Dec 102015
 
Pesawat N219

Pesawat N219

Jakarta – Presiden Joko Widodo membatalkan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12/2015). Semula, Presiden dijadwalkan membuka Festival Anti Korupsi 2015 di Gedung Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (Sabuga ITB) dan meresmikan penampilan perdana Pesawat N-219 di PT DI Bandung.

Tetapi, karena ada beberapa hal yang memerlukan perhatian, Presiden menugaskan seorang menteri untuk membacakan sambutan tertulis pada Festival Anti Korupsi 2015. Sedangkan untuk penampilan perdana Pesawat N-219, Presiden melimpahkan kepada Kepala Staf TNI AU.

Pesawat N219 dibuat oleh 300 insinyur anak bangsa yang dirancang sejak tahun 2007. Target awal purwarupa atau prototype pesawat ini adalah Agustus 2015, tetapi kemudian menjadi November 2015 dan akan tampil perdana hari ini.

Dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (10/12/2015) disebutkan Presiden Jokowi sangat mengapresiasi pembuatan pesawat 100 persen karya anak bangsa. Pesawat N219 juga memiliki kelebihan yang disesuaikan dengan kondisi alam Indonesia.

“Presiden sangat berharap agar industri kedirgantaraan di Indonesia untuk mendukung kebijakan penguatan transportasi udara untuk pembangunan di daerah terpencil (remote area), mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar,” tulis ketetangan tersebut.

Pemerintah mengucurkan Rp 400 miliar untuk 2 purwarupa N219. Dana itu disalurkan lewat LAPAN.

Harga jual resmi pesawat masih belum dirilis, tetapi kemungkinan sekitar US$ 5 juta. Harga ini lebih murah dari kompetitor sehingga Presiden Jokowi menilai akan dapat menekan biaya untuk dialokasikan ke anggaran lainnya.

Detik.com

  49 Responses to “Presiden Jokowi Tunjuk KASAU Hadiri Roll Out Pesawat N219”

  1. ada yang jilat ludah sendiri kah?

    • Bisa aja nih pak jokowi…hehehe…KSAU lg kesal malah di perintah di suruh plototin tuh pesawat hahaha…akur dong..akur…masa komissaris sama direktur gak sevisi se arah…ayo bapak2…bersatu cari solusi agar PT.DI makin profesional kedepannya.

  2. KEREN….

  3. wah kenapa gk hadir, takut di bilang pencitraan yh pak? ini momentum bagus loh pak rollout pesawat anak negeri, kalo saya jadi bapak saya pasti hadir kalo perlu membuuhkan tanda tangan di badan pesawat biar di beli lagi oleh pengusaha jamu, itung itung lumayan dpt pembeli pertama..

  4. Bukaan urusaan sayaa..

  5. Eh ada Bung Coli_bri ,,, Kacau bung yee … Xixixixi … :)

  6. Jokowi lagi di setrap di jemur sama mbok Galon, Bader beud soalnya balakang2an ini dia.

  7. Kalau saya, ada tidaknya Pak joko saat RO ini N219 tidak masalah. Yang pasti ini proyek harus terus jalan sampai bisa produksi dan memenuhi pasar dalam negeri. Tugas pemerintahan Pak joko menjamin ini proyek jalan terus. Kerja Nyata pak itu lebih bagus dari pada kebanyakan pencitraan tapi tidak kerja.

  8. Sungguh cerdas Presiden menugaskan KSAU yang akan membacakan sambutan Presiden.IPasti dngan sangat terpaksa KSAU membacakannya. Isi sambutan presiden yang akan di bacakan KSAU pasti pujian untuk PT DI ,di ikuti kata kata bangga akan capaian Di . Isi nya pasti bertentangan dengan yang selama ini di lontarkannya. Pukulan berat buat KSAU sepertti menelan ludah sendiri.
    Makan lama saya merasa makin bangga dengan Jokowi,dia bisa menghukum bawahannya dengan cara halus tapi tegas.

  9. kasihan…..kasihan kasihan……pak Alijis…..sudah lanjut tapi kuat ngelayani 11 istri ya…..?????
    kasihan…..kasihan kasihan……pak Alijis…..sudah lanjut tapi kuat ngelayani 11 istri ya…..?????
    kasihan…..kasihan kasihan……pak Alijis…..sudah lanjut tapi kuat ngelayani 11 istri ya…..?????
    kasihan…..kasihan kasihan……pak Alijis…..sudah lanjut tapi kuat ngelayani 11 istri ya…..?????

  10. KASAU nya mukanya merah tuch……..hik hik inyong malu………!!!!

    dalam hati.p.KACAU….eh P.KASAU…asem semprul….gue di kerjain sama pak presiden….!!!!

  11. santun tapi penuh makna….
    semua punya khas masing-masing….

  12. Kerja Pak

  13. Buatan tempatan Indonesia. Maju terus PT. DI

  14. siapapun yg meresmikan tdk penting..yg penting kita sdh tau garuda bisa terbang dg gagah dilangit nusantara..buat para silent reader jiran selamat membaca artikel ini..

  15. Knp bkn menristek yg ditugasin meresmikan roll out N-219,tapi KASAU….karena biar KASAU si mata duitan ini melek matane,putra bangsa anak negeri sendiri PT DI direndahin…GANTUNG KASAU DI MONAS !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. Thanks pak SBY… atas salah satu peninggalanmu.. ternyata ada kenang2an hebat yg kau tinggalkan..

  17. @colip
    sebagai colon mantu anda tak baik begitu bang colip…
    hormati calon mertua anda..
    kasih pisang donk
    xixixi

  18. Ya..,kesian dah pada tua2…
    Mending hukumannya : dilempar pisang sampe mampos..!!!

  19. menurut saya secara politis (bisa dibaca) agak berbahaya presiden tidak hadir untuk 2 hal berharga ini;
    1. presiden tidak meletakkan prioritas utama thdp upaya pemberantasan korupsi.
    2. dukungan terhadap kebanggaan produk dalam negeri hannya pencitraan.

  20. Liat kurang apa coba TNI-AU segala urusan peresmian rol on N-219 yg bukan utk militer saja dilaksakanan sesuai perintah panglima tertingginya, bukan menhub,menhan ato menristekdiktinya…ya semoga saja kinerja PT.DI lebih baik kedepan..biarlah kali ini TNI-AU sebagai pihak yg salah dan dicela tapi dengan begitu kita juga tahu ternyata PT.DI juga masih banyak kekurangannya

  21. jangan lupa TNI AL memesan N-219 untuk menggantikan NOMAD sekitar 20 unit nantinya …

  22. Semoga segera mengangkasa dengan gagah perkasa

  23. sebenarnya mau nyuruh pak tua berkumis sexy tp takut kualat,,,xixixi

  24. Xixixi?

 Leave a Reply