Presiden Jokowi, Tony Abbot dan Matteo Renzi

27
94

image

Brisbane – Perdana Menteri Australia Tony Abbott memajang foto pertemuannya dengan sejumlah pemimpin negara yang hadir di G-20. Salah satu yang diposting adalah ketika bersama presiden Joko Widodo.

Abbott mengupload foto bersama Jokowi pada Jumat (14/11). Pertemuan memang digelar semalam di Brisbane Convention and Exhibition Center (BCEC). Jokowi memakai batik dan Abbott mengenakan setelan jas.

Keduanya tampak bersalaman lalu berpose pada kamera. Tangan Abbott sebelah kiri terlihat memegang punggung Jokowi. Senyum merekah ditunjukkan keduanya.

“Just arrived in Brisbane for #G20 – great to catch up and have dinner with Indonesian President @jokowi_do2i” tulis Abbott.

Yang menarik dari foto tersebut adalah melihat komentar-komentar warga Australia tentangnya. Ada yang bernada nyinyir pada Abbott, ada yang memuji Jokowi, ada juga yang mengoreksi Abbott.

Berikut di antara komentar tersebut:

“@TonyAbbottMHR I’m so proud of you PM and your team especially foreign minister JB”?

“.@TonyAbbottMHR Could you please resign? Thank you.”

“@TonyAbbottMHR Pres Jokowi always looks happy. I like that”

“@Nosdrachir49 @TonyAbbottMHR Yes, he looks like a humble sort of man – he’ll make his country proud”

“@TonyAbbottMHR Correct twitter account is @jokowi_do2 (no i on the end)” (Detik.com).


Presiden Jokowi Bertemu PM Italia, Bicara Soal Ekonomi Kreatif.

Presiden Jokowi bertemu PM Italia Matteo Renzi (photo: Rusman Jhonny/Setpres)
Presiden Jokowi bertemu PM Italia Matteo Renzi (photo: Rusman Jhonny/Setpres)

Brisbane – Presiden Joko Widodo pagi ini bertemu dengan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi. Ada sejumlah hal yang dibahas, termasuk soal ekonomi kreatif yang berhubungan fashion.

Acara pertemuan digelar di Brisbane Convention and Exhibition Center, Sabtu (15/11/2014) pukul 08.30 waktu setempat. Jokowi dan PM Renzi sama-sama memakai setelan jas. Mereka sempat bersalaman lalu saling memberi salam.

“Selamat pagi,” kata Jokowi.

Pertemuan keduanya berlangsung sekitar 30 menit. Kali ini, Jokowi yang memulai pembicaraan sebab undangan bertemu datang dari Indonesia. Namun, hanya sedikit saja ucapan Jokowi yang bisa diliput wartawan, sebab waktu yang dibatasi.

“Kita ingin kerjasama berkaitan dengan bidang-bidang ekonomi kreatif baik berkaitan dengan produk kulit dan produk-produk fashion,” kata Jokowi dalam bahasa Indonesia.

“Kemudian juga produk minyak kelapa sawit ke pasar eropa khususnya ke Italia,” tambahnya.

Pertemuan bilatreral ini dilakukan sebelum pembukaan KTT G-20 nanti sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Sorenya, bakal ada pertemuan juga, namun antara menteri luar negeri Retno LP Marsudi dengan menlu Argentina.

Jokowi juga dijadwalkan memberikan pidato di forum KTT G20. Dia akan membahas soal reformasi ekonomi dan perbaikan infrastruktur. (Detik.com).

27 KOMENTAR

    • kn kmaren presiden jokowi di beijing waktu ktt apec beliau minta tempat duduknya disebelah negara besar krn indonesia negara besar,,itu keterangan pak presiden waktu jumpa pers di brisbane pas ketemu wni disana.. dan setelah sy cek ternyata presiden jokowi duduknya di sebelah presiden putin..mantab.

  1. semakin hari jadi bertambah yakin sama pak jokowi..pdhl dulu nya kurang yakin..kayanya pak jokowi nyali nya full..dan pengalaman keliling nusantara rata2 gank2 terminal tu badan nya kurus2 tp nyali nya bongsor..smoga pak jokowi pny nyali yg bongsor demi harkat martabat INDONESIA ku tercinta