Jul 212014
 
Kasad Jenderal TNI Budiman. (TEMPO/Dasril Roszandi)

Kasad Jenderal TNI Budiman. (TEMPO/Dasril Roszandi)

liputan6.com – Jakarta – Jenderal TNI Budiman membuat pengakuan mengagetkan. Dia mengaku telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) per hari ini, Senin 21 Juli 2014.

Kabar tersebut diterima Budiman melalui Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang menghubunginya Minggu 20 Juli malam.

“Itu bukan pemecatan. Memang salah saya apa? Itu pemberhentian (dari jabatan KSAD),” terang Jenderal Budiman saat berbicang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (21/7/2014).

Namun hingga kini, jenderal yang pernah menjabat Pangdam IV/Diponegoro pada 2009 itu, belum mengetahui alasan pemecatannya.

“Saya belum tahu alasannya. Saya juga akan pensiun September nanti,” kata Budiman.

Hari ini, Jenderal Budiman masih berkantor di Mabes AD yang terletak di Jalan Veteran, Jakarta. Ia bahkan turut berpidato dalam acara buka puasa yang digelar Mabes AD.

Bahkan, dalam jumpa persnya, Budiman sempat menyampaikan mengenai pengamanan pengumuman hasil pemungutan suara Pilpres oleh KPU yang akan berlangsung Selasa 21 Juli besok. (liputan6.com / Rochmanuddin)


Tempo.coΒ  – Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan memberhentikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Budiman. Menurut Budiman, pemberhentian itu disampaikan melalui Panglima TNI Jenderal Moeldoko. (Baca di sini: Disebut ‘Kapal Karam’, SBY: Saya Panglima Tertinggi)

“Panglima menelepon saya dan mengabarkan pemberhentian tersebut,” kata Budiman kepada Tempo, Senin, 21 Juli 2014. Telepon itu diterima Budiman sekitar pukul 18.45.

Budiman, yang dilantik sebagai KSAD pada September tahun lalu, akan memasuki masa pensiun pada 25 September 2014. Budiman menyatakan tak menanyakan alasan pemberhentian. “Saya cuma bilang, ‘Siap laksanakan, silakan Pak,’,” kata Budiman.

Rencananya, Budiman diberhentikan pada Jumat, 25 Juli atau dua bulan lebih cepat. Belum jelas benar alasan pemberhentian Budiman. Sampai berita ini ditulis, Tempo belum mendapat tanggapan dari pihak Istana. (Tempo.co / Wahyu Muryadi).

  225 Responses to “Presiden SBY Berhentikan KSAD”

  1. siap2 jadi menhan kah?…….he,hehe

    • hehehe..mendadak ya kang..

    • setuju bung erich,klo pak budiman jadi menhan

    • kandidatnya siapa saja bung?

    • apa lompatannya ga kejauhen ya bung ? :D,,,,, ato udah ngupi2 ama pemenang PilPres ya ?

    • Beliau dijadikan kambing hitam, gara2 manuver politik yg gak jelas karena takut kekuasaan hilang…

      Maaf lagi kesel nih.

      • sebenarnya isunya jg sdh dr bulan kemarin SBY mau ganti, tp kenapa ya.. apa nih info dari bung jalo buat warjag disini πŸ˜€

      • Intrik politiknya bung Jalo, “katanya” beliau salah satu penghasut yang menyebabkan SBY naik pitam.

        • Oh yg kapal karam ya bung?

        • Beliau ikut meminang salah satu capres, dan ada yg takut kalau si capres itu menang bakalan ada yg siap2 diincar KPK…. Dan ada kasus yg parah, beliau sudah kerja keras agar tidak terjadi politik hitam dari salah satu institusi, dan hasilnya beliau dicopot… Saya bener2 emosi banget, kalau saya cerita pasti saya dicari…

          • sarpahoma udahhhhhhhhhhhh….

            gatel tangan pengen ngeremes ular..

          • I got it Mr Jalo……Jika KPK akan selidiki si “dia” yang terjadi “senjata makan tuan” ya, karena selama ini KPK “digunakan”nya sebagai “senjata”
            serpihan serpihan mulai tertata jelas
            ### bocoran “sanga genep sepuluh sampurna”

          • Lha itu anda sendiri dah kasih bocorannya bang wkwkwkwkwkkk jadi tinggal ,jadi begitu abang bilang “nanti kalau saya cerita” sebenarnnya anda sudah memberiri rembesannya bung

        • Maksudnya meminang capres-cawapres…

          • Klo saya justru curiga pengaruh asing bung jalo.
            Kan dibawah pak budi ini riset militer tni ad maju pesat(cmiiw)….apa ada hub. Dgn masih ngetemnya clinton di jkt?

          • tunggu aja bocoran dari TM2000back alias trio macan hehehe….

          • Maaf Bung @jalo: bukannya memang salah ketika Mr. Budi ikut “berpolitik”? Sejak munculnya isu keterlibatan oknum perwira TNI, saya dan mungkin banyak warga Indonesia mulai underestimate dgn beliau. Dan kyknya skrg terbukti ketika rekapitulasi mulai menunjukkan siapa pemenangnya, beliau lgsung dipecat. Bahkan tdk prlu menunggu pengumuman Capres-Cawapres terpilih…!!! Kondisi ini semakin menguatkan dan meyakinkan saya bhw beliau memang “bermain2” politik praktis saat Pemilu Pilpres. Saya (maaf sbgai pemilih Pemenang Pilpres) kemudian bersyukur beliau dipecat.
            Nah, mhn Bung @jalo berikan pencerahannya agar saya khususnya tak lg underestimate trhdp beliau yg slama ini saya kagumi sprti Bung Jalo mengaguminya. Thanks…

        • rumornya ada hubungannya dengan “kapal karam” πŸ˜€

      • sangat disayangkan..bagaimana riset2 TNI AD nanti ketika beliau sudah dicopot?hari ini pengumuman pemenang pemilu dan sehari sebelumnya dicopot begitu saja..unsur politisnya koq terlihat betul..

    • Om Erich..kbr Merignac gmna nie.? Kpan mulai ngeronda dimari.? Trs yg Lutfhwaffe gmna progress nya.?

      Soewondo ntar kebagian yg mana nie.? Yg dr Merignac ato Lutfhwaffe Om.?

    • terus yg 73 mantan pangdam jaya gimana… masa ga dapat promosi..

  2. Setunggal, SR,… monggo lanjut

  3. Ga mungkin sby begitu klo ga ada ape2nye..kite tunggu az kabar selanjutnye…

    …NKRI HARGA MATI…

  4. mau dapet jabatan yg lebih baik mgkin kumendan…..

  5. sekawan kah?

  6. Waduh,selamat jalan jenderal….kami akan selalu mengenang jasa jasamu…..saya merasa kehilangan,mudah2an tidak ada unsur politik dari peristiwa ini….!!!!

  7. Ini salah satu Jendral yang dulu di sindir beliau kallau gak Netral, karena belain Wowo, bisa juga dulu punya hutang budi ama Wowo di Tim Tim, sehingga sewaktu waktu bisa dipakai Wowo buat Kudeta, gak usah di band kalau emang. Bener, kelihatan banget Wowo kalah terus Ularnya di gebug
    Merdeka

  8. Mudah mudahan bukan manuver politik

  9. Kenapa darat ditirikan yah?

  10. Saya tadi sempat ngobrol sama KSAD dibuka puasa bersama… Memang ada yg aneh, tiba2 diberhentikan tanpa pemberitahuan, saya sendiri kesel. Jenderal yg bagus dan saya yakin akan memajukan TNI malah dicopot cuman karena masalah politik. Kesel banget sama istana, bisa2nya nyari kambing hitam.

    Maaf teman2 lagi kesel nih…

    • Pak Budiman orangnya lurus, bapak ini yang mendukung riset utk kemajuan AD salah satunya biodisel

    • Kami pencinta produk alutsista lokal sangat sedih & prihatin, sangat sulit dapat figur lg spt pak Budiman yg selalu dukung inovasi anak bangsa

    • Ikut politik praktis ? Jawaban nya TIDAK SAMA SEKALI

      Bayangkan bila kita cuma sendirian cinta produk lokal, hrs siap tameng hadapi lemparan donat isi gula panas …

      Maaf cuma analisa lulusan sekola rakyat

    • Pak bud… baik… dia pekerja keras.
      Pernah jual gorengan.
      Sangat menghargai prajurutnya.
      Termasuk sekolah anak2.

      Tapi

      Insting will to power dari ubermanch mengkambing hitamkan orang2 seperti pak bud.

      Ga pa pa pak bud.
      Prajurit setia sama pak bud.
      Sampai mati.
      125

    • Pak kalo jendral bagus, pasti ga curhat-curhat ke luar selagi masih aktif, jendral2 lain yang pernah tdk puas dgn atasannya ga curhat keluar

    • selamat pagi Bung Jalo.. info dari anak Cijantung, Pak Budiman salah satu target incaran ( baca : di minus-kan ) agar posisi buat menhan selanjutnya aman.. issue-nya Beliau termasuk kandidatnya namun ada yang tak sejalan.. mohon maaf jika info ini menyesatkan..

  11. semoga pak Budiman mendapat amanah yg lebih tinggi dari negara

    • Justru karena manuver…nya lihat potret jateng telak bro….yang jelas istana tidak asal copot….., prinsip netralitas TNI taruhannya.; kita tinggal amati saja kesudahannya kalau dikemudian hari press terpilih menerapkan politik balas budi sejauh institusi TNI punya bukti ada baiknya semoga institusi TNI punya kemampuan untuk menegakan netralitasnya.

  12. Apa gara2 terjun ke politik sperti yg disindir pak Sby kmren yak?..
    Tp saya tetep percaya sgla keputusan Pak Sby pasti demi kebaikan Bangsa.. Trims Pak BeYe.

    Lanjut SR maning.

  13. waduhhh, apakah politik jg membuat pak budiman bs jd menhan?hehe

  14. Sabar Bung Jalo…
    Ngopi2 ngudut dlu biar santei..
    Bung Jalo kmn aja qo Jrg Nongol, skali nongol Marah2 lg..xixixi
    Ditunggu wejangannya yg dimaksud krn Faktor politik itu gmn?

    • Nanti pasti akan kebongkar, saya yakin itu… Sekarang ada yg gila kekuasaan, dan takut kalah. Intinya, Allah itu ada dan pasti ada jalan yg terbaik untuk beliau…

  15. Selamat buat pak Budiman..! Bisa jadi, dialah yang lebih disukai oleh presiden terpilih nanti, untuk menjadi salah satu anggota kabinetnya. Dalam politik dan pemerintahan, nyatanya pos militer masih menjadi suatu pos idaman. SBY pernah mengulur jabatan dan masa pensiun panglima TNI Jend. Endriartono Sutarto, semata-mata hanya untuk membendung kans Jend. Ryamizard Ryacudu. Semua ada unsur politik. Saya curiga telah terjadi sebuah sandiwara di belakang layar. PDIP saat ini sedang mencari koalisi, Ruhut sudah masuk duluan. Artinya, mungkin demokrat siap berkoalisi dengan PDIP jika jagoannya menang, dengan syarat bahwa pos menteri idaman harus menjadi milik orang demokrat. Begitu pun sebaliknya, jika jagoan koalisi merah putih yang sukses melenggang, mungkin Jend. Budiman adalah sosok yang dianggap tepat mewakili demokrat di kabinet. Saya masih ingat dengan kepiawaian SBY dalam menentukan sosok pilihan untuk suatu posisi. Dia selalu mengabaikan urutan jatah dan senioritas. Dia lebih memilih prinsip leading by caracter. Saya yakin, Jend. Budiman adalah sosok yang baik, dan SBY sangat menyayanginya. Sebelum menjabat Kasad sempat digeser ke Mabes, dengan dalih untuk memastikan kelancaran pembelian alutsista. Dengan bekal pengalamannya ini, mungkin SBY memiliki kesimpulan bahwa kemampuan managerial Budiman relatif lebih baik daripada Moeldoko, sementara Moeldoko memiliki leadership yang lebih unggul daripada Budiman. Selain itu, dengan mundurnya Budiman, berarti akan ada jenderal baru yang akan naik. Sosok baru ini tentu saja adalah pilihan SBY. Artinya, meskipun kelak rezim berganti, namun masih tetap meninggalkan networking dan conectivity yang dibangunnya selama ini. Positif thinking aja, mungkin SBY ingin memastikan agar program MEF yang telah dirintisnya akan tetap berjalan dan berkelanjutan. Amien..! Jika benar ini adalah tujuan akhirnya, maka tidak beralasan jika kita harus menangisi dan meratapinya. Sebaliknya, kita layak berlega, bangga dan bahagia. Hapuslah air matamu, mari kita sambut matahari pagi yang benderang..! Hehehe..! Maaf, sekedar analisa tukang masak..! Salam..!

    • Analisa saya bung, Pak Budiman bakalan menempati sebuah pos strategi baru yang mungkin tdk kita sangka sangka semuanya, rencana strategi pak SBY memang susah ditebak. Untuk Bung Jalo saya harap bung Jalo tdk terlalu meratapi dengan salah satu jendral terbaik kita ini. saya yakin ada rahasia dibalik rahasia. semua sudah ditentukan jalannya oleh sang Pencipta.

      • Kalau saya sudha ada jawabannya, dan saya melihat langsung yg terjadi… Terserah mau beropini apa, tapi nanti teman2 akan tahu setelah presiden kedepan dilantik… Saya tadi aja kaget dengan pengakuan di acara buka bersama. Jadi sabar aja, semua akan terbongkar…

      • Harapan saya sih Bung Jalo, semoga semuanya itu semata mata untuk kemajuan bangsa kita, bukan semata mata karena faktor politik melulu. Apapun kelak yang terjadi, sdh diatur semua oleh Yang Diatas, dan semoga kedepannya Bangsa kita bisa lebih baik lagi di tangan presiden yang baru meskipun jagoan saya tdk jadi RI 1. Kedepannya setelah dilantik dialah Presiden kita semua, Presiden Republik INdonesia. Politik memang kotor bung, karenanya itu jangan coba coba ikut dalam dunia politik kalo tangannya tdk ingin ikut kotor juga πŸ™‚

        Maaf ya bung jalo. Lebaran sudah dekat, tinggal seminggu lagi. Mohon maaf sebesar besarnya.

        • Siap, dengan ucapan yg sama ya bung… Saya dari kemarin menghindari berbicara masalah politik, tapi lama2 kesal juga ada yg dijadikan kambing hitam. Negara kita ini masih sulit meninggalkan politik hitam karena masih banyak yg gila kekuasaan. Tapi tetap harapan untuk kemajuan bangsa pasti selalu ada apalagi masalah politik bersih. Pasti iti selalu menjadi cita2, saya balik jadi SR lagi deh…

    • mantap bung yayan
      analisa out of the box dan positif thinking yg komplit
      layaknya menu nas goreng komplit special
      hehehehe

    • Bung Yayan, setahu saya Demokrat sudah milih koalisi. Dan itu yg sedang diperjuangkan sama mereka.

    • Ulasan Om@yayan bkin adem hati saya..ada bnrnya juga..
      pdhal td saya smpet jengkel jg knpa Beliau dignti tiba2.. Mdh2an bnr adanya spt yg Om@yayan sampaikan diatas.

      Keep Positive Thingking aj deh..

    • Ulasan yang cerdas dari bung yayan, kadang keputusan Sby sepertinya tidak sesuai dengan jalan pikiran orang awam karena memang cara berpikir beliau diatas rata2 masyarakat Indonesia pada umumnya. Ingat, beliau seorang pakar strategi sekaligus profesor bidang pertahanan, ditangan beliau Indonesia berubah menjadi raksasa dunia baik ekonomi maupun militer.
      Semasa pemerintahan Sby, rakyat merasakan kenyamanan dalam beraktifitas, tidak ada gejolak sosial ataupun pemberontakan yang muncul dalam skala besar. Bahkan insan pers mendapat kebebasan berekspresi sangat luar biasa yang bahkan sampai “kebablasan” yang pada akhirnya malah menjadi bumerang bagi pemerintah sehingga dimata masyarakat Sby menjadi sosok jahat dan dibenci oleh rakyatnya. Apalah artinya kebebasan pers bila hanya untuk melacurkan diri pada asing dan kepentingannya yang pada akhirnya menggadaikan harga diri bangsa.
      Tidak ada yang salah pada penggantian Kasad, bahwa pilihan harus netral memang amanah Undang-Undang maka kita harus memegang prinsip ini selama belum ada revisi untuk merubah TNI mendapatkan hak politiknya kembali.
      Mari jadikan momentum penetapan hasil pilpres hari ini untuk menjadikan kita mengerti akan hak dan kewajiban kita selaku bangsa Indonesia yang pada akhirnya kita dapat menerapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. NKRI harga mati. Salam…..

    • ini nih yang namanya pencerahan… postif thinking

      bung@yayan memang ahlinya meracik aneka bumbu untuk jadi makanan enak…

      #akuIndonesia

  16. Ajaib… ada apa ini? Perubahan arah angin mendadak yg mengubah yg lain mjd ular?

  17. ada nggak di dunia ini negara yg presidennya tdk memiliki hak dlm urusan internal militer,termasuk pergantian jabatan ditubuh militer?

  18. Hmm.. kira2 ada skenario besar apa setelah ini ya?

  19. Kasihan sekali beliau.. Banyak yg mengira beliau yang mendukung salah satu capres

  20. He he he he… Aku sering liat para sesepuh membicarakan tentang garuda dan ular. Aku jga setuju dngan istilah itu. Tapi kayaknya persepsiku tentang garuda dan ular kebalikan dari yg dimaksud oleh para sesepuh. Yg nampak seperti garuda, ternyata adalah ular yg sebenarnya. Garuda merah bkan garuda kita.
    Ma’af jika ada yg tdk berkenan. Berbeda pendapat itu bisa. Yg penting harus tetap membela garuda emas yg membawa Bhineka Tunggal Ika. Salah sejahtra, rahayu.

    • Ralat.
      Maksudnya, salam sejahtra.

    • Berbeda pendapat itu anugrah bung,yg penting kita bicara ada dasar2nya hehe
      Itulah yg membedakan warung ini dgn yg lain bung. Disini gk waton ceplos tp ada story behind nya,ada reason nya.
      Salam hangat bung hehe

    • Saya setuju bahwa Garuda bukan merah, tapi ini bukan karena saya pendukung salah satu capres karena saya adalah golput.

      Bagi saya detail garuda sudah ditentukan founding father jauh sebelum kita semua lahir. Disitu ada makna hari kemerdekaan kita. Dia juga membawa beban penjaga Pancasila serta mencengkeram erat lambang persatuan NKRI yaitu Bhinneka Tunggal Ika…

      Tapi saya juga mengerti salah satu capres menggunakan lambang garuda untuk simbolisasi nilai-nilai yang ingin dibawa oleh kader-kadernya…

  21. Siapapun yg nenang capres nya.. pemenangnya adalah sir SBY..
    Entah sdh brp kali ngetik kata2 yg sama ini saya di pelbagai forum.. ahahahhahaaa

  22. Affirmative 😈

  23. Kalau analisa saya. Awal2 pilpres pak Sby bingung mau dukung yg mana, mana yg menguntungkan. Beliyau melihat diantara kedua pasang capres,masing2 ada kelebihan dan kekurangan. Oleh krna itu, beliyau memilih netral. Namun kemudian beliyau melihat tim capres no 1 yg lbih menguntungkan beliyau, oleh krna itu, kemudian beliu memerintahkan org kedua di partainya untuk mengumumkan bergabung dngan koalisi capres no 1. Tapi krna blum ykin no 1 menang, makanya beliyau hanya menyuruh org no 2 dipartainya yg mengumumkan itu. Agar bila perkiraannya meleset, beliyau tdk kehilangan muka. Namun setelah diadakan pilpres, dan perhitungan sdah berjalan, dan beliyau melihat bhwa yg menang adalah capres no 2, maka kemudian mau tdk mau beliyau harus merapat ke no 2. Agar bisa mendapatkan sdikit perlindungan, atau minimal image tntang diri beliyau tetap baik, atau minimal lgi, program MEF tetap terus bisa berjalan. Oleh krna itu, kemudian beliu mengorbankan yg bisa dikorbankan yaitu pak Budiman yg nampak sbagai pendukung capres no 1. Dngan melakukan itu tentu berharap agar beliyau diangap berada di kubu capres no 2.
    Ma’af, hanya analisa ngawur.

    • Analisany berarti Tidak ada ideologi sama sekali hanya cari selamat dan untung! Bhinela tunggal ika maknanya berbeda2 yg penting untung haha kasihan!!!

  24. Tapi itu tdi hanyalah salah satu kemungkinan. Masih ada kemungkinan lain. Bisa jadi pak Budiman bkan pendukung capres no 1,melainkan malah pendukung capres no 2. Dan ada kbar angin kalau pak Budiman memang bkal dijadikan salah satu mentri oleh capres no 2. Kalau kbar ini benar, berarti kita musti ngucapin selamat buat pak Budiman.keyy…

  25. hanya bs mengambil inti dr analisa sesepuh z dah krn kurang paham dgn konspirasinx…

  26. Bapak SBY adalah sosok yg visioner dan penuh strategis,, tentu sebagai negarawan akan lbh mementingkan kepentingan negara dan bangsa. Maka aku yakin beliau punya tujuan yg baik bagi pak budiman dan khususnya buat kepentingan militer dan negara. Jgn berprasangka buruk kepada bapa SBY beliau adalah figur pemimpin yg sngt bijaksana demi kemajuan negara dan bangsa. Sby telah berhasil membangun pondasi yg kokoh dan teladan dalam berpolitik yg santun. Kita apresiasi kemajuan yg beliau berikan bagi negara ini beliau telah berhasil meletakan pondasi yg kokoh dari sisi ekonomi, militer, politik beretika,keamanan yg kondusif, dan hubungan luar negeri yg semakin mengharumkan dan memperhitungkan negera kita. Itu semua karena sosok beliau yg sabar dan rendah hati, demi kepentingan negara. Sehat selalu buat bapa SBY dan kuatlah TNI jaya NKRI.

  27. setau saya pak budiman pernah masuk bursa cawapres no 2 , dia juga yg mengakui bahwa ada oknum babinsa yg mencoba menghasut warga untuk memilih salah satu capres tp dibantah oleh pak muldoko klu ada oknum babinsa yg mencoba menghasut warga

  28. Jelang 22 Juli makin memperlihatkan mana ular mana garuda.

  29. Perasaan bung jalo aja, karena merasa kubunya paling terzolimi..padahal mah sama2 aja bedua…sesama bus jangan saling mendahului.

    • Kalo gak saling mendahului repot pak…gak jalan berarti sama sama ngendon di pool… :mrgreen: peace pak handal πŸ˜€

    • Kayaknya sedang bahas trayek nih pak handal dan bung werh…. sy naek deh turun di TIM, mau nonton drama judulnya lagu lama cd baret… hehehe

    • Saya sampai sekarang tidak punya kubu pak, saya lebih senang kalau para Capres itu fair dan harus siap kalah.

      • Oohh iya, saya tidak bisa buka dimari karena bisa jadi saya kena UU IT atau pencemaran nama baik deh, hehehehehe… Sebenarnya sudah ada kasus lucu, ini masalah politik dalam institusi. Ingat kasus Babinsa itu ada dualisme saat penjatuhan sanksi. Ada yg terlalu lurus, makanya begini. Mana ada orang lurus itu memiliki masa jabatan yg lama, saya jadi ingat kasus Pak Hoegeng, Jenderal yg baik itu tidak lama masa jabatannya.

  30. Sebelum pemiliha capres presiden sby sempat mengumpulkan para petinggi TNI & POLRI,waktu itu sby memang sempat agak emosi dikarenakan ada petinggi yg mengatakan “dirinya bagaikan kapal yg mau karam”,apakah ini salah satu tindakan ungkapan emosi beliau..!!??.IMHO

  31. menurut saya, kekuatan TNI akan sangat besar kalo netral. Cuman perlu waktu, tidak mudah lepas dari masa lalu.Semoga dalam 1 generasi yang akan datang proses ini selesai. Kalo secara institusi kan udah mantab nih 10 tahun terakhir. Saya apresiasi sekali doktrin Tentara Profesional.

    • sayang yah polri lepas dari TNI. sekarang jadi ketinggalan jauh di belakang TNI. untuk profesionalitas masih seperti dulu, paling cuma doktrin dan senjatanya serta mobil patroli aja yang modern…
      Kalo masih satu lokomotif ma tni setidaknya ikut kena arus reformasi…

  32. Bung flores…sy tertarik komen anda soal “tentara profesional”…

    Istilah ini sangat mahal dlm perjalanan sejarah suatu institusi tentara di asia termasuk indonesia karena karakter orang asia sangat patriakal dimana hrs ada “sosok” kebapakan yg menjadi panutan dan tempat tumpuan kesetiaan…contohnya sistem daimyo dan samurai di jepang,jenderal di cina,senopati di indonesia….sang bapak ini yg bertanggung jawab atas semuanya dari urusan protokoler militer sampai urusan dapur,sumur dan kasur anak buahnya…pada pokoknya ketokohan lebih dominan ketimbang profesionalitas pimpinan…tdk cuma di asia,eropa timur,amerika selatan dan afrika jg mengadopsi hal yg sama…

    Efek buruk mengurus tentara dgn cara ini adalah tentara terkotak kotak dan dpt memicu kudeta yg menciptakan instabilitas negara…efek baiknya,tentara tdk mudah dikalahkan karena apabila pimpinan pusat sdh menyerah pada musuh tdk serta merta tentaranya ikut tunduk bahkan akan tercipta kantung kantung perlawanan baru yg dipimpin oleh pemimpin2 vazal setempat…inilah kenapa agresor sangat sulit menaklukan negara dgn sistem tentara figur…

    Inilah ganjalan sebuah tentara profesional sebagaimana yg dianut eropa barat…budaya adalah hal yg sulit dilepaskan dlm kehidupan sehari hari dan barat sangat berkepentingan negara yg berpotensi menjadi musuhnya menganut konsep tentara profesional agar dalam satu pukulan dapat dikalahkan…barat jg berupaya memisahkan tentara dgn rakyat yg merupakan ekses dari konsep tentara figur agar tentara sbg “ikan” tdk memiliki “kolam” untuk berenang Dan mudah dikalahkan…

    Sy tdk bilang tentara profesional itu jelek..bahkan sangat bagus secara organisasi dimana siapapun jika ia mampu dapat menjadi pemimpin…namun mengelola orang yg memegang senjata sangat perlu suatu figur yg bs mengendalikan mereka semua karena senjata merupakan benda yg sanggup memaksakan sebuah keputusan baik itu baik atau buruk…

    • Senang dng komentar bung Wehrmacht dan seneng bung sdh kembali kejati diri bung, salah satu intelektual di JKGR dan wikipedia hidup yg saya kagumi. Maaf yah bung W, kmrn sy sedih baca komentar bung diartikel sblmnya, begitu emosional shg menutupi sosok intelektual bung W (maaf, ini masukkan dr fans berat bung W, hehehehe). Semoga kedepannya bung W tdk gampang lg terpancing emosinya.

  33. Tambah banyak tanda ? Yg masih belum terjawab….see and wait

  34. Beberapa hal yang saya ingat, ketika publik mencemooh atas kelambanan SBY dalam menangani kasus pembajakan MV Sinar Kudus, ternyata beliau sudah membentuk tim khusus dan memberikan perintah. Ketika rakyat mencemooh beliau tentang ketidakadilan, dijaman pemerintahan beliau lah KPK bisa bertaring dan mengungkap berbagai kasus yang melibatkan berbagai orang-orang oenting termasuk keluarganya. Ketika publik mencemooh kinerja ekonomi pemerintahan SBY, saat itulah ekonomi kita masuk 10 besar dunia, ketika publik mencemooh ketidaktegasan beliau atas kasus ambalat, pada saat itulah beliau memerintahkan militer untuk bergerak dan menjadi alasan kuat atas kebangkitan militer RI. Ketika publik mencemooh TNI atas kasus kapal sonotan yg masuk kedalam wilayah NKRI, pada saat itulah sonotan dipermalukan dengan diplomasi internasional pemerintahan beliau. Masih banyak lg yang lainnya yg ane nggak hafal. Sy masih berpositif thingking hingga waktunya semua itu terbuka. Karena negatif thingking sy selama ini terhadap beliau ternyata hampir selalu salah. 1 hal yang saya ingat apa yang dikatakan seseorang yang mengenal beliau ketika beliau masih di kabinet Megawati, beliau orang yang sangat cerdas dan memiliki emotional quotient yang cukup baik. Beliau memang sangat jago strategi. Semoga di akhir kepemimpinannya, tidak ada noda yang beliau tinggalkan dan apa yang beliau lakukan semata-mata hanya untuk rakyat NKRI. Ya walaupun memang tak ada gading yang tak retak.

  35. Salam 2 jari πŸ™‚
    siapa lagi yang masih mengidolakan nomor 1, dan menuduh ular nomor 2
    hahahahahaha……sudah saya bilang dari awal TUHAN itu adil
    sekarang lihat kelakuan nomor 1,
    Putra bangsa bagus malah jadi korban…. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    tunggu pengumuman nanti sore jam 4 ya. katanya no 2 jadi presiden πŸ™‚
    pasti ini masalah kontrak tambang di kaltim πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  36. Aminn bung Jalo..
    Mdh2n Pemerintahan berikutnya Lbh Baik lg Dr sekarang.
    Emg ngenes ya, Indonesia kekayaan Alamnya melimpah ruah Tpi Kenapa Rakyatnya sebagian Besar……….

    *Ngimpi mode On..
    *Salam Hangat wat Bung Jalo skeluarga.

  37. ndak tau mau bilang apa, tapi kalo menurut saya malah pak SBY sedang melakukan jebakan betmen yah… Ada yg mau berulah, lalu dibuat sandiwara agar ularnya keliatan lebih jelas gitu…

  38. ada analisa aneh boss,, soal klinton yang masih di indonesia.. coba cermati analisanya di pesbuk “BlogSpecialReturn”

  39. betul kata bung iwan flas bahwa politik itu kejam semua hancur hanya karena kepentingan politik
    sedih sedih sedih

  40. man propose god dispose inshaa Allah

  41. …jadi teringat kisah antara khalifah Umar ibn Khatab ra. dgn sang jendral “Syaifullah” Khalid ibn Walid ra. ,
    kisah antara sang pemimpin dan sang jendral….antara wawasan mendalam dan jauh ke depan dgn kepatuhan dan ketaatan…..diperlukan jiwa besar serta kearifan dan itu telah di perlihatkan…di contohkan oleh mereka berdua,
    ….salamu ‘alaika yaa Rasulullah…wa ala ‘alihi wa shahbihii ajma’in……ane rindu dgn generasi terbaik mereka ra…,

  42. KITA harus BIJAKSANA dalam membaca suatu berita ..karena kita hanyalah rakyat awam yang tidak tahu bagaimana daleman pemerintahan dan politik yang sedang berjalan,,
    Percayakan kepada Panglima Tertinggi dalam mengambil keputusan dalam hal sumber daya manusia di internal TNI dan regenerasinya dalam rangka Tour of Duty didalam mewujutkan TNI yang kuat,kompak dan Netral..Bagaimanapun pak SBY adalah masih Panglima tertinggi ,,dan beliau lebih tahu bagaimana strateginya menjaga TNI dan Polri netral dan selalau siap mengamankan kedaulatan negeri ini,

    Mungkin saja apa yang didengar oleh bung Jalo adalah bukan alasan sebenarnya karena bung Jalo hanya mendengar dari satu sisi dan belum mendengar alasan strategis yang diambil oleh Presiden.
    Karena bung jalo terakhir terakhir juga tidak netral dalam memberikan koment disini dan lebih memihak kesalah satu capres..sehingga mungkin bung Jalo juga agak emosi mendengar alasan yang disampaikan,,bisa jadi mungkin memang kesan itu yang ingin ditangkap bung Jalo dan para Wartawan agar tersampaikan di khalayak ramai (kita juga tidak tahu)

    Yang pasti Bapak Budiman adalah salah satu Kasad terbaik ,,pak Budiman pernah digeser sementara ke Kemenhan dan kembali di jalur promosi hingga menjadi Kasad.
    Saat digeser pada waktu itu pak Budiman tidak mengeluh karena tahu roadmap promosi jabatannya ,dan saat itu banyak juga yang mengeluh dan mencemoh bahwa pak Budiman disingkirkan agar tidak menjadi kasad.,tetapi ternyata tetap bisa menjadi Kasad kan ?? dan itu rakyat awam seperti kita tidak tahu bagaimana strategi yang dijalankan oleh Panglima Tertinggi,,
    Dan juga Yang Pasti dua bulan lagi pak Budiman mau pensiun ,,perlu MPP (masa Persiapan Pensiun),,banyak kok mantan KSAD,KASAL,KASAU dan Kapolri yang lebih dari dua bulan MPP dan itu NORMAL ,,
    Saat ini saja suasana Pilpres menjadikan tahapan Tour Of duty yang sebenarnya BIASA menjadi disorot,,dihubungkan dengan ketidak netralan,,atau calon Menhan Kubu tertentu,,, atau malah dihubungkan supaya terlihat menjadi oraqng yang bersebrangan dengan Pak SBY dan bisa aman menyebrang dikubu salah satu capres,,,
    Dan kenapa sekarang ada keluhan dan curhat ??? kita sendiiri tidak tahu,,

    Proses Pilpres masih ada dua Tahapan menuju titik Kruisal ,yaitu pengumuman KPU tgl 22 Juli dan Proses gugatan MK hingga ada hasil dari keputusan MK,dan kedua titik kruisal itu perlu Pengamanan dan pengkondisian agar Indonesia damai.
    Bisa saja perlu orang yang baru yang Fresh untuk pengamanan tahapan Krusial seperti tersebut diatas sambil menyiapkan pak Budiman dijalur Politik selepas pensiun.,.,.

    Bung Jalo mungkin akan menyesal dengan dugaannya bila Pak Budiman ternyata disiapkan menjadi calon menteri di Kubu nomer satu atau menjadi calon menteri di kubu nomer dua dengan misi mengamankan rodamap MEF agar tidak terlalu melenceng,,,(maaf bung Jalo hal ini perlu saya tekankan agar tidak menimbulkan dampak penggiringan opini disini tentang pemberhentian pak budiman karena hal hal yang negatif)

    kita hanya bisa Berbaik sangka karena memang kita TIDAK TAHU,,jadi akan malu sendiri bila berkoment ternyata dikemudian hari tidak sesuai dengan dugaan kita.
    kita hanya bisa mengatakan Terimakasih atas darmabakti pak Budiman selama ini ,,Selamat menempuh karier baru di jalur Sipil,pak ,kami akan tetep mengenang Prestasi prestasi dan jasa jasa bapak Budiman di kemiliteran.. ,,Semoga Bapak diberi amanah Jabatan yang lebih besar ,,,amien

    Oh yaa pesan bijaksana hari ini “”Jangan Mati matian mencari sesuatu ,,,yang.. tidak bisa dibawa mati””
    IMHO

    • ramalan ane Penggantinya adalah Lieting 83 ,,,IMHO,.,,,
      sekedar ramalan hehehehehe
      pamit ,, olahraga dulu

    • Assalamuallaikum… ini baru statement bapak bangsa..eh bapak JKGR deh..hehehe dari mana aja bung satrio baru nongol.

    • Ok bung Satrio, terima kasih masukannya. Penggiringan opini dari awal juga sudah terjadi. Makanya saya benci yg namanya politik, karena sukar ditebak. Tapi saya tetap dengan prinsip saya, dan nanti kita lihat aja kedepan.

    • ..terima kasih om @Satrio atas pencerahannya…,
      oh ya..ane tambahin pesan bijaknya om …”jangan mati”an mencari dan memegang sesuatu yg tidak di takdirkan untuk di miliki..yg hanya menjadi penyesalan setelah mati”…, maaf om @satrio…ane jadi sok bijak nih, ….bung @jalo sabar ya…secara bpk SBY masih berada di puncak tertinggi di menara yg bernama Indonesia…jadi beliau bisa memandang secara luas dan jauh dari berbagai masalah di bandingkan kita yg masih berada “di basement” dgn pandangan yg terbatas….maaf tiada maksud untuk menggurui siapapun !

    • satu lagi pencerahan kewiraan & kenegaraan bung satrio , selalu pegang komitment dr awal masa pencapresan sampai menjelang pengumuman hasil KPU tetap netral, tidak pernah menunjukan mengidolakan salah satu capres apalgi menjagokan slah satu untuk menang.
      Hari ini tgl 22 juli 2014 adalah pengumuman resmi KPU, Bagi presiden yg terpilih semoga kemenangan yg diraih dpt jadi amanah, ujian&memperbanyak amal ibadah sebagai pemimpin bukan hanya sekedar meraih ke-inginan ego sesaat&melalaikan sagala janji yg diucapkan didepan jutaan massa, apalagi melanggar segala sumpahnya sendiri atas nama Tuhan Allah SWT diatas kitab suci. Inggatlah diatas pundak Anda lah kami menitipkan segala kemajuan, kekayaan, kemakmuran, kebersamaan dan persatuan&kesatuan bangsa yg besar NKRI ini. Jangan pernah Anda jual harga diri bangsa ini hanya untuk kepentingan segelintir orang, jangan pernah kecewakan para pendukungmu maupun rivalmu karena kita sekarang adalah satu indonesia, satu bangsa&satu tanah air, siapapun Anda apalagi ada yg mau mengusik dan memecah apalagi mengadu domba maka kami 250juta ada dibelakangmu siap menjaga NKRI.

      Dan semoga kekalahan kali ini ada bnyak hikmahnya untuk lebih belajar lebih baik, mari skr kita singsikan baju&lengan kita kawal kemajuan bangsa ini, kita jaga kebesaran bangsa ini, kita bangun bangsa yg majemuk ini karena skr bukan saatnya mencari-cari arti kekalahan tp menemukan makna bahwa semua rakyat Indonesia adalah pemenang. Pemenang bagi keragaman&perbedaan yg kita miliki saat ini, tolong ingatkan&selalu jaga 5 tahun kedepan agar kemajuan selalu dapat diraih oleh Bangsa&Negara Kesatuan Republik Indonesia.

      Jayalah Bangsaku majulah Negaraku…..
      NKRI harga mati…….

      Salam hangat bung satrio, maaf baru kali ini sy koment panjang….
      salam ke anak&cucu dirumah, asline pengen silahtuhrahmi teng griyane jenengan bung sat, tp mboten ngertos alamate…. kinten2 saget nopo mboten….????

    • Super sekali bung Satrio… siapapun anda saya mengagumi panjenengan atas semua tulisan-tulisan tentang kewiraan di forum JKGR dan warung sebelah yang membangkitkan kebangsaan dan jiwa patriotisme saya. Tulisan bung Satrio tidak terkesan titipan dan selalu melihat data dan fakta secara obyektif tanpa memojokkan salah satu pihak.
      Kita harus menjaga suhu politik di negeri ini dengan kepala dingin sehingga tidak terpancing provokasi dari orang2 yang ingin memecah belah bangsa ini. Musuh yang nyata adalah ASU dan antek-anteknya namun musuh yang paling berat adalah bangsanya sendiri yang melacurkan pada kepentingan asing.

    • Ulasan nya Om Satrio sesegar air dipagi Subuh.. Bkin adem & fresh..

      Setuju usulan Bung@Rafly..Vote utk Om Satrio utk diangkat sbgai “BAPAK JKGR”..
      Gmna Warga yg laen.. Setuju jg kah..?

    • Sebagai orang di luar politik, kita memang tidak tahu apa yang ‘sebenarnya’ terjadi di dalam pusaran politik tingkat tinggi seperti itu. Untuk itu saya pribadi berprasangka baik terhadap keputusan ini. Apalagi pak Sby memang dikenal sebagai seorang pemikir yang berorientasi ke depan,

      Saya rasa keputusan ini menjadi manuver yang kasar bagi seorang sby jika memang alasannya adalah hal negatif. Jika alasan pemberhentian ini karena alasan berseberangan, tentu pak sby akan menggunakan cara yang lebih halus agar tidak menimbulkan gejolak, apalagi dalam situasi yang masih panas ini. saya lebih percaya, pak Budiman sedang dipersiapkan untuk ‘kepentingan’ lain, bukan ‘dibuang’.

      Saat-saat seperti ini, pihak2 yang tidak menginginkan bangsa ini maju sedang mempraktekkan politik adu domba, politik yang sukses membuat bangsa ini terjajah ratusan tahun, dengan menggunakan alat informasi. kita mudah dipermainkan oleh informasi, entah informasi itu benar atau salah, karena memang ada informasi2 yang menyesatkan, menggiring opini, dll Jadi kita harus bijak dalam memahami informasi apapun yang beredar.

      Mohon maaf, tidak bermaksud menggurui, hanya prihatin jika diantara kita sendiri terjadi saling curiga & saling tuduh…yang membuat kita sekali lagi akan jalan di tempat.

    • @satrio….antisipasi klo pemerintahaan yang akan datang cuma seumur jagung

    • Menurut sy jabatan adalah amanah, jadi dijalani saja dgn hati yang iklas, insyaallah Allah SWT akan memberikan yg terbaik dari ke-iklasannya.
      Siapa tau setelah diperhentikan, jend. Budiman di kemudian hari akan menjadi orang yang lebih hebat dari pada skrg.
      Dulu SBY klo nggak salah , sama gus dur tdk dijadikan kasad, malah dijadikankan menteri, skrg malah jadi Presiden 2 kali.

    • β€œβ€Jangan Mati matian mencari
      sesuatu ,,,yang.. tidak bisa
      dibawa mati””

      saya suka kata2 itu bung satrio

    • emang bung Satrio udah tue ya Ndan,, jadinya kagak bisa bangun lage ? πŸ˜€
      kabuuuuuurrrrr

    • bung sarkem,Navajo, wehrmacht ,,
      Hussssss
      Gua kencingin buta loe,,,
      hehehehehe

  43. Jujur saya penasaran dgn apa yg di dengar dan di ketahui bung Jalo…

  44. Jalo, Satrio, Diego, Salam kenal
    Mau tanya nih Apakah kalau pendukungnya pak Jokowi koment di sini langsung kalian sebut Ular? Terus di band, di block IPnya?
    Jawab yang jelas gak usah pakai band2 an

    • bung@ WM,,,biasannya kalo orang makan kue kelepon di warung habis makan bayar,,,bayarnya minimal duduk dengan sopan,,,kalo sudah g bayar trus mencak2 lagi bisa di toyor tukang warung hehehe,,,salam hangat bung,,,minal aidin wal faizin

      • Salam kenal Bung, kebetulan saya hobby banget Alutsista, karena Sejak kecil dilahirkan di lingkungan barak, sampai tahu yang duduk di Kursi Nomer satu TNI AU dulu, pagi pagi nyapu di halaman Pak Ida Bagus Sada, saya Dukung perkembangan MEF, cuma suasananya agak gak enak ini Warjag Sejak Pemilu, semoga Presiden Baru yang diumumkan nanti sore jam 1600 pegang janjinya naikkan anggaran jadi 3,5 percent GDP, dan janjinya naikan gaji Prajurit seperti permintaan Pak Moeldoko.Karena Prajurit TNI itu penghasilannya pas pasan banget, kasihan
        NKRI Harga Mati

      • apam paranggi@ woi..jgn bw2 kelepon dong,itu merk dagang gua fren..hehe

    • Bukannya kita diskriminasi, tapi hal2 seperti itu seperti asal njeplak, njatuhkan kubu lain, dll itu tdk ingin kami munculkan d forum ini.. kenapa?

      1. Hal itu dapat memancing warjagers yang lain
      2. Bakal ada debat, hujat2an, dll
      3. Ujung2nya kita bakal musuhan perkara PERBEDAAN

      Maka dari itu , kita tdk ingin urusan politik membuat kita bermusuhan.. seperti rumah anda d datangi orang, kemudian orang itu asal ngomong , langsung solot sana sini, dll.. tentunya anda risih juga bukan?

      Itu pendapat awam ane sebagai tukang buka buku.. mohon maaf kalo ada yang salah kata

    • @wowo mania
      Disini seingat saya tidak ada yg dibanned untuk pendukung salah satu calon.

      Yang dibanned hanya yang mengeluarkan komentar kasar, kotor, dan menjurus ke SARA.

      Semua bebas mengeluarkan uneg2nya, tetapi tetap sopan. Analogi Garuda dan Ular mungkin kebetulan semata, kebetulan pihak ke-1 menggunakan lambang yang sama. Untuk Ular sendiri bukan menggambarkan pendukung pihak ke-2, tetapi pihak2 yang memboncengi dibelakangnya.
      Itu terlepas dari pihak 1 dan 2, semua pembonceng itu ULARnya.
      Jadi jangan salah sangka terlebih dahulu, dan lebih mencermati mungkin lebih baik.

      Banyak juga yang menggiring opini ke salah satu calon, tetapi apabila menggunakan kata – kata yang sopan dan tidak menyinggung salah satu pihak gak bakalan dibanned.
      Kita lihat saja kedepannya, kita kawal, kita dukung siapapun presiden yang terpilih nanti.
      Apabila sudah sesuai jalur kita dukung, apabila salah diingatkan, kalo salah lagi diingatkan lagi, dan lagi dan lagi… πŸ™‚ sampai mungkin kita lempar mercon bareng – bareng… hehehehe

      Jadi disini hanyalah forum militer, walaupun saya seorang sipil tetapi tidak salah juga saya sering berkunjung ke forum ini.

      Mohon maaf apabila ada kata – kata yg kurang pas, terima kasih…

  45. Yang di dengar bung Jalo hanya dari satu sisi (Pak Budiman) tapi Bung Jalo belum mendengar dari sisi (Pak SBY) sendiri. Mungkin bung Jalo kecewa dengan keputusan pak SBY berdasarkan yang di dengar dari pak budiman, Tapi bisa juga akan bangga dan mengacungi jempol jikalau mendengar sendiri alasan dari pak SBY. Dengan track record pak SBY selama ini sebaiknya kita lebih berbaik sangka sajalah, karena kita tidak tahu apa sebenarnya yang terjadi. “Apa yang nampak dari luar tidak selalu berbanding lurus dengan apa yang ada di dalam.”

  46. colek bang jalo pertemuan dibali itu apakah antara capres dengn pak beye atau gimana tlg pencerahanya?thx

  47. dari beberapa koment dari para JKGR sangat terlihat bahwa para anggota yang aktif ingin netral se netral netralnya,

    tapi begitulah .. jika sudah terkena isu politis akan terasa hawanya hangat …….
    bahkan hacker yang tidangkap pun bisa jadi isu politik
    bahkan eksodusnya warga ibukota pulang kampung juga jadi isu politis.
    begitulah hangatnya rakyat indonesia menyambut isu dan kabar kekinian
    jangankan buat pemimpin indonesia , pelistin dan wahyudi juga orang indonesia sangat pro aktif..

  48. wait n see ….garuda dan ular bertarung di awang awang ..rakyat hanya mampu melihat penuh cemas dari bawah tanpa tahu bahwa garuda telah menjadi garuda mutant dan ular menjadi ular mutant…apakah kebenaran akan mengalahkan keburukan? its relatif…dari mana anda melihatnya.
    kalau rakyat biasa seperti saya sih melihatnya …gelap dan samar samar….so ..wait n see

  49. @bung Diego : Mohon izin menyampaikan informasi.

    @buat warjager… hari ini adalah dimana KPU akan menyampaikan hasil perhitungan manual PILPRES 2014 sekaligus akan mengumumkan ke seluruh rakyat Indonesia siapa Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih yang akan menjabat selama 5 tahun ( 2014-2019 ). Siapa pun yang akan terpilih nanti itu adalah kemenangan kita sebagai Rakyat Indonesia berjiwa Bangsa Besar. Mohon Doa-nya agar suasana aman dan kondusif.. amien..

    salam hangat untuk anda semua..

    • Amiinn.. Semoga Aman & Terkendali Bung.. Semoga Masyarakat tidak terpancing & terprovokasi oleh issue2 yg dapat mengganggu stabilitas & keamanan.

    • amiin, saya setuju .. jika yang menang bukan pilihan saya saya yakin itu adalah pilihan saudara saya
      saya akan menghargai dan mendukung pilihan saudara saya sendiri, bukan orang lain

    • Amiiiiin bung, salam persatuan dan kesatuan, dalam hitungan jam presiden baru akan diumumkan. Siapapun yang memang harus kita dukung. dan tetap jaga keamanan serta ketentraman. mereka semua adalah putera-putera terbaik bangsa.
      Kita masih bisa saling mengingatkan, mengkoreksi apabila dalam perjalanannya pemimpin kita banyak salahnya.
      semoga fondasi-fondasi yang baik yang pernah ditanamkan selama 10 th oleh pak SBY dapat dilanjutkan. dan yang kurang baik dapat diperbaiki.

      salam persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI

    • Amin. Yg bko yg sabar ya kmdan…

    • Amin, Salam NKRI

  50. Pemilu 2014 = Money and Power wins it all ! Grrrrr errrr

  51. Kesalahan SBY yang fatal adalah, kurang berkomunikasi dengan rakyat, yang akhirnya rakyat hanya bisa menebak2, pusing lelah, akhirnya mental rakyat terganggu…down….emosi tingkat tinggi…

    Masyarakt tidak diberikan informasi setetes pun, hanya menerima informasi masif dari media yang cenderung menyerang beliau…seolah pemerintah ini hancur lebur.

    Saking terganggunya mental rakyat sampai titik kulminasi tertinggi,
    ada seseorang yang perhatian sedikit terhadap rakyatnya, nyemplung ke got, langsung dianggap “DEWA”

    • dewa ciptaan media Bung….maka sebaiknya media itu netral kalo menurut saya…kalo partisan maka masyarakatnya yang kudu pintar2 ngunyahnya biar gak kembung…

  52. Panggung politik akan selalu ada. Dan orang-orang akan selalu meramaikannya. Ceritanya terkadang membosankan terkadang menyenangkan. Kisahnya terkadang baik, terkadang buruk. Aktifitasnya terkadang menguntungkan terkadang merugikan. Pengaruhnya terkadang menguasai segalanya, terkadang segalanya menguasainya. Itulah politik, dan apapun itu kami hanya berharap yang terbaik.
    Berkhusnudzon di bulan ramadhan akan lebih baik daripada suudzon. yg menang jgn sombong yg kalah harus legowo yg bukan siapa2 gk usah koar2, sadarkah yg di butuhkan rakyat hanya kehidupan yg lebih baik cukup sandang cukup pangan (dan bisa nabung he..he..) bagi pemenang harus ingat dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat kalo pun “lupa” rakyat juga yang akan mengembalikannya menjadi “rakyat”
    Maaf sekedar opini tukang ngukur jalan πŸ™‚

 Leave a Reply