Sep 142016
 

Perhelatan Akbar latihan perang ke-34 armada jaya di Karang Tekok, Asem Bagus, Situbondo, Jawa timur secara resmi hari ini, rabu, 14 September 2016 dimulai. Sedikitnya 7.556 Prajurit TNI AL dari berbagai unsur dilibatkan dalam latihan perang terbesar di jajaran Angkatan Laut.

Latihan perang besar ini diturunkan 40 KRI, 9 pesawat udara, 69 kendaraan tempur, dan 78 kendaraan taktis milik korps Marinir.

Latihan perang besar Armada Jaya 2016 melibatkan 40 KRI, 9 pesawat udara, 69 kendaraan tempur, dan 78 kendaraan taktis milik korps Marinir.

Presiden Joko Widodo, yang diagendakan menghadiri latihan perang armada jaya 2016, rabu pagi sekitar pukul 08.50 WIB telah tiba di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Presiden dan rombongan terbatas kemudian lepas landas dari bandara Juanda Sidoarjo, menuju KRI Banjarmasin-592 dengan menggunakan Helikopter Bell-412 TNI AL dengan jarak tempuh sekitar 36 menit.

Saat tiba di Lounge Room Perwira dilakukan paparan singkat mengenai penembakan senjata strategis oleh Komandan Satuan Tugas Laksanama Pertama TNI TSNB Hutabarat.

Presiden selanjutnya menuju Geladak Isyarat KRI Banjarmasin-592 dengan berjalan kaki untuk menyaksikan demo keterampilan TNI AL.

Beberapa yang dipertunjukkan, di antaranya latihan penembakan roket kapal selam jenis RBU 6000 oleh empat KRI Kelas Parchim, latihan evakuasi medis udara antarkapal menggunakan helikopter, latihan pembekalan di laut untuk melaksanakan transfer logistik maupun personel, dan latihan penembakan senjata antikapal permukaan menggunakan senjata meriam berbagai kaliber dengan sasaran menggunakan Killer Tomatto.

Sedikitnya 7.500 prajurit TNI Al dari seuruh unsur dilibatkan dalam Latihan Perang Armada jaya 2016.

Sedikitnya 7.556  prajurit TNI AL dilibatkan dalam Latihan Perang ke-34 Armada jaya 2016.

Selanjutnya, Presiden kembali menuju Geladak Heli KRI Banjarmasin-592 untuk lepas landas menuju Helipad Pusat Latihan Tempur Korps Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur dengan menggunakan Helikopter Bell-412 TNI AL.

Pada kesempatan kunjungan kerja itu, Presiden juga dijadwalkan meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di TPI Kampung Landangan Pesisir, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Selanjutnya Presiden Jokowi dijadwalkan mengunjungi Rumah Pemulihan Gizi di Jalan PB Sudirman Nomor 52 Kabupaten Situbondo.

Selesai meninjau latihan perang armada jaya 2016, Presiden akan menuju Pantai Pendaratan Banongan, Kecamatan Asem Bagus, Kabupaten Situbondo pada keesokan harinya, Kamis (15/9).

Di tempat itu, Presiden akan berada di Menara Tinjau Pantai Banongan untuk menyaksikan proses pendaratan pasukan marinir dan penempatan artileri.

20160910_jatim_sby_persiapan_armada-jaya-wmv_snapshot_02-31_2016-09-10_14-34-02

Tak berapa lama Presiden dan rombongan akan menuju Pos Titik Tinjau T.12 Puslatpur, Karang Tekok, untuk menyaksikan penembakan alutsista TNI AL dan demo pasukan marinir. Dalam Latihan perang besar ini diturunkan 40 KRI, 9 pesawat udara, 69 kendaraan tempur, dan 78 kendaraan taktis milik korps Marinir.

Kesuksesan Armada Jaya ke-34 menjadi barometer peran dan profesionalitas TNI-AL. Semua lini diuji. Aspek penyerangan, pertahanan, kekompakan, dan kekuatan dibuktikan pada latihan tersebut.

Latihan itu melibatkan beberapa petinggi TNI-AL. Yakni, Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno sebagai direktur latihan.

20160910_jatim_sby_persiapan_armada-jaya-new1-wmv_snapshot_00-09_2016-09-10_14-20-52

Lalu, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto sebagai panglima komando tugas lapangan (Pangkogasla) dan Laksma TNI Roberth Wolter sebagai panglima komando tugas pendaratan administrasi (Pangkogasratmin).

Kemudian, Mayjen TNI (Mar) R.M. Trusono selaku komandan pasukan pendarat (Danpasrat) dan serta Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah sebagai panglima komando tugas pertahanan pantai (Pangkogahantai).

Presiden dijadwalkan untuk kembali ke Jakarta dan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Kamis (15/9) sekitar pukul 11.05 WIB. (marksman/ sumber: antaranews.com dan jawapos.com)

Berbagi
 Posted by on September 14, 2016

  27 Responses to “Presiden Jokowi Tinjau Latihan Perang Armada Jaya 2016”

  1.  

    Lanjutkan MEF ya pak.!

  2.  

    Lupakan yg goib..

  3.  

    Semoga ada alusista goib yg melakukan penampakan

  4.  

    menunjukkan jati diri sebagai bangsa maritim…dengan poros maritim
    baik di barat tengah dan timur

  5.  

    Waw…

  6.  

    Marinir sekarang pake machine gun PK ya….. Kirain masih pake RPD

  7.  

    wah itu webcam yh di ranpur hehehe kaya cctv

  8.  

    Saatx uji coba battle ptoven
    Mna yg sesuai target dgn tdk

  9.  

    Jawaban dari latihan gabungan China ya..hehhehehe..sotoy ah…

  10.  

    Chang bogo jangan jangan ikut..

  11.  

    BTR-4 nya mana nihh ??? belom dateng apa emang sengaja ngga di shot biar ngga ketauan udah dateng yang kemarin wkwkwk

  12.  

    c802 katanya batal. atau mungkin dirahasiakan. entahlah.

  13.  

    Dikawasan ASEAN, Indonesia lah yang paling siap apabila terjadi perang.
    Lainnya cuma BERANI dibelakang induk semangnya…

  14.  

    Rudal C-802 sudah dikirim 40 buah dari 100 yang dipesan …

  15.  

    2 tahun yng lalu kita bpk aku di laut sekitar Banongan ada yang yang tenggelam terus korban dan tank nya belum ketemu sampai skrng. Bpk aku kmren habis pendidikan Al jungle survival di Banongan soalnya. Seremm njir suerr..

  16.  

    maklum bung @ahmed, presiden kita pedagang, tapi bukan prencana yang baik 😀 kalau pedagang tentunya ingin beli barang yang se-“murah mungkin” namun tidak berfikir hingga sejauh mana fungsi dan peranan dari barang yang dibelinya 😀

    Nasib-nasib… seperti yang pernah saya bilang sebelumnya, bahwa rudal C705 pasti payah akurasinya. meski mendapatkan ToT saya yakin bakalan stress tuh para insinyur membaca PID yang dibuat namun keterangan gambar menggunakan bahasa china semua 😀 hahahah (ini pengalaman pribadi saya juga)

    Waspada, jangan sampai kita termakan dan menjadi korban pencitraan presiden dan tim suksesnya. Terbukti kan bagaimana penyusunan APBN kita sehingga begitu banyak koreksi dilakukan oleh Sri Mulyani yang berdampak pemotongan disemua departemen, akhirnya rencana pembelian alutsista juga terganggu.

    Beginilah klo negara di pimpin oleh pedagang/pengusaha (RI 1 dan RI 2), mereka (pedagang/pengusaha) paling “lihai” dengan yang namanya “pencitraan” = “iklan”, padahal mereka memanipulasi pajak, bermain dengan para pejabat untuk memuluskan maksud mereka.

    Be Smart Be Wise

    •  

      serius nih ? ? ? huhihohohehe…

      katanya Be Smart Be Wise, gampang banget di abad digital ini untuk cek siapa yang beli c-705 !

    •  

      Inilah yang bikin eneg.

      Jika ingin menggiring opini, atau “black campaign” mbok yaaa yang bener pake datanya.
      Jadi ketika saling beradu argumen pun, akan baik dan bermanfaat untuk menambah wawasan.

      Tapi jika anda “negatif statemen” nya didasarkan ketidak-tahuan , asal ada berita jelek terus dicocok-cocokan dengan opini seperti ini, yaaa jadi kelihatan sekali kualitas anda Bung Lingkar.

      Bongkar-bongkar lagi dech JKGR mengenai pembelian c705 ini

    •  

      hahhahahhahahahahhahahah lingkar PROVOKATROK

  17.  

    Produk China dari dulu emang ngak bagus, murah memang, tapi soal kualitas, perlu di ragukan. Sudah ada contohnya di TV kapan itu soal lomba adu tangkas Tank…saat lomba ketangkasan, roda Tank China mrotol….itu sudah pertanda….terus rudal ada delay saat akan di tembakan atas perintah presiden. Kalau perang beneran…bisa kalah kita jika pake mesin perang buatan China….

  18.  

    HP saya buatan China … ok aja tuh …

  19.  

    inilah derita sbg negara yg punya pemimpin gak becus…dr presiden,,dpr,,menteri,dan sisa2 pejabat2 orde lama dan orde baru,yg tdk bs move on,dan ktika mrk punya kesempatan mnjdi pemimpin maka mrk akan menggunakan ksempatan itu untk kpentingan2 pribadi dan golongan,bukan untuk negara dan bangsa…sgt2 memalukan…!!!negara besar yg katanya kaya raya akn SDA harusnya kita sdh punya senjata2 yg gahar kelas wahid sbg penjaga NKRI,bkn senjata2 kelas teri dgn kwalitas KW,yg dibeli dgn mahal,dgn duit rakyat,kalau sdh begini gak malu apa???rakyat yg ngeliat dan dgr beritanyapun MIRIS,kalau beli senjata ya jgn nnggung,yg sdh terbukti kwalitasnya,mahal gak apa2 asal sesuai,kl sdh beli mahal kwalitas KW,dan ktika diujicoba delay 5 menit,sdh gtu mleset jauh dri jangkauan,udh gtu jarak tembak nya payah,,mau ngorbanin prajurit pak?????mending racunin aja prajurit pake sianida lbh gampang,drpd nyuruh prajurit perang dgn senjata yg MACET DAN LELET,,,WAH SUMPAH ANE MALU SBG RAKYAT DENGERNYA…!!!!

  20.  

    Produk kawe China c-705 gagal move on, gagal meluncur dari 3 kri, alias ngadat 5 menit..
    Katanya panglima TNI AL, tengah akan mengevaluasi ulang pemesanan rudal buatan China ini…

    Jkgr beritanya gak up-to-date cuy….

 Leave a Reply