Presiden Rusia Tertarik Project Kapal Induk Baru

Jakartagreater.com – Tahun baru dibuka dengan perhatian militer yang besar bagi pemimpin negara Rusia. Selama kunjungannya ke Sevastopol, di Krimea, Putin pertama kali menghadiri latihan angkatan laut utama yang mencakup kapal-kapal perang dari Armada Laut Hitam dan Armada Utara. Lebih dari 50 kapal perang ikut ambil bagian, di antaranya Marshal Ustinov dan Vice-Admiral Kulakov dari Armada Utara, lansir The BarentsObserver.

Dari anjungan Marshal Ustinov, Putin menyaksikan penembakkan rudal Kalibr dari kapal perang permukaan dan kapal selam, serta peluncuran rudal balistik Kinzhals dari pesawat MiG-31K. Juga penembakan rudal tipe Moskit dan Utyes selama latihan.

Pada hari yang sama, Putin melihat mock up kapal induk baru yang direncanakan dibangun untuk Angkatan Bersenjata Rusia. Menurut Kremlin, ekspedisi terutama difokuskan pada kapal induk baru.

Angkatan Laut Rusia selama beberapa tahun terakhir telah diperkuat secara signifikan dengan kemampuan baru. Namun Rusia hanya memiliki satu kapal induk Admiral Kuznetsov, dan kapal itu dalam kondisi yang semakin mengerikan. Pada Oktober 2018, kapal mengalami kerusakan di dek karena dermaga apung tenggelam ke dasar Teluk Kola. Dan pada bulan Desember 2019, api berkobar di atas kapal, merusak hingga 600 m2 bagian dalam kapal.

Kapal induk baru memang ada dalam daftar harapan Angkatan Laut Rusia. Tetapi biaya pembangunan dan konstruksi yang dibutuhkan mungkin melebihi kemampuan anggaran militer Rusia.

Kapal induk baru ini bernama Lamatin (Project 11430E) dan telah dirancang oleh Biro Desain Nevskoye di St.Petersburg. Panjangnya 350 meter dan memiliki bobot mati hingga 90.000 ton. Kapal induk ini dapat menampung hingga 60 pesawat dan memiliki 2800 awak, serta 800 personel penerbang udara.

Kapal induk itu dipajang tahun lalu di pameran militer St.Petersburg, lapor United Shipbuilding Corporation.

Rusia jga memiliki desain kapal induk lainnya yang disebut Shtorm (Project 23000) dan dirancang oleh Krylov State Center. Shtorm memiliki panjang 330 meter dan dapat mengangkut hingga 90 pesawat, tulis Topwar.

Diperkirakan butuh waktu hingga 12 tahun untuk mengembangkan dan membangun satu kapal induk baru.

Kunjungan presiden Putin ke Sevastopol diakhiri pertemuan dengan para pejabat tinggi Angkatan Laut Rusia

“Angkatan Laut selalu dan akan selalu menjadi komponen paling penting dalam pertahanan dan keamanan nasional, di abad ke-21 kita harus menjaga dan memperkuat status negara kita sebagai salah satu kekuatan angkatan laut terkemuka,” kata Putin menggarisbawahi pertemuan tersebut. Menjelang tahun 2020, lebih dari 70 persen dari semua persenjataan dan peralatan Angkatan Laut akan didasarkan pada teknologi modern baru, kata Presiden.

24 pemikiran pada “Presiden Rusia Tertarik Project Kapal Induk Baru”

    • Rusia tdk terlalu mengandalkan kapal induk, makanya tdk suka terburu-buru membuat kapal induk. Beda dg negara yg letaknya disebelah utara meksiko, sangat suka berombongan menyerang negara lain, maka kapal induk menjadi sarana favorit untuk mengusung berbagai alutsista militer sekaligus membawa pasukan untuk menyerang negara lain. Utamanya negara yg kekuatan laut dan udaranya lemah ….

      • Berarti ente belum pernah tau sejarah perang Pasifik yg notabene ngandelin Kapal Induk. Justru Kapal Induk dibuat untuk bisa digunakan melawan armada yg kuat khususnya di area lautan lepas. Sekarang perang antar armada kapal induk sudah gak ada lagi tapi bukan berarti kapal induk akhirnya jadi tidak penting. Secanggih apapun suatu senjata pasti ada penangkalnya, begitu juga dg rudal hipersonik yg sekarang jadi momok utama kapal induk.

      • Anggaran militernya mas beda jauh jadi beda prioritas…mungkin kalau anggaran militer rusia dan USA 11:12 bisa lah saingan di kapal induk..secara kapal induk kan biaya operasionalnya gede..tapi emang dari dulu rusia kan gak terlalu mementingkan kapal induk (koreksi kalau salah).

  1. Jiahhhh dungu teriak dungu, lha apa hubungannya kebijakan politik pemerintah us/barat ame ane masih gunakan gunakan produk usa atau barat???? Si lembu dungu teriak dungu,,,kwkwkwkwkkkk
    Boleh2 aje gunakan produk us atau negara mana saja tp jangan sampai di bodoh2in, beli pespur ompong’ beli produk us dan barat malah kekuatan militer indonesia terjun bebas, gunung emas papua digrogotin tp masih ngefans, ekonomi di obok2 tp masih ngefans, keamanan negara di obok2 tp ngefans,,,fans boy barat dungu teriak dungu, otak nyimpannya didengkul πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

      • Bentrok? Sepertinya jauh kyknya mas, kalo sama China kemungkinan besar iya, Karena Secara terang terangan sudah terlihat,kalo sama Australia belum cukup kita menyimpulkan seperti itu mas, tapi bukan gak mungkin ya. Dan China Rusia kan klop bukan sepaham komunis? Jangan terlalu berharap juga ke Rusia dan ke barat tapi kita lihat Natuna siapa yang secara tidak langsung memihak Indonesia bukan? Yakni Amirika dan Jepang bukan? Rusia kemana suaranya saat Natuna belum lama ini? Bukan saya pro barat cuman pro yang menguntungkan Indonesia

        • Jauh dr mana, trus yg dr dulu kompor2in dan campur tangan dalam kasus ribut2 papua siapa????
          Apa ente tau kasus zee natuna yg sebenar benarnya???? Gk laku lg ngeles pura2 tidak ngefans us/barat tp bahasa tubuh dan aroma komentar anda emang ngefans us/barat,,,aku sudah beberapa kali jelaskan kasus zee natuna ada udang di balik jengkol, dr pengalihan kasus uighur yg disorot media barat termaksud sikap indonesia terhadap kasus uighur, pengalihan isu mesranya hubungan indo – china sehingga media us/barat menuding kebijakan ekonomi terkmaksud eksport tambang seperti pelarangan eksport nikel karena indonesia ingin mengeksportnya 100% ke china, dan yg terakhir adalah menggapai mimpi prabowo yg ingin anggaran militer naik 2x lipat’ apakah ente gk bertanya kenapa prabowo baru berkunjung ke china kok ada ribut2 zee, terus selama ada ribut2 zee kerjasama ekonomi indonesia kok malah bagus dan terus meningkat’ saat ada isu virus corono ini kerjasama ekonomi kita dengan china ada penurunan,,,,melihat suatu kasus ntu harus detail.

          • Pengalihan isu? Wah2 segitunya? Pada 18 Mei 1956, Indonesia resmi mendaftarkan kepulauan itu sebagai wilayahnya ke PBB mas dari mulai sengketa dengan Malaysia lalu bersengketa dengan etnis mayoritas Tionghoa disana kala itu masih mayoritas Tionghoa,belum lagi kekayaan di salah satu sektor gas?kekayaan gas Natuna bernilai mencapai Rp6.000 triliun!,kayak mana gak ngences China dan Rusia yakan? Kok lucu ya dikit2 saya dibilang pro barat?masalah nikel? Hey boss itu biasa dalam perdagangan komoditas internasional atau mas pikir seperti jual gorengan?,masalah itu sedang diproses oleh WTO.kok kekanak Kanakan sih komentarnya?ribut2 Papua? Ya ampun mas,coba saya minta secara jelas keterangan dari pihak pemerintah Australia secara resmi tentang Papua? Bahkan dari partai buruh Australia mendukung legalitas kedaulatan Indonesia atas Papua. #Senyum

  2. Hilang???? Kwkwkwkwkkk ente yg ngomong pakai asumsi anak2 ingusan, emang ente antek us/barat kok malah ngeles’ kagak laku ngeles anak ingusan ame ane, what biasa saat kebijakan eksport suatu negara disorot negara terutama negara yg penuh iri dengki seperti us dan barat???? What’ biasa menurut ente saat kebijakan politik indonesia disorot media us/barat menyangkut kasus uighur???? What’ biasa memurut ente saat mesranya hubungan indonesia china disorot media us/barat????? Oh jd biasa menurut ente kalau itu berpotensi menimbulkan sentimen negatif yg punya potensi besar mengganggu ekonomi indonesia yg masih rapuh dan berefek mengganggu program investasi pemerintah jd biarkan aja sentimen muncul sehingga merusak rencana pembangunan’ mantap bener cara pikir ente tong πŸ˜€ πŸ˜€
    Ente bisa gk liat fakta sejarah siapa yg gerogoti indonesia’ adakah china dan rusia grogoti sda indonesia???? Gk usah pakai fitnah ala emak’ china dan rusia gk kekurangan sumber daya alam dan fakta berbicara keturuna british lah perampok sumber daya alam negara2 lain’ contoh paling memalukan baru2 ini adalah saat suriah mengusir us tp dengan muka batunya us masih rampok minyak suriah, Bicara ntu pakai realita gk usah pakai asumsi anak ingusan, bruakakakakakakkk politik omongan cuap2 ala partai jd acuan’ si entong aje tau hubungan indonesia dan australia ibarat telur busuk yg belum pecah, ketauan banget ilmu ente masih ilmu kulit ari2 πŸ˜€ πŸ˜€

Tinggalkan komentar