presiden dan Bu Mentri Menepati Janjinya.

        Kapal China besar yang barusan tertangkap, langsung di bakar dan ditenggelamkan saja, Rakyat mendukung kok. Kan tinggal bakar saja.

        Pak Presiden kan sudah memerintahkan Nelayannya diambil dulu dan kapalnya ditenggelamkan.

        Susah amat seh neggelemin kapal.

        •  

          Mbok dbaca itu, Pak Presiden sudah perintahkan tenggelamkan. Anak buahnya aja yg kelamaan kerjanya, smpai Presiden perintah kedua kalinya…

          Masih kurang Tegas Presidennya??

          •  

            Ditunggu video peneggelaman kapal ikan yg katanya dari china dg bobot sekitar 300 gross ton. Jangan takut bu Susi, pak KASAL karena 200an juta rakyat mendukungmu.
            Kalau bisa 200an juta rakyat ini sekalian membantu pemerintah dengan membeli seluruh produk made in Indonesia supaya bangsa kita semakin sejahtera. baru beli made ini china kalau bangsa kita belum mampu membuatnya. Indonesia harus bisa.

        •  

          gak semua tentara PLA tinggi2 mbah, meski tentara kita gak terlalu tinggi nyali mereka tinggi nya melebihi tentara PLA…heheheh

        •  

          Makanya pada takut gara-gara ditakut-takutin mbah Bowo 🙂

    •  

      ada 22 kapal pencuri ikan dari tiongkok mbah bowo, lumayan tonase 300 GT,……

      cukup 2 saja yang ditenggelamin, sisanya yang 20 buat hibah nelayan miskin,………..

      mbah bowo, sebaiknya ikut tni saat nenggelamin kapal pencuri ikan, buat jadi pawang anti hujan….. biar saat kapal terbakar, jangan sampai hujan turun …….

      heheheheh ….. mBah Bowoo dukun anti udan….

    •  

      ini orang ngeyel bgt seh, orang kapal china nya belum ada yg di tangkep, kalo ada pasti di tengelamkan, ngak usah nantang2 TNI AL nengelamin Dek, pada saatnya juga kita tengelamkan, jangan kuatir Negara Kita ngak takut sama PLA Dek………… sabar sampean nonton TV aja dek BOWO tunggu beritanya.

  3.  

    sip lah.

  4.  

    horeee :mrgreen:

  5.  

    Termasuk juga kapal cina yang mencuri ikan di perairan Indonesia menegakkan keadilan dan kedaulatan negara jangan tebang pilih, tegas kepada siapapun

    Salam NKRI

  6.  

    @Ijin mendukung pak , sikat pula birokrasi bawahan anda yang gayanya sadis ( pakai brewok , brengosan pula 0 , nyatanya kecil / ciut nyalinya kalau urusan peneggelaman ….

    @ jaksa
    @ monkopolhutkam

    baca ini !!!
    anda jangan memble …..

    200 juta rakyat indonesia tertawa melihat ke-“pengecutan” anda

    •  

      Mohon jangan mencela pejabat negara.
      Kritisi kebijakannya boleh, mencela dan menghina jangan.

      •  

        Baca komen si Mbah jadi inget sama Sujiwo tejo, jangan2 si Mbah yo si Tejo hehe…

        •  

          bukan mas, si mBah Bowo ini kan si bocah tua nakal,……”’

          xixixixixi…… hiburan gratis di jakarta greater selalu ada, jika mbah bowo ini nongol…….

          kadang sulit nongol nya ….. bakar menyan dulu ……..

          pemain sandiwara perwatakan yang bagus, seperti pemain sinetron yang antagonis, bikin banyak orang gemes….!!!!!!

          kadang dukung kanan, kadang dukung kiri …!!!! sip dach…

          mbah Bowo kapan kawin lagi ..?????? xixixixixi

          •  

            Ane suka komen Bung P Kediri.. hihihi
            Si mbah tuh aktornya dimari, kagak ada mbah bowo gak rame.. 😀
            Mungkin “mbah bowo” yg dibalik layar sambil ketawa ketiwi ngetik komen2 begitu itu…
            Salam.

          •  

            anakku si bowo ini dari kecil sudah keset alias nakal banget, masak saking senengnya sama cewek Tiongkok
            …. tiap hari yang dipikir cari istri anak orang tiongkok ……….. nasip kali, anak ku si bowo ini akhirnya rabi sama anak suriname, alias jowo ndeless ….. bukannya dapat cewek china ………… yaa gitulah, knapa kalau ada berita kaitan china / tiongkok anak ku si bowo ini jadi over blunder……. xixixixixi

          •  

            Berarti sohibnya si Yoko Pendekar Rajawali tuh 🙂

  7.  

    ane setuju dengan pendapat ente Bung Bukan Fanboy. ya kenyataannya memang begitu.

    •  

      bapak jangan buka kartu donk…kan jadi ketahuan..jadi pusing nich..

      ####Jangan pakai nickname orang. Hargai orang lain ####admin###

      •  

        Mbah…bowo..pusing karena ga kesampeyan jatuh cinta sama keturunan china, apa pusing karena prediksi mbah yg salah untuk presiden yg sudah tegas memberikan instruksi tegas tenggelamkan kapal….he.he.. jangan pusing mbah…bowo…

  8.  

    Bu Susi biar cewe lebih berani dari pada para pria bertubuh tegap dengan kumis brewok atau udah dicukur yang mantan atau masih TNI katanya !!!

  9.  

    Hadir mbah bowo hadir 😀

  10.  

    hajar habis kapal pencuri ikan jangan tebang pilih ……malu di gembor2 di berita sikat habis giliran 22 kapal ikan china di tangkap malah lembek….

  11.  

    Mana bu susi mana ???

  12.  

    just wait n see…., semoga omongannya sesuai kenyataan, tidak ada PHP-PHP lagi pak jok….

  13.  

    dari kemarin ngga ada yang bisa bedain kapal ama perahu. dasar kompas

  14.  

    Sptnya Mr Presiden mulai hilang kesabaran karena bawahanya masih ragu atau sedikit ragu. Kapal kecil dan perahu memang harus ditenggelamkan karena mencuri ikan di perairan Indonesia. Kapal besar yang stand by di perairan internasional utk menadah ikan curian dari perahu dan kapal2 kecil di harus ditorpedo oleh yg ghoib2

  15.  

    Sekali lagi bahkan duakali lagi kutunggu buktinya….. Presiden udah perintahin, tinggal eksekusinya….. Hayooo… Jangan pilih2…. Yg kapal china juga cepetan di bakar…

  16.  

    Panglima tertinggi dah perintahkan…tunggu apa lagi…

  17.  

    Saya yakin kapal2 china akan ditenggelamkan, ini hanya masalah waktu.
    Saya juga yakin china tidak perduli dengan kapal2 china yg ditenggelamkan.

    •  

      Waduh lupa linknya, tapi betul bung Loai, sebagian besar hasil tangkapan kapal cina bukan dijual ke cina, tapi ke Jepang, Korea dan Australi yang lebih tinggi harga jualnya…

      Makanya, pemerintah cina juga kemungkinan besar akan tutup mata, karena ini toh murni kriminalisasi bisnis…

  18.  

    ya gimana wong oknum tni al dan syahbandar sebagian juga malah melindungi maling ikan..negeri ini rusak karena oknum2 seperti ini

  19.  

    presiden sampai 2 kali memberi perintah penenggelaman kpl illegal dan baru 3 kapal yg di tenggelamkan, itu karena kapal2 asing tsb udah membayar upeti ke oknum TNI AL, jd kalau presiden mw prigram ini lancar panggil panglima TNI agar menindak tegas oknum2 TNI AL yg kongkalikong dg pemilik kapal2 asing. mereka berani karena di backingi TNI AL jd kalau mau bersihkan illegal fishing PANGLIMA TNI HARUS BERSIHKAN DULU ANGGOTA TNI AL DI LAPANGAN, tanpa itu SEMUANYA OMONG KOSONG.

    •  

      Bung Sufi Muda, hati-hati kalau anda bicara, meski hanya berkata “OKNUM” tapi anda menyebut institusi tertentu. Karena belum tentu OKNUM dari institusi tersebut yang melakukan.lebih baik sebut oknum saja tanpa embel2 lain..kami tidak suka anda menyebut institusi besar kami.Kami para patriot, senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.Jiwa raga kami untuk negeri tercinta ini….kalau anda punya bukti, lebih baik anda laporkan ke pihak yang berwenang.Salam.

    •  

      Sufi kok ngomongnya mabok, ganti nick name nya bung, anda tidak pantas pake nama “sufi” !

  20.  

    Subsidi 11T
    Omzet 300M
    Tekor 10,7 T pertahun.

    Memang tidak masuk akal untuk potensi maritim NKRI.
    yg seharusnya surplus minimal 289T pertahun dgn kondisi infrastruktur yg sama.
    lebih besar lagi jika dimanage dgn benar.

    Semoga tidak timbul friksi yg fatal ketika melawan mafia maritim yg sudah mapan salahnya 😀

  21.  

    ingat kata pak Jokowi, yang dibakar dan ditenggelamkan itu KAPAL pencuri ikan dan Kapal Penyelundup BBM, BUKAN SAMPAN …………, LAKSANAKAN !!!

    •  

      Bung Ceuk, saya lebih beranggapan bahwa sampan2 ini lebih berbahaya dari pada kapal2 bertonase besar. Kalau lihat bentuk kapal Vietnam kemarin itu bisa sampai memuat hingga 50-100 GT. Kapal2 ini disebar, sedangkan kapal besar menunggu diperairan internasional, tidak masuk karena tingkat terdekteksi lebih besar. Inilah modus operandi, saya pernah lihat langsung modus ini waktu ikut patroli di daerah sulawesi. Dan kapal2 kecil ini bisa jadi kamuflase, karena rata2 kapal nelayan kita seperti itu. Coba ke daerah Buton, Bau-bau, Sulawesi Tenggara, atau daerah lain, seperti Ambon, Makassar, kapal nelayan kita seperti itu. Ingat nelayan ini jago2 juga ngelabui, cuman untuk mengurus ini diperlukan juga aparat yg bersih, karena godaan dilaut itu sangat besar juga.

  22.  

    Rupanya Jokowi + bu susi sedang bertempur dgn aparatnya sendiri ya…

    kalo boleh gue menduga2,
    Suksesnya Jokowi jadi RI-1 bagaimanapun tidak lepas dari campur tangan inteligence, dgn asumsi “Jokowi akan bekerja sesuai kepentingan versi mereka”

    dlm perjalanan kebijakannya, ternyata Jokowi + bu susi lebih cenderung menganut IDEALIS, jadi lambatnya pelaksanaan instruksi presiden lebih seperti wujud “kelabakannya” aparat.
    apa begitu yg sebenernya terjadi bung Danu ..??(maaf pertanyaan awam)

    •  

      ya kurang lebih begitulah gambar besarnya bung Donnie,

      bertempur dengan maling2 asing, dengan oknum2 aparat negara, last but not least dirongrong para minions dengan konduktor mbah bowo…

      2 thumbs up untuk bu susi, melibatkan pesawat milik pribadi untuk ‘bertempur’ – jadi ingat laswi di tahun ’45…

  23.  

    setuju dgn koment bung jalo

  24.  

    PERINTAHNYA MEMANG MENENGGELAMKAN, tetapi tdk semau kapal yg ketangkap lalu ditenggelamkan, Presiden Jokowi perintahkan ada kapal nelayan asing yg mencuri ikan di perairan Indonesiayg utk ditenggelamkan…jadi bukan semuanya, sebagian lagi kemungkina dimanfaatkan utk nelayan Indonesia yg hanya memiliki kapal2 kecil spt sampan bercadik dst.

    •  

      hahahhaha…
      😀 😀 😀 😀 😀

    •  

      UU kelautan membolehkan begitu…itu amanat konstitusi mengapa tidak ?… kapal2 nelayan asing yg teratngkap mencuri ikan di Indonesia diproses secara hukum, nelayannya bisa dikenakan denda atau kurungan, sementara kapalnya isa dimusnahkan atau disita utk negara…nah oleh negara bis dipergunakan utk membantu nelayan2 kecil yg belum mampu, ..advis hukum yg diberikan oleh Jaksa Agung spt itu juga.

      Jadi Profesor…. studi pustaka atau literatur dulu kalo mau komentar biar ngga kelihatan LOL-nya ya…. he.he.he.he.he.he…

    •  

      profesor apa an, ngomongmu kagak bermutu !!!

  25.  

    HARUS DILAKSANAKAN…….

  26.  

    : D

  27.  

    memaksimalkan semua sumberdaya yg ada dulu bung Wehr,,, lha dgn bantuan TNI aja masih kurang. dan mgkin juga untuk menindak “oknum2” aparat yang kongkalikong ama maling dan yang hobi pungli… ntar deh kalo semua badan2 keamanan laut n tni udah gemuk baru ngawal ikan d limpahken ke bakorkamla.
    IMSO

 Leave a Reply